Diposkan pada VOLUNTEERING

KI TANGERANG SELATAN

Sudah lama sekali rasanya saya tidak bercerita tentang kegiatan volunteering saya yang satu ini.  Sebuah kegiatan sukarela yang bernama Kelas Inspirasi dari Program Indonesia Mengajar.  Gerakan cuti sehari untuk mengajar di SD-SD negeri sederhana.

Terakhir saya menulis mengenai kegiatan Kelas Inspirasi di Karawang.  Sebetulnya ada lagi beberapa Kelas Inspirasi lain yang saya ikuti, namun tidak sempat saya ceritakan di sini, yaitu ketika saya ikut Kelas Inspirasi (KI) Serang 1 (September 2015), KI Bogor 3 (Oktober 2015), KI Bandung 4 (Februari 2016), KI Jakarta 5 (May 2016), KI Depok 3 (Oktober 2016).

Sekarang saya ingin bercerita tentang Kelas Inspirasi Tangerang Selatan, yang baru saja kemarin saya ikuti, Senin, 14 November 2016

img-20161112-wa0026
(foto by @nh18)

Kelas Inspirasi kali ini menjadi terasa istimewa bagi saya, karena kebetulan saya bertempat tinggal di Tangerang Selatan.  Ini rumah saya.  Kinilah saatnya menjadi relawan di “negeri” sendiri.

Ada beberapa hal yang bisa saya catat untuk pelaksanaan Kelas Inspirasi Tangerang selatan.

Hal tersebut adalah :

1.Lokasi Sekolah

Selama ini saya mendapatkan jatah mengajar di tempat yang jauh dari tempat tinggal saya.  Kali ini saya mendapat tugas untuk mengajar di sebuah SD negeri yang jaraknya hanya 3 km saja dari rumah.  Aahhhh nikmatnya.  Kalau biasanya saya musti berangkat jam 5 (bahkan kadang jam 4 pagi) untuk mengejar waktu agar tidak terlambat sampai ke sekolah.  Kini saya bisa berleha-leha, bisa berangkat jam 6.30 tanpa takut terlambat.  Hawong sekolahnya hanya 5-10 menit berkendara.

img-20161112-wa0018
(foto by @nh18)

.

2.Profesi

Profesi yang ditekuni oleh rekan relawan kali ini juga relatif beragam.  Bahkan ada beberapa profesi yang saya belum pernah dengar sebelumnya.  Saya satu team dengan mereka yang berprofesi sebagai wedding organiser, praktisi human capital, peneliti kebijakan, auditor, tutor sewing & craft, konsultan riset, arsitek, health & safety environment, arsitek, pengabdi bantuan hukum, ahli hukum, praktisi kuliner anak,  pengajar tari, copy writter dan sebagainya.

Yang unik adalah ada satu rekan relawan yang punya dua profesi.  Dan dia menerangkan ke dua macam profesi tersebut di dua kelas yang berbeda, masing-masing dengan perlengkapan dan cara mengajar yang berbeda pula. (heboh tapi asik …!)

Kalau mau jujur, sebetulnya yang terinspirasi bukan saja anak-anak, tapi juga para inspiratornya bisa saling belajar satu sama lain.

cabeudik31
Jangan cari saya, saya memang tak ada di foto ini.  Udah nggak kuat loncat-loncat … hehehe …  (photo by Robby Darmawan)

.

3.Jadwal Mengajar

Entah mengapa saya merasa kali ini jadwal mengajar saya terasa sangat ringan.  Walaupun ada beberapa orang yang mengundurkan diri pada saat hari H, namun karena jumlah relawannya masih lebih banyak dari rombongan belajar dan jumlah lokal kelasnya, jadwal mengajar kami masih bisa di tanggulangi tanpa mengeluarkan tenaga yang ekstra.

Di beberapa tempat saya mengajar sampai 5 atau 6 kelas, namun kali ini saya hanya mengajar 3 kelas saja.  Ini pun sudah berikut jadwal tambahan mengajar karena ada pengajar yang tiba-tiba mengundurkan diri pada hari H karena sakit.  (Awalnya malah saya diskedulkan hanya mengajar 2 kali)(hehehe kipas-kipas)

cabeudik3
(photo by : Robby Darmawan)

.

Jadi demikianlah …

Sekali lagi, Kelas Inspirasi kali ini terasa lain.  Terasa lain karena : “Saya menjadi relawan di “negeri” saya sendiri”  di lingkungan tempat tinggal saya.

