WET HANDS


i.e  Tangan basah.

Tulisan ini dipicu dari baku komentar di salah satu group jejaring sosial yang saya ikuti.  Group ini anggotanya berisi … temen-temen SD saya.  Ya … Temen-temen saya jaman SD tahun 1970 – 1975 an.  Group ini relatif baru terbentuk.  Dan seperti biasa … jika baru terbentuk pasti euphorianya masih kenceng.  Lagi norak-noraknya.

Singkat cerita … karena banyak diantara kami yang lama sekali tidak bertemu … topik pembicaraan kami adalah tentu saja mengingat kenangan-kenangan jaman dulu.  Kebiasaan-kebiasaan kami dulu … yang masih kami ingat.  Si Anu dulu itu begini … Si Itu begitu … Si Ini begono … Si Ina bageno … dan seterusnya, dan seterusnya.

Bagaimana dengan si Trainer kecil ?
Mau tau hal apa yang diingat oleh salah satu teman sebangku saya ?

Teman sebangku saya itu ingat sekali … si Nanang itu dulu … kalo ke sekolah selalu bawa sapu tangan

Hahaha … langsung saya tertawa lebar …

Mengapa tertawa ? Membawa saputangan kan hal yang umum Om ?
Ya … memang umum.  Namun yang tidak umum adalah … penggunaannya.  Saya selalu membawa saputangan karena tangan saya selalu basah.  Entah mengapa … keringat yang keluar dari telapak tangan saya … relatif over dosis.  (padahal tidak sedang olah raga lho).  Sehingga kalau mau menulis di buku catatan pelajaran … saya diajari ibu untuk mengalasi buku terlebih dahulu dengan sapu tangan … sehingga tangan saya yang basah tersebut tidak membasahi halaman-halaman buku.  Hal (aneh) inilah yang ternyata sangat diingat oleh teman saya itu.  Karena satu sekolahan yang berlaku demikian … mungkin ya hanya saya sendiri.

Repot banget sodara … Repot banget …
Terutama kalau ada pelajaran menulis halus.  Dulu kalau pelajaran menulis halus itu kita diwajibkan untuk menggunakan tangkai pena … dicelupkan ke tinta ink … warna biru tua atau hitam … baru dituliskan ke buku garis tiga …  buku tipis tebal istilahnya.  Jika tangan saya tidak dialasi saputangan … niscaya halaman buku menjadi lembab … basah karena keringat yang keluar deras dari telapak tangan saya.  Akibatnya … Tulisan menjadi mblobor … tintanya merembes kemana-mana … tulisan jadi amburadul ndak keruan …  Nilai menulis halus sudah pasti jeblok sudah … ndak rapi babar blas … Sedih …

Namun Alhamdulillah …
Kelainan tangan basah saya itu … my wet hands … berangsur-angsur … semakin lama semakin berkurang.  Sekarang … ketika saya sudah dewasa … memang sekali sekali … pada kondisi-kondisi tertentu … tangan saya masih tetap basah … tetapi volume keringatnya tidak se over dosis dulu lagi.  Dan frekuensinya pun Alhamdulillah sudah sangat jauh berkurang.

.

Seperti biasa …
Apa teman-teman mengalami “kelainan” tangan basah ini ?
Atau mungkin pernah menjumpai kenalan, teman, handai taulan, keluarga yang punya masalah sama seperti ketika saya kecil itu ?
Boleh sharing tak ?

.

.

About these ads

34 pemikiran pada “WET HANDS

  1. Duh..belum pernah sih om ngeliat temen yang wet hands..
    hmm… tapi hebat banget om!! om ada group temen SD !!… kan biasa nya susah ketemu temen SD :)
    kalau temen TK ada gak ommm??? :D

  2. teman saya ada Om, ditelapak tangannya lama2 kaya habis cuci tangan gitu. cara menghilangkannya gimana ya. kalau bawa saputangan biasa akan basah jadinya dia bawa handuk

  3. ……maap, Om, tapi mungkinkah keringat berlebih di telapak tangan menandakan kondisi tubuh yang tidak beres? :?:

  4. saya juga pernah punya teman SD juga yang mengalami hal itu om. Biasanya kalau sedang menulis, tangannya berkeringat dan sampai ke buku. Di buku tulisnya sering basah (dan kering lagi) berwarna kekuning-kuningan.
    Saya gak tahu apakah itu kelainan atau tidak, tapi dia tidak ada masalah dengan kesehatannya.

