Posted in MUSIK, PERTUNJUKAN HARI INI

BERNYANYILAH ANAK INDONESIA


Beberapa waktu yang lalu … Bang Iwan mengingatkan kita semua akan adanya Hari Anak Nasional Indonesia … yang diperingati setiap tanggal 23 July.

Bang Iwan mengajak kita semua untuk membuat postingan tentang Anak Indonesia …

Saya bukan seorang ahli pendidikan … saya bukan psikolog, apalagi spesialis perkembangan anak.  Sehingga saya tidak bisa menulis hal-hal yang berat …

Karena saya senang Musik … dan sedikit tau mengenai lagu-lagu anak Indonesia … maka saya hanya bisa menyerukan kepada anak-anak Indonesia … “Bernyanyilah Anak Indonesia …”

Marilah kita ajari anak-anak bernyanyi … Dengan lagu-lagu yang sesuai dengan Alam Fikiran anak-anak … Dengan Struktur lagu yang khas Anak-anak … dengan ambitus nada yang sesuai pula dengan anak-anak.

Kalau ada yang bilang … Yah, Lagu anak-anak kan jarang  ?  sudah langka ? tidak pernah dengar lagi ?

Mmm Ok baiklah … Namun Mari coba kita simak cerita (imajiner) dibawah ini …

– 

Kemarin PAMAN DATANG (AT Mahmud).  Waktu itu Paman mengajak kami untuk pergi ke rumahnya.  Paman selalu menyebutnya DESAKU (L Manik).

Aku senang sekali.  Aku sangat gembira, tidak sadar sambil mempersiapkan segala sesuatunya, aku bersenandung LAGU GEMBIRA (AT Mahmud).

Rencananya Aku akan berangkat ke tempat Paman dengan NAIK KERETA API (NN).  Pagi itu aku berangkat ke stasiun kereta api dengan naik BECAK (Ibu Sud).

Memang menyenangkan sekali perjalananku.  Disepanjang perjalanan saya melihat PEMANDANGAN (AT Mahmud).  Disebelahku duduk RURI ABANGKU (AT Mahmud).  Dari jendela kereta saya melihat SEPASANG BURUNG KENARI (SM Mochtar), beterbangan di luar sana.

Singkat kata sampailah kami di Desa tempat Paman dan keluarganya tinggal.  Rumah paman itu sangat sejuk.  Banyak pohon CEMARA (AT Mahmud).  Di belakang rumah paman pun ada kandang ternak.  Ya aku lalu teringat sebuah lagu AKU ANAK GEMBALA (AT Mahmud).  Tentu asik sekali menggembala kerbau dan kambing sambil bernyanyi lagu itu.

Dan lihatlah kawan … di depan rumah Paman banyak juga tanaman bunga-bunganya.  Amelia, Anak bungsu Pamanpun berseru bangga  LIHAT KEBUNKU (Ibu Sud).  O AMELIA (AT Mahmud), sungguh bahagianya dirimu mempunyai ini semua.  Engkau sungguh PERAMAH DAN SOPAN (Pak Dal).  Tidak heran jika temanmu banyak.

Tidak jauh dari kebun bunga itu, terhampar luas sawah.  SERUMPUN PADI (Maladi) tumbuh di sawah, hijau menguning daunnya.   Ada KINCIR AIR (AT Mahmud) pula disana, untuk mengalirkan air ke hamparan sawah itu.

Sungguh indah KAMPUNG HALAMANKU (Ibu Sud)
Sungguh kaya TANAH AIRKU (Ibu Sud). 
Kita wajib ber SYUKUR (H Mutahar).

—-

Jadi  … begitulah …
Dari fragmen kecil diatas itu saja sudah ada … DELAPAN BELAS lagu anak-anak yang bisa kita nyanyikan dan ajarkan kepada anak-anak kita.  Lagu anak-anak itu banyak sekali sodara-sodara … Tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa Lagu Anak itu sudah langka …

So … Mari menyanyi Anak-anakku … bergembiralah !!! … Sebab … itu adalah hak Kalian untuk mendapatkannya …

BERNYANYILAH ANAK-ANAK INDONESIA … !!!

.
>

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

58 thoughts on “BERNYANYILAH ANAK INDONESIA

  1. lagunya memang masih tetap ada, tapi mungkin tidak diperkenalkan, atau bagi anak-anak sekarang “tidak gaul”…entahlah.

    alangkah bagusnya jika huruf biru itu semua link ke lagu yang dimainkan mas NH😉
    biar bisa karaoke gitu ;))

    EM

    1. Maksud saya juga mulanya begitu EM …
      tapi terlalu berat … agak lama loadingnya …
      akhirnya linknya saya lepas …

      Plus ada juga satu dua tiga lagu … yang belum sempat saya buat … belum di rekam …

      But Next … satu persatu akan saya taruh linknya …

      Thanks ya EM

  2. Membaca judulnya saja, mataku sudah berembun,Mas Enha.
    betapa anak anak indonesia perlu sangat utk selalu bernyanyi, bahagiakan hati mereka dgn lagu.

    walaupun masih banyak anak2 yang terbungkam mulutnya ,tak bisa menyanyi krn harus mencari sesuap nasi utk mengisi mulut dan perut mereka ….hiks….hiks….