Sesungguhnya Anda tidak akan pernah tau …

Bahwa anak-anak itu bisa saja terinspirasi hanya dari mendengar dan melihat cara anda bicara, cara anda berpakaian, cara anda membawa diri, memperhatikan apa yang anda bawa, apa yang anda terangkan …

So … mari iuran kebaikan !

Hanya dengan cara berbicara positif, berperilaku positif, dan berpikiran positif !

cabeudik32
(photo by Robby Darmawan)

Salam saya

om-trainer1.

.

.

.

.

Iklan
Diposkan pada ARTIKEL, FIKSI, NGEBLOG

LOMBA MENULIS : 1001 KISAH MASJID

Assalamu’alaikum wr.wb
Salam sejahtera

Beberapa waktu yang lalu saya meluncurkan perhelatan lomba bertajuk “Lomba Foto theordinarytrainer.com”

Setelah berjalan beberapa saat, saya mulai berfikir.  Hmmm … sepertinya tidak semua pembaca blog saya itu suka dengan fotografi.  Mungkin sementara orang akan merasa kesulitan untuk mengikuti lomba foto tersebut.  Entah karena kurang PD dengan gawai yang dipunyainya, ketidak tersediaan alat, atau it’s just simply … memang kurang hobby foto-foto.  Nah untuk memberikan kesempatan kepada mereka agar tetap bisa berpartisipasi meramaikan lomba saya, maka saya mencoba untuk membuat lomba yang lain lagi.  Yaitu LOMBA MENULIS.  Blogger tentu suka menulis bukan ?

Temanya tetap serba serbi seputaran Masjid

Nah … kita sebut saja lomba ini : “LOMBA MENULIS : 1001 KISAH MASJID”

1001 KISAH MASJID artinya bisa :

  • Kisah yang terjadi di dalam masjid,
  • Kisah yang terjadi di seputaran lingkungan masjid,
  • Kisah tentang sebuah kegiatan masjid
  • Kisah yang berlatar belakang masjid
  • Kisah yang berawal dari masjid
  • Kisah yang berakhir di masjid
  • Kisah tokoh pengurus masjid
  • dan sebagainya

Mudah-mudahan temanya cukup jelas ya …

Mari kita simak syarat-syarat dan ketentuannya.

—-

Tujuan :

  • Memberikan pencerahan, pembelajaran, informasi, renungan, dan/atau hiburan kepada khalayak pembaca melalui kisah-kisah atau artikel menarik penuh hikmah yang berlatar belakang masjid (termasuk di dalamnya langgar/musholla/surau).
  • Menuliskan kisah penuh hikmah tersebut secara menarik, efektif, tidak nyinyir dan tidak bertele-tele.
    .

Apa yang harus peserta lakukan ?

  1. Membuat SATU POSTINGAN TULISAN BARU di blog masing-masing
  2. Tulisan hanya terdiri dari +/- 200 kata saja. (Maksimal 210 kata)
  3. Buat tulisan dalam bahasa yang mudah dimengerti. 
  4. Pergunakan kalimat yang efektif dan tidak bertele-tele
  5. Boleh menambahkan foto/gambar/sketsa untuk ilustrasi (tapi ini tidak dinilai)(yang dinilai hanya tulisan)
  6. Pada bagian akhir postingan mohon ditulis : “Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid” (diberi link hidup ke postingan ini)
  7. Mohon dituliskan juga di pojok kiri bawah, word count (jumlah kata yang digunakan)(untuk cross check juri)(misalnya : 189 kata)
  8. Lalu sematkan gambar logo ini di bagian penutup :
    Lombamenulis
  9. Daftarkan postingan anda kesini : http://goo.gl/forms/TwK8tr5L9JoC8JSA3
    .
  10. (Tidak Wajib) Peserta disarankan untuk menyebarkan tulisannya melalui akun FB (dengan mention @nhher), atau twitter (dengan mention @nh18) atau IG (dengan mention @nhher)(salah satu saja)(tapi kalau mau dua atau tiga-tiganya ya nggak papa juga …)
    .

