LAGU ANAK-ANAK


.

Yang disebut lagu untuk anak-anak itu yang seperti apa sih ?
Apakah lagu yang dinyanyikan oleh artis penyanyi cilik itu otomatis selalu layak disebut sebagai Lagu Anak ?
Apakah lagu yang dinyanyikan oleh Group Band Dewasa itu lantas tidak bisa disebut sebagai Lagu Anak ?

Jawabannya adalah … Tidak selalu … !!!  … Harus dilihat case by case …

.

Lalu apa pengertian Lagu Anak-anak ?
Lagu yang cocok untuk Anak-anak itu seperti apa ???
Menurut pendapat saya … kriteria Lagu yang cocok dinyanyikan untuk dan oleh Anak-anak itu ada TIGA

,

1. LIRIK
Lagu adalah kata-kata atau lirik yang disampaikan lewat harmoni bunyi dan alunan nada yang indah …
Sehingga Lagu Anak-anak adalah … lagu yang mempunyai Lirik, Syair atau kata-kata yang sesuai dengan alam pikiran anak-anak.  Menggunakan bahasa sederhana sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak.
Ketika anak-anak menyanyikan sebuah Lagu … dia harus mengerti apa arti kata yang diucapkannya …
Syair Lirik Lagu untuk anak-anak itu biasanya berkisar pada … Ayah-Bunda, Kakak Adik … lalu meluas ke anggota keluarga yang lain .. Kakek, Nenek, Paman, Bibi dan sebagainya.
Tentang Alam, Flora dan Fauna pun juga sangat cocok untuk anak-anak.  Cinta Lingkungan … Cinta sesama … Dan yang lebih penting lagi adalah … Cinta Tuhannya …

.

2. AMBITUS
Ambitus adalah jangkauan nada.  Jarak Nada terendah dan Nada Tertinggi.  Range nada tertentu yang masih bisa dicapai oleh Anak-anak.  Pita suara anak-anak itu bagaikan karet kolor … jika dia dibentang dan ditarik terlalu keras … niscaya bisa putus …  Sehingga Lagu anak-anak yang baik adalah lagu yang mempunyai rentang nada terendah dan nada tertinggi yang tidak terlalu lebar.  Berkisar antara Setengah sampai Satu Oktaf.  Baru kemudian … sesuai dengan perkembangan umurnya … Anak-anak dilatih sedikit demi sedikit menjangkau nada yang lebih tinggi … dan lebih tinggi lagi.  Dengan mulai memilih lagu yang lebih lebar lagi jangkauan nadanya.  Antara Satu Oktaf sampai satu setengah Oktaf.
(Note : satu oktaf itu sama dengan delapan tangga nada)

Jadi … kalau ada lagu anak-anak yang mengharuskan seorang anak untuk menyanyikannya dengan menjerit-jerit tercekik … menjangkau nada tingginya … sampai urat lehernya mau putus … maka ini bukan lagu anak yang baik …  Sekalipun syair lagunya sesuai dengan alam fikiran anak-anak.

.

3. DURASI
Lagu anak-anak yang baik … itu biasanya mempunyai durasi atau panjang lagu … yang tidak terlalu panjang … Alias pendek-pendek.  Ini ada hubungannya dengan nomer 1 diatas (tentang Lirik) …
Durasi lagu anak-anak … sebaiknya diusahakan tidak panjang-panjang … Sehingga anak-anak tidak kelelahan dan kesulitan untuk menghafal syair yang berlembar-lembar … ada bait satu … dua … tiga … empat bahkan lebih …
Lagu anak-anak … menurut pendapat saya … maksimum hanya terdiri dari Dua Bait saja … Bait Pertama, bait kedua … reffrain … ulang kembali bait kedua … lalu selesai …  Dan satu baitnya hanya terdiri dari empat kalimat – kalimat pendek saja …  (ini pun sebetulnya sudah agak terlalu panjang).

Pendek kata … Lagu anak-anak itu harus Pendek … (lha bahasanya kok gini ???)
Supaya anak-anak tidak kesulitan menghafal …

.

So demikianlah …
Jadi sekali lagi …  Jangan marah dulu jika anak anda menyanyikan lagu yang dinyanyikan oleh Group Band Dewasa … Lihat dulu SYAIRNYA … LIRIKNYA … dan DURASINYA …  Siapa tau ini memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai Lagu Anak-anak.  *walaupun agak jarang sih yang begitu …*

Demikian juga jangan puas dulu jika sang anak berhasil menyanyikan lagu dari seorang Artis Cilik … check baby check dulu ketiga hal tersebut diatas …

,

Ini semua pendapat pribadi …
Sedikit hasil pembelajaran yang saya dapatkan dari Tiga Tahun bekerja di sebuah Yayasan Pendidikan Musik Vokal untuk anak-anak … sekitar tahun 1987 – 1990.

.

Salam saya

.

.

.

