Diposkan pada TRAINER KECIL

HC ANDERSEN


Copy Paste dari Wikipedia :
“Hans Christian Andersen (lahir di Odense, Denmark bagian selatan, 2 April 1805 – meninggal di Rolighed dekat Kopenhagen, Denmark, 4 Agustus 1875 pada umur 70 tahun) adalah seorang penulis dan penyair berkebangsaan Denmark yang paling terkenal berkat karya dongengnya.”

“Dua dari cerita dongengnya yang amat kesohor, The Little Mermaid dan The Emperor’s New Clothes, diterbitkan dalam kumpulan cerita pada 1837. Tujuh dongengnya yang lain: Little Ugly Duckling, The Tinderbox, Little Claus and Big Claus, Princess and the Pea, The Snow Queen, The Nightingale dan The Steadfast Tin Soldier, juga dikenal di berbagai belahan dunia sebagai cerita yang kerap didongengkan pada anak-anak”.

—-

Ya … HC Andersen adalah pengarang cerita kenamaan.

Ada suatu masa … ketika saya SD (1970-1975), dimana saya selalu mendapatkan oleh-oleh dari Bapak berupa buku Komik HC Andersen.  Bapak selalu memberikan oleh-oleh komik ini jika Bapak pulang dari Luar Kota.  Dulu Bapakku sering sekali ke kota Bandung untuk melakukan pekerjaannya.

Dan tentu saja buku-buku komik ini dibeli di Bandung.  Di Toko Buku Maranatha kalau tidak salah.

Komik HC Andersen tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masa kecil Trainer.  Setiap pulang sekolah, ganti baju makan … pasti langsung “nggetu” baca Komik.
Selain buku HC Andersen.  Bapak juga sering membelikan saya Buku Komik Gundala Putra Petir, Pangeran Mlaar, Laba-laba Merah dan tokoh-tokoh heroik lokal yang lainnya …

Mungkin saja Bapak punya maksud agar saya tidak menjadi terlalu “menye-menye” gara-gara kebanyakan membaca buku HC Andersen.  Mangkanya buku komiknya pun divariasikan … dengan tokoh-tokoh heroik yang “lelaki”.  Tepatnya mungkin … diseimbangkan weiceh … (lho??)

Dongeng HC Andersen ini memang khas sekali …
Pada umumnya selalu diakhiri happy ending dengan Putri cantik miskin dan sengsara … yang akhirnya berbahagia disunting oleh Pangeran Kaya Rupawan.  Dongeng-dongeng yang sangat imajinatif …

Setelah saya kaji lebih saksama … sepertinya ada beberapa cerita komik yang dikasih judul besar-besar HC Andersen oleh penerbitnya … namun sebetulnya ceritanya bukan dikarang oleh HC Andersen.  Ceritanya hanya dimirip-miripkan dengan genre cerita HC Andersen.

Seingat saya … Buku-buku komik HC Andersen (juga Gundala Putra Petir dll) masih tersimpan rapi di (mantan) kamar ku di Rumah Orang Tua ku …  Sebagian sudah ada yang dimakan rayap … Dan hampir semua kertasnya sudah berubah menjadi coklat …

So …

Komik HC Andersen dan Gundala Putra Petir adalah Bacaan saya jaman SD …

Bagaimana halnya dengan jaman SMP ? jaman SMA ??? Kuliah ???

Nah ini cerita yang lain lagi nih …
Saya akan cerita di postingan yang lain.

Stey Cun ya Cun … !

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

61 tanggapan untuk “HC ANDERSEN

  1. ok Cun, aku tunggu bacaan om Nh di masa remaja.

    klo aku semasa kecil ngga begitu banyak baca cerita yang populer, karena kami di kampung susah mendapatkannya.

    seingatku ibu sering meminjamkan buku cerita dari perpustakaan sekolahnya. nah kebayang kan jenis buku ceritanya sama sekali tidak populer, tidak bergambar dan tidak berwarna. Tapi aku suka!

    1. Hmmm …
      Ini yang terbitan Balai Pustaka mungkin ya Bu …
      dulu di perpustakaan SD kami juga ada …
      namun sayangnya judulnya itu itu saja …
      dan tidak pernah bertambah …
      🙂 🙂 🙂

      hehehe

    1. Beberapa ada aku kopi peys di tulisan ini …
      mengenai judul yang lain … dan terjemahannya dalam bahasa indonesia …
      terus terang saya lupa …
      karena jalan ceritanya … perasaan gitu-gitu semua …
      model pangeran dan putri miskin gitu deeehhh ..
      hehehe

  2. hwaaa…jangan ditanya, karya-karya HC. Andersen gak absen waktu dulu, toko buku maranatha yang di Jl. ciateul ya Om, saya eh maksudnya ibu beli juga disitu. my inspiring princess and prince story…

  3. Bacaan masa kecilku? Banyak banget. Termasuk HC Andersen. Tapi yang rutin dibeli adalah majalah Bobo, Donal Bebek, komik-komik Jepang, Nina, komik Mahabarata, dan Ensiklopedia bergambar buat anak-anak.