Apa yang ditulis ? (silakan pilih salah satu)

  • Kisah NYATA atau artikel penuh hikmah yang mengambil latar belakang masjid/langgar/musholla /surau.  Misalnya kisah perjuangan hidup, cerita haru, kesetiakawanan sosial, informasi praktis, kebersamaan, keluarga, romantis, heroik, inspiratif, lucu, seram, manis, sedih dan sebagainya.  Bisa merupakan kisah pengalaman sendiri ataupun kisah yang diceritakan oleh orang lain kepada anda.

    atau …
  • Cerita FIKSI, kisah rekaan belaka namun penuh hikmah.  Yang mengambil latar belakang masjid/langgar/musholla /surau.   Sama seperti kisah nyata di atas, bisa bercerita tentang kisah perjuangan hidup, cerita haru, kesetiakawanan sosial, kebersamaan, keluarga, romantis, heroik, inspiratif, lucu, seram, manis, sedih dan sebagainya.

Catatan Khusus :

  • Jika anda memilih untuk menulis cerita FIKSI, mohon cerita yang ditulis tersebut TIDAK bergenre “science fiction” atau “khayalan” (Contohnya jangan seperti cerita dongeng, cerita masa depan, superhero, Startrek, Star War, Harry Potter atau yang sejenisnya)
  • Sekalipun fiksi atau rekaan, namun cerita tersebut sangat mungkin terjadi di kehidupan yang nyata saat ini (realistis)
    .

 Apa syarat peserta ?

  • Lomba ini terbuka bagi seluruh Blogger, memiliki blog berplatform apapun.
  • Di blognya minimal sudah ada 10 postingan.
  • Memiliki alamat di Indonesia. (untuk pengiriman hadiah, jika nanti menang)
  • Satu blog hanya boleh mengikut-sertakan 1 (satu) tulisan saja.
  • Jika seorang blogger mempunyai lebih dari satu blog, maka dia boleh mengikuti kepesertaan sebanyak blog yang dipunyainya.
  • Para peserta lomba foto tetap BOLEH ikut juga meramaikan lomba menulis ini.
  • Dan sebaliknya peserta lomba menulis ini juga tetap BOLEH ikut menyemarakkan lomba foto.
    .

Apa ketentuan tulisannya ?

  • Tulisan BELUM PERNAH diikut sertakan dalam lomba apapun.
  • Harus ORISINAL (tulisan hasil karya sendiri bukan mencuri karya orang lain)(Kami tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari ada protes/tuntutan hukum dari pihak lain terhadap karya yang diikut sertakan)
  • Tidak boleh bertentangan dengan hukum dan tata nilai yang berlaku. Baik hukum agama maupun hukum negara.
  • Tidak boleh menyinggung/melecehkan/merendahkan/menghina/menyerang pribadi seseorang dan/atau sekelompok orang dan/atau golongan.
    .

Periode lombanya kapan ?

  • Kontes dimulai saat artikel ini ditayangkan, dan akan ditutup pada tanggal 30 Juni 2016 (jam 23.59)
  • Pengumuman pemenang insya ALLAH akan dilakukan pada tanggal 11 Juli 2016
    .

Apa kriteria penilaiannya ?

  • Kesesuaian dengan tema
  • Jelas, mudah dimengerti, alur sistimatis, runtut dan enak dibaca
  • Menggunakan kalimat yang efektif tanpa kehilangan makna
  • Keunikan ide dan kreatifitas pemilihan kata
    .

Siapa jurinya ?

  • Penilaian akan dilakukan sendiri oleh @nh18
  • Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
    .

Apa hadiahnya ?
(jika peserta >100)

  • TIGA tulisan unggulan PERTAMA. Masing-masing akan mendapatkan paket hadiah barang seharga +/- Rp. 100.000
  • TIGA tulisan unggulan KEDUA. Masing-masing akan mendapatkan paket hadiah barang seharga +/- Rp. 90.000
  • TIGA tulisan unggulan KETIGA. Masing-masing akan mendapatkan paket hadiah barang seharga +/- Rp. 80.000

(jika peserta 50 < 99)

  • Hadiah tetap sama namun jumlah unggulannya masing-masing menjadi DUA

(jika peserta 3 < 49)

  • Hadiah tetap sama namun jumlah unggulannya masing-masing menjadi hanya SATU saja.


Jadi demikianlah teman-teman, besar harapan saya, teman-teman berkenan untuk ikut menyemarakkan lomba menulis ini.  Mari kita semarakkan bulan yang istimewa ini dengan cara yang sederhana dan penuh suka cita.

Sekali lagi, lomba ini terbuka bagi siapa saja yang punya blog, yang sudah berisi minimal 10 postingan.  Siapapun anda  … !

Kami menunggu karya tulisan orisinal anda … !

