Posted in NGEBLOG

EXPANDING COVERAGE


.

Ini seri ngeBlog “Konservatif Tradisionalis” cara Trainer.

Gimana si Trainer ini memperluas jaringan pernge-blog-kan nya.  EXPANDING COVERAGE.  Memperluas target market …

Ada beberapa cara purba bin tradisional  yang saya lakukan untuk melebarkan sayap jaringan perngebloganku …

  1. (New Incoming Comment) … Dari komentar rekan-rekan baru yang nyasar pertama kali masuk ke blog ku … aku selalu berusaha untuk melakukan kunjungan balasan ke mereka … sambil melihat apakah blog mereka bisa aku jadikan tempat mampir atau tidak … Dan aku harus jujur … kadang-kadang aku tidak sempat berkunjung balik ke blog mereka … entah karena linknya tidak ada atau memang tidak bisa dibuka … Dan untuk itu aku mohon maaf kepada mereka yang pernah mengunjungi Blog ku tetapi belum sempat aku kunjungi balik
    .
  2. (blog to blog) … Aku cari teman baru di tempat tetangga … dari komentar yang masuk di Blog tetangga … alias teman-teman blog favoritku … Aku mengunjungi blog baru dari link komentar yang masuk di tulisan blog sahabat tersebut.   Bahkan saya juga mengintip blogroll sahabat-sahabat maya saya …Apa semua dikunjungi … ??? Tidak … aku hanya memilih komentar yang smart, tajam, “bernas”, dan disampaikan dengan santun.

    Bagaimana dengan komentar yang lucu/becanda ??… Itu tidak masalah … Tapi yang jelas aku hanya memilih becandaan yang ‘elegan’ dan ‘tidak norak bin jayus’ saja …

    (dari mana trainer tau kalo itu elegan atau tidak norak ?)(ya dari taste dan feeling saja). … (en satu lagi … eeehh… icon avatarnya juga kadang-kadang berpengaruh denk …)(ngaku aja …) 🙂

  3. (the list) … Dari BOTD … postingan best of the day WordPress … .
    Apa semua aku click …??? Tidak … hanya jenis topic yang aku comfortable untuk masuk.  Tentang Islam, tentang Pendidikan, Keluarga, Kuliner, Travelling, Humaniora, Management Praktis, Komunikasi dan juga tentang Musik …

    (Yang aku tidak masuk adalah … tentang Motor, Mobil, Sepak Bola, Olahraga, Elektronik, Politik, “postingan radikal” dan juga IT …aku nyerah kalo masuk kesana, nggak ngerti babar blass).

    (Kalo yang “saru” bagaimana ? … hmm aku nggak berani masuk … soalnya takut ketagihan gak bisa keluar …) (Trainer juga manusia biasa)

Apa trainer mengunjungi Blog-blog terkenal ? yang selalu ada di Top List ???

Tidak !!!.  Aku justru jarang masuk kesana.  Kecuali kalo topik postingannya sangat menarik.  Aku biasanya tidak memberi komentar disana.  Karena kemungkinan besar akan dianggap angin lalu saja.  (Lha kok pesimis gitu sih si Traine ini …??)

Aku jaauuhhh lebih bahagia berteman dengan Blog teman dan sahabat semua  … blog “kita-kita” aja … orang-orang biasa …

Lebih membumi … Lebih akrab … lebih santun … lebih gembira … tidak jaim … dan yang terpenting … “LEBIH TULUS”. (customized, personalized dan tidak massal)

Jujur saja Postingan teman-teman blog ku banyak yang justru lebih berisi dan berkualitas dibanding yang ada di Blog Terkenal !!!  (… Teman-temanku itu Cuma kalah Hit doang …).

Ibarat kata … memang lebih enak berteman dengan “manusia biasa” dibandingkan dengan “Selebritis” bukan … ? (yang biasanya banyak basa-basinya …plus kata-kata yang diatur sedemikian rupa … kudu jaim dan sesuai dengan hukum komunikasi Public Relation standart … khas infotainment).

(Belum lagi … kadang komentar  mereka yang di Copy Paste … komentar yang sama dimana-mana …) hehehe … biar praktis mungkin … tapi sayang nya tidak personalized … !!

(Bah … tajam juga aku kali ini … !!! hehehehe …)

.

What Do You Think ?

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

27 thoughts on “EXPANDING COVERAGE

  1. Nah, sekarang baru komentar yg beneran … Saya juga cenderung berkunjung ke (dan berkomentar di) blog tertentu saja (kebiasaan main aman alias comfort zone) … Jadi muhun maaf kalau tidak semua terkunjungi balik dan terkomentari ya …

  2. Setuju Om…memang lebih nyaman ngeblog dengan teman-teman yang bukan artis hehe…Aku juga nggak pernah komen yang sama persis (copy paste).
    Kuanggap mereka sudah membaca tulisanku dan mengomentarinya dengan tulus, jadi aku juga harus menghargainya dengan menulis komentar (bila perlu) di blognya dan bukan copy paste.

    Nice sharing, Om…

  3. lho..??!!

    Yang sering ku datangi ini kan..??!!

    blog nya selebriti..??!!

