Posted in ARTIKEL, PERTUNJUKAN HARI INI, TRAINER ABG

SEA GAMES


.

Indonesia sedang jadi Tuan Rumah perhelatan olah raga bangsa-bangsa di Asia Tenggara.  Mengintip Wikipedia sejenak, ini adalah kali ke empat Indonesia menjadi tuan rumah.  Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun 1979, 1987,  1997 dan sekarang 2011.

Mari kita semua mendukung agar kita bisa menjadi Tuan Rumah yang baik bagi tamu-tamu kita, para olah ragawan dari Negara tetangga tersebut.

Bicara mengenai SEA GAMES yang diadakan di Indonesia.  Saya mempunyai sedikit cerita

Ketika SEA GAMES pertama kali diadakan di Indonesia tahun 1979 itu … saya masih SMA kelas satu. 
Orang tua saya kebetulan bertempat tinggal di suatu kawasan yang letaknya tidak jauh dari kompleks olah raga Senayan.  Stadion utama itu kelihatan dari kamar saya di loteng atas.  Saya dan teman-teman sering sekali nonton pertandingan olah raga di kompleks Senayan itu.  Entah Atletik, Bola Volley, Tennis, Soft Ball/Base Ball, Renang, Anggar dan sebagainya.  Biasanya kami berjalan kaki beramai-ramai kesana.  Nonton pertandingan itu dulu banyak yang gratis, tidak dipungut bayaran.  Hal ini kami lakukan bukan hanya perhelatan SEA GAMES saja.  Tetapi juga perhelatan Pekan Olah Raga Nasional juga pertandingan-pertandingan olah raga untuk skala yang lebih kecil.

SEA GAMES di Indonesia selanjutnya adalah tahun 1987.  Saya baru lulus kuliah.  Dan baru bekerja di sebuah Yayasan Pendidikan Vokal, Bina Vokalia yang dipimpin oleh Pak Pranadjaja.

Kebetulan saat itu Bina Vokalia diserahi tugas untuk mengkoordinir AUBADE.  Untuk Acara Pembukaan dan Acara Penutupan SEA GAMES 1987 itu.   Aubade adalah semacam Paduan Suara Besar, terdiri dari Dua ratusan lebih penyanyi.  Sehingga boleh dikata … tugas pertama saya di Bina Vokalia kala itu adalah membantu Pak Prana untuk mempersiapkan proyek besar  ini.  Kami waktu itu mengerahkan hampir semua murid-murid remaja – dewasa kami.  Ditambah paduan suara siswa-siswi dari SMA Negeri 82 Jakarta dan SPG Negeri 1 Jakarta.   Waktu itu kami menyanyikan beberapa lagu.  Seingat saya adalah Hymne Sea Games dan juga lagu-lagu tradisional dari Negara Tetangga.  Diantaranya Lagu Bunga Melor dari Brunei, dan Leron-Leron Sinta dari Filipina.  Lagu tradisional Indonesianya diambil dari lagu Maluku berjudul Jang Takisu.  (terus terang saya tidak ingat lagu-lagu dari negara yang lain)

Ini sangat melelahkan sodara-sodara.  Saat tampilnya sih menyenangkan. Yang ribet itu saat persiapan dan latihannya … waaahhh susah banget mengkoordinir banyak orang.  Urusan Seragam.  Logistik, Rapat Koordinasi di KONI.  Belum lagi rekaman, take vokal di studio musik,  pulang tengah malem melulu urusannya nih.  Hehehe …

Tapi kami puas … bisa sedikit berkontribusi di perhelatan olah raga akbar tersebut.

Semoga SEA GAMES tahun 2011 ini jaaauuhhh lebih Sukses dari perhelatan-perhelatan sebelumnya.

Majulah Indonesiaku !!!

.

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

62 thoughts on “SEA GAMES

  1. menjadi bagian dari proyek besar seperti Aubade Sea Games itu pasti pengalaman yang unik dan tak terlupakan ya Om…

    semoga SEA GAMES tahun ini sukses dan Indonesia keluar sbg juara… amin!😀

  2. kebayang ribetnya Om😀
    tapi pengalamannya berharga banget kan?
    tidak terbeli dengan apapun ehehehe

    ikut mengaminkan om, semoga perhelatan Sea Games kali ini mampu mengharumkan nama bangsa, dengan jujur.

  3. Bisa terlibat dalam even sebesar Sea Games tentu hal yang luar biasa ya Om..🙂

    Pembukaan Sea Games tahun ini saya luput menontonnya, karena berbarengan dengan sebuah acara yang harus saya hadiri. Konon meriah dan spektakuler sekali..

    Menurut saya, kemampuan orang Indonesia dalam membuat sebuah pertunjukan, bisa disejajarkan dengan orang-orang di luar negeri sana.. Bangga sekali melihatnya..

    Saya yang melihatnya saja sudah bangga, apalagi Om yang pernah terlibat..🙂

  4. trainer dan pak Pranadjaja.. pingin baca lagi cerita semasa om Nh kerja dibawah pimpinan beliau.🙂 **dulu pernah ditulis ya om, frasaan pernah baca..

