HORTIKULTURA


.
Sahabat
Apa sahabat tahu arti Hortikultura?
Apa yang sahabat pikirkan saat mendengar kata tersebut?
Apa jawaban spontan sahabat?

Saya melakukan survey kecil-kecilan kepada beberapa orang dengan berbagai profesi.

Hortikultura adalah:

Masalah pembibitan, semua hal tentang pembibitan… (Putri, Akuntan)
Tanaman hias yang bisa menyerap air (Anita, Kasir Toko Buku)
Tanaman yang buahnya bisa dimakan (N. Hernanto, Trainer)
Budidaya tanaman pokoknya… (Puput, Staff)

Metode bercocok tanam (NN, Banker)
Umbi-umbian! (NN, Staff Bank)
Nama penyakit (Nurmala, SMK Akuntansi)
Apa itu? Isitilah daur ulang bukan? (Eko, PNS)

Coba sekarang sahabat bertanya pada diri sendiri?

**
Isitilah hortikultura memang akrab terdengar di negara agraris seperti negara kita tetapi kebanyakan dari kita hanya tau sebatas bahwa itu adalah istilah yang dekat hubungannya dengan tanaman atau pertanian. Itu juga yang saya pikirkan jauh sebelum saya masuk menjadi mahasiswa IPB, tepatnya  sebelum saya belajar di dalam program studi Hortikultura.

Hortikultura berasal dari bahasa latin: hortus yang berarti kebun, cultura yang berarti budaya, budidaya.  Pengertian lengkapnya adalah cabang ilmu pertanian yang mempelajari  budidaya tanaman dari proses menanam sampai pasca panen yang meliputi tanaman sayur (olerikultura), buah-buahan (pomologi), dan tanaman hias (Florikultura).

Ketiga golongan tanaman diatas memiliki kesamaan yaitu, sifatnya yang mudah rusak, dikonsumsi segar, voluminous (makan tempat), dan berat (karena kandungan airnya banyak), mendahulukan kualitas daripada kuantitas dan tentu saja harganya lebih mahal, coba sekilo beras vs sekilo cabe?  :mrgreen:

Kebutuhan tanaman ini semakin tinggi di negara maju dimana nutrisi sangat diperhatikan. Kalau anak agronomi (tanaman pangan dan perkebunan) punya slogan Feed the world, anak hortikultura punya slogan Nourishing Body and Soul. Kok Soul? Yes, baik tanaman hias, sayuran, dan buah-buahan ditinjau secara estetika dapat memunculkan perasaan bahagia. Ya kan?  Coba, anda lebih memilih jalan-jalan di kebun sawit atau kebun strawberry?

Tanaman hortikultura bisa dibilang tanaman yang dikonsumsi pada kualitas tinggi, tetapi rewel, karena cepat sekali menjadi busuk atau tidak awet disimpan lama-lama, maka dari itu ilmu pemuliaan tanaman (tanaman hasil persilangan) dan pasca panen tanaman ini berkembang pesat sekali. Pada perkembangannya ilmu ini erat hubungannya dengan teknik industri dan kimia pangan. Di sisi lain hortikultura juga erat hubungannya dengan botani dan pertamanan atau lanskap. Jadi sudah kebayang kan tanaman hortikultura itu apa saja?

Sedikit cerita, beberapa hari setelah masa ospek kampus berakhir, saya dan teman-teman sekelas di program studi hortikultura mendapat undangan ramah tamah dari kakak kelas di sebuah aula outdoor di taman kampus. Di sana, kakak kelas meminta kita untuk bekenalan, satu demi satu. Kami  wajib menyebutkan nama, NIM (Nomor Induk Mahasiswa), asal daerah, dan alasan masuk ke program studi hortikultura.

Jawaban –jawaban dari pertanyaan terakhir jika di ingat-ingat cukup membuat saya geli. Mungkin ini perpaduan antara keluguan, keterbatasan wawasan, dan mungkin ditambah sedikit kesotoyan anak lulusan SMA  :mrgreen: Coba cek!

Karena saya suka teknologi! (lho maksudnya?)
Karena saya suka bercocok tanam (alasan cari aman)
Karena saya suka aja namanya, keren! (mulai gak nyambung)
Karena namanya unik, susah dipahami dan terkesan ilmiah (asli lebay)

Jawaban saya: karena saya suka makan buah! :D (jawaban ini banyak disebut lho)

Jawaban paling gak banget: kecelakaan kak, gak sengaja, ujuk-ujuk masuk!. 
Hhihiihihh… ini asli mengundang gelak tawa seluruh hadirin…

Kebayang kan, sebagian besar teman sekelas ternyata belum memahami pengertian istilah hortikultura ini, meskipun mereka dengan sengaja memilih program studi tersebut. Jika calon mahasiswa saja belum paham benar, apalagi orang awam di luar sana.