About these ads

31 pemikiran pada “LAGU ANAK-ANAK

  1. merindukan lagu anak-anak kembali bangkit di Indonesia Om…

    dulu Sheila on 7 nyanyiin lagu anak2 sama Tasya: jangan takut akan gelap, karna gelap melindungi diri dari kelelahan… (liriknya agak berat buat anak2 ya Om, hehe..tapi diterusinnya enggak berat kok)

    “berdoalah sebelum kita tidur
    jangan lupa cuci kaki, tanganmu
    jangan lupa doakan mama-papa kita”

  2. sayangnya sekarang semakin susah menemukan lagu anak2 yang memenuhi kriteria itu ya om….

    setuju ama lidya, ayo om… ciptain lagu anak2 om… :)

  3. Seepertinya lagu anak-anak saat ini mulai tenggelam oleh lagu dewasa sebab anak-anak lebih suka menyanyikan lagu dari penyanyi atau group band dewasa meskipun mereka tdk tahu apa makna lagu tersebut. Sungguh keadaan yg meperihatinkan

  4. Sekolah Naura banyak merekayasa lagu (mengganti lirik dari lagu yang sudah ada) untuk menghafal, seperti menghafal urutan wudhu….
    Kalau ada yang mau bikin lagu, bisa ditiru tuh, lagu untuk membantu menghafal pelajaran :D

  5. di bina vokalia ya om??soalnya taun segitu yg terkenal kan bina vokalia…

    oh gt ya om…jaman skrng lagu anak2nya ga kaya jaman pak kasur gitu deh…berasa beda
    salam saya om…^^

  6. Saya suka sekali dg lagu-lagu Sherina sewaktu dia anak-anak dulu, Om. Liriknya tidak terlalu berat dan tidak pula terlalu ringan, dibawakan dg teknik vokal yg aduhai dan terasa kualitasnya..

    Sekarang ini, banyak sebetulnya penyanyi cilik yg berkualitas, namun sayang, lagunya belum banyak yg muncul ke permukaan.

    Kalau dulu ada Ibu Sud dan Pak Kasur yg terkenal dg lagu anak-anaknya, semoga esok ada tokoh lain yg konsern di bidang ini. Om Nh barangkali? :)

  7. Kapan yach ada acara lagu anak anak seperti tralala trilili jamnya saya SD dulu, aku waktu kecil paling suka dengan lagu Pemandangan, dulu kalau di suruhnya kedepan disekolah pasti nyanyinya lagu itu sambil nyanyi aku suka ngebayangin kalau aku nyanyi sambil berdiri diatas bukit seperti apa yang ada dilirik lagu itu… “…Oh indah pemandangan…. ” :)

  8. patut disayangkan jaman sekarang jarang ditemukan lagu anak-anak..jadi inget wktu kelas 6 SD ,sya ngfans bgt ma sherina lagu-lagunya bagus bgt,,wahh sampe gaya shherina juga aku tiru dari cara bicaranya,,dari model rambuutnya….jadi pengen senyum sendiri,,:)

  9. lagu anak anak udah hampir punah nih. sekarang lagu semunya cinta cinta. jaman dulu kok bisa laris yah lagu anak. apa karna jalam sekarang orang tua males beliian CD anak anak. jadi sepi deh.

  10. Kalau saya senangnya lagu anak-anak yang dinyanyiin Tasya… Rasanya semua lagu Tasya tuh masuk kriteria yang Om Nh bilang…

    Parahnya, anakku yang belum genap 4 tahun udah fasih bernyanyi Tompi: “….Kau adalah belahan jiwaaaa….” Itukan bukan lagu anak-anak, walaupun Alif menyanyikannya buat mamanya dan dengan lafal khas anak balita…tetap aja substansinya jadi rada aneh :-)

  11. Gitu ya Pak? Hmm… musti cari2 dulu yang tepat. Duh… duh…. seleksi jutaan lagu “remaja” gitu yang bertebaran kata cinta-nya.
    Sementara ini sih anak2 hanya dibiasakan dengar MP3 lagu anak2 super jadul atau cari2 video di youtube. Alhamdulillah sering ada lagu anak2 versi baru yang tidak populer dan anak2 suka. Memang kasian sih Destin tidak kenal lagu2 populer gitu. tapi ngeri juga waktu anak2 menyanyikan lagu band ** yang kadang vulgar syairnya.

  12. Aku senang menonton acara anak-anak dari televisi NHK chanel 3 (khusus pendidikan dan anak-anak) di sini. Selalu ditampilkan lagu-lagu rutin dan lagu baru yang diberi subscript lalu dipasang berkali-kali. Anak-anak perlu sering mendengar sehingga bisa hafal. Dan liriknya? hebat deh, kadang tak terpikir oleh kami. begitu sederhana tapi mengena. Ada satu yang sudah kuterjemahkan ke dlm bahasa Indonesia : Pohon Soyo-soyo. Bercerita tentang nikmatnya memanjat pohon dan melihat dunia. Selalu ada dua kakak, satu perempuan, satu laki-laki yang menyanyikan lagu dgn gerak. Ah, aku memang tidak tahu bagaimana TV Pendidikan di jkt, tapi NHK patut ditiru. (NHK juga dibiayai pajak)

    EM

  13. butuh orang2 yang dedikasi tinggi seperti produsernya Sherina kala itu….banyak yang menyangsikan filmnya tidak akan laku….tapi mereka berani jalan terus bahkan menorehkan sebagai titik balik kebangkitan filmIndionesia yang sedang tidur panjang bahkan lagu2nya oke lho…hingga sekarang masih sering dinyanyikan,,,,sayangnya range vokal yang om enha sebutkan termasuk yg sulit untuk kategori anak2…

  14. Setuju dengan 3 kriteria diatas, lha memang bener kok.
    Sebaiknya juga mendidik. Jangan sampai anak-anak diajari “obok-Ook” walau liriknya tidak kesana.

    Salam hangat dari Surabaya

  15. Hai..blognya keren lho…saya udah baca beberapa konten…
    salam kenal..nama saya Kak Zepe.
    Saya juga punya sebuah blog yang membahasa segala sesuatu tentang dunia anak.
    Khususnya tentang lagu anak-anal..
    Kalau mau tahu lebih lengkap, silakan bergabung di blog saya.
    Ada di

    http://lagu2anak.blogspot.com

    Sekalian ikut serta dalam mengembangkan lagu anak di tanah air yang kian merosot…
    Mohon dukungannya untuk mensukseskan gerakan ini.
    Salam cinta lagu2anak…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s