TUGAS SEKOLAH


.

Tentang tugas (dari) sekolah.

To begin with … saya akan ajukan satu pertanyaan kepada para pembaca sekalian :

Apakah anda masih ingat salah satu tugas (dari) sekolah yang sangat berkesan ? waktu SD ? SMP atau SMA ?

.

Para guru di sekolah biasanya sekali-sekala memberikan tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan di rumah.  Yang paling sering tentu saja mengerjakan PR, soal-soal matematika atau berhitung.  Atau mengarang dengan judul “berlibur” (-ke rumah nenek”).  Membuat prakarya, pekerjaan tangan.  Atau mengerjakan tugas-tugas yang lain.

Saya, selama sekolahpun sering sekali mendapat tugas-tugas tersebut.  PR dan yang sejenisnya.  Namun  ada satu tugas yang masih saya ingat sampai sekarang … yaitu tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.  Waktu itu saya kelas 2 SMP kalau tidak salah.  Kita semua dibagi menjadi kelompok kecil beranggotakan 4 – 5 orang.   Lalu kita diminta untuk “menginterview”, mewawancarai masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang di sekitar rumah kita.  Boleh pedagang keliling.  Boleh pedagang yang punya kios atau warung.  Rasanya senang sekali waktu itu … kami berlima mencari warung … terus duduk nongkrong di warung sambil meng-interview si penjaga warung.  Namanya siapa, Asal dari mana, omset perharinya berapa, anaknya berapa, anaknya sudah sekolah belum. suka duka sebagai pedagang dan sebagainya.  Selesai interview kita diminta untuk membuat laporan tentang hasil interview tersebut.  Saya ingat sekali tugas ini.  Karena tugas ini menurut saya menarik.

.

Mengapa kok ujug-ujug Om Trainer cerita tentang tugas sekolah ?

Begini ceritanya …

Minggu, 30 Maret 2013
Si Bungsu heboh.  Heboh … sibuk … bersama dua orang teman-temannya.  Lelaki semua.  Mereka mendapat tugas dari Guru Bahasa Inggris untuk membuat video.  hahaha.  Jaman sudah berubah … !  Teknologi mulai merambah anak-anak kelas 1 SMP.   Ya … si Bungsu dan teman-temannya mendapat tugas untuk membuat sebuah video – film pendek.

.

Video apa ?
Video tentang proses pembuatan sesuatu.  Tepatnya pembuatan makanan-minuman.  Makanan-minuman apa saja.  Boleh kue kering, nasi goreng, mie goreng, snack, pisang goreng, banana split, es campur, teh panas dan sebagainya … terserah anak-anak mau memilih proses pembuatan makanan / minuman apa.  Mereka harus menjelaskan bahan-bahannya, alat-alatnya … lalu dilanjutkan dengan mendemonstrasikan langkah-langkah bagaimana cara membuatnya.

Jadi kalau anda mau membayangkan … ini ceritanya seperti membuat tayangan layaknya tayangan masak-memasak di televisi.  Seperti yang dipandu oleh … Ibu Sisca Soewitomo, Farah Quinn, Rudy Choiruddin atau chef-chef muda usia yang ganteng dan sexy lainnya.

Karena ini pelajaran bahasa Inggris … maka tentu saja … seluruh narasi dan dialognya harus dilakukan dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris … !!! (hahahaha … mantap chuuyy … )

.

Apa yang dipilih oleh tim Si Bungsu dan dua temannya ?
Tim si Bungsu memilih untuk membuat “Simple Sandwich” dan minumannya “Chocolate Milk Shake”.  Dibawah bimbinganpenasehat teknis” …  Siapa lagi kalau bukan Bunda tercinta … :) :) :)

Bagaimana dengan Om Trainer ? … ouw tentu saja sebagai Ayah yang baik … saya berusaha membantu … sewajarnya.  Saya hanya membantu menyediakan kamera pocket (yang bisa dipakai shooting video MP4) dan menyiapkan tripodnya.  Plus tentu saja tukang pencet tombol shutter kamera.  Tak lupa saya … bilang … “Camera rolling … aaaannnddd … Action … ”  hahahaha …

Langsung mereka pun beraksi …

Assalamu’alaikum warahmatullah hi wabarokatuh …

Hello everybody … Today we gonna make a “simple sandwich”.  It is very easy to make and this is very delicious.  Now we would like to inform you the ingredients.  First … bread, then fried egg, chilli sauce, tomato sauce, mayonaise en de bla en de bla en de bla …  

Ok let’s make the sandwich …

….