Wassalamu’alaikum wr.wb
Salam sejahtera

Lombamenulis

Diposkan pada ARTIKEL, NGEBLOG

JAJANAN KAKI LIMA FAVORIT NH18

Ada sebuah tantangan menarik yang dilontarkan oleh Maya Siswadi, seorang bloggerwati yang bermukim di Tangerang Selatan.  Tantangannya sederhana saja, yaitu menceritakan lima jenis jajanan favorit yang kita sukai.

Pada hakikatnya saya bukanlah orang yang menyukai petualangan kuliner.  Setiap kali travelling ke tempat-tempat tertentu baik itu di dalam maupun di luar negeri, teman-teman saya pasti putus asa mengajak saya wisata kuliner, berburu makanan khas setempat.  Dijamin saya tidak akan pernah mau diajak. (Ah percuma ngajak si Nanang, dia mah orangnya gitu … nggak seru !)

Pas berkunjung ke suatu kota tertentu, mau makan ? Yang dicari pasti warteg atau warung Padang.  Kalaupun diajak ke restoran, pesannya pasti standart … nasi goreng ! Minumnya teh panas manis.  Atau kalau di luar negeri, mentok-mentoknya gerai cepat saji pak Ron atau Pak Kolonel.  Selera saya memang sangat konvesional.  (tepatnya menyedihkan !)

Namun demikian jika saya ditanya, adakah jajanan-jajanan favorit yang Om NH senangi ?  Tentu saja ada lah.  Dan karena saya ini orang rumahan, dan baru berkeliaran cari makan ketika saya libur tidak mengajar.  Maka jajanan favorit ini relatif lokasinya yang dekat-dekat rumah saya saja  (di daerah Pondok Cabe, Tangerang Selatan)

Mari saya ajak anda sekalian, mencicipi jajanan-jajanan kesukaan saya.

.

1.Nasi Uduk Nyai
Sebut saja demikian.  Ini adalah nasi uduk paling enak yang pernah saya makan.  Asli Betawi.  Letaknya di depan Masjid Al Ittihad, di Jl. Purnawarman, Ciputat Timur.  Gurihnya pas, pake sambel kacang.  Semurnya nyus,  telor balado dan telor dadarnya “Betawi” banget.  Nyai tidak hanya menjual nasi uduk saja, tetapi juga ketupat sayur dan beberapa penganan tradisional Betawi, seperti gemblong, ketan kelapa, bakwan dan sebagainya.  Tapi yang saya rekomendasikan tetap nasi uduknya.  Kedai Nyai hanya buka pagi hari, biasanya melayani mereka yang berangkat ke kantor atau ke sekolah.  Jam 11 makanan di sana biasanya sudah habis semua.  Apalagi hari Minggu.  Seporsi nasi uduk dengan telur dadar, mihun goreng dan semur tempe harganya Rp.10.000 saja

k51

.

2.Soto Bakso Kumis Pak Solihin (alm)
Atau sekarang namanya berganti menjadi Bakso “Rasa Nyata” (Pa Kumis).  Sesungguhnya ini bakso biasa.  Tapi almarhum Pak Solihin (sang founder) menambahkan asesori soto ke dalamnya.  Ada potongan lumpia, kubis, tomat segar, daging sapi dan kedelai goreng.  Jadilah menu ini dinamakan Soto Bakso.  Rasanya enak.  Baksonya pun lembut.  Cocok untuk selera om-om ompong seperti saya. 

k53
(nggak pake kedele)(udah nggak kuat ngunyahnya)

.

Lapak bakso ini letaknya berada di dalam kompleks perumahan UIN Jakarta, di Jl. Ciputat Raya.  Buka dari sekitar jam 9 pagi sampai sekitar jam 8 malam.

Kemasyhuran bakso ini sudah tidak diragukan lagi.  Coba saja tanyakan kepada mereka yang pernah kuliah di UIN Jakarta.  Alumni atau mahasiswa,  baik itu yang baru kuliah tahun kemarin maupun yang sudah lulus 20 tahun yang lalu.  Biasanya mereka akan berkata, bahwa mereka pernah nongkrong di kedai ini.  Ya bakso ini berdiri sudah lama sekali, dan sangat terkenal di kalangan mahasiswa UIN Jakarta. 

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah ngobrol dengan Pak Solihin (beliau masih sehat waktu itu).  Beliau usaha jualan bakso ini diawali dengan jualan pikulan.  Dan kemudian karena kegigihannya dia berhasil menyewa kios.  Usahanya terus berkembang sedikit demi sedikit, sampai akhirnya beliau beserta istrinya bisa menyekolahkan tinggi anak-anaknya dan bahkan menunaikan ibadah haji berkat usahanya ini.  Sekitar tahun 2014 yang lalu Pak Solihin meninggal dunia, menyusul sang istri yang sudah meninggal terlebih dulu.  

