OLD GAME


.

Saya penasaran sodara-sodara …
Coba perhatikan diagram dibawah ini …

Ini adalah semacam gambar arena permainan anak-anak.  Permainan ini sudah ada sejak jaman saya kecil dulu.  Bentuk tersebut akan digambar di sebidang tanah yang datar, dengan menggunakan pecahan genting, atau kapur atau cuilan remahan batu bata …

Atau jika pun tidak ada alat-alat itu semua … cukup Bidang Tanah tersebut akan kita garis dan gores menggunakan sebilah kayu, mengikuti bentuk seperti diatas …

Biasanya kita akan bermain dengan menggunakan batu yang pipih sebagai “gacoan” kita …

Pertanyaannya adalah …
Apakah anda tau permainan ini ? Pernahkah anda memainkannya ?
Dan Masih ingatkah anda … APA SEBETULNYA NAMA PERMAINAN INI ?

Sudah itu saja untuk kali ini
Thanks sebelumnya …

Salam saya

.

.

About these ads

65 thoughts on “OLD GAME

  1. Di sekolah Rahma, itu namanya “dampu bulan” om…

    Kalo di kampung saya itu namanya “dengklekan” atau “sundamanda” hehehe

    sekarang di sekolah di lantai om…terus pakai lakban buat ngegarisnye…

  2. bukannnnnnnnnnn
    kalau di betawi..
    itu namanya “main dampu”
    nah alat buat mainnya itu “atap rumah orang yang lagi dibangun..”
    nanti atap itu kita ketok..ketok biar enteng…
    nah pemenangnya adalah siapa yang paling duluan jalan ampe dam terakhir…
    itu yang gambar bola setengah lingkaran..
    nanti dia berhak buat kotak yang di depan..
    trus yang lain gak boleh injek kotak itu
    wah..keren..
    jdi inget waktu kecil

  3. saya bilangnya engklek Oom, tapi jarang2 maen ini. dulu waktu kecil lebih seneng maen layangan sama maen kelereng kalo gak cari cacing di kebon atau sawah2 buat mancing trus habis mancing mandi deh dikali.. hehehe…

    • ha….hba…ha..ha..
      betul..
      mainan anak perempuan membosankan..
      dan kaya orang begok..
      masa iya main boneka..
      bosen kali..
      ngomong sendiri…rapi..rapi sendiri..
      gak seru…
      gak kringetan…
      ha…ha…ha..

  4. Meski lokasinya beda jauh, tapi ternyata di tempat saya namanya sama persis dengan di Surabaya.
    Namanya Sondah Mandah
    (Nggak tau ejaannya gimana)
    Pokoknya kedengarannya Sondah Mandah

  5. Sunda manda gunung, Om.
    Tapi kalo di tempat sy di gunungnya itu ada kuncungnya, jadi stlh ‘gacuk’ selesai di semua kotak, gacuknya dilempar ke gunung, trus kita lompat ke kuncung gunung itu, lalu dengan merem kita raba2 nyari gacuk yg di belakang kita. Stlh dpt kita berbalik dan lempar gacuk kita ke salah satu kotak untuk jadi ‘sawah’ kita.
    Gitu, Om…

  6. krn dr kecil aku di jakarta, nama permainan ini betawi banget,Mas.
    namanya Salomandah…………….
    hampir mirip dgn di daerah lain di jawa, Sondah mandah………… :)
    mainnya sama, namanya yg beda2 ya Mas :)
    salam

  7. wah pas saya kecil dulu juga masih suka main beginian. namanya Sunda Manda, kedengarannya nyaris sama dengan di tempat Pakdhe ya mungkin udah beda kampung beda pula pengucapannya. biasanya dimainkan pas terang bulan, tapi sekarang ya gak pernah lagi hehe..

  8. Saya ambil yang mayoritas aja Om, namanya ‘engklek’ … :D
    Kotak-kotak itu dilompati dengan satu kaki, sedang kaki yang lain diangkat sambil diletakkan ‘gacuk’nya diatas ujung jari. Kalau ‘gacuk’nya jatuh, gagal lah si pemain …

    Aiih … om tahu aja permainan ini. Dulu suka main engklek juga ya Om? Hihihi …

  9. Engklek!
    Dulu pernah main juga sih…
    ada yg lapangannya spt itu, namun ada juga yang bentuknya spt salip saja (5 kotak membujur, trus pada kotak no 2 dr atas, ada 1 kotak di kanan dan 1 kotak lagi di kiri)

    salam,

  10. Di kampung halaman saya, kalau tidak salah namanya “engklek”. Tapi dikenal juga sebagai “patah”.

    Yang main biasanya cewek. Dulu daku sering ikut main, tapi seringkali pula diledekin temen2 gara2 ikut mainannya cewek. Wakakaka… dasar anak2.

  11. di temapt saya dulu iotu namanya engklek
    Melihat gambar yang ditampilkan itu kok rasanya aneh ya, gambarnya mirip engklek gunung tapi kok ada cabangnya. Seperti gabungan engklek salip dan engkle gunung. Ada satu lagi jenis engklek yaitu engklek saruk, bentuknya ada 8 kotak dengan 4 berjajar. Gaco disaruk dengan kaki melewati kotak demi kotak namun gaconya dilarang menyentuh garis ketika berhenti. Ya gitu deh … mainan saya waktu kecil dulu, Engklek.

  12. Di daerahku namanya ingkling Om… dulu kalau sedang musim permainan ini rasanya semua anak cewek main ini deh, kalau udah bosen, ganti permainan lain dan anehnya semua anak cewek juga main… hehehe… musiman bener deh permainan anak-anak itu..

  13. seingat aku dlu namanya tempatku itu “engklek” om.. tp sekarang aq liat anak2 udah gak da yang maen permainann ini lagi… sayang..
    sekarang banyaknya PS.. waduuuh meraja dah pokoknya..

  14. emang kayaknya namanya engklek tapi aku lebih suka main slodor/galasin di sekolah.
    (jadi ingat ini pernah jadi topik pembicaraan di forum80 bagian mainan, termasuk bekel, gasing dsb. Hai capslock apa kabar? :P)

    EM

  15. T4 sy nama pmainanya Sudamanda, msng2 punya potongan kecil genteng yg bnama gacok. Hehe, jd inget jaman kecil mainanya macem2. Skrng dah jarang liat anak2 main mainan tradisional, tkalahkan game sm TV.. Dl kalo ngumpul bs puluhan anak.. Main terus..dr pulang skolah smpe sore..senangnya

  16. Jaman saya kecil dulu, di Duri, namanya STATAK… :)
    Sekarang, di Kweni, saya tahu kalau itu namanya engklek…
    Di Taman Pintar Yogyakarta, permainan ini juga disediakan. dibuat secara permanen. Anak-anak sangat suka mainan ini; sederhana tapi menyehatkan :)

  17. Om, tadi pas nyari-nyari kata “engkleng”, nemu postingan Om yang ini hehehe. Saya baru tahu kalau bahasa Inggrisnya permainan ini adalah “hopscotch”. :)

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s