AKTE KELAHIRAN



Surat identitas resmi pertama yang dipunyai oleh seorang manusia di dunia ini adalah Akte Kelahiran.  Akte kelahiran itu dibuat dengan berpatokan pada surat keterangan kelahiran yang dikeluarkan oleh rumah sakit bersalin tempat bayi tersebut dilahirkan.

Ada apa dengan Akte Kelahiran ?

Begini …
Ini semua berangkat dari kenyataan bahwa ada banyak orang yang seketika berubah namanya karena akte kelahirannya salah ketik.  Ya … salah ketik sodara-sodara.  Salah ketik yang mengakibatkan bayi yang bersangkutan menjadi berubah namanya, dan nama itu terbawa terus sampai dia dewasa. 

Mengapa demikian ?
Sebab akte kelahiran tersebut digunakan sebagai dasar penulisan surat-surat resmi penting yang lain.  Mulai dari Ijazah Sekolah, KTP, Pasport, sampai ke Buku Nikah dan sebagainya.  Anda pasti tau kan ?  jika ada ejaan atau tulisan yang berbeda diantara surat-surat pengenal resmi tersebut … maka akan panjang urusannya.  Bahkan tidak jarang urusan akan macet buntu tidak keruan.  Hanya gara-gara tulisan yang salah.  Sehingga penulisan nama yang benar di dalam akte kelahiran menjadi sangat krusial sifatnya.

Kembali ke soal tulisan yang salah di Akte Kelahiran.

Saya ambil beberapa contoh imajiner.  Bukan kejadian yang sebenarnya.
Ada seorang bayi lahir.  Laki-laki.  Orang tua dan atau keluarganya memberinya nama Novi Hendriyanto.  Tapi entah salah siapa … mungkin ada tulisan yang tidak jelas … atau ada ketikan yang salah,  Ketika diurus Akte Kelahirannya … ujuk-ujuk … Nama di akte kelahirannya berubah menjadi Nopi Hendriyanti.  Seperti nama perempuan bukan ?.  Akhirnya … Sampai besar … sekolah, kuliah … menikah pun … dia tetap memakai nama Nopi Hendriyanti ini.

Ada lagi contoh imajiner … nama aslinya sebetulnya adalah : Dewi Anggraini Kusumawati.   Tapi yang tertulis di akte kelahirannya adalah Adek Anggraini Kusumawati.   Ini gara-gara yang bersangkutan adalah anak terkecil, dan panggilan sayangnya adalah Adek … Jadi mungkin yang ngurus akte kelahiran lupa … bahwa nama sebenarnya adalah Dewi … bukan Adek.

Apa nggak bisa direvisi Om ?
Mmm … saya kurang tau.  Saya rasa sih bisa … namun mungkin saja birokrasinya panjang dan proses mengurusnya pun tidak semudah yang kita duga.  Mengapa saya berpraduga demikian ?  Sebab dibanyak kejadian … ketika saya ngobrol dengan teman-teman handai taulan yang mengalami kejadian salah ketik ini.  Pada umumnya mereka membiarkan hal ini.  Tidak mengurus perubahannya.  Jadilah nama yang salah itu terus melekat di dirinya sampai dia dewasa.

Jadi demikianlah …
Hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua.  Bahwa kalau akan mengurus Akte kelahiran please make sure EJAAN kata per kata untuk nama anak-anak kita itu benar adanya.  Kalau perlu … kita cetak besar-besar dengan menggunakan komputer ber font besar pula … nama sebenarnya yang kita berikan untuk nama bayi kita itu.  Lalu kita tempelkan kertas tersebut di setiap sampul map, amplop atau berkas surat-surat untuk mengurus Akte kelahiran ini.  Apalagi kalau nama anak kita itu panjang dan mempunyai ejaan konsonan yang banyak …

Ini untuk berjaga-jaga agar mereka, petugas yang mengetikkan nama di Akte itu tidak salah … tidak salah satu karakter pun jua … !!!

Sebab nama yang tertulis dalam Akte Kelahiran tersebut akan dibawa terus sampai dia Dewasa !

BTW

Apa teman teman pernah punya cerita mengenai hal ini ?
Yang namanya salah tertulis di Akte Kelahiran ?
Entah kejadian di keluarga … kenalan … handai taulan … atau mungkin anda sendiri ?

Boleh sharingkah ?

.

.

