RAHASIA SUKSES MENGGELAR LOMBA DI BLOG (3)


Ini adalah tulisan yang ke tiga. Di tulisan yang pertama saya telah bercerita mengenai faktor utama yang bisa membuat kita sukses menggelar lomba di blog, yaitu pemilihan “Topik-Tema”. Sebaiknya topik-tema yang dipilih itu bersifat umum, dan relevan dengan khalayak sasaran pembaca kita yang lebih luas.

Lalu pada tulisan ke dua, saya membahas syatun “Syarat dan Ketentuan”, yang intinya adalah sebaiknya penyelenggara lomba membantu memudahkan para peserta untuk melakukan apa yang diminta, sekalipun syaratnya banyak.

Sekarang pada bagian yang ketiga ini saya akan mengangkat hal penting yang lain lagi yaitu masalah “Timing dan Momentum”

Timimh

Tentang Timing :

Timing adalah waktu. Penjadwalan atau schedule.  Sebagai penyelenggara lomba kita harus mengatur waktu sebaik-baiknya.  Biasanya saya selalu membagi perencanaan waktu ini menjadi tiga bagian yaitu Pre Lomba – Masa Lomba – Pasca Lomba.

Pre-lomba adalah masa conditioning.  Ancang-ancang.  Persiapan.  Mengkondisikan peserta untuk bersiap-siap mengikuti lomba yang kita adakan.  Bentuknya ? Kita bisa membuat sebuah contoh postingan dengan topik tertentu sebagai bahan acuan, disertai pengumuman bahwa sebentar lagi akan ada lomba mengenai topik seperti yang anda tulis tersebut.  Pembaca bisa mempunyai gambaran tentang lomba yang akan diadakan.

Bentuk yang lain adalah dengan membuat semacam banner “teaser”, atau iklan penggoda.  “Sebentar lagi akan ada lomba di blog saya lho”. “Siap-siap disimak yaaa”, dan sebagainya.  Teaser ini bisa anda blast di social media atau di blog anda. Atau keduanya.  Masa ini penting untuk menumbuhkan momentum rasa penasaran dari para pembaca.  Masa conditioning – pre lomba ini biasanya berlangsung hanya pada H – 7 hari atau H – 3 hari saja, sebelum informasi acara lomba kita luncurkan secara resmi.

Masa lomba adalah saat dimana para peserta mempersiapkan, membuat postingan dan mendaftarkan kepesertaannya.  Lamanya tergantung dari kompleksitas topik yang anda pilih.  Semakin sulit topiknya maka sebaiknya semakin lama masa lombanya.  Supaya peserta bisa mencari bahan atau punya waktu yang lebih banyak untuk untuk berfikir.

Berapa lama masa lomba yang ideal ? Saya tidak bisa menjawab. Namun kita pakai “rule of thumb” saja, hal yang umum saja, yaitu berkisar antara 1 minggu sampai dengan 1 bulan.  Untuk topik yang simpel satu minggu saya rasa sudah cukup. Tetapi untuk topik yang lumayan berat sebaiknya diberi waktu 1 bulan. Dan jangan lebih.

Kalau lebih dari 1 bulan ? 40 hari ? 2 bulan ? memang kenapa ?

Menurut saya 1 bulan adalah batas maksimal.  Lebih dari itu pembaca sudah mulai bosan.  Para peserta yang sudah mengumpulkan tugas lombanya pasti sudah resah, tidak sabar menunggu pengumuman pemenangnya. (atau bahkan mungkin saking lamanya mereka sampai lupa kalau mereka pernah ikut lomba). 

Jika terlalu lama, mood dan spirit kompetisi lomba akan menurun. Kita harus memelihara mood dan spirit ini agar tetap selalu diatas.  Selalu hangat.  Selalu “panas”.

Yang terakhir adalah masa pasca lomba.  Ini  terdiri dari masa penilaian, waktu pengumuman lomba, konfirmasi alamat para pemenang sampai dengan pengiriman hadiah.

Anda pernah mendengar ada beberapa GA yang diundur penutupannya ?  Atau diundur pengumuman pemenangnya ?

Saya rasa itu sah-sah saja. Namun saya pribadi sangat menghindari adanya pengunduran jadwal lomba.  Ini kesannya tidak baik. Secara logika, penyelenggara mengundurkan jadwal pengumuman … biasanya karena target jumlah peserta belum terpenuhi.  Jika saya panitia lombanya, maka apapun yang terjadi bila tanggal 10 pendaftaran lomba ditutup. Ya pada tanggal 10 jam 23.59, pendaftaran harus ditutup.

