TRAINER MALU


 

Apakah yang bisa membuat trainer ini Malu ?

Apakah ketika mengetahui bahwa traineenya lebih pintar dari dia ?

Apakah ketika tidak bisa menjawab pertanyaan Trainee yang tajam ?

Apakah ketika menyadari bahwa rambutnya belum disisir ?

 

Bukan … bukan semuanya sodara-sodara … Ketiga hal diatas adalah hal yang lumrah saja … tak perlu malu …

 

Lalu apa yang bisa membuat Trainer ini Malu ???

Pada hakikatnya ada 3 hal yang bisa membuat Trainer ini Malu didepan trainee-traineenya.

 

Pertama …

Datang terlambat !.  Pernah suatu ketika, di Hari Senin.  Hari pertama training …aku datang terlambat.  Paginya memang aku sudah terlambat bangun … ditambah lalu lintas yang entah mengapa … hari itu berjalan seperti keong semua … stuck di mana-mana … Aku datang terlambat 30 menit dari jadwal semestinya … Waktu itu Trainer dengan tergopoh-gopoh datang ke kelas … mempersiapkan semuanya … mata merah karena telat bangun … dan Ya … Training hari itu … mess and chaos … kacau ndak keruan … Trainer Malu sangat kepada traineenya…

You know what … 10 menit pertama setelah kita bangun adalah saat mood setting yang penting.  Jika 10 menit pertama itu cerah ceria bersemangat … maka niscaya … satu hari penuh akan begitu terus …  Tapi sebaliknya … jika 10 menit pertama itu udah kacau … BeTe, Telat, Gak kebeneran, marah-marah … maka … the whole day will be ruin … All day will be sucks … (percaya deh  ??)

 

Kedua …

Trainer kurang persiapan … Ini juga merupakan hal yang sangat memalukan.  Hand out tidak terbawa.  Power point salah data … link-linknya salah … Alat peraga tidak terbawa … fotocopy kurang … case study tidak lengkap … working sheet lupa di buat …Waaaahhh … sudah … Ini malu yang Poll-pollan … Biasanya malu yang kedua ini … erat kaitannya dengan malu yang pertama (atau telat) itu tadi.

 

Ketiga 

Trainer lupa nama Traineenya … Ini juga memalukan …

Bagiku mengenal nama trainee satu per satu … is a must !!!.  Sehari sebelum hari H … pasti aku habiskan waktu untuk membaca nama-nama trainee yang akan aku ajar … siapa mereka … asal dari mana … background pendidikannya apa … dsb.

Lalu ketika ketemu muka … aku mulai menhafal … muka yang ini milik nama yang mana.

This is My Trade Mark … beginilah caraku menghargai trainee-traineeku …

Tetapi celakanya … memoryku juga kadang suka ”hang” … sehingga kadang aku lupa satu dua nama trainee-traineeku … dan itu membuat aku Malu sangat …

(sebetulnya sih biasa saja … namun bagiku ini adalah sebuah kesalahan besar …)(Trainer patut malu pada diri sendiri jika tidak mengenal nama traineenya …)

 

Soo … Supaya Trainer ini tidak malu maka …

Yang aku lakukan adalah … cukup tidur di malam sebelumnya … pasang weker keras-keras … berangkat jauh lebih pagi dari biasanya … dan siap dengan kemungkinan macet yang terparah …

Then … Do my homework … make sure ketersediaan dan kesiapan alat pendukung, stationary, data, kertas-kertas kerja, hand out, screen, proyektor dan sebagainya  … (ini tugas yang paling membuat ketar-ketir sekretaris dan Training executiveku) … dan juga yang terpenting … mempelajari Data Trainee dan … Hafalkan !!!

.

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

19 tanggapan untuk “TRAINER MALU”

  1. No 1 dan 2 belum pernah terjadi….karena saya malah sering kepagian, jadi malah seringkali tak satupun trainee yang sudah hadir. Dan kalau keluar kota, jika telat adalah salah penyelenggara karena menjemputnya telat, dan itu adalah perusahaan tempat trainee akan bekerja.

    Kalau yang ke-3…wahh malah ga pernah hafal, lha kan bergantian terus

  2. betul mas, datang terlmbat
    bisa bikin malu
    dalam suatu diskusi, tiba2 sy
    tunjuk tangan dgn smngt 45 menanyakan sesuatu
    kpd narasumber….ehhh tb2 dia bilang
    anda telat ya…..td prtnyaan itu uda
    ditanyakan mbak yessy muchtar……?
    ahhhh….sakitnya tak seberapa
    tapi maluna ini…..