Sekarang kios bakso kumis Pak Solihin (i.e Bakso Rasa Nyata) ini diteruskan oleh salah seorang pegawainya.  Meskipun sudah ditinggal sang founder, rasa dari bakso legendaris ini tetap tidak berubah. Soal harga ? Murah pol ! (hawong harga mahasiswa).  Seporsi soto mie bakso hanya Rp. 13.000 saja.

k52

.

3. Bakmi SS

Taglinenya : “Bakmi SS rasa GM”.  Hahaha.  Ciye-ciye-ciye.  Rupanya rasa bisa juga dicopy paste.  Seperti yang sudah anda duga, beberapa menu di Bakmi SS ini merupakan tiruan dari menu bakmi yang terkenal itu.  Setelah saya rasakan, ya memang tidak jauh berbeda.  Yang berbeda hanyalah harganya.  Jauh lebih murah tentu.  Menu favorit saya di sini adalah Bakmi Spesial Pangsit Goreng dan … Nasi Goreng ! (again ?)

Harga Bakmi Spesial Pangsit Goreng hanya sekitar Rp. 18.000 an.  Sementara Nasi Goreng hanya Rp. 21.000 saja

20160313_200311_resized

Bakmi SS ini letaknya ada di sebuah pujasera.  Pusat jajan serba ada.  Buka dari jam 10.00 sampai 24.00 (kalau malam minggu).  Hari biasa hanya sampai jam 22.00  Sejarahnya, pujasera ini terbentuk karena adanya penertiban dan penggusuran lapak-lapak di sepanjang kali Enggram (anak kali Pesanggrahan).  Para pedagang lapak makanan tersebut akhirnya disatukan di sebuah tempat baru yang bernama TKC.  Taman Kuliner Cireundeu.  Letaknya ada di ujung Jl. Purnawarman, dekat kompleks perumahan Mandiri. Cireundeu Tangerang Selatan.  Lebih rapi.  Lebih tertib.  Jika malam minggu ada hiburan live music ala kadarnya.  Cukup membuat gembira pengunjung dan pegawai lapak.

Menurut pendapat saya kondisi mereka kini jauh lebih baik, dibanding ketika mereka masih membuka kedai di pinggir kali.  Pengunjung terlihat lebih ramai dan kebersihan lebih terorganisir dengan baik.  lahan parkirnya pun tidak mengganggu lalu lintas seperti dulu.

20160313_200301_resized

 

4. Sate Ayam Warung Khas Madura

Ini juga makanan standar.  Maksudnya makanan standar kalau Bunda sedang tidak masak di rumah.  Untuk makan malam, saya biasanya akan merapat ke lapak kaki lima yang satu ini.  Warung Khas Madura namanya.  Baik itu nongkrong di tempat, atau bungkus bawa pulang.  Warung K5 ini letaknya di Jl. Cireundeu Raya.  Tepat di seberang resto “warung pizza” berwana merah yang terkenal  itu.  Buka hanya malam hari saja, dari jam 18.30 sampe sate habis.

k54

Yang jualan asli Madura.  Mereka menjual sate ayam, sate kambing dan juga sop kambing.  Bisa pakai nasi, bisa pakai lontong.  Digadopun monggo.

k56

Namanya juga selera konvensional, sejauh ini saya baru merasakan sate ayamnya saja.  Saya belum pernah beli sate kambing dan sop kambingnya.  Harga satu porsi (10 tusuk) dibandrol Rp.17.000 saja.  Kalo tambah lontong jadi Rp.20.000.   Menurut saya ini adalah sate ayam yang paling enak yang ada di sekitar rumah saya.  Apa lagi jika bumbunya ditambah potongan bawang merah mentah.  Hhmmm ! (hah … harum !)

.

