Diposkan pada TRAINER KECIL

MATCHBOX


.

Apakah Permainan Favorit jaman anda kecil dulu ??

(en BTW … Sega, Nintendo apalagi PS ndak masuk hitungan ya …)(Inikan ceritanya jaman dulu …)

(Jaman Dulu versi trainer tentu … )(yang berarti … puluhan tahun yang lalu)

.

Main kelereng ? Trainer nggak jago … (banyak hilangnya …)

Main Benteng ? Saya larinya lambat … cemen sangat …

Main Karet ? Cutik ? Congklak ? Bekel … ? dan kawan-kawan ? …  iiiihhh emangnya ekeh cowok apaan …

Halma ? Ludo ? Ular Tangga ? Monopoli … yaaa gitu gitu aja … saya ndak begitu gemar.

Sepak Bola ? … pun juga begitu … banyakan jadi pemain cadangannya …

Yoyo ? Gasing ? … mmm biasa-biasa aja …

.

Lalu apa dong ???

Mainan favoritku waktu kecil adalah Matchbox

Matchbox adalah nama merek mainan anak-anak jaman dulu. Ya jaman Trainer kecil dulu, puluhan tahun yang lalu …

Hobbyku adalah mengumpulkan mobil-mobil kecil keluaran Matchbox ini.

Replika mini – Die Cast dari mobil-mobil keren yang ada di dunia.  Dari mulai mobil balap, Bis Tingkat, mobil mewah roll royce, mobil tentara sampai Mobil truck.

Mereka memberi nomor untuk setiap jenis mobil yang dijual.  Ini untuk memudahkan para konsumen-konsumen kecil itu untuk melengkapi koleksinya.

Feature yang ditawarkan pun juga beragam.

Ada yang pintunya bisa dibuka, bagasinya bisa dibuka, memakai per suspensi dan sebagainya.  Semua dibuat sesuai detil aslinya.  Sangat mengasikkan sekali sodara jika kita melihat koleksi mobil-mobil kecil itu.

(Kalau jaman sekarang yang terkenal mungkin adalah Hot Wheels ya …)

(Yaaaa seperti itu lah kira-kira bentuknya …)

Matchbox juga menjual ”track” khusus untuk meluncurkan Mobil ini … terbuat dari plastik berwarna kuning yang dirangkai-rangkai … (plus asesories-asesories rintangannya tentu)

Beberapa dari mobil-mobil Matchbox koleksiku itu masih ada di rumah orang tuaku.

Kondisinya banyak yang sudah karatan, ada pula yang sudah hilang daun pintunya.  Namun kenangan akan matchbox dan masa kecilku ini … tidak pernah akan hilang dari ingatan.

So … Apakah Permainan Favorit jaman anda kecil dulu ??

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

25 tanggapan untuk “MATCHBOX

  1. Ooom aku koq gak tau Matchbox ya?

    Taunya ya itu, karet, bekel, congklak, halma, ludo, monopoli hehehe 😀
    oh ya plus gobak sodor hehehe (tau gak Oom ?)
    *dasar nih aku cah ndeso hehehe

    to Eka …
    Kalo ditempat saya itu namanya Galasin / Galah Asin
    Maennya di Lapangan Batminton …
    hehehe

  2. Tamiya..tau ga Om, itu dulu mainan favorit aku Om, balap mobil di trek lintasan yg sdh diatur sedemikian rupa, asik bgt kalo mobil rakitan kita bisa menang dalam balapan Om..bentuk mobilnya kyk mobil balap Formula 1 sekarang..kalo yg lain samalah Om, bentengan dan sepakbola

    Salam saya Om

    Iwan

    To Iwan
    Iya gua tau
    Ini yang musti ngerakit itu kan ?
    terus kalo tanding mesti bawa batere energizer yang banyak
    hahahaha

  3. sekarang hobby itu menurun ke anak-anak ngga mas?
    itu kan hobby “maskulin” banget.

    Kalo sekarang aku malah ngumpulin macam-macam mini cars begitu yang hadiah dari minuman juice dll. Maklum ada 3 boys di rumah kan? Dan yang masih dicari oleh my big one sampe sekarang adalah miniaturenya “bajaj” (bukan yang dijual di Indonesia dengan lagu itu loh) sampai cari di auction segala…dan cukup mahal. Perburuan mini bajaj belum berhenti sudah ditambah dengan mini “Kijang”.

    EM

    to EM
    gyahahahah …
    Kok bisa Bajaj lho ?
    mungkin karena bentuknya yang antik itu ya ?
    BTW hobby ini nggak nurun ke anak EM
    ternyata maenan online mesih lebih menarik bagi anak sekarang

  4. mainan favorit saya jaman kecil dulu itu adalah sepatu roda. tapi, gak mahir-mahir amat. saking senangnya, saya sering pakai di rumah. meski diomelin si emak, dan banyak lebam di mana-mana, tetap saja dipakai terus… tapi, jangan disuruh pakai sepatu roda sekarang, udah gak bisa lagi, secara badan udah berat sangat, hehehe… 😀

    to Uda …
    Saya tidak pernah bisa maen sepatu roda …
    entah apa yang salah dengan sensor keseimbangan saya
    hahahaha

  5. Opa kecil udah demen maen gituan? eh udah ada yang kayak gituan? Pasti anak orang kaya.. matchbox itu kan mahaaaaal :mrgreen: :mrgreen:
    *kabur sebelum ditimpuk matchbox*

    to chiC
    Udah ada Chic …
    Die Cast mini replika mobil-mobilan …
    Nggak ah ndak mahal … biasa aja tuh
    (sepertinya …?)
    hihihihi

  6. matchbox? wah, kok aku nggak tahu ya? aku kayaknya kelewat ndeso nih hehehe. taunya cuma main bekel, dakon, gobak sodor, lompat tali, kelereng, patil lele, sama engklek.. 😀

    to Kris ..
    Patil Lele …
    aaahhhhaaaa … kalo di tempat saya namanya Tok Kadal …
    Yang Ada bambu panjang dan bambu pendeknya kan ?

  7. iya om..kalo sekarang namanya hotwheels…tapi matchbox juga masih ada, dan harganya sedikit lebih mahal dari pada hotwheels 🙂

    Tatang koleksi itu, katanya nanti kalo Tangguh udah gede baru di kasih…kalo sekarang mobil kecil itu bakalan di banting banting aja…

    @Mbak EM:
    Aku baruu mau bilangg…di sini ada tapi berisik, ada bunyi house musicnya gituh. Ternyata yang kayak gituh gak mau ya…heheheheheh.

    to Yessy
    Hahahaha …
    Pasti lah … anak Otomotif biasanya hobby replika / die cast juga

  8. Aku juga gak tau tuh matchbox.
    mungkin karena itu mainan maskulin, sementara dirumahku isinya cewek semua.
    tapi yang pasti sih, karena memang akunya yang ndeso…hihi
    mungkin matchbox itu tersedia di kota besar aja kali ya?

    to Nana …
    Sepertinya ada juga kok yang di kota kecil
    (sepertinya lho ini …)

  9. Wah, gak tau matchbox. Eh, kita sejaman gak sih? Kayaknya saya dibawah Om Trainer, ya?
    Kayaknya mahal tuh.
    Kalo saya mah anak kampung, walaupun tinggalnya di Jakarta. Main palingan layangan, atau seringnya gak puguh gitu. Pulang sekolah langsung masuk kebon, manjat pohon, nyebur comberan. Pulang bau hitam kebaret-baret. Diseret mama ke kamar mandi trys digosok sambil diomelin. Main mobilan bikin sendiri dari bambu yang dipotong-potong sama sendal jepit. MAinnya ditarik-tarik, deh..

  10. Main karet, sampe kalo sekolah tasnya berat gara-gara bawa karet.

    Main bekel, sampe nangis2 kalo bekelnya ilang dicolong anak nakal.

    Main gobak sodor, sampe sedih kalo di tengah2 main disuruh beli tempe sama ibu.

    Main kereta2an pake pelepah pinang (ky di film Laskar Pelangi ituh)

    dan lain2 Om…

    mainan (agak) modern cuma monopoli sama ular tangga…..

  11. Om…waktu kecil aku suka main lompat2an itu tuh…yg di garis2, mainnya di tengah jalan ^^ lucu banget, sampe2 kalo ada mobil lewat berenti dulu…
    ada lagi yaitu main orang-orangan yg bajunya bisa di ganti2 itu loh dari baju casual sampe pesta…hehehe…

    hobby yg lain main petak umpet dan manjatin pohon jambu tetangga…wakakakakaka

  12. Kalo saya dulu jelas mainannya main karet, jago banged, sama main benteng juga jago krn saya paling cepat larinya. main patok lele (eh itu bukan namanya?) itu jg suka, main kelereng yg gak bisa.
    trs jaman dulu jg ada atari kan, sejenis PS jaman sekarang. klo itu saya jg jago…. pokoknya urusan game saya punya bakat hahahaa.. makanya ga mo ikutan game online, takut nyandu…………

  13. keren ya mainan masa kecil nya..heheh.. saya kecil mainannya congklak,bekles,layangan (kadang), kelereng (kadang), tali/karet, sonlah/pecle,monopoli (pasti bikin bangkrut lawan), ular tangga..dll..

    sempat koleksi mobil2an berukuran kecil malah waktu udah kuliah tuh…heheh..

  14. Uh.. Matchbox.. It was and may be is still a “dream toys” Sahabatku Trainer.

    Mainan yang detail dan kualitas sekali. Disamping kuat, kalo mobil2an Matchbox didorong pasti akan jalan jauh dan lurus. Maaf bukan bermaksud promosi, tapi itu memang image yang melekat pada mainan itu “dulu”. Sekarang dibeberapa tempat sepertinya masih ada. Tapi sepertinya mereka karena tekanan harga, terpaksa berkompromi dengan kualitas. Beda banget dengan mainan mereka dulu.

    Aku dulu punya, Matchbox Pemadam Kebakaran, Bus Bertingkat, Mobil Crain, Dum Truk dan beberapa sedan. Tapi aku bukan penyimpan mainan yang baik.. Sayang sekali aku gak menyimpan hingga saat ini..

  15. postingan ini didedikasihkan untuk acara pesta Ultah ya? Guwe sambil siaran nihhhh… nggak mungkin
    Main congklak dan main bekel oooommm… yuk nostalgila lagi yuk wekeke… kadang main Karet, lompat tinggi, spintrong…galasin. Perang2an pakai pistol beneran, Banyak lah… tapi icuh nggak penteeeeeeng.

    Pakdevandekroy alias om cakep ituh… hari ini ay mau bilang karena masih inget dengan hari ultahmu Om (ay Belon Insomnia)…. ya wis met ulcah..panjang umur, semakin bijak sebagai kepala keluarga Semoga semakin kocak aja dan berguna bagi bangsa dan negarahhhhh… Sukses om, sehat selalu dan dimudahkan segala rejeki dan usahanya yaaaa om brotha!

    to Van de kray …
    Terima Kasih Byanget ya …
    Sukses juga untuk Om Cakep…
    hahaha

  16. OOT

    Met ulang tahun Om.. semoga semakin wise, semakin merunduk (rendah hati), semoga tetap dan selalu menjadi imam yang baik untuk bunda dan ketiga jagoan Om..
    Met ultah ya Om.. May ALLAH always be with you.. amiin yaa Rabb..

    to Kang Duddy …
    Amiiinn … amiiinnn …kang
    Terima kasih banyak ya Kang …
    Doa saya juga untuk kang Duddy

  17. Wahhh ulang tahun toh, met ulang tahun ya
    maina favoritku….skeatboard yang diberikan papa sewaktu TK, dan sepeda bmx hadiah naik kelas 3 sd

    to exort
    Skateboard ??? ahaaaa
    ya itu satu lagi …
    But jangan tanya berapa kali saya jatuh ya …
    hehehe

  18. Mainan mobil-mobilan yang saya suka pas masih TK, SD sampai SMA (1974-1986), ya matchbox. Harganya mulai Rp. 250,00 s/d 900,00. Pas SMA harganya matchbox sudah sekitar Rp. 2.500

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s