Saya tersenyum saja melihat mereka beraksi di depan kamera … bak chef sungguhan …  Bergantian mereka bicara dalam bahasa Inggris … cas cis cus … menerangkan cara pembuatan Simple Sandwich dan Chocolate Milk Shake ini …

Tak lupa setelah seluruh proses selesai … mereka bergaya bak Chef Farah Quinn …

So … This is it … voila … !!!!
Simple Sandwich a la three boys of class 7 H … MP UIN Jakarta…
Mmmmmmm … yummmyy …

.

Mereka memuji sendiri masakan mereka hahaha …
Kocak bener anak-anak ini … dan jujur … saya kagum juga dengan kefasihan bahasa Inggris mereka.  Saya tidak pernah mendengar si Bungsu berbicara bahasa Inggris di rumah … Namun melihat dia dan teman-temannya berbicara lancar kemarin … Ah terharu juga saya … Saya terkejut … ternyata Si Bungsu keren juga bahasa Inggrisnya … pronounciationnya benar … intonasinya pun benar … lancar … josss !!!

Tugas dari Guru Bahasa Inggris ini mereka kerjakan dengan riang gembira … Mereka bisa banyak belajar … Belajar berbahasa Inggris … dan juga sekaligus … belajar memasak makanan yang sederhana …

.

So …
Para pembaca sekalian …
Apakah masih ingat salah satu tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru waktu sekolah dahulu ?
Yang paling menarik dan berkesan ?

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

About these ads

65 thoughts on “TUGAS SEKOLAH

  1. Pengen liat video si bungsu dbergaya ala chef di TV om….

    Waktu kelas 5 SD ada tugas pelajaran bahasa Indonesia, tugas kelompok drama tentang penculikan Jenderal pada saat gerakan 30 September itu…
    Adegannya hanya penculikan salah satu jenderal saja tiap kelompok.
    Meskipun masih kelas 5 SD tapi kami semangat memerankannya. Saya berperan sebagai salah seorang penculik lho Om…heheheh :)

    • hahaha …
      saya belum minta izin ke dua teman si Bungsu …
      kalo si Bungsu sih setuju … tapi teman-temannya ? belum tentu …
      heehehe

      Salam saya Mama Hanif

  2. tugas sekolah yang masih teringat sampe sekarang adalah bikin drama yang harus direkam dengan tape recorder, Om. Dulu ponsel belum menjamur seperti sekarang. Video mungkin masih VHS ya…

    Ceritanya saya jd koordinator kelompok untuk bikin rekaman beberapa adegan Robin Hood. Sempat dua kali pindah tempat. Pertama, teman2 kumpul d rumah saya. Eh, suasana ga kondusif. Terlalu ramai. Padahal ibu saya sudah menyiapkan makan siang nan lezat. Pecel lele khas Lamongan :) dan sambelnya yang maknyus tentu saja. Seminggu berikutnya kami pindah ke rumah temen lain. Dan rupanya di sini ada gangguan lain. Karena dilakukan di kompleks, aneka tukang kerap lewat. Mulau dari tukang bakso, es keliling, dll.

    Akhirnya rekaman pun jadi. CUma ya ga maksimal. Kalau ada tukang lewat, tape kita stop! Akhirnya hasilnya terputus-putus.

    Yang paling terngiang ya suara saya yang menirukan ringkik kuda, lolongan serigala dan pergantian suara akibat kurangnya pemain. Wkkkkwkwkwk..Lha kok mau aja ya saya waktu itu? Kalo ingat sekarang kok ya malu xixixixi.

    Salam dingin dr Bogor Om :)

  3. Kalo saya yang paling berkesan pas dikasih tugas persamaan kuadrat di smp kelas 3 apa ya Om? Termasuk salah satubyang bisa menyelesaikan dengan sempurna. Hoahahahaha. Trus banyak yang nyontek. :P *jumawa

    Anak sekolah jaman sekarang canggih-canggih ya Om. Jaman saya dulu belom tentu bisa ngomong bahasa inggris pas kelas 1 SMP. Alih-alih bikin video tentang bikin sandwich. Hahahaha. Kereeen. Diupload di mari dong Om.. :D

    • Hahahah …
      itu memang tugas yang membanggakan ya Dan ..

      mengenai up load … ? saya belum dapat ijin dari anak-anak itu Dan

      salam saya Dan

  4. waktu kelas 1 SMP ada pelajaran prakarya membat gantungan atau ganger pakaian dari triplek Om. Biasa sih memang apalagi buat anak laki-laki. Tapi saya puas karena bisa menggergaji sendiri menggunakan gergaji yang seperti huruf U dan beberapa teman minta satu kelompok dengan saya :)