5. Sate Padang Ajo Suardi

Saya mulai jatuh cinta pada sate Padang yang satu ini gara-gara si Sulung dirawat di RS Syarif Hidayatullah karena sakit demam berdarah.  Gerai kaki lima sate Padang ini letaknya memang tepat berada di depan rumah sakit tersebut.  Berdekatan pula dengan mesjid Fatullah UIN Jakarta, di Jl. Ciputat Raya.  Ketika saya menjaga si Sulung, karena lapar malam-malam saya mencari makan.  Bertemulah saya dengan kaki lima yang satu ini.  Sate ini hanya buka malam hari (19.00 s/d 23.00)

20160314_192905_resized

Entah karena lapar, entah karena lelah, saya merasa sate Padang ini adalah sate Padang yang paling enak yang pernah saya rasakan di Pulau Jawa. (hahaha lebay yak ?)(Sate Padang Mak Syukur Padang Panjang nggak masuk hitungan … karena itu legend …)(tak tertandingi)(hahaha).  Saya koreksi pernyataan saya, ini adalah sate Padang yang paling enak yang ada di dekat rumah saya.  🙂

20160314_193012_resized

Aroma bumbunya enak sekali.  Kekentalannya pas.  Dagingnya pun relatif empuk dan matang.  Sate Padang ini enaknya memang dimakan selagi panas.  Jika sudah dingin, bumbunya sudah tidak enak lagi.  Harga satu porsi 10 tusuk + 1 ketupat Rp. 17.000

20160314_193241_resized

Jadi demikianlah …

Saya baru saja menceritakan jajanan-jajanan favorit saya.  Kalau mau dipetakan kira-kira letaknya seperti ini …

map

Semuanya berada di seputaran tempat tinggal saya.  Sekali lagi ini karena saya orang rumahan, dan bukan tipe petualang kuliner yang suka berkeliaran ke sana-ke mari mencoba-coba (atau memfoto-foto) berbagai jenis makanan.  Selera saya sangat konvensional.  Tepatnya, benar kata teman saya : “Untuk urusan makan-makan si Nanang mah orangnya gitu … nggak seru !”

Hahaha

Salam saya

om-trainer1

.

.

(harga per 15 Maret 2016)

(seluruh foto adalah milik pribadi @nh18)

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Advencious First Giveaway dan JengSri”

Diposkan pada VOLUNTEERING

KI JAKARTA 4 : TENTANG MENANGIS

Saya masih melanjutkan cerita yang (sangat) tertinggal, yang terjadi beberapa bulan yang lalu.  Tentang kegiatan Program Kelas Inspirasi, Jakarta #4.

Program kelas inspirasi adalah semacam program “cuti sehari, menginspirasi seumur hidup”.  Suatu gerakan yang mengajak para profesional untuk turun langsung secara suka rela mengajar ke sekolah dasar (SD) selama satu hari.  Berbagi cerita dan pengalaman kerja, juga memberi motivasi para murid SD, agar mereka dapat terinspirasi dari profesi-profesi yang diceritakan oleh para relawan.

Seperti yang saya ceritakan di tulisan sebelumya saya mendapat tugas untuk mengajar di SD Manggarai 17, bersama beberapa relawan yang tergabung dalam kelompok 16.

9 September 2015

Ini adalah hari inspirasi,  The D day.

Setiap program kelas inspirasi yang saya ikuti pasti mempunyai cerita unik sendiri-sendiri.  Cerita yang sedikit berbeda untuk KI kali ini adalah :

1.Pembukaan massal :
Rasanya baru kali ini saya mengalami pembukaan kelas inspirasi yang diikuti oleh sekian banyak anak-anak.  Bayangkan saja 5 sekolah digabung menjadi satu.  Di kumpulkan di suatu lapangan.  Tidak mudah mengatur anak sedemikian banyak. Untung relawannya juga banyak plus dibantu juga oleh para guru.  Sehingga upacara pembukaan berlangsung dengan tertib

manggarai2
(photo by @nh18)
JKT41
(photo by Prita)

2. Jendela Cakrawala Cita
Kebetulan salah satu anggota tim kami ada seorang yang bergerak di bidang design. Sehingga jujur saja, saya sebagai ketua tim merasa sangat terbantu dengan kebisaan beliau. Kita bisa jadi merancang satu tema untuk setiap alat-alat peraga yang kami produksi. Back Drop, Spanduk, Poster, Baliho, bahkan sampai Kenang-kenangan untuk Sekolah pun berhasil kami rancang dengan satu tema. Tema yang kami pilih adalah Jendela Cakrawala Cita.

Manggarai2
(design by SonSon)

 

(design by SonSon)
(design by SonSon)

 

Manggarai3
(design by SonSon)

 

Manggarai22
(photo by SonSon)

 

3.Menangis
Ini cerita yang paling membekas bagi saya.  Ada salah satu murid.  Anak kelas satu. Usianya 7 tahun.  Perempuan.  Saya perhatikan dari menit pertama dia menginjakkan kaki ke halaman sekolah, sampai jam pulang sekolah,  anak ini terus menangis.