    Alhamdulillah, Papi menumbuhkan minat bacaku sejak dari kecil, jadi sekarang aku suka baca dan menulis juga, Yah… 🙂

    1. Yup ..
      jujur saja …
      dengan banyak membaca dikala kecil …
      sedikit banyak bisa mempertajam kemampuan verbal dan juga linguistik kita … (ciiieee bahasanya …)

  4. dulu jaman SD, suka baca komik2 jepang…
    trus majalah Hai (sebenernya bacaannya mas dan mbak)

    majalah Bobo.

    klo HC Andercen, hm… mungkin baca tapi gak ngerti penulisnya ya. soalnya suka yang putri-putrian itu…

    1. hehehe ….
      Bobo dan Hai itu sepertinya bacaan merata anak-anak SD dan SMP ya Mbak …
      Saya juga langganannya dua majalah itu waktu kecil dan pra ABG

      Salam saya Mbak

  5. HC Andersen kelas 3-4 SD
    Yang paling aku rasa ajaib tuh yang si gadis bisa ngga tidur gara-gara kacang di bawah kasur berlapis-lapis… kok bisa ya? Emang kerasa banget?

    Lima Sekawan, Trio Detektif, Album Cerita Ternama,
    Tintin, dan masuk kelas 5-6 SD mulai baca cerita spy
    Alistair Mac Lean, Agatha Christie, termasuk 007 deh!
    Itu SD loh…. hihihi

    EM

  6. HC Andersen? Saya juga baca Om, kayaknya hampir semua judul deh (termasuk judul-judul yang di’curigai’ Om bukan karangan HC Andersen).

    Bagi saya, yang sangat mengesankan adalah komik “Gadis Korek Api”. Ini kisah seorang gadis yang kedinginan, ketika di suatu malam ia duduk di tepi jalan padahal saat itu musim salju. Untuk menghangatkan badannya, ia menyalakan batang-batang korek api yang dimilikinya. Setiap kali batang korek itu menyala, ia bermimpi bertemu dengan seorang pangeran yang baik hati. Begitu batang korek api terbakar habis dan mati, mimpi itu pun terputus. Ia akan membakar batang berikutnya, dan seterusnya. Tepat pada saat pangeran itu akan menikahinya, batang korek apinya habis. Esok paginya, seorang polisi menemukan gadis itu telah mati beku di pinggir jalan … hiks!

    *wah … kok malah jadi bikin review sendiri nih 😉 maaf Om … )

  7. OK Cun :D…Kalau aku, bacaan waktu kecil, gak ada yg khusus sih Om, seadanya buku/majalah orang..pinjem deh :D, tapi Nenek rajin sekali bercerita, cerita Mahabarata *biasanya jd ngantuk, coz banyak tokoh..bingung*

    1. Di Dongengin ?
      wah … ini -pengalaman yang rada langka nih …
      at least saya dan adik saya …
      dongennya paling dongen si kancil …
      (yang sekarang banyak di kritik orang itu … karena mengajarkan kita semua untuk ber akal bulus
      menipu dan mencuri macam si Kancil itu …)
      hehehe

  8. semasa SD, putri cuma baca cerita Malin kundang…dongeng2 daerah..yang kebanyakan dari buku pelajaran…
    ama komik Petruk yang tebalnya cuma beberapa mili…he..he..
    *bacaan semasa SD sama sekali gak bervariasi :D*

  9. Sdh lama ga komen di blog ini, tapi aku selalu meninggalkan jejak loh Om setiap kali kesini, lewat vote aja Om, soalnya ga tega sama yg lain, bkn bermaksud sombong Om, tp aku bs sering loh dpt pertamax di blog ini hehe..

    Yup betul sekali Om, Toko Buku di Bdg yg khusus komik namanya Toko Buku Maranatha,lengkap bgt mau komik jadul seperti yg om tulis diatas, aku jg pelanggan disana..dan favorit aku wayang Om..Toko Itu msh eksis krn kecintaan Pemiliknya pada anak-anak kecil, dan kegemarannya melukis..boleh tuh om ke-3 jagoannya diajak main2 kesana

    Salam
    IJuliars

      1. Betul Om, Toko Bukunya berganti nama dikit jadi Toko Buku ERLINA di Jl.Ciateul, itu diambil dari nama cucunya kalau aku tidak salah..Sejak aku kuliah di Bdg, aku sdh langganan smpe sekarang Om..Salah satu koleksi yg aku dapet disana Buku Arjuna Sasrabahu yg kemarin aku kasih ke Broneo..

