Diposkan pada TRAINING

RITUAL PEMANGGIL SUKMA


hehehe … serem ya judulnya …
Sengaja aku buat serem … biar nempel …
Ini sebetulnya hanyalah tekhnik Ice Breaking yang selalu aku lakukan dalam setiap training-training ku …

Waktu terberat saat memberikan training adalah waktu – waktu awal memulai di pagi hari, lalu saat masuk lagi setelah break rehat kopi dan juga … yang paling berat adalah saat sehabis break panjang makan siang dan sholat …

Waktu ini sangat kritis bagi trainee dan juga bagi trainer …
Why ? … karena perhatian mereka belum terfokus benar … fokus mereka masih pada sarapan pagi tadi pagi, atau kue-kue saat break, terbawa bahan obrolan sesama teman tadi, maupun masih kekenyangan abis makan siang …

Jadi untuk mengembalikan perhatian mereka aku gunakan tekhnik mengumpulkan fokus agar perhatian mereka kembali tertuju pada saya (dan materi bahasan tentunya)
Bentuknya bisa games permaian, quiz tulalit, OOT atau aktifitas-aktifitas fisik lain yang secara tidak sadar malah bisa membuat mereka terpusatkan kembali perhatiannya … en bisa menahan kantuk … (paling tidak untuk sementara …)(hehehe)

Aktifitas inilah yang aku sebut sebagai …”RITUAL PEMANGGIL SUKMA”
(dari namanya saja sudah mendirikan bulu roma … tak ayal mereka … para Trainee itu … pasti penasaran … )(ealah kirain apaan … padahal mah cuma gitu-gitu aja …)

(hehehe anda harus lihat “ekspresi” muka para Trainee ku ketika aku menyebutkan aktifitas itu … (hehehe takut-takut gemanaaaaa getoh …)

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s