Ya … menangis tidak pernah berhenti.  Ok satu dua tiga kali memang sempat berhenti, tapi itu hanya terisak-isak saja.  Mungkin dia menarik nafas sebentar untuk ritual menangis yang lebih heboh lagi (hehehe).

Kami sempat bertanya pada guru kelas dan juga satpam sekolah.  Apakah anak ini selalu begini ?

Ternyata jawabannya adalah : ini terjadi setiap hari.  SETIAP HARI.  Every single day.  Sejak hari pertama masuk sekolah sampai saat kami datang kesana tanggal 9 September 2015.  Dari saat masuk sekolah jam 7.00 sampai pulang jam 10.00.  Saya tidak tau penyebabnya.  Menurut penuturan guru kelas, keluarga anak ini keluarga sederhana.  Dia sudah punya adik lagi.  Apakah ini berkaitan dengan kesiapan mental untuk belajar ? … atau kurangnya perhatian ? … atau bagaimana ? … saya juga kurang jelas.

Yang jelas, saya berani memastikan bahwa ada seorang anak yang dari pagi sampai pulang menangis terus tanpa berhenti.  Sesekali berhenti untuk isakan-isakan kecil saja.   Menarik napas sebentar.  Namun ketika didekati dia akan menangis lagi dengan lebih keras.

Anak ini tidak mau masuk kelas.  Dia hanya menangis di luar, di dekat pintu masuk kelasnya. (calon drama queen nih …)(hehehe).  Sudah banyak cara dilakukan untuk membujuknya untuk tidak menangis, masuk kelas dan belajar.  Tapi belum ada yang berhasil.  Beberapa dari relawan mencoba untuk membujuknya.  Tapi juga tidak berhasil membawanya masuk.  Hanya berhasil “ngerih-rih”, meredakan tangis kerasnya menjadi isakan kecil.  (Yang mana kalau ditinggal segera beralih ke nangis keras lagi …)

Diperlukan kesabaran ekstra bagi guru yang menanganinya.

Semoga saja … sekarang … anak ini sudah tidak menangis lagi. Dan mau masuk kelas dan mengikuti pelajaran seperti teman-teman yang lain.

Pengalaman mengajari di SD Manggarai ini sungguh merupakan pengalaman yang tak bisa dilupakan.  Bukan begitu teman-teman ?

Manggarai10
(photo by tim dokumentasi kel 16)(Prita &Irwansyah)

 

Salam saya

om-trainer1

 

Diposkan pada VOLUNTEERING

KI JAKARTA 4 : SD N MANGGARAI 17 DAN KELOMPOK 16

Setelah Bogor, Depok, Bekasi dan Cilegon, akhirnya saya bisa lolos seleksi juga untuk ikut berpartisipasi dalam program Kelas Inspirasi di Jakarta batch yang ke 4 (sebut saja KI Jakarta 4).

Program Kelas Inspirasi pada hakikatnya adalah suatu gerakan yang mengajak masyarakat umum, para profesional untuk turun langsung mengajar ke sekolah dasar (SD) selama satu hari.  Berbagi cerita dan pengalaman kerja, juga memberi motivasi para murid SD, agar mereka dapat terinspirasi dari profesi-profesi yang diceritakan oleh para inspirator.

Istilah populernya adalah … “cuti sehari, menginspirasi seumur hidup”.

.

22 Agustus 2015
Hari ini adalah hari briefing.  Hari dimana seluruh relawan KI Jakarta 4 dikumpulkan dan diberi pengarahan mengenai apa itu KI dan kiat-kiat untuk menghandel anak-anak SD.

Ini adalah briefing terbesar yang pernah saya ikuti.  Bagaimana tidak besar ? Relawan pengajar yang akan berpartisipasi saja ada sekitar 750 orang.  Belum ditambah dengan 180-an dokumentator dan 70-an fasilitator.  Total ada Seribu lebih orang !(Saya merinding ketika masuk ruangan briefing melihat sekian banyak orang yang rela tak dibayar, menyisihkan waktunya untuk memberikan inspirasi pada anak-anak SD). (Dan ini di Jakarta lho, kota yang katanya kejam !)

