PADANG BULAN


.

Jika saya mendengar kata PADANG BULAN.  Maka ada TIGA hal yang terlintas di kepala saya.

TIGA hal tersebut adalah :

.

#1. MEDAN

Padang bulan adalah nama suatu kelurahan di Barat Daya Medan.
Apa trainer pernah ke sana ?
Sepertinya pernah.
Seingat saya … dulu kantor cabang kami ada disekitar sana.

.

#2. ANDREA HIRATA

Padang Bulan juga adalah nama salah satu judul novel Dwilogi terbaru dari Andrea Hirata.  Sang Laskar Pelangi.  Trainer baru membeli bukunya kemarin.  Gara-gara ada beberapa rekan Blog (i.e Mbak Anna dan Mas Gus) yang menulis mengenai Buku tersebut.  Saya telah mereka racuni … sehingga saya tergerak untuk punya buku ini juga.  (hahaha)

.

#3. DOLANAN

Yang terakhir … Padhang mBulan juga adalah nama sebuah lagu dolanan Anak-anak.  Sebuah lagu rakyat dari Jawa. Mbak Anna Telah berhasil menstimulus saya, untuk kembali mengingat-ingat jalinan nada indah lagu rakyat Jawa ini.  Saya tidak berhasil menemukan siapa yang menciptakan lagu ini.

Saya coba memainkan lagu ini dengan Irama Pop Enka.
Menurut Wikipedia … Enka (演歌?) adalah salah satu genre musik pop Jepang berupa balada bernada sentimental yang secara unik mengekspresikan luapan perasaan orang Jepang.

Setelah saya coba-coba ternyata masuk juga untuk dipakai mengiringi lagu Padang Bulan ini …

So this is it ….
Padang (m)Bulan  …lagu dolanan anak-anak Jawa … (played by NH18)

.

(and as usual … Not For Commercial)

:)

.

.

About these ads

38 pemikiran pada “PADANG BULAN

  1. pas juga semalem saya sempat liat ke langit.. walopun bulannya nggak penuh.. cuma separo..
    sinarnya juga lumayan terang…
    cocok lah sambil dengerin lagu ini Om..
    asyek…

  2. saya sempat bingung ini lagu apa.. tapi irama ini kalo ga salah dulu saya nyanyikan: Ayo kawann.. bermain di halaman.. terang bulan terang bagaikan siang..

    Yang saya tau lagu itu, tapi ga tau judulnya.. bener ga ya Pak? Apa itu lagu yang lain dan beda?

  3. whoaaaa…jadi uinget masa ketjil Oyen nyang uimut pisan, main padang bulan sambil nyanyi lagu entu, malem2 rame2…wuiihhh…seruuu…

    jadi nostalgile dah :P

  4. Sering-sering lah bermain ke Padang Bulan Pak Trainer, karena saya akan selalu ada di sana

    (elehhh…)

    Ngarep Mode +ON dapet O2 , wakakaka

    salam saya, tapi kemaren ke pamulang, kok ga melompat ke rumah Pak trainer ya..?

  5. kalo saya malah cuma inget bulan aja,,
    ketiganya pun ndak inget,,
    yang novel Andrea Hirata, lagi dibicarakan dimana mana ini sepertinya :)

  6. aku nulis komen ini, sambil dengerin aransemen dari Mas Enha………
    nikmat sangat, memanjakan telingaku di pagi hari
    terimakasih Mas, telah mempersembahkan lagu yg keren ini
    salam

  7. Lagu Padang bulan yangs saya kenal ternyata ada 2 versi.

    1. Versi 1: ketika saya masih SD. Ini yang sering dinyanyikan anak2 ketika padang bulan ”
    “..Padang rembulan padange kaya rino
    Bocah dolan-bocah dolan dho mrenea
    ayo para kanca ayo pada suka-suka…”

    2. Versi 2 : gending Padang Bulan didendangkan oleh Ludruk Jawa Timur, syairnya antara lain berbunyi ” Padang bulan, padang bulan Banyuwangi
    Kinclong-kinclonfg segarane kaya kaca…….”

    salam hangat dari Surabaya

    1. memang bisa di download……………
      gimana cara di download kakak……….
      kasi tau aku donk dimana cara downloadnya…………..
      kumohon kalau bisa di download kasi tau aku caranya…………….

  8. wuuuuuuaaa mas ini lagu yg saya cari dari tadi tapi gak ketemu2 di tempat ada sih di google tapi yg versi dangdutnya baru sekarang versi dolanannya ketemu di sini tapi kenapa ini mas kok gak bisa di dengerin…….
    serius mas gak bisa di dengerin sudah aku tunggu-tunggu masih belum keluar suarax……..
    KENAPA INI MAS……….
    selain itu gimana cara downloadnya mas……
    kok gak bisa di download……….
    padahal aku ingin mendengar dan ingin aku download untuk kujadiin koleksiku……
    TOLONG DI BALAS MAS……..

    BAGI YANG LAIN JUGA TOLONG AKU DONK……….
    SOAL AKU BINGUNG MAU DI CARI DIMANA LAGI YANG VERSI DOLANAN SOAL DI GOOGLE SUSAH BANGET DAPATNYA YANG VERSI DANGDUT MELULU SEBEL AKU :( T_T :'(
    TOLONG :'(

  9. top banget, saya juga suka sekali lagu padang bulan yang vocalnya anak perempuan. Merdu dan enak didengar. Ternyata lagu2 jawa dulu bnyak yg bgus tapi ga dikenal lg

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s