    • Mbak Lidya masih inget saja dengan gergaji tripleks berbentuk U itu …
      yang warnanya Biru muda biasanya ?
      saya dulu juga sering memakainya … untuk prakarya …
      yang sedih itu kalau mata gergajinya putus … nggantinya rada refot

      salam saya Mbak

  5. banyak juga sih oom yg berkesan, salah satunya praktek elektronik, cuma aku sendiri yg berhasil buat rangkain alarm maling
    tapi ndilalah kok di raport dapat nilai 5
    cek ke gurunya aku dapat nilai 7, rupanya wali kelas yg salah isi raport…, katanya ntar mau diganti tapi sampai tamat nggak juga lho

  6. Tugas sekolah yg paling berkesan ketika menbuat sulaman untuk taplak meja. Pernah juga ada pelajaran menjahit, bangga sekali bisa bikin rompi yg diawali membuat pola hingga menjahitnya ;).

  7. Makin maju teknologi, makin aneh aneh aja ya tugasnya :P
    Apa ya yang menarik dari tugas sekolahku dulu…
    Pernah juga tugas bikin film pendek, yang ngerjain sekelas cuma kelompokku. Jadi kepengen liat lagi :( Aku berperan jadi ibu tokoh utamanya hihihi. >_<

    • Saya rasa nggak aneh lah …
      ini kreatif dan menurut saya menarik …
      toh bikin video sekarang kan bisa pake HP atau Kamera Pocket sederhana

      Film pendek ? jadi Ibu tokoh utama ? … waahhh asik nih sepertinya

      salam saya Untje

    • bagus banget om memperkenalkan anak secara dini kepada ide kreatif yang mendadak,
      kalo udah gedhe biar rensponsif, cepat menanggapi sesuatu.
      nggak kayk saya yang lola banget kalo suruh nyari ide

      salam kempor

  8. jaman berubah ya.. sekarang pake video dan english.. kaya ponakan pake bahasa jawa tentang gamelan dan di video-in.. pasang dong om videonya..

    mmhh daku ingetnya kuburan.. ada tugas tentang sejarah daerah, dan saat itu di smansa manado, jadi daku cari waruga, kuburan berdiri leluhur minahasa sana.. berkelompok 10 orang, cewe semua, naik mobil hartop tentara disopirin babeku, tumplek di belakang, cari kuburan, dan wawancarai penjaganya ambil cerita, itu di hari minggu.. seru deh, abis itu kemping kita main di kali..

  9. wah boleh juga tuh diunggah di sini videonya… kita kan pengen juga mencoba resepnya.. :)
    tugas sekolah yg paling kusuka adalah mengarang dan yg paling tidak suka adalah prakarya! yg terakhir ini dapat nilainya mepeeet terus, haha….

    • Hahaha …
      Jangan dihitung nilai gizi nya lho …

      Yang jelas … biasanya memang blogger itu dulu paling senang dapat tugas mengarang … :)

      Salam saya Aunty Mechta

    • Kalo Noni …
      pasti suka mengarang ya …
      apa lagi mengarang setelah melakukan perjalanan …

      Itu spesialisasi Noni … sampai sekarang …
      hehehe

      salam saya Noni

  10. Yang saya ingat ketika SD dulu penah mendapat tugas seni rupa untuk menghiasi kendi. Karena kesulitan akses ke pasar untuk beli kendi, akhirnya mencari kendi bekas yang biasanya dibawa peziarah di kuburan, he6.

  11. Banyak sih yang berkesan, Om.
    Tapi paling seru waktu kelas 1 SMA, disuruh buat drama Bahasa Inggris
    Kelompok saya terdiri dari 7 orang. Awalnya cuma temen, eh malah jadi sahabat sampe sekarang :) kita latihan dg sangat tekun, pdhl kelompok lain nganggap tugas itu sambil lalu aja. Sampe heran sendiri sekarang haha

    Kelompok kita paling dikenang sama guru dan teman2 sekelas. Karena kita bertujuh bisa dikatakan masuk golongan ‘pendiam dan kutu buku’. Begitu action kok, bisa ngelawak segala.

  12. jadi sangat inget masah sekolah tiap hari di suruh berdiri muluh gara2 tugas sekolah eh sekarang uda 5 tahun pak guru nya masih inget nama aslih saya.

