MANGGA KWENI …


Selasa Dua Hari yang lalu, sore hari dalam perjalanan pulang dari Kantor saya mendapat SMS dari anak Sulung saya … isinya :
”Ayah jgn lpa beliin Mangga ya ?”
 
Aku bertanya … “Untuk apa Mas
Dia jawab lagi : “Untuk tugas KTS di sekolah …”
Pelajaran KTS itu kalau tidak salah kependekan dari Ketrampilan dan Seni. (eh betul begitu ya ?) 

Aku masih penasaran … maka aku telfon saja dia.  Biar jelas.  Dan ternyata besok dia ada tugas sekolah dari guru KTSnya untuk membawa Mangga … untuk dijadikan Manisan.  Hehehe … anak kelas 8 diajarkan cara membuat Manisan … hmmm boleh juga. 

Langsung aku mampir di Toko ”Total Buah” yang memang menjual buah aneka macam.  Namun aku heran … mengapa Mangga tidak begitu banyak tersedia ya.  Kata mbak penjaganya … “Wah Mangga sedang tidak musim pak … !!!.  Aduh Guru anakku  ini ada-ada aja … nyuruh bawa buah kok yang bukan sedang musimnya …  Di Total buah hanya ada dua jenis Mangga … Mangga Bangkok Import (yang sangat Mahal) dan Mangga Kweni … Akhirnya aku membeli Mangga Kweni saja … 2 buah.  .  Mbak tolong pilihin yang setengah mateng ya …(Memang Begitu instruksi dari si Sulung … aku disuruh beli cuma 2 buah … dan mesti yang setengah mateng). 

Lega … tugas berhasil dilaksanakan … Sampai dirumah aku disambut oleh si Sulung … dan dengan lagak bagai pahlawan pulang menang perang … aku berikan pesanan itu ke si Sulung …“Ma kasih ya Yah … !!!” dia tersenyum senang. 

Dan ketika si Sulung memberikan Mangga itu kepada Asisten Rumah Tangga untuk dicuci dulu.  Asisten Rumah tanggaku bertanya … “Ini Mangga Kweni ya pak ???” Iya memang kenapa ??? 
“Pak kalo untuk manisan nggak cocok pake Mangga Kweni … banyak seratnya !!!”(halah … mati aku … salah beli …)

Tapi anak sulung ku nyeletuk … “Udah biarin Yah … cuek aja !” (udah malam soalnya … masak malem-malem nyuruh babe gue nyari Mangga lagi …)(mungkin begitu pikirnya) Ya sudah aku juga tak acuh  … tenang-tenang saja …

Yang jelas karena penasaran … aku sempat browsing di google dengan key word Kweni … sepintas aku banyak melihat resep minuman / kudapan dari Mangga Kweni ini.   Ada juice, kolak, es kweni, dsb … hhhhaaa mudah-mudahan asisten rumah tangga ku yang salah nih … Kweni OK-OK saja kok dibuat makanan-minuman  olahan …

Lihat saja hasilnya nanti … berhasil atau tidak dia membuat manisan … .  Or tepatnya …”Layakkah untuk dimakan ?? … ”Aku takut jadinya bukan “Manisan” … tapi malah “Seratan”. :)

About these ads

6 pemikiran pada “MANGGA KWENI …

  1. wahhh,, kan mangga kweni susah ngirisnya pak,, makannya aja langsung dibrakoti hehehehe,,

    nh18 to ratutebu …
    Waduh … sepertinya asisten rumah tanggaku bener ya …
    Kweni sulit dipotong …
    (mesti “dibrakoti” … hihihi khas bener … istilahnya ) :)

  2. jadinya mesti seratan.. bukan manisan


    nh18 to mas joko …
    Ya itulaaaah …
    Gak kebayang hasilnya kan ?

  3. paklek, minta mangga nya juga buat aye.

    nh18 to zakiyah …
    enak aja minta … beli !
    hihihi :)

  4. kweni dibikin jus aja masih suka nylilit seratnya
    hehehe
    terus gimana tuh kelanjutan ceritanya? :D

    nh18 to wenny
    wa ya itu … dia gak mau ngaku hasilnya gimana …
    mungkin dia dimarahin temen satu groupnya …
    (itu tugas beregu)(dia kebagian bawa mangga)
    (yang celakanya justru salah beli … akibat kebodohan Ayahnya)

  5. Woh… mangga kaweni juga bisa dibikin manisan kok bang… caranya kupas tapi jangan diiris. Setelah jadi manisan, biasanya akan lebih mudah diirisnya… :)

    nh18 to caberawit …
    hhmmm … baaaggoooossss … !!!

  6. ikut nimbrung…
    mangga kweni itu sama klo ada orang lewat trus kita bilang mangga… begitukah???

    nh18 to malecious …
    Bukan … mangga itu … alat untuk mbetulin genteng …
    hihiihi …

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s