Semoga jika kelak sahabat berada di luar sana, dan menemukan isitilah ini, sahabat sudah tidak perlu lagi menerka-nerka pengertiannya. Pertanian tidak selalu identik dengan tanah, kotor dan panas matahari, pertanian bisa menjadi indah dan menyenangkan, teruatam di bidang hortikultura (promosi colongan.com)

PS: satu lagi, banyak orang di luar sana menulis HORTIkultura dengan HOLTIkultura, sekali lagi yang benar HORRRRRRRRRRTI…  Jangan sampai ikut-ikutan salah! :D


Tulisan mengenai Holtikurtula ini ( :) )
dikirim oleh Penulis Tamu, Prima W.K Hutabarat
Hobi berkebun dan Fotografi
Tinggal di Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan

About these ads

52 pemikiran pada “HORTIKULTURA

  1. jadi sebenarnya makna Hortikultura itu apaan pak trainer?knp jd byk sekali pengertiannya itu?

    • Saya kopikan dari tulisan tamu diatas …
      “Pengertian lengkapnya adalah cabang ilmu pertanian yang mempelajari budidaya tanaman dari proses menanam sampai pasca panen yang meliputi tanaman sayur (olerikultura), buah-buahan (pomologi), dan tanaman hias (Florikultura)”

      Salam saya

  2. ooo……hortikultura itu mempelajari tanaman sayur, buah2an, dan tanaman hias aja to??

    btw, kau mendesak putu’ku.. jadi kuecil…hihihi….

  3. Gw ambil no dulu yeeeeee

  4. jadi hortikultura itu tanaman yang tidak terlalu bertahan lama yah jika sudah dipetik? atau tercabut dr tanah?

    tpi untuk pertanyaan ini : “Coba, anda lebih memilih jalan-jalan di kebun sawit atau kebun strawberry?”
    kayaknya enak di kebun sawit deh :D

    • yup, kira-kira begitu mbak… makanya tanaman horti ribet kalo mau diekspor, kudu pendingin lha, packaging yang bagus lha… intinya biar tetap segar sampai ke tangan konsumen…

      wkakakaak…. saya sih gak betah…apalagi kebun tebu, karet, haduh… yang ada serem… :P

  5. ternyata oh ternyata, yang saya pikir sebelumnya holtikultura, eh hoRtikultura itu cuma sebatas penanaman kebun, *cetek banget, dan mulai seakrang enggak salah ejaan lagi..
    hohohoooo hoRtikultura! :)

  6. Salam Takzim
    Selalu ada manfaat karena ga mungkin tho makna hortikultura itu racun, pasti tanaman yang bermanfaat itu versi saya pak
    Salam Takzim Batavusqu

  7. iya deh Pim,, ga bakal salah lagi,, HoRtikultura (padahal SMA belajar Biologi juga, tapi tetap aja ikut yang umum),,,
    alasan yang paling benar masuk jurusan tersebut: “karena saingannya ga sebanyak jurusan lain kak,,” :D

  8. makanya boneka rumput itu Horta ya bukan Holta…
    he..he.. (komen nggak nyambung)

  9. haha.. asli ngakak pas baca jawaban yang masuk Hortikultura karena kecelakaan….
    jadii Horti ya Kak Prima, bukan Holti ya… wah harus benerin lidah dulu nih…. :P

  10. oooh gitu artinya ,sambil melongo hehehe. coba dimengerti deh

  11. Kayanya banyak deh orang masuk kuliah , alasannya macem2 milih jurusannya :D

  12. hahaha… milih jurusan kuliah memang ga mudah. banyak juga yang bingung mau kuliah apa. Pokoknya kuliah. Sarjana.

    Semoga saja, besok anakku tahu persis mau kuliah apa, jurusan apa, dan memberi manfaat untuk kehidupannya….

  13. wah bidang kita rada2 mirip nih keknya.
    udah item belum? kan langganan pemanasan lokal alias efek rumah kaca bro….hehe

    • Jurusan mbak apa?

      Kerja di Greenhouse maksudnya? Justru di GH gak cepet item lho, kan cahaya pasti di atur masuknya (filtered), cuma sumuk banget di dalem… *pengalaman saya sih begitu* :D

      • cek blogku 1 lg pasti ketauan kok bro

        hihi itulah bedanya. yg kutemui cm GH tanpa filter2-an mas
        brhari2 bersumuk2 ria pe kulit kering greseng + jd imut alias item mutlak. doh

  14. Eh, namanya ganti HoRti .. kapan gantinya?
    Kenapa mas Prima tidak tanya saya tentang Horltikultura (sengaja :Horltikultura) itu ke saya? padahal kan saya juga pengen jawab lho :D

  15. Om, makasih ya sudah tampil beneran… meskipun sempat di-tengil-in, inget kan? wkakakakaak… kapan om jadi penulis tamu di blog saya? *pede banget sih prim… :D

    • Jadi penulis tamu … ? di Blog Mu .. ???
      Mmm … Nanti ya … tak pikir-pikir dulu …
      Kalau saya ada waktu … jadwal ku agak padet nih …

      (Huuahahahhaha … Tengil dibalas dengan … lebih tengil …)

      Salam saya Prim

  16. asal ga keliru ROOOOTTIIIII :D

  17. Prim…kalo aku sih udah tau….hm…tau apa ya? tau kalao Pelaihari itu kabupaten Tanah Laut :)

    Kok aku ga disurvey sih? (ngambek nih)

    Data profil kurang lengkap om….
    sekalian bisa buat promosi ngelamar kerjaan….hehehe…sama ngelamar apa yak?