  13. hehehe..pengarah gaya dan juru camera menginginkan terbaik untuk hasil shootingnya..Insya Allah sibungsu dapat nilai bagus ya Om..:)

  14. wah keren ya tugasnya bikin video. seru pastinya. hehehe.

    tugas sekolah jaman dulu ya? hmmm banyak sih yang aneh2. salah satunya, pas SD, pernah disuruh bikin lambang sekolah (lambangnya ribet pula bentuk obor trus ada tulisan2nya gitu) dari tripleks. jadi mesti digergaji trus ditumpuk2 biar kesan 3D trus dicat.

    secara masih sd ya om, susah lah ya mau gergaji2 gitu yang bener. akhirnya…. minta tolong supir bikinin, trus kita bayar ongkos lelah dah. hasilnya keren. bagus. huahaha. :P

  15. Kalau videonya belum dipublis, minimal ada fotonya Om…
    Sekalian resepnya….
    Jadi pembaca blog ini bisa mengambil ilmunya.
    Untuk tugas sekolah, yang paling berkesan adalah masa SD, karena tugasnya aneh2. Rata2 membuat kerajinan tangan produk lokal yang ada di desa.
    Beberapa diantaranya adalah bikin tongkat yang diplitur, bikin asbak atau buah2an dari tanah liat dan bikin kipas dari anyaman bambu. Ribetnya minta ampun…

    • Saya juga pernah membuat asbak atau bentuk-bentuk lain dari tanah liat Pak …
      yang saya ingat … mencari tanah liatnya lumayan sulit waktu itu …

      salam saya Pak Mars

    • Ya … memang biasanya para Narablog … dulu waktu sekolah … pasti senang jika mendapat tugas mengarang … hehehe …

      (termasuk saya …)

      salam saya Bu Lies

  16. Waduh senangnya, membuat tugas sekolah yang asyik. Jaman saya dulu ada tugas yang berkesan om, waktu SD. Harus membawa benih pepaya. Itu soal mudah sebenarnya tapi saya baru bilang ke emak sudah hampir maghrib. Emak mengerahkan 5 orang kerabatnya untuk mencarikan bibit pohon pepaya. jaman dulu memang tak semudah jaman sekarang untuk mencari bibit.

    Saya juga kepingin membuat video deh. Mungjkin tips blogging, tapi masih belum belajar cara menyisipkan power point dengan gambar saya he he he

    Terima kasih inspirasinya om
    Salam hangat dari Cimahi

    • Hahaha …
      saya masih ingat cerita tentang pengerahan masa dari Panglima Besar … dalam rangka operasi pencarian bibit pepaya …

      Ditunggu video tutorial bloggingnya pak De …

      Salam saya

  17. aku paling inget waktu smp. pelajaran PKK
    di suruh menjahit rok bo..
    Gampang kan, pasang restletingnya yang agak lama
    Tapi sensasinya..hadeeuh berasa bangga mulai dari bikin pola sendiri, ngejahit sendiri, trud di pake pula sendiri ..
    Jihaaaaa…This is it ..nchie tailor.!!

    • Nchie …
      Tau nggak … dulu waktu kelas 1 SMP …
      kami juga ada pelajaran PKK … dan gurunya perempuan …
      yang asiknya … kami murid Laki-laki juga dapet tugas yang sama …
      mau tau tugasnya apa …

      M.e.r.a.j.u.t … !!!

      Kebayang nggak ekeh ngerajut cyiint’

      salam saya

  18. Mudah2an segera mengantongi izin utk aplod videonya ya om, nampaknya bnyk pemirsa yg kepo pengen liat videonya nih trmasuk diriku hihihi
    Kalo aku tugas paling berkesan tugas biologi waktu smp disuruh bikin gambar metamorfosis berudu sampe jd katak dewasa lengkap brsama penjelasannya, bikinnya perorangan dan bangga bgt waktu dipajangin satu2 dibahas dipapan tulis :)
    Trus ada lg tugas bikin prakarya yg dibikin berdua sm temenku, sederhana aja sih bikin vas bunga dr stik es krim, kita dikasih wktu 2mggu tp akhirnya aku selesaikan sendiri krn gk disangka2 temenku itu sakit lalu meninggal hiks T_T

  19. huwaaa…kereeeen, kebayang gimana serunya proses ‘shuting’ pembuatan video tersebut Om hihihihi.