    Selamat Hari Anak Nasional ,23 juli 2010.
    Semoga anak2 indonesia , bisa menjadi anak2 yg bahagia dan cerdas.
    Peluk sayang utk semua anak2 di Indonesia
    salam

    1. Amin …
      semoga anak-anak Indonesia bisa terus bergembira …
      dalam kondisi apapun …
      salah satu cara untuk bergembira adalah dengan … Bernyanyi …

      salam saya Bunda Ly

  3. Wah.. hari ini ya… Beli hadiah kecil ah untuk putri tercinta..
    Saya sendiri sll berusaha agar putri sy sealu mendendagka lagu anak2, makanya sy sering belika ia CD2 atu MP3 lagu anak2.. Alhamdulillah dia juga sangat menikmatinya…

  4. anak-anak bukan manusia dewasa berukuran mini
    anak-anak ya anak-anak yang asyik dengan dunianya…
    berikan waktu kepada mereka untuk menikmati dunianya…
    kendalikan mereka seperti memegang burung, kalau terlalu keras akan sesak nafas, kalau terlalu longgar akan mabuuuuuuur
    so, yang sedang2 saja, bahasa Surobyonya ” onggong-onggong – keras tidak,longgar tidak
    salam hangat dari Surabaya, kota Onggong-onggong.

    1. Ahhaaa …
      Istilah baru bagi saya Pak De …
      Onggong-onggong … sedang-sedang saja … sesuaikan dengan situasi …
      kapan keras … kapan lunak …

      Thanks Pak De

  5. waaahhh…tulisan bersama khusus hari anak ya…hmmm…thumbs up dah🙂

    ho oh Kek, si Tole masih piyek juga nyanyinya udah Pecinta Wanita, Madu Tiga, Dokter Cinta, ampun dah….

    memang musti ada sinergi baik dari keluarga, lingkungan, dan kebijakan.

    *Sungkem Kek, inget! Oyen udah jinak👿

  6. iya..inyiak..
    miris sekali liat lagu anak-anak zaman sekarang..
    waktu dizaman saya..masih ada eno lerian,puput melati, sama bondan prakoso..
    lumayan lah…masih ada penyanyi anak-anak..
    sekarang sudah tidak ada lagi….
    acara kontes menyanyi anak pun..di isi dengan lagu-lagu orang dewas..(^_^)

    1. Ya …
      Sebetulnya lagu yang dinyanyikan orang dewasa itu ada juga yang cocok untuk anak-anak …
      Asalkan syairnya tidak cincah menye-menye begituh …

      salam saya Izkia

  7. iya banget ni, setuju pak Nh, miris melihat banyak anak anak yang suka nyanyiin lagu dewasa, musti kita kenalkan dengan lagu lagu dan dunia anak anak🙂
    salam pak nh🙂

    1. Hahaha …
      Saya pikir kalau syairnya “benar” dan “lurus”, sesuai dan masih relevan dengan alam fikiran anak-anak … ya tidak apa apa bu …

      Salam saya Bu

  8. Jadi nostalgia ke masa kecil dulu
    sayang yah anak2 skr kenapa gak nyanyi lagu2 begitu?
    malah lagu2 cinta2an molo?

    *apa kabar oom?
    Semoga sehat slalu yah..
    Happy Weekend

  9. Mudah2han sumbang saran, opini, atau uneg-uneg yang kita tulis nantinya bisa menjadi sumber referensi dan instropeksi untuk lebih mendorong kepedulian kita terhadap Anak Indonesia sebagai pewaris dan penerus cita-cita bangsa.

  10. makasih banyak Mas nh mengenalkan saya beberapa lagu Anak yang selama ini masih asing bagi saya.
    Mari bersama kita senantiasa mendorong anak-anak kita untuk senantiasa bernyanyi sehingga setiap harinya diisi dengan keceriaan. keceriaan untuk menyambut maca depan yang lebih baik.
    Linknya sudah saya tulis…..Salam hangat selalu.

    1. Terima kasih Bang Iwan …

      Dan terima kasih juga telah mengingatkan dan mengajak kita semua untuk menulis kolaborasi tentang Hari Anak Nasional …

      Saya senang mengikutinya …

      Salam hangat saya Bang Iwan

  11. Menarik Pak Trainer, dari beberapa judul anak-anak diajadikan wacana cerita…ada hal yang baru saya temui dalam postingan…

    btw, kenapa jaman dulu artis cilik itu menajdi Idola,,sekarang kayaknya sudah tidak lagi…
    semenjak jaman eno lerian….