    Saya pengen masuk IPB tapi ga dibolehin :(

  18. baru denger lagi dlu emang holtikultura taunya eh horrrrrrrrrti toh yang bener makasih yah om penjlasnya… :P

  19. Termasuk yang selalu salah dalam penulisan, bukan HOL ternyata, pake R yah.

    Saya suka artikelnya Prim, menambah pengetahuan.
    Walaupun agak ngalor ngidul penjelasannya :P

  20. ‎​​‎​​‎​°•ŵĸ\=D/ŵĸ•°=D°•ŵĸ=))ŵĸ•°™
    Ternyata lo ujug2 tanya gw tentang horticultura buat itu tohhhh
    Asal lo tahu aja ya coyyyyyy
    Gw pas baca YM lo lasg tanya ama temen2 gw yang kerja di perusahaan perkebunan
    Dan itu lah jawabannya
    Gw pikir lo lagi apa,, tiba2 nanya itu ama gw
    Lagi gw oneng juga ya,, masa gw gak heran lo nanya itu ke gw,, secara lo kan ahlin nanam

  21. Horrrtiiiiiiiiiiii.. Waktu aku kuliah di pertanian juga nyebutnya hortiiiiiii, hihihhihih

    Primmmmm…. Salah banget kalau pertanian selalu yang kotor-kotor ya, abis, kalau di Jurusan aku, kerjaan justru nangkepin hama, trus pembiakan jamur, sterilisasi dan kawan-kawannya, wajib bersih …

    tapi pertanian tak lepas dari budidaya dan tekniknya

    Prima emang kereeeeeeeeeeennnnnnnnnnnn

    jangan bandingin cabe ma beras ya prim.., lagi krisis pangan neh.. :D

  22. Hortikultura mah masih kelewat tinggi Mas…
    Nggak usah jauh2, coba tanya pada 10 orang, “dengkul” itu apa…
    Dijamin akan kita dapat 10 jawaban yang berbeda.
    Padahal akrab mana coba, hortikultura ama dengkul…

    Wkwkwkwk….

  23. Jangankan tanya pada 10 orang yang berbeda…
    Lha tanya sama Om NH saja jawabnya berubah2 je….
    5 hari yang lalu saya tanya Om NH, dengkul itu apa…
    Beliau jawab: “Dengkul itu kan organ dibawah lutut to Pak Mars”
    Sengaja saya nggak bilang iya atau tidak.
    4 hari lalu saya tanya dengan pertanyaan sama
    Om NH jawab: “Dengkul itu salah satu sendi pada kaki”
    Lagi2 saya nggak bilang benar atau salah

    [bersambung]

  24. oh gitu tho artinya hortikultura ya Prima :)
    ( sambil manggut2)
    jadi, tanaman yg setelah dipanen ,gak bisa tahan lama gituh ya,bener gak? :P
    salam

  25. Ikutan kuliah singkat sama mas Prim,, :)
    tengkiu mas HORTI bukan HOLTI,, hehehe… :P

  26. wah menarik ilmunya prim…
    ntar kalo umar atau azkiya udah gede nanya ke aku bagusnya jadi apa kuusulin nimba ilmu hortikultura aja,,,sapa tau bisa punya bisnis per hortikulturaan…^^
    jiaaahhh…amiiinnn

  27. Khusus sayur, buah, dan tanaman hias ya Prim?

    saya kira pohon gede juga bisa masuk. :mrgreen:

  28. kalau orang2 desa salah ucap masih dimaklumi, tapi kalau orang yg sudah makan sekolahan banyak yo jangan sampai klera-kleru.
    Ada yang bilang ” daftar list supaya di buat rangkap 2 ”
    Jaman Orari dulu ada suara di HT ” roger, di komprom”
    beuh

    Salam hangat dari Surabaya

  29. Oo… *manggut2*
    Baru paham tentang holti eh hortikultura :)

  30. Assalamu’alaikum
    thank’s infonya,,,tunggu sya di ipb temen2..

  31. Tambahan ya, hortikultura itu juga meliputi tanaman obat (Biofarmaka) sebangsa jahe, lengkuas itu juga masuk hortikultura..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s