Sejarah Piano …


ASAL MULANYA …
Piano … disebut juga PIANOFORTE yang artinya Lembut – Keras,
Model tradisional pertama kali diciptakan pada tahun 1709. dengan nama “gravicembalo col pian e forte” dalam bahasa Italia (“harpsichord with soft and loud”). Yang kira-kira berarti Alat Musik Hapsichord (yang bisa dimainkan ) dengan lembut dan keras.
Prinsip kerja alat musik ini diambil dari prinsip kerja bilah kunci harpsichord and clavichord dikombinasikan dengan pemukul dan string dari alat musik “dulcimer”. Alat ini pertama kali diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori, seorang pembuat harpsichord dari Florence Italia.
Dia terkenal sebagai perintis pembuatan piano. Dua dari ciptaannya yang terkenal masih tersimpan sampai sekarang, Pertama di Metropolitan Museum of Art, New York 1720. Dan yang kedua buatan tahun 1726 tersimpan di museum Leipzig, Germany.

(sumber : Microsoft ® Encarta ® Encyclopedia 2004)

NEXT : Perkembangannya

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

9 tanggapan untuk “Sejarah Piano …”

  1. Wah belum ada yang komen nih.
    Aku kasih deh…
    Pertamax (nggak ah, mahal banget sekarang)….Macam yang make aja…
    Kapan bisa punya sendiri ya…
    Doain Bos….

  2. Om Trainer artikelnya menarik nich…ditambahin lagi dong Om, seperti gbr piano zaman dulu, terus… pakaian para pemainnya zaman dulu, dll dech, hihihi….(nggak sopan yach Om pakai acara minta di tambahin segala, hahaha…)

    Oyach Om gimana kabar keluarga di rumah ?
    See you yach Om Trainer 🙂 🙂 🙂

    Best regard,
    Bintang

  3. akhirnya…ketemu juga sejarah piano.yang aku cari-cari.aku tuh demen banget main piano.dari aku kelas 1 aku udah suka ma piano.aku bela-belain nyari tempat kursus.tapi adanya di jakarta mulu.kan jauh.tapi pas kls 5 baru kutemuin tempat kursus piano yang deket sama rumahku.aku belajar piano udah 5 bulan.ya,kata guru sih udah bagus tinggal di lancarin aja.

any comments sodara-sodara ?