  5. apakah ada hubungan dengan jatung om? semoga baik baik saja ya… sudah di check belum… biasanya sih ada hubungan dengan jantung… :)

    • iya…saya pernah dengar juga, bahwa keringat berlebih di tangan ada hubungan nya dengan penyakit jantung dan tiroiditis.
      tapi om NH enggak punya penyakit jantung toh? semoga tidak. dan semoga sehat selalu. amin

  6. yang aku tahu memang tangan basah berhubungan dengan jantung/distribusi darah. Kalau aku bukan wet hands tapi cold hands. Bener-bener dingin, bukan pembunuh tapi loh hehehe. Dalam udara panaspun tetap dingin. Konon karena darah tidak sampai ke tangan (sumber masalahnya sama yaitu distribusi darah). Memang dulu aku kurus, darah rendah, kurang darah, dan tidak suka olahraga… jadi gitu deh :D

  7. saya sampe sekarang masih suka basah nih tangannya… gak bisa ilang kayaknya om…
    yang gak enak ya kalo salaman ama orang ya. kesannya kayak nervous atau apa gitu. hahaha.

  8. Saya tak mengalami tangan basah om namun beberapa kali berjumpa dng mereka. Saya tahu dr bersalaaman. Tp ada yg agak aneh kalo bersalaman dng orang bertangan basah ya Om, agak geli gitu..:)

  9. tangan basah pada usia anak-anak itu wajar saja Om..
    selama yg keluar itu adalah keringat, bukan sirop.. :P

    kebayang trainer sedih lihat tulisannya blepotan,
    krn trainer kecil itu tergolong rapih anaknya
    sedikit perfeksionis juga.. #iya kaann..^^

  10. Ada Om.. teman sebangku saya waktu SD. Dan yang parahnya, dia sedikit jorok, sehingga mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Cuma, karena dia sangat pinter, maka “kelebihannya” yang satu itu, terabaikan saja oleh teman-teman.. :)

  11. ah, teman sekelas saya, cowo juga, dia sama seperti om, punya tangan basah. bedanya, dia mengalasi buku gak pakai sarung tangan, melainkan pakai kertas yg udah dilipat2 jadi tebal~ :lol:

  12. Saya sampai saat ini masih mengalami telapak tangan basah, tidak hanya tangan tapi telapak kaki juga

  13. ikut menyimak iyah om :)

  14. Dari penjelasan bundo dentist, wet-hands pada kanak2 wajar ya. Mengingat sahabat (termasuk gaya penulisan) dari keberbedaan sebagai penciri umum ya. Selamat berkarya

  15. Tapi..kondisi badan sehat kan Pak? Teman kerja saya dulu begitu, tapi dikarenakan gangguan jantung… semoga panjenengan tidak begitu ya…

  16. inonn kaya gitu..
    sampe sekarang malah..
    keringat berlebih…
    beberapa teman bilang.. ” itu artinya sakit jantung..lemah jantung..” (*dan semua asumsi lainnya..
    kalau kata mama…
    kalau orang tangannya keringetan,,itu artinya rezekinya gak putus-putus.. slalu ada gak berhenti,,
    (gak tahu ya ini bener, atau lagi menghibur anaknya yang sedih di ledekin sakit jantung..tapi alhamdulillah,,rezeki aku emang gak putus..ada aja bantuannya..
    kalau kata dokter
    beberapa orang memang mempunya kecenderungan tangannya keringetan, karena pori-pori berlebiht tapi itu wajar
    tangan basah itu ada untungnya tangannya halus..dan cenderung merah..
    semua hal yang inyiak alamin karena tanganya keringetan aku juga ngalamin..
    bahkan sekarang tangannya pun keringetan

    • semoga aja apa yang mama Putri bilang benar adanya
      soale suami juga sama tuh kayak om trainer,
      telapak tangannya seperti ada sumber mata air :D
      tapi di waktu2 tertentu bisa kering, klo pas kering jadi kasar deh telapak tangannya
      etapi biarpun begitu gak pernah bawa sapu tangan ato handuk
      apa mungkin karena masih terkendali ya? atau karena kerjaannya tidak berhubungan dengan kertas? auk deh hehehe

  17. Alhamdulillah saya gak pernah Om, tapi saya ada teman yang tangannya selalu basah. basahnya gak setengah basah, basah sah pokoknya sampai bisa diperas. gimana nggak jarinya diberdirikan aja lho bisa sampai netes kebawah.. denger2 bisa begitu karena jantung lemah, tapi teman saya itu sehat-sehat saja..