Pengumuman pun dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Kalau bisa jangan mundur.  Tidak semua pembaca bisa memaklumi pengunduran jadwal pengumuman ini.  Apalagi mereka yang sudah tidak sabar menunggu hasilnya.

Segera mintakan alamat pemenang lengkap dengan kode pos dan nomer kontak.  Sebaiknya hadiah sudah disiapkan terlebih dahulu jauh-jauh hari, sehingga bisa segera dikirim ketika alamat pemenang sudah kita terima.  Kita harus segera menyelesaikan seluruh rangkaian acara lomba. Project baru akan kita nyatakan selesai, jika para pemenang sudah confirm, bahwa mereka telah menerima hadiah yang kita kirimkan.

.

Tentang Momentum

Satu lagi hal yang berkaitan dengan pengaturan waktu adalah : kita harus pandai melihat, memanfaatkan dan memelihara momentum.

Momentum kurang lebih pengertiannya adalah “saat yang tepat”.

Kita harus tau kapan saat yang tepat untuk melakukan sesuatu.  Untuk memulai lomba contohnya. Kita harus lihat situasi kiri-kanan dulu.  Adakah teman lain sedang mengadakan GA ? Adakah Lomba sejenis yang sedang berlangsung ? Apakah masa-masa ini adalah masa sibuk ?

Jika waktunya orang “sibuk”, entah sibuk liburan sekolah, sibuk pendaftaran sekolah, tahun ajaran baru, libur panjang lebaran … saya sarankan anda tidak mengadakan lomba.  Nanti pesertanya sedikit.

Pun jika misalnya teman sebelah sudah ada yang mengadakan lomba blog tentang “Memelihara Kebersihan” ya anda jangan nekat mengadakan juga lomba dengan topik “Lingkungan Sehat”.  Topiknya hampir sama bukan ? Waktunya pun bersamaan.  Sebaiknya anda menghindari situasi seperti ini.

Namun jika anda memilih untuk nekat melaksanakannya juga ?  Saya sarankan anda mempersiapkan hadiah yang lebih besar.  Atau anda menetapkan syarat yang lebih mudah dan lebih ringan … (ini masalah perebutan share of voice di alam maya … anda harus berkompetisi dengan penyelenggara lomba untuk memenangkan perhatian khalayak)

Ketika lomba sedang berjalanpun, kita harus tetap memelihara momentum. Kita diharapkan tau betul saat yang tepat untuk nge-blast reminder di sosial media untuk para calon peserta yang belum mendaftar. Mengingatkan due date atau deadline dari lomba kita.  Tujuannya adalah agar iklim kompetisinya tetap terjaga hangat.  Bahkan “panas”

Saya tidak bisa banyak menceritakan mengenai menjaga momentum ini.  Karena ini semua berkaitan dengan “insting” atau “feeling”.  Namun sekali lagi intinya adalah … anda dituntut untuk pandai-pandai memilih saat yang tepat untuk menjaga mood, menjaga situasi dan kondisi agar tetap kondusif dan kompetitif.  Tau betul saat yang tepat kapan melakukan suatu tindakan tertentu.  Tau betul saat yang tepat untuk memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada.

Dan itu butuh pengamatan yang seksama ! … dan kepekaan yang tajam !

Salam saya,

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

Next adalah tentaaaaanngg … “Hadiah”

18 thoughts on “RAHASIA SUKSES MENGGELAR LOMBA DI BLOG (3)

  1. Setuju banget, Om, terutama menjaga timing pengumuman. Sah dan boleh-boleh saja sih bila pengumuman pemenang diundur, tapi bila tepat waktu akan lebih baik. Lain soal bila dimajukan, ini malah membuat peserta senang karena tidak menunggu lebih lama lagi, hehehe…

  2. curhat dikit ya Om. saya pernah ikut GA seseorang 2x. yang pertama, si empunya hajat tidak mengunjungi tulisan saya. ini asumsi saja karena beliau tidak meninggalkan komentar di tulisan saya. yaa mungkin karena banyaknya peserta ya. *maklum*
    GA yang kedua, beliau meninggalkan komentar di tulisan saya, tapiii…komentar itu ditulis paaaas dengan tanggal pengumuman pemenang dan saya tidak menang. mau nggak suuzhon gimana ya Om. mau maklum kok nggak tega karena pesertanya nggak buanyuak buanget gitu. akhirnya saya kapok deh sama beliau.
    sekedar curhat aja yang semoga berguna . makasih Om.

  3. Setuju soal durasi, Om, sangat dipertimbangkan. GA yang kebih dari 1 bulan, menurut saya tidak baik, karena membuat calon peserta jadi merasa bosan dan jenuh..🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s