    Tugas yg paling berkesan adalah membuat miniatur mesjid Om, kelas 2 SMP, rasanya pelajaran seni rupa. Saya mengerjakannya dg sungguh2 dan penuh kreativitas, mewarna kapas menjadi hijau untuk dijadikan pohon2an dan sebagainya. Malah krn tugas itu, sempat kepengen bgt menjadi arsitek dan memilih jurusan ini waktu ikut UMPTN hihihihi

  20. waktu kelas 3 SMP, ada tugas membuat taplak dengan hasil rajutan. senang sekali rasanya pas udah jadi. setelah itu, saya lanjut membuat syal untuk saya sendiri.hehehehehe. tapi sekarang saya udah lupa gimana kalo mau merajut lagi karena udah lama tidak diterapkan.

  21. Wah seru yah Om… Bergaya jd celebrity chef… Gurunya kreatif pula ngasih tugasnya.. Heheh…

    Klo tugas sekolah sy paling suka klo disuruh eksperimen apa aja… Entah belajar mencangkok tanaman, atau percobaan magnet, bikin saklar…. Seruuu… Saya paling gak suka disuruh bikin prakarya.. Hihihi..

  22. Saya patut pujikan ide dari sang guru memberi tugas sekolah seperti itu, Om.. Itu benar-benar sebuah metode pembelajaran yang baik dan kreatif.. Jadi penasaran dengan hasil videonya, hehe.. :)

    Tugas sekolah jaman dulu yang saya masih ingat adalah membuat pigura foto pahlawan. Waktu itu saya kelas 3 SD. Dengan penuh perjuangan saya memotong, memaku dan memasang kaca sendiri untuk foto tersebut. Dan yang membekas adalah, pigura tersebut dipajang di depan kelas.. Bangga sangat tentunya.. :)

  23. Si Bungsu mantab sekali ya Om …
    Tugas sekolah yang saya sukai adalah membuat prakarya, karena setelah di nilai, prakaryanya terus di pajang di rumah … hi.hi.hi.

  24. Saya membayangkan hal itu dilakukan oleh “Si Bujang” (anak sy yg pertama) bersama teman temannya. Karena paling tidak saya sudah beri tambahan les bahasa inggris di LIA.
    Alangkah bangganya saya, seperti Om sekarang.
    Si Bungsu memang keren….. ;)

  25. tugas dari guru jaman skrg kreatif2 yah..smoga anak2 didiknya juga jadi lebih kreatif..
    kalo saya yg paling saya ingat dulu disuruh guru bikin penghapus dari kain yg diisi ddengan daun kapuk :D

  26. whaaa…sama dengan tugas saya pas SD, pelajaran apa ya, muatan lokal pengenalan wilayah gitu deh….
    tugasnya juga wawancara ke pabrik2 yang ada deket rumah, ke kelurahan ttg perangkat desa. Pastinyaaaa, saya dong yg paling banyak bisa ngumpulin tugas, karena tetangga pabrik semua…qiqiqi…(ketauan rumahnya paling jauh dari sekolah ya om…alias jauh dari kota)

    beberapa tugas yg dulu pernah saya dapat dr SD, sekarang juga saya berikan ke kakak dan abang lo om…tugas dari mamah :)

    • tugas bikin video sekarang lumayan sering diberikan untuk tingkatan SMP ya om…saya sering liat juga di Taman Suropati dan Monas, beberapa anak-anak berkumpul membuat film pendek :)

      jadi makin minder nih sayah,,,,kapan ya aksen saya ini bisa kek orang bule beneran….(sekarang kekanya inggris jawa deh…wkwkwk)

  27. ini om, paling berkesan tuh waktu kls 1 smp diminta jadi pemeran drama anak pesantren pake baju pinjeman kk kelas jadi kedodoran dan bikin gergeran dikelas. malu tapi mampu.

  28. Waktu SMP, pelajaran bahasa indonesia pernah disuruh dengerin pidato Pak Harto dan nyatet semua kata-kata yang nggak sesuai EYD…. hahahaa…

    Eh, anak sulung saya kemarin ini pelajaran bahasa inggris sama juga lho, disuruh menerangkan cara pembuatan makanan. Cuma nggak direkam pake video, langsung praktek di sekolah.

  29. waktu itu saya dikasih tugas mengumpulkan jenis daun-daun dan ditempelkan di buku… Nah waktu itu saya malah bentuk daun-daun yang saya kumpulin sesuai dengan bentuk yang saya inginkan.. sampai-sampai guru saya ketawa2 sendiri karena harusnya daun yang saya kumpulin bentuknya sempurna

    href=”http://marotravel.com/pulau-pramuka-murah/” rel=”nofollow”>Travel Pulau Pramuka

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s