    **bagaimana mutu blog ku ya..? kalau blog Top List..aja tak menarik bagi Pak Trainer..??

    (isst..minder..niiyyhh…)

  4. Hahaha, betul Om rainer saya juga lebih sering mengunjungi blognya yang sudah menjadi link di blog saya termasuk salah satunya blognya Om trainer. Pokonya isi blognya harus nyambung dgn kita hahaha….

    Krn blog ibarat rumah tempat kita bertegur sapa, saling menyelami satu sama lain, malah jadi ajang siraturrahmi. Krn sudah sering membaca postingan para sahabat sehingga kita merasa dekat meski terkadang balum pernah bertemu face-to-face.

    Ok Om selamat memposting berbagai ide kreatifnya. Kalau saya sekarang lagi nggak sempet nulis lebih tepatnya lagi pengen menikmati postingan para sahabat aza dech, hihihi 🙂 🙂 🙂

    Best regard,
    Bintang

  5. Hu hu mantap deh Mas NH,
    setuju dengan catatan … saya mulai ngeblog malah waktu terinspirasi sama blogger sepeda motor sewaktu cari-cari info buat motorku .. kalau mobil, olah raga, politik dsb memang gak paham jadi dihindari

  6. Oh……saya jadi agak minder, apakah blog saya termasuk ?
    Namun, blognya Mas Enha sendiri, salah satu favorit utk saya kunjungi, krn saya banyak menemukan hal2 yg baru yg tdk saya pahami sebelumnya.
    Salam.

  7. wedew….ada2 aja..berbagi memperluas jaringan, kayak MLM aja neh…🙂
    Siapapun itu memang mending mengunjungi blog yg membuat kita nyaman, dianggap, dan temanya kita senangi…
    Tapi ada juga kok orang hebat yg tanggapannya oke di per-blog-an…

  8. hmmm.. tips yg kayaknya bisa dicontoh neh…. secara coverage gw masih sangat kecil

    btw tanya om? dasarnya apa yach bikin clustering blog.. ada yg jazz, ada yg rock, etc

    salam,

  9. saya juga lebih senang “berteman” dengan blogger yg biasa2 saja. maksudnya berteman itu, ya baca tulisan di blognya lalu kasih komentar. kalau di “blogger2” yg sudah nyelebriti, kadang saya cuma baca2 saja. jadi silent reader. suka nggak PD kalau komentar di sana; khawatir kalau saya kelihatan “ndesit” dan bodoh haha!

  10. kalo sayaaaa….. yg jelas ada daftar blog yg jadi tempat nongkrong favorit, terlepas mereka kunjungan balik setiap saat ke saya atau tidak.

    selebihnya ya dari temen2 baru yg kasih komen, pasti saya klik tautannya. soal awet apa enggaknya saya maen2 kesana, itu sih tergantung apakah selera baca saya nyambung dg tulisan di blog mereka🙂

  11. Waduhh..udah seminggu ini internet di rumah kacau…mosok tiap pagi protes ke KV…tapi hikmahnya jadi mengerjakan yang lain.
    Yang jelas, mengunjungi blog om trainer, membuat hati riang dan senyum2 sendiri

  12. Membaca:

    (Yang aku tidak masuk adalah … tentang Motor, Mobil, Sepak Bola, Olahraga, Elektronik, Politik, “postingan radikal” dan juga IT …aku nyerah kalo masuk kesana, nggak ngerti babar blass).

    Pantes saja blog-ku ndak pernah dikunjungi oleh trainer. Hiks…

  13. oooh gitu oom caranya blogging?😉
    tapi soal komen yg copas itu aku sebel banget oom…
    itu kurang menghargai namanya…
    terkesan tidak membaca…

    and yup.. kadang yg biasa2 justru punya isi postingan yg luar biasa🙂

  14. iya, agak sama juga dengan caraku tapi masih kurang disiplin, masih kalah jauh ama Om, tapi teteup semangat..go blog!! a.k.a hidup blog!! *jangan dibaca goblok ya Om, piss ^^*

  15. salam kenal
    cara bloging yang saya gunakan hampir sama dengan yang trainer gunakan…
    hihih..tapi memang soal komen kita kadang bingung untuk kasih komen apa an..misal karena ga ngerti babar blass itu…jadi pada asal PERTAMAXXXXX…hihihihi

    salam

  16. saya cuma baca dan klik blog yang lucu-lucu, yang nulis hal-hal ringan, kehidupan sehari-hari..

    ndak mau yang terlalu serius apalagi sampai yang radikal..mumet..
    🙂

  17. betul Om, temenan sama blog teman2 gini bikin berasa udah satu keluarga. Menyenangkan. Tapi sayangnya saya sering tidak punya banyak waktu untuk bw Om, jadi sampai menumpuk di gugel reader daftar postingan temen yang belum dibaca.

    Thanks ya Om tips2nya..😀

  18. Jujur saja, saya baru dua kali masuk di blog ini, tapi sudah banyak memberikan inspirasi hanya dari sekedar melihat-lihat tanpa memberikan komentar…

    Beberapa tulisan saya terinspirasi dari gaya penyampaian tulisan di blog ini, walaupun masih draft dan belum saya posting…saya hanya masih mempertimbangkan “apakah saya tidak kreatif…”

    Saya merasa terinspirasi sekali jika link saya ada di dalam daftar Blog ini…
    Paling tidak saya memulai lebih dahulu…

    Apakah ada pencerahan…?

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s