        Kalau OM NH ada buku yg pengen dicari disitu, just call me Om..

        Salam

        IJuliars

  10. komik andersen dan maranata itu ngetop banget dulu,
    buku2 terbitan pustaka jaya juga oom, masih ada yg inget?, Joko Lelono kalau nggak salah pengarang cerita petualangan he..he..

  11. iya om aku juga tau banget ini si penulis dongeng kenamaan ,kalo gak salah sama populernya dengan enny arrow deh 😀 😀 😀

    dulu waktu kecil aku seneng tintin,terus 5 sekawan ,terus ada smurf ,sama bob napi badung,lucky luke,donal bebek juga ya om (sampai sekarang masih terus eksis nih kalo si donal)

    kalo yg lokal ada si mimin yg aku inget om hehehe

    sama serial kho ping ho juga aku maniak sih dulu hahaha

    kalo bukunya HC andersen itu punya kakak2ku dulunya,terus dihibahkan ,jadi taunya cuma baca aja,gak pernah minta beli 😉

    ok cyuuunnn lanjuuttt 😀

    1. hehe, baca Mimin juga ya mas… 😀 , asli lucu komik itu, sayang terus ngilang peredarannya…
      Yang Loka yang saya khatamkan bacanya, buku wayang nya karangan RA Kosasih, dan itu saya baca sejak kelas 2 SD, untung gak terus ada cita2 jadi dalang :mrgreen:

  12. Nengokin Blognya Om Nh… 🙂
    Bacaan masa kecil, sampai sekrang masih melekat dalam ingatan saya, itu mungkin yang mendasari kenapa anak2 kecil harus dibiasakan membaca sejak kecil ya Om…
    Agak prihatin juga dengan anak2 sekrang, yang bacaan masa kecilnya tersaingi dengan PS, Nintendo dll… 😦

  13. HC Andersen….!!! saya suka banget… seingat saya, waktu zaman SD ( th 81-87), setiap sore TVRI menayangkan film kartun, salah satunya karya HC Andersen ini.. yang paling saya ingat adalah little mermaid dan gadis korek api itu… (anyway dua film ini ga happy ending..) tp begitu berkesan.. komik yg pling saya ingat adalah : petualangan tintin, ruby si rubah kecil, nina, bobo, dll

    hingga kini saya suka film kartun.. nnton kartun menjadi acara rutin bersama anak2..

  14. aku juga penggemar HC andersen jaman sd, smp dulu..tapi semua bacaan ding aku baca semua sampai cerita Mahabrata dan Ramayana juga abis kulalap (emang lalapan)

  15. aha, ketemu istilah itu lagi!
    “nggetu”
    asli pas mata saya scanning sampai ke kata itu
    seketika saya ngakak abiz

    haduh, kata2 itu sepertinya telah berakar di otak saya
    andai gaya posting “THE JABS” punya om nh ga ada hak patennya, sy akan bikin posting serupa
    dan pastinya artikel ttg “nggetu” ini akan jadi peringkat nomor satu 🙂

    salam hangat

  16. Zamanku SD bacaanku si kuncung…..hehehe….
    HC Andersen ini mulai muncul saat saya SMA atau mahasiswa ya…komiknya menarik, makanya anak-anak suka.

    Asterix? Ini juga menyenangkan lho…ceritanya suka ada tentang Indonesia walau sedikit

  17. Pernah baca little mermaidnya 🙂
    tapi dulunya sering baca bobo karena ada diperpus skolah..
    kalo dirumah suka baca serial petruk garengnya Om yg ngontrak disebelah rumah.. 😀 Nggak ngerti (untung saat itu nggak ngerti ) tp lucu (berarti ngerti dong ?? )…

    salam kenal pak NH.. kunjungan perdana 🙂 .

  18. HC Andersen aku suka banget! itu bacaan waktu SD, trus semakin gede bacaanku makin variatif deh.
    Menurutku waktu kecil dulu, gile benerr…si HC Andersen itu jago bercerita ya…

  19. OOooo…Ternyata HC Andersen ya nama penulisnya, pernah dengar/noton dongengnya aja sih 🙂
    Kalu saya dulu suka baca Album Walt Disney dan komik bersambung di Bobo 🙂

  20. komik