    1. Maunya sih …
      Saya linkkan dengan Audio rekaman lagu-lagu itu yang sempat saya buat dan mainkan …
      tetapi ternyata link nya jadi berat …
      Delapan belas lagu jeh …

      akhirnya saya lepas saja …
      hehehe

      Salam saya Karzanik …

  12. rindu dan kangen rasanya dgn lagu2 di atas, tapi lebih rindu dgn keluguan dan kepolosan jiwa anak2 yg telah dirampas oleh budaya2 yg serba instan, modern, dan lebih banyak merusak daripada memperbaikinya..

    salam hangat..
    salam damai selalu..

    1. Ya Mas …
      Semoga saja anak-anak tetap bisa menikmati dunianya dengan gembira …
      dengan polos dan lugus … sambil bernyanyi dan belajar

      salam saya Mas …
      Apa Kabar ?

  13. Benar sekali… Selain mencoba menciptakan lagu-lagu baru untuk anak-anak, masih sangat banyak lagu-lagu anak-anak yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak kita. Tapi sayangnya, media-media kita kurang memberikan porsinya untuk menampilkan lagu-lagu anak-anak tersebut. Yang ada hanyalah anak-anak yang menyanyikan lagu orang dewasa.

  14. wew… manstab Oom,, memotivasi dari sisi yang berbeda,, i love it!!! maju terus anak Indonesia,, semangattttt…..!!! salam Oom funky…

    bang iwan : postingan saya, tak sampaikah linknya?? gak didaftar soalnya,, hehehhe,.,,, trims bang…

  15. pah saya telat baca
    untung hari ini saya berbusanan kekanakkanakan (kata bundo bukannya tiap hari jul?)
    pah, yang di citos aku nda bisa ikutan lhoooo
    tapi kalo papah mau dateng ya alhamdulillah

  16. Selamat hari anak, semoga semakin banyak orang tua yang sadar bahwa tak ada orang tua yang tak bermula dari anak-anak. Apa yang anak-anak harapkan sekarang adalah sama seperti yang kita harapkan dahulu, perhatian dan kasih sayang. tunaikan kewajiban orang tua kepada anak, berikan hak anak dengan bijak, itu semestinya.

  17. tadi pagi saya sempat lihat acara quiz di TV, dan ada beberapa peserta terdiri dari anak2. Sedikit kebanggaan ketika mereka mampu menebak banyak judul lagu yang di perdengarkan namun sangat banyak hal yang disesalkan. mereka menebak banyak judul lagi yang semuanya bukan lagu anak2 melainkan lagu2 pop. hufft… mungkin karena lagu anak2 sudah jarang di publikasikan sehingga anaka2 kurang mengenal atau jarang mendengar.💡

  18. wah… terharu saya membaca satu persatu lagu anak-anak itu diuntai dengan indah dalam sebuah fragmen, Om… luar biasa ternyata khazanah lagu anak-anak kita ya…?

    sebetulnya, ada satu teman saya di facebook yang getol mengarang lagu anak-anak dan mempublikasikannya, namun sayang, lagunya berbahasa inggris, sehingga saya agak sedikit kurang berapresiasi…

    selamat hari anak buat seluruh anak indonesia…

    special request nih Om: bagaimana kalau Om gubah lagu: AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA…🙂

  19. selamat Hari Anak Nasional, kita bisa menyanyikan lagu-lagu itu yang lama tak terdengar merdu untuk mereka… semoga kesenangan dan bahagia mewarnai anak-anak Indonesia dimanapun berada

  20. Dulu saat jadi penyanyi cilik, Sherina bisa muncul membawakan lagu anak2 yang cukup sesuai untuk dinyanyikan anak2 sekarang, sedikit lebih berat dari lagu2 dulu, tapi temanya masih tentang anak2.. kalo cukup banyak, mungkin anak2 sekarang ga harus membawakan lagu2 orang dewasa yang temanya tentang pacaran, selingkuh, atau putus cinta itu kali ya Om?

  21. i wanna hold you close, under the rain..
    i wanna kiss your smile..and feel the pain..
    you know whats beautiful..looking at you..

    IN THE WORLD OF LIES.. YOU ARE THE TRUTH,

    SELAMAT HARI ANAK NASIONAL.

  22. Eheem.. . Msh tau aj lagu anak” jadul pak. Bagus tuh lagu” nya.
    Selamat hari anak nasional, semoga saja anak” indonesia bisa lebih baik lagi keadaannya. Salam. .

  23. sayang, anak2 sekarang udah jarang nyanyi lagu2 anak2 kekgitu pak…mereka lebih suka nyanyi “PERNAHKAH KAU MERASA BLA BLA BLA…………” itu saya sukak ndenger anak2 nyanyi lagu cinta2an..apa mereka ya ngerti???itu lho di acara pencarian bakat di salasatu tipi suwasta, yang salahsatu jurinya mantan penyanyi cilik itu…ha kok dia ndak malu liyat anak2 kecil nyanyi lagu kekgitu

  24. sayang sekali, di dalam kontes2 anak2 menyanyikan lagu2 org dewasa yg bisa jd nggak paham maksudnya…
    smg segera lahir pencipta lagu sbg penerus pak AT Mahmud

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s