STOP PRESS :
Ternyata cerita tentang AKTE KELAHIRAN itu tidak sesederhana yang saya duga.  Adalah Ibu Alifia … seorang blogger yang juga seorang Ibu Guru … berkenan menceritakan pengalamannya, yang berkaitan dengan AKTE KELAHIRAN dari murid-muridnya. 

Please Lihat Disini

Terima Kasih Bu Al … atas sharingnya

About these ads

67 pemikiran pada “AKTE KELAHIRAN

  1. sipphh Om, siap laksanakan..!

    #kasian amat si Nopi ya.. :P

  2. sepupu saya ada kesalahan di tgl lahir om. waktu mengurus akta kelahiran alvin ada kesalahan tgl pengeluan akte masa aktenya tglnya lebih dulu 1 bulan sebelum alvin lahir, saya minta di ganti. kalau penulisan nama ada kesalahan sewaktu pengurusan kartu keluarga ktn ejaan nama tengahnya agak susah

  3. eleuhhh.. bisa parah getu salahnya…

    pernah ada teman pas diklat, namanya tertulis ENUNG NURCHOTIMAH, konon katanya nama dari ortunya Nurchotimah, tapi di akte cuman ditulis Enung… akhirnya sama yang ngajar disuruh tulis Enung ajah… hedeh, jauh amat yak…

    Alhamdulillah, akte Oyen di KJ Oyen Maroyen, coba kalo salah tulis Oyen Sastrowardoyo, bisa masuk inpotemen entar :P

  4. betul sekali nih… kirain saya doang yang punya masalah sama akte nih… ternayta banyak juga ya…

  5. blm pernah ngalamin salah kyk gitu sih om..

    cuma kl gak salah skrg nama di akte juga di batasi jumlah karakternya ya? Mungkin utk menghindari salah ketik nama kali yaaa..

  6. Aku belum pernah sih hihihi.
    Oya om, kayaknya dulu orang punya akte kelahiran pas udah gede deh. Ibuku kayaknya pas udah sma apa ya @_@ Lali denggg~

  7. hahaha… saya punya contoh nyatanya om!
    ada temen sekolah saya namanya maria korti. dipanggilnya makor. :P
    saya selalu heran deh ama nama korti nya. nama apa ya itu…
    jadi suatu hari saya tanya ke dia… karena dia katolik, saya tanya emangnya ada ya nama santa yang namanya maria korti, kok saya gak pernah denger.

    dan dia cerita ternyata itu karena akte kelahirannya salah ketik. harusnya ortunya mau ngasih nama maria goretti (nama santa). yang petugas ketiknya dengernya maria korti. jadilah nama dia maria korti. :P

  8. wah kasihan juga ya…. sebisa mungkin pada saat mengambilan akte kelahiran yang baru selesai dibuat musti di cek semua ketikan (ejaan) didalamnya

  9. Yang pernah tuh keliru penulisan nama adek di kartu keluarga Om, seharusnya Parisha Taqiyya Salsabila eh ditulisnya cuma dua kata pertama dowank >_<
    ya wes akhirnya diralat dwehhh.. alhamdulillah di aktenya cucok 100%

    • Mau tanya donk.. Revisi ato ralat nama di akte kelahiran itu agak lumayan gampang ato bgmana & apa aja persyaratannya.. Tlg bantu info nya. Karena sy pun mengalaminnya. Terimakasih..

  10. akte saya baik baik saja !! xixixix tp masalah di akte itu ada pada adik saya namanya sih ga salah tapi kelahiran nya yang salah adik saya lahir pada 21 april 2001 tp dalam akta kelahiran nya 21 april 2008 hahhaha :D !!!

  11. Temen saya..ortunya namain ERNEST, tapi di akte tertulis ERENST akhirnya sampe sekarang pake nama ERENTS… :)

  12. Kalau nama nya salah itu bikin kesel banget pasti omm… jadi [engen tau siapa yang nulis nama di akte kelahiran. Orang nya harus teliti dan cermat tuhhh, biar ga salah nama :D

  13. kalau saya bukan di akte kelahiran, tapi di ijazah saya, nama depan orangtua saya yang kurang, beliau jadi marah – marah deh…