  3. Tambahan, yang memalukan mungkin lupa nutup resleting celana ha..ha…ha… mudah-mudahan ini tidak akan pernah terjadi Pak 🙂

    Wah… berat kali jadi trainer ya?.. Ah, untung aku masih jadi trainee sampai sekarang. 🙂

  4. Ketigañ menunjukkan totalitas yah pak?
    Mungkin utk yg ke-3, lbh bisa dimaklumi, trutama ketika jmlh trainee cukup bnyk & frekuensi tatap mukañ rendah. :sok tau mode on:
    Cuma membagi pengalaman sbg trainee … hehehe.. :mrgreen:

  5. Saya kadang-kadang telat juga hadir mengajar. Tapi kalau telatnya cuma 10-15 menit, masih nggak apa-apa. Kalau sampai 30 menit, memang maluu … Mahasiswa suka dehem-dehem (padahal mereka juga baru semenit sebelumnya datang … ).

    Kalau salah membawa materi/bahan kuliah, belum pernah terjadi. Yang malu adalah kalau memberi contoh (untuk mata kuliah Matematika) ternyata saya salah mengerjakan. Aduuh ….

    Nama mahasiswa? Wahaha … ini hal yang paling sulit saya hapalkan. Lha ngajar beberapa kelas, setiap kelas sekitar 75 mahasiswa. Gimana mau hapal? Kecuali beberapa mahasiswa yang menonjol dan memiliki kekhasan.

  6. Walah kalau gw jadi trainer, pasti malu terus tuh… Secara gw susah banget ngapalin nama, meskipun udah menerapkan metodenya Tony Buzan 😦

    Mungkin itu bisa jadi trademark “saya andai jadi trainer”: TRAINER PELUPA 😀 (jelek banget trademarknya)

  7. Menghafal nama trainee?
    Wah hebat banget si Bos ini.
    Tapi kalau pesertanya sudah jelas sih mudah.
    Coba kalau pesertanya umum dan jumlahnya ratusan seperti public trainingnya James Gwee, wah pasti buang2 air dia baru bisa hapal..

  8. @ Abang …
    Kalo pesertanya ratusan Itu bukan training Bang …
    Itu Public Seminar …
    Or I ussually call …”Rekreasi Mendengar”
    Huahahaha
    (pinginsepertijamesgwee.com)

  9. kayaknya saya punya masalah yang sama dg bu tutinonka, sulit banget ngapal nama mahasiswa…
    kalau soal telat, pernah sih, tp gak sampai lebih dari 15 menit. kalau lebih dari itu, udah bisa dipastikan mahasiswa bakal kabur dg bahagianya… halah…! 🙂

  10. Om pernah telat juga..hehehe

    Si Om bisa malu juga ternyata..biasanya kan..malu-maluin ya Om…

    Piss ahh Om..

    Like usually..i will sayyy. I love youu..hihi

    i really really do lo Ommm kekekek

  11. waduh.. saya harus segera berbenah ini..
    akhir-akhir ini sering banget dateng telat dan anehnya udah gak malu-malu lagi 😦

    pernah baca slogan disebuah pabrik, ditulis guede banged, dan ditempel dipintu masuk.
    “Aku malu datang terlambat”..

    *untungnya di pabrikku sini gak ada 😀

    malunya positiP sangat boss.

  12. telat? sering waktu hamil dan abis melahirkan…
    kagak bisa lari sih hehehe
    tapi sebisa mungkin jangan sampai terlambat. Seringnya sih saya yang nunggu muridnya datang.Bahkan pernah lewat 30 menit tidak ada satupun yang datang. (mahasiswa Jepang tuh….)

    Kalau nama murid selalu harus hapal, Tapi karena saya baru dapat daftar nama sesudah 2 kali mengajar, maka saya pakai sebagai latihan perkenalan dulu, sembari ngafalin muka dan nama.
    Yang sebel kalau muridnya di atas 30 orang, kemudian duduknya pindah-pindah hehehe.
    Biasanya saya gambar denah tempat duduk dan beberapa keterangan tambahan di belakang nama mrk. Si A, ce cantik tapi bego, si B co gondrong, si C kayak kimutaku, dst dst….

  13. Hmm, thats why waktu pertama kali dijejali doktrin Lasso (th.2006) Bapak langsung hafal nama dan darimana background saya.
    Sumpah, teringat sangat sampai sekarang. Its so amazing!!
    Gyga thanks my pa’

any comments sodara-sodara ?