  18. Bukannya tangan basah=jantung itu gak bener? Saya punya masalah jantung dari lahir kok tangan kering-kering aja, ya? Cenderung terlalu kering malahan. Iyalaah, orang tipe kulit kering, hehe..

    Temen saya ada tuh Om. Dari SD dulu sampe hari ini tangannya teteup aja selalu membasah. Alhasil kemana-mana bawa anduk kecil jadi dulu sih sering dikatain tukang becak. Ribetnya pas SNMPTN sempet berapa kali musti ganti kertas jawaban karena bolong! Untung dia dapet pengawas baik hati. Cuma kalo kita yang deket dia sih kadang jadi berasa agak jijik gimana gitu apalagi kalau kepegang/megang tangannya. Untung orangnya gak sakit hatian.

  19. Pantesaaan, waktu salaman dulu itu kok basah ya, Om? :mrgreen:

    (ketemu aja belon kok :P )

  20. jd inget temen SMP sy kalo gini om.. Waktu ujian beberapa kali ganti kertas jawaban karena kertasnya selalu kena basahan dr tangannya.. Kasian juga liatnya.. Tp gak tau deh skrg masih kyk gitu apa enggak..

  21. kalau ga salah tangan basah itu ada kaitan nya dengan masalah jantung,.,.,.,.,., sama temen saya jugaa gitu,.,.,.

  22. ada om enha….dia temen sebangku waktu SMA. Kerjaannya beli tissue yang harganya cepe aka 100 perak waktu itu. Dia sangat terganggu kalau udh ulangan, semua tissue bisa dijembrengin biar ga ngebasahin kertas ulangan. Kalau ga salah sekarang udh mulai berkurang deh tapi menurutnya itu karena kelenjar tyroid yang tidak normal om. Apa om enha punya masalah dengan tyroid?? coba di cek deh…

  23. sama kok Om, gara2 tulisan ini jadi keinget.. dulu saya pun juga sering berkeringat di telapak tangan. tapi setelah tambah gede, dewasa… nggak lagi.

    anyway, kebayang tuh repotnya nulis halus tapi tangannya basah… :)

  24. kalau saya, tangan basah sih enggak om. tangan saya cenderung panas malahan. kecuali kalau di ruangan ber-AC ya. betewe, sampai sekarang masih bawa saputangan om?

  25. Saya sendiri nggak ngalamin Om, tapi teman saya ada yg demikian.
    Kalau artis yg saya tau adalah Indra Brugmen. Pernah diulas diacara infotainmen.
    Yang pasti itu termasuk suatu ‘kelainan’ meski kadang tak dirasa oleh yg mengalaminya.
    Ada yg berpendapat bahwa itu juga tanda2 ada penyakit tertentu.
    Tapi mudah2an itu semua bukan seperti yg Om NH alami.

  26. Saya juga tangan basah om, bahkan sampai sekarang. Emang ribet banget, buku2 jadi basah semua. Dan tentu saja, sapu tangan menjadi barang wajib bawa. :D
    Kata guru saya dulu sih bisa jadi itu tanda-tanda ‘kelainan’ jantung. Dan waktu apply kerja, pernah di minta tes kesehatan tambahan, yaitu jantung. Bersyukur, sampai sekarang masih bisa kerja normal, meski ga boleh yg mengandalkan otot. :D

  27. waaahhh….. ternyata ya om nh ini :p

    klo aku tgn malah kering om.. gak bs kena panas atau AC pasti lgsg pecah2 deh.. hmm…

  28. ada Oom temen SD dl…(sdh so long time ago)
    Namanya Teddy …anaknya pinter loh…juara 2…
    dia jg pake jurus sapu tangan itu…..(satu seperguruan sm Oom yah.. )

  29. Kalau saya Om T, mudah keringat walau kegiatannya ga seharusnya membuat keringat keluar. Padahal saya tinggal bukan di kota besar yang puanass. Cuma tinggal di desa kecil yang adem banget.
    Thanks for sharing Om T

  30. Ping-balik: WET HANDS | ceritakitadulu

  31. Ping-balik: HANDUK (KERAMAT) | The Ordinary Trainer writes ...

  32. Dulu saya juga punya temen begitu om, temen sebangku saya cewek. Dan kasihan sekali kerepotan karena tangannya yang basah. Kadang sampai2 handuk kecilnya basah bgt, sampai kadang dia ijin ke toilet untuk meras handuknya. Kabar terakhir belum pernah ketemu lagi. Semoga dia sembuh seperti om…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s