  5. Perhelatan besar seperti ini pasti melibatkan banyak orang. Senang terlibat di dalamnya ya oom. Meskipun dulu capek dan sentres mikiran persiapan.

    Untuk yg kali ini beberapa teman terlibat di tim kesehatan, karena ingin juga merasakan pengalaman dan suasana yg beda. Akan jadi kenangan nanis seumur hidup.

  6. bisa dibayangkan saat itu… Trainer ABG pasti sibuk banget..
    pasti sering pulang malem karena sibuk latihan urus ini urus itu…

    tapi pasti sangat menyenangkan ya Om..🙂

  7. owalaahhh… ternyata om NH pernah bareng sama pa Pranajaya.. boleh dong bagi2 trik olah vokalnya..
    Aku paling depan nonton acara TVRI bina vokalia ini, (maklum nonton TV bareng di kantor kecamatan)😀

  8. Keren…Om pernah terlibat acara besar seperti itu🙂
    Saya cuma pernah mengurus persiapan paduan suara untuk wisuda kampus akper aja, udah merasa ribet baget, Om.😀
    Semoga SEA Games kali ini sukses🙂

  9. Jika oom nh pernah menangani aubade dengan sukses, bagaimana jika saya tantang untuk mempersiapkan sebuah aubade yang anggotanya para blogger dan dipentaskan nanti dalam rangka Kopdar 1000 Blogger Nusantara yang entah kapan dan dimana dilaksanakannya.

    Tantangan Ini juga termasuk membuat Mars Blogger Nusantara lho.
    Soal biaya nggak usah cemas ( tolah..toleh…kabuuuuuuur….)

    Berani enggak ???

    Salam hangat dari Surabaya

  10. Kereeeennnn!!!!

    saya pernah nonton pembukaannya di senayan, lupa thn brp…takjub dan melongo banget….
    apalagi bs jd salah satu partisipan…

    enaknya jd anak jkt yaaa, bs dpt kesempatan yg gbs ditemui di tempat lain.

  11. wahh pengalaman yang tak terlupakan yachh…pernah berpartisipasi mengisi acara pembukaan sea games….aku juga dulu senang klo lihat acara bina vokalia di TV….seneng denger suara Pak Pranadjaya……

    sprtinya tahun ini indonesia jd juara umum, tapi sayang agak tercoreng krna venue banyak yg belum selesai…

  12. Waahh senengnya om bs nonton gitu.. aku punya keinginan nonton olahraga langsung deh di senayan.. tapi belom pernah sampe skrg >_<

    semoga sea games kali ini indonesia.sukses deh.. terutama bukutangkisnya.. soalnya tanpa emas bulutangkis serasa ada yg kurang yak.. hehehe

  13. Wah si Om, mengingatkan kembali kenangan tentang Pak Pranadjaja dan Aubade.
    Kalau Pak Pranajaja adalah kenangan SD, kami hanya punya TV hitam-putih dan siaran TV saat itu satu-satunya TVRI tidak ada pilihan lain, anak-anak saat itu pasti sangat hafal dengan sosok Bapak Pranajaja.
    Kalau Aubade adalah kenangan mengikuti aubade ketika SMP/SMA di kota kami kalau ada perhelatan besar.
    Baru menjadi peserta saja sudah senang, apalagi Om NH tidak kebayang tuh kepuasannya…..

  14. Ngomong-ngomong SEA GAMES, tadi pagi Nafis bilang ke saya kalau Indonesia Hebat yah pa udah ngumpulin banyak medali emas. Lantas saya baca tulisan ini, langsung membayangkan betapa hebatnya bangsa kita waktu dulu…hampir tiap sea games kita juara umum terus. Namun prestasi kita terus terpuruk hingga ke titik nadir…
    Mudah2an tahun ini kita bisa bangkit dan menjadi yang terbaik meskipun pengelolaan pelaksanaan yang tersendat-sendat dan sedikit agak kacau….

  15. Saleum,
    semangat SEA GAMES di kandang sendiri mesti dapat dikuasai sebaik baiknya untuk menjadi juara umum dengan jumlah medali terbanyak. Ayo indonesia…. !!!!

    saleum dmilano

  16. Bener Om…
    Kalau yg nonton sich paling2 cuma terkagum2 dowang…
    Tapi yg nglakoni menggeh2, sejak latihan sampai pelaksanaan
    Belum lagi pelatih & koordinatornya, pasti deg2an….
    Makanya saya usul, Sea Games berikutnya pakai sistem online ajah….

  17. maju terus indonesia…dan terima kasih untuk para atlet yang mengharumkan garuda indonesia…ayo maju indonesia,,,semoga indonesia yang paling terbaik,,,,,????

  18. 200 orang lebih? Hadeeeuuuh…ga kebayang om gimana pusingnya mengatur persiapan dan latihan semacam itu. Alhamdulillah ya, pasti berkesan bgt karena sempat menjadi bagian dari Sea Games waktu itu Om🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s