Jiran #5 : MASAM-MASAM MANIS


.

Masam-Masam Manis adalah Judul Film sodara-sodara. Film ini diputar dini hari … Diputar di saluran televisi lokal negeri jiran … entah TV2 atau TV3,  … saya tidak ingat persisnya.

Malam itu, … tepatnya dini pagi hari itu … sekitar jam 2 atau jam 3 … Trainer tak bisa tidur.  Golar goler ndak keruan diatas tempat tidurnya …
Tiba-tiba saja saluran TV lokal itu menayangkan sebuah Film Hitam Putih ini.  Sangat klasik … setingan cerita … model sasakan rambut … gaya dansa-dansinya … dan sebagainya terasa sangat kuno sekali …
Ya … singkat kata … ini film jadul banget.

Saya tidak tau persis jalan ceritanya ….
Maklum … waktu itu saya nontonnya setengah-setengah … Maksudnya Setengah Merem … Setengah Melek.  Setengah sadar … setengah tidak …

Namun yang saya ingat … film ini kurang lebih menceritakan kisah seorang Guru, yang malam harinya juga berprofesi sebagai Penyanyi dan Pemain Musik di suatu kelab malam terkenal di Kuala Lumpur …

Film ini juga banyak disisipi lagu-lagu bagus disana-sini.  Bahkan mungkin lebih bagus melebihi rata-rata kualitas musik pada jamannya …

Saya penasaran …
Keesokan harinya saya browsing mencari tau … Film apa ini ?

Ternyata … Film ini keluaran tahun 1965 sodara-sodara.  Saya tidak tau ,,, apa para pembaca sudah lahir atau belum.  Yang jelas saat itu saya baru berusia 2 tahun (lagi lucu-lucunya ini …)

Film ini dibintangi dan sekaligus disutradarai oleh … Teuku Zakaria bin Teuku Nyak Puteh … atau yang lebih dikenal dengan nama P RAMLEE …

P RAMLEE adalah seorang seniman besar yang sangat terkenal di Negeri Jiran,  Lahir di di Pulau Penang, 22 Maret 1929.  Ayahnya berasal dari Lhokseumawe … sementara Ibunya sendiri adalah asli dari Malaysia.

Dia adalah seniman besar sepanjang zaman.  Seorang Penyanyi … Pencipta Lagu … Seorang Pemain Musik … Seorang Aktor dan juga sekaligus seorang Sutradara

Demikian besar jasanya terhadap perkebangan kesenian dan budaya negeri jiran … sehingga Yang Dipertuan Agung Malaysia memberikan penghargaan Bintang Kebesaran Darjah Panglima Setia Mahkota pada tahun 1990 dan menambahkan gelar Tan Sri pada nama Ramlee.  (sumber : Wikipedia)

P Ramlee meninggal pada tanggal 27 Mei 1973

Nama P Ramlee pun diabadikan menjadi sebuah nama jalan besar utama di pusat kota Kuala Lumpur …

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

29 tanggapan untuk “Jiran #5 : MASAM-MASAM MANIS”

  1. saya tidak bisa baca macam2 manis, langsung kepikiran gurame asam manis hihihi.sudah malam masih mikir makanan.
    Om makasih banyak untuk masukannya ya di postingan saya yang kemarin. Tentu saja saya nurut sama senior deh hehehe.

  2. dengar nama P Ramlee ini mula2 dari cerita ibunda yang di masa2 remajanya film2
    P. Ramlee jadi hits juga di tanah air

    salah atu lagunya yang masih top di sini Madu Tiga, dinyanyikan kembali oleh Ahmad Dhani

  3. Wah, Mamah saya baru 3 tahun tuh Om hihihi…
    Salut sama Om trainer, gara2 ga bisa tidur jd tahu P Ramlee dan buat postingan ini. Terima kasih untuk inspirasinya Om 😉

  4. P.Ramlee, seniman terkenal malaysia ya Mas Enha
    ayah dan ibuku dulu suka banget mendengarkan lagu2 beliau melalui piringan hitam 🙂
    dan lagu yang masih agak aku ingat judulnya ”Anakku Sazali”, dulu ayahku suka mendendangkannya utk kami 🙂
    salam

  5. iya, kata ibuku P Ramlee itu seniman terkenal dari malaysia, dan terkenal juga di indonesia…..mungkin bareng sama jamannya Benyamin S dan Bing Slamet kali yachh…..

  6. hihihhhi.. tahun 65 mamahku lahir om… jadul banget berarti… aku jujur gak tau ada yang namanya P Ramlee… mungkin mama/papaku tau.. 😛

  7. tak kira mau mengulas dondong oom
    tahun 1965 saya duduk di SMP kelas 2, ikut KAPPI segala oom…sok gagah gitu loh.
    Saya juga pernah mendengar nama Pak Ramleee itu.
    Terus terang jika sedang di negeri jiran itu saya jarang nonton film mereka.
    Paling cari HBO ha ha ha ha

    Salam hangat dari Surabaya

  8. Wah P Ramlee itu sama kayak Benyamin S, seniman yang hebat. Dulu saya suka nonton via TV3, pakai antena gitu karena kita di Medan bisa dapat siaran dengan pasang antena tv3… film P Ramlee itu kocak2 bener, nontonnya pasti terpingkal2….

any comments sodara-sodara ?