Sekalipun dihadiri oleh banyak orang, namun para relawan KI Jakarta 4 berhasil membuktikan bahwa kita semua itu adalah komunitas yang bisa mengatur dirinya sendiri.   Orang-orang yang bisa diatur.  Sehingga acara berlangsung dengan sangat tertib, meriah tapi juga sarat pembelajaran.

.

Kelompok 16
Saya tergabung di kelompok 16. Ada beberapa profesi yang tergabung di dalamnya. Dokter, lawyer, insinyur, pack designer, praktisi IT, banker, juga trainer.  Dan kembali … nasib orang yang (terlihat) tua, saya diangkat menjadi ketua tim (lagi)

Manggarai1
(Kelompok 16, KI Jakarta 4)(photo by M Irwansyah)

Tim saya kali ini tergolong tim yang relatif “pendiam”. Terbukti dari “sepi” nya diskusi di group Whatsapp.  Group Whatsapp adalah satu-satunya sarana kami untuk berkomunikasi satu sama lain. Sekalipun terkesan “pendiam” namun ternyata semua anggota team menyimak dan berhasil membuktikan bahwa mereka adalah orang-orang yang bisa diandalkan.  Semua tugas berhasil diselesaikan, tanpa banyak bicara.  Tuntas.

.

SDN Manggarai 17
Sekarang saya ingin mengenalkan sekolah dasar tempat kami akan mengajar nanti.  Sekolah ini berada tepat di pinggir jalan besar Jln. Manggarai Selatan.  Setiap beberapa saat terdengar bunyi kereta api yang melintas.  Sekolah ini lokasinya juga berdekatan dengan stasiun kereta Manggarai.

Menurut penuturan pihak sekolah, sebagian besar muridnya berasal dari masyarakat kelas menengah ke bawah, yang tinggal tidak jauh dari sekolah tersebut.

Gedung sekolahnya relatif cukup baik. Tiga lantai. Lapangannya pun cukup luas. Di lokasi tersebut terdapat enam sekolah dasar. SDN Manggarai 9, 11, 13, 15, 17, 19

manggarai2
6 SD dalam satu lokasi (photo by @nh18)
Manggara3
Lapangan (photo by Tim KI SDN Manggarai)

Lima dari enam sekolah tersebut akan didatangi oleh tim-tim Kelas Inspirasi. Sehingga kompleksitas kelas inspirasi kali ini adalah kami harus menyelaraskan kegiatan acara pembukaan KI dengan tim-tim lain yang bertugas di lokasi yang sama.

Dan sedihnya adalah … ada satu sekolah yang tidak didatangi oleh tim KI. Kami tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan murid-murid di sekolah yang tidak didatangi tersebut. Mereka pasti bertanya-tanya, mengapa sekolah yang lain dikunjungi tetapi sekolah kami tidak ? Mengapa kawan-kawan kami bisa bergembira bersama Bapak-Ibu KI … kok kami tidak ?

Sebetulnya panitia rekrutmen sekolah sudah melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada semua sekolah, ke enam sekolah yang ada di lokasi tersebut. Namun mungkin karena pertimbangan-pertimbangan tertentu salah satu pihak sekolah di lokasi tersebut tidak memberikan izin tim Kelas Inspirasi untuk melakukan aktifitas di sekolahnya.

(Hal yang sama, pernah saya alami ketika saya mengikuti KI di Bogor)(Ada tiga sekolah di lokasi yang sama, namun satu sekolah menolak.  Sehingga KI hanya diadakan di dua sekolah saja)(Dan anda harus lihat betapa nelangsanya murid-murid SD yang tidak mendapatkan program ini).

Sepertinya kadar “kesuka-relaan” kami sedang diuji. Banyak yang menyangsikan apakah kami ini benar-benar tulus atau ada tujuan-tujuan tertentu yang lain ?

Tidak bisa dipungkiri, bahwa masih ada banyak pihak skeptis yang kerap mempertanyakan kegiatan kelas inspirasi ini.  Di dalam benak mereka-mereka mungkin ada kecurigaan mengenai maksud dan tujuan program ini.  Mungkin mereka heran kok ada orang yang mau bersusah payah bekerja tanpa dibayar.

Semoga dengan berjalannya waktu mereka semua bisa sadar, bahwa apa yang kami lakukan ini adalah semata-mata murni memberikan inspirasi dan kegembiraan untuk anak-anak SD.  Agar anak-anak itu bisa mempunyai cita-cita yang tinggi.  Agar mereka bisa mempunyai kualitas hidup yang lebih baik di masa yang akan datang.

Itu saja.

salam saya

om-trainer1