  14. Jaman dulu nggak ada akte, jadinya aku dibuatkan akte kenal lahir, dibuat kelas 5 SD. Namaku 3 kata selain marga.
    Tapi di rapor nama pertama tidak ditulis, jadi seperti nama yg sekarang ini. Terus begitu sampai ijazah SD sampai SMA.
    Hanya mentok waktu buat ijazah S1, harus sama dengan akte.
    Akhirnya buat akte kenal lahir lagi dengan nama sesuai ijazah SD sampai sma

  15. Iyes…akta kelahiranku juga gitu om… Harusnya ada nama belakangnya, tapi di akta kelahiran ga dicantumin sama si bapak, malah adik saya yg harusnya gak pake nama belakang malah dicantumin nama belakang yg harusnya buat saya. *tepokjidat*
    tapi di KTP sama paspor tetep pake nama belakang kok om…jadi nama saya ga ada perubahan :D

  16. Ada Om… murid saya namanya Fiqih.. nama yang agak “aneh” untuk anak kota, ber-etnis tertentu pula… usut punya usut, ternyata petugas akta kelahiran salah ketik ..seharusnya namanya Vicky…

    Anaknya sih cuek-cuek aja, tapi konon dulu mamanya sempet protes juga …

  17. Nama saya sih gak salah, Om. Tapi tahun kelahiran, masa lahir 1980 ditulis 1890 :D

    (ini cuma contoh imajiner lho, Om :P )

  18. alhamdulillah…nama kami yang panjang-panjang semua tertulis benar di akte kelahiran, mungkin karena bapak waktu ngurus itu bener2 ‘menthelengi’ petugasnya ya..jadi gak berani ngetik sembarangan, hehe…

  19. Tanpa bermaksud menyalahkan orangtua, saya adalah manusia yang tidak mempunyai akte kenal lahir. Awalnya saya cuek bebek saja.
    Masalah baru timbul ketika saya akan mendaftar Akabri dan membuat Surat kelakuan Baik dari pak polisi. Saya ditanya Akte kelahiran…hlaaaaaa…..”mboten gadah,pak ”
    Akhirnya saya membuat Akte kelahiran di kotamadya. Tidak bisa, hanya dikasih Surat Kenal Lahir. Untungnya boleh dan tak ada masalah sampai saya pensiun.

    Tapi, di ijazah SR (sekarang SD) namaku ditulis Abdul Cholig. Saya rubah waktu masuk SMP menjadi Abdul Cholik. Dan tak ada masalah sampai sekarang.

    Benar, dokumen resmi harus valid , dimulai dari Akte Kelahiran.Kalau data pribadi mencla-mencle, gonati-ganti alamat ambil pensiun akan menangis ha ha ha ha ha.

    Satu lagi, jangan lalai mengurus akte kelahiran. Begitu lahir ceprot segera urus administrasinya termasuk akte kelahiran.
    Bapak ibu jangan hanya sibuk menghitung apakah si anak sudah berumur 40 hari ha ha ha ha ( maklum acara menuju bilik pencoblosan dihitung njlimet sampai mengurus akte kelahiran lupa…..hobiiiiiiiiiiiiiiiiiii….)

    Salam hangat dari Surabaya.

  20. Bisa, Om. Justru lebih mudah dari ijazah diurusnya. Hampir tiap tahun tuh ngalamin keruwetan mengenai akte ini dari yang urusan anak mo masup sekolah atau mo ngurus untuk UN. Biasanya sih, ortu malah milih ngubah akte daripada ngubah ijazah jika ada perbedaan baik itu nama maupun tanggal.

    Salah satu ribet lagi adalah mengenai akte buat masup sekolah. Nah, di tempat saya yang masih kampung ini, banyak anak gak punya akte. Baik emang aja gak pernah diurus (yang kalo ini mah gampang tinggal urus aja) dan anak yang gak jelas ortunya siapa. Misalnya, ada anak saya yang gak ketahuan siapa ayahnya. Ibunya adalah perempuan gelandangan kurang waras yang emang beberapa kali melahirkan anak akibat diperkosa entah berapa orang deh. Lalu pernah juga ada anak adopsi gak resmi, si ibu ‘nemu’ anak 10 tahunan gitu berusaha nyuri di rumahnya. Tapi bukannya di bawa ke polisi, ini anak malah diangkat anak. Pas mau disekolahin, bingung kan? Tapi sampai sekarang sih kalo emang gak jelas ortunya gitu, kita cukupkan dengan ‘surat kenal lahir’ yang bisa diurus belakangan (fleksibel ajalah Om) yang penting ada pas mau UN nanti :)

  21. Benar Om, akte kelahiran adalah dokumen penting bagi setiap oang. Tapi saya ga punya Akte Kelahiran Om, tapi namanya AKTE KENAL LAHIR, karena mengurusnya setelah dewasa.

  22. Oh, ya, Om. Satu lagi. Ini agak keluar konteks mungkin, di saya, tiap tahun, ada aja pas kelas 6 mau bikin ijazah, ada anak yang baru ngeh kalo laki-laki yang dipanggil ‘ayah’ selama ini ternyata bukan ayah kandungnya. Soalnya namanya beda. Dan si ibu lupaa ngasih tau duduk permasalahannya. Bahwa memang si ayah itu adalah ayah tirinya. Pernah juga nama dua-duanya beda dan si anak kaget minta ampun (kita juga bingung). Ternyata anak ini adalah anak angkat dan ortu (angkat)nya belum memberitahunya sampai saat itu. :)

  23. nama di contoh kok mirip namaku om … (*hais, aq ke-GRan)
    Saya jg ngalamin Om, tp sadarnya pas udah besar, dan untungnya ga terlalu fatal alias masih bisa di maklumi.
    Sejak SD, namaku terdiri dari 3 kata. Pas ngurus paspor, karena referensinya akte lahir, ternyata 2 kata di belakang di sambung. Sadarnya pas ngisi form di imigrasi OZ, karena nama belakangnya ga sama (lha iya, saya pakai format ijasah sedang di pasport pake akte).
    Sekarang di Tw, kalau dapat sertifikat, kadang nama depannya di pisah jadi 2 kata (jd namaku terdiri dari 4 kata). ha.ha.ha…

  24. haha.. lah ini sih malah nama. kalo saya bulan lahirnya yang beda om :lol: jadi sampe sekarang bulan lahirku di akte masih salah… mengikuti ijazah… :(
    akhirnya dengan begitu saya “DITUAKAN” hiks..
    salam

  25. hahaha akta saya malah normal normal saja !! :D

  26. Alhamdulillah, dokumen pribadi saya nda ada yang salah tulis, semuanya Nurudin, kalaupun ada paling di dokumen nda vital, biasanya tertulis Nurdin. Dan seperti yang Om Nh sarankan,saya sangat hati-hati memastikan nama Evi Sabila Suryani tertulis dengan benar sejak akte kelahirannya dibuat.

  27. kalau menurut aku pas pertama buatnya akan lebih mudah utk.menggantinya om.. kalau udah gede seh semisal SD aja pasti udh susah deh.. tapi aku mau baca dulu postingan ibu guru.. hehe

  28. salam kenal om, saya pernah mengalaminya dan baru ketahuan ketika saya lulus SD (ingin membuat ijazah SD)…, jadi nama saya di raport SD dari kelas 1 sampe kelas 6 masih menggunakan nama yg salah tersebut, tp ga masalah lah, yg penting ijazah SD dan seterusnya berikut surat2 penting yg diterbitkan setelahnya telah sesuai dengan akte kelahiran saya sehingga tidak menimbulkan masalah..

  29. yang paling parah kalau salah tahun lahir inyiak.
    jdi salah umur kan.. dan itu bikin ribet di banyak hal…

  30. iy emang klo slah sedikit aj jdi ribet deh ……

  31. Om, nama saya di KTP yang sekarang saya bawa salah–lebih tepatnya kurang. Duh, ribet deh kalau mau mengurus sesuatu. Dulu sempat protes ke petugasnya, tapi cuma dijawab, “Maaf, ini karena tempatnya nggak cukup.” Ampun deh!

  32. itu terjadi pada keponakan keponakan saya…
    mungkin orang yang bertugas mengetik nama memiliki sifat SOK TAU atau gimana, yang jelas namanya jadi berubah. PADAHAL….. kami sudah menuliskan nama yang besar dengan huruf kapital yang besar dan jelas… agar si pengetik tau benar. ternyata tetep aja begitu akta nya jadi, namanya berubah…

    Muhammad jadi mochamad.

    astaghfirullaaaah……

    bertahun tahun setelahnya, ketika kami hendak mengurus paspor si anak, kami harus mengurus dulu aktanya agar bisa direvisi. dan membutuhkan waktu lamaaaaaaaaaaaaa rumitttt…….

    belom lagi merevisi ke sekolah…

    ampun deh

  33. Teman kuliah Om, jadi harusnya nama dia “Ike”, entah kenapa di akte menjadi “Ikhie”. ya kami memanggilnya dg pengucapan i-k-i, pas main ke rumahnya, semua orang ga tau dimana rumahnya Ikhie, karena para tetangga memanggilnya dengan i-k-e
    #_#

  34. Yang sering salah itu selain nama, juga tanggal bulan atau bahkan tahun lahir Oom, yang begini ini sering bikin keder, Kalo saya sendiri malah salah Tempat kelahiran,, Haduhhh,,, :( :(

  35. Saya punya masalah dengan nama depan saya. Sebenarnya nama saya wahyu sumardi, tapi di akte kelahiran cuma di tulis sumardi. jadinya nama saya cuma sumardi aja…. Bisakah saya menggubah akte-ijasah saya SD-SMA? Mohon balas ke email saya.

  36. kunjungan pagi gan , artikelnya bagus sekali :)

  37. wahhh makasihh bngt infonya,,,,

  38. Kalau pengalaman saya sih malah salah di KTP & KK. Mungkin karena petugas kelurahan sudah sepuh & salah ketik.

  39. ikut menyimak iyah om , :)

  40. Anak saya lahir di salah satu RS di Depok, karena saya ber KTP di Kab Bogor, saya membuatkan Akta kelahirannya di Kab Bogor. Didalam AKTA kelahirannya tertulis lahir di Depok Bogor. Pertanyaan saya, status tempat kelahiran anak saya dimana?
    Terima kasih, dan mohon balasan ke email saya. Nur

  41. Kalau saya mah, masalah di tanggal lahir OT,
    lahirnya dibulan Juli eh di akta lahirnya September
    dulu sering bingung kalau mau baca primbon bintang ane
    yah, sekarang saya anggap saja lahirnya september. Walo Ibu saya tetap ucapkan selamat ulang tahun di bulan Juli

  42. . kalo akta gue malah bukan nama gue ato tgl.nya yg salah, tapi mlah nama ayah gw yg slah . seharusnya MUHAMMAD SHOFWAN malah ditulis MOCH. SOFWAN .. tapi di akta adek gue nama ayah bener, nah karena daridulu dibiarin aja, sampe skrg mau lu2s SMA ijazah.nya terlanjur salah, jadi adek gue yg ngurus akte lagi n’ ngrubah semua dokumen2 deh, mulai dari KTP ayah, KK, ampe surat2 laen ganti nama ayah semua.

  43. Om~ Saya juga bingung nih. Di akte cuma nama depan doang, trus saya udh bertahun2 pake nama belakang ayah saya, sampe seluruh sertifikat ada nama belakang keluarga, bahkan, ijasah les juga ada nama keluarganya juga. Tapi, untungnya ijasah sekolah smua sama dgn di akte (cuma nama depan doang).

    Niatnya, saya pengen lampirin sertifikat2 tsb buat dapetin beasiswa di salah satu universitas. Diterima gk yah? Trus kalo gk diterima kenapa? (kan yg penting nama depannya sama) Kira2 berdampak apa yah buat masa depan saya?

    Terima kasih sebelumnya sudah banyak membantu :D

  44. bagaimana kalau yg salah itu tanggal lahir pak,??? saya lahir sebenarnya di Batu Panjang ..lalu di ijazah SD dan SMP saya tertulis Batu Banjang…kemudian sya mengubah lagi menjadi Batu Panjang di ijazah SMA saya …Bagaimana tanggapan bapak??? apa kah ini nanti bisa bermasalah ketika saya ingin mencari pekerjaan nanti??

  45. bagaimana kalau yg salah itu tempat lahir pak,??? saya lahir sebenarnya di Batu Panjang ..lalu di ijazah SD dan SMP saya tertulis Batu Banjang…kemudian sya mengubah lagi menjadi Batu Panjang di ijazah SMA saya …Bagaimana tanggapan bapak??? apa kah ini nanti bisa bermasalah ketika saya ingin mencari pekerjaan nanti??

  46. Anak saya juga mengalaminya. Dia lahir di Badung, Bali. Tapi karena orang tuanya kelahiran Jombang, di KK pun ditulis Jombang. Otomastis di akte lahirnya juga. Saya sudah minta untuk direvisi, tapi orang catatan sipil ngeyel ga bisa. Dan anak saya tidak terima kalau di aktenya tertulis lahir di Jombang. Saya sampai memohon dan menangis di kantor catatan sipil agar akte anak saya bisa direvisi, tapi siapa peduli? :(

  47. kalo saya ditempat lahirnya, di ijasah SD-SMP-SMA memakai nama desa saya “wonokarto” sedangkan di akte,KK,KTP,SKCK,Kartu kuning semua memakai nama kecamatan desa saya “sekampung, apakah ini bermasalah nantinya ketika melamar pekerjaan??? mohon solusinya??

  48. Hati2 juga dengan kesalahan dengan tidak mencantumkan marga buat orang batak, ambon, menado atau lainnya. Sebab, saya dahulu tidak diterima untuk menikah di pemda Rotterdam, karena paspor saya ada marga sedang di pengganti akte kelahiran tidak ada marga. Juga dulu saya umurnya di tuakan satu tahun, karena ada syarat umur masuk SD. Sekarang saya sulit merubah kembali.
    Salam

  49. numpang tanya om, sy kelahiran denpasar, nah sjak 2005 sy dinas di ambon, jd KTP/KK terbit di ambon, nah anak saya kelahiran denpasar, bisa tidak ya akte kelahiran diterbitkan di kota ambon.? namun tetap kota kelahiran tercetak denpasar.

  50. Saya mau tanya, jika sudah terlanjur punya pasport padahal ingin mengganti nama apakah jika prosedur di PN selesai harus membawa hasilnya ke Imigrasi? bagaimana prosedur nya? Terima kasih

  51. nah om, masalah saya nih. saya punya akte yang bener tapi ijasan semuanya salah, nama bapak dan tahun lahir di ijasah dan akte beda, saat mau bikin paspor saya bikin ulang KK dan KTP semunya ngikut yang di ijasah. saya dan tunangan saya berencana menikah dalam waktu dekat dan syarat menikah harus ada akte, om tau gak gimana cara mengurus aktenya? Ibu saya sudah meninggal dan bapak saya nikah lagi dan tak tau dimana, jadi saya harus urus sendiri semuanya. tp tidak tau caranya. jika om berkenan, tolong beri saya saran atau petunjuk. thannks

  52. mau nanya om saya lagi bikin akte kelahiran anak saya bernama mawar eka lestari dan anak saya yang kedua febby dwi lestari tapi ada kesalahan di buku nikah nama istri ela yan g di buku nikah dan yang di ktp sama di kk nurlela gimana om bisa diganti ga surat nikahnya jadi nama nurlela terimakasih atas jawabanya ya om ditunggu

  53. Om, akte sama ijazah gak sama yg diralat yang mana om?

    • Itu terserah anda. Mana nama yang dirasa tepat itu yang jadi pegangan.

      Namun kalau menurut saya sih … ijazahnya saja yang diralat …
      Akte kelahiran itu adalah referensi bagi semua dokumen. Semua dokumen resmi kita … harus sama tulisannya dengan Akte Kelahiran

      Salam saya

  54. Bro, kalau akte sama ijazah gak sama yang diralat yang mana?

  55. Salam kenal pak admin dan pembaca setia blog The Ordinary Trainer yang baik… berdasarkan pengalaman saya sebagai staf biro jasa dan jasa konsultan akunting dan pajak, sampai sejauh ini memang masih banyak orang yang belum memahami betapa pentingnya Akte Kelahiran. Oleh sebab itu saya sangat mengapresiasi postingan seperti ini yang sangat bermanfaat bagi banyak orang..

  56. kk ,bagaimana ya berubah nama yang salah ,dr ijazah sd sampai sma,akte lahir ku betul ,tapi di ijazah sd,smp,sma,salah, sebelumnya aku dr smp sudah tanya ke wali kelas sekolah katanya dr sd kamu izajah nya begitu,mknya tidak bisa dr pihak sekolah smp, sampai sma,saya salah nama ejaan belakang ,nah masalahnya pass kuliah pass mawu daftar ,sidang,pihak kampus menyatakan mau gk mau nama kamu ,ngikutin ijazah sma,saya ingin nama saya seperti akte kelahiran saya,kira-kira memakan waktu berapa hari untuk merubah izajah sd,smp,sma dan kemana saya harus merubah ijazah,

    sekian terima kasih. mohon bantuanya kk

  57. solusi nya apa kl untuk salah nama ???dan bagimana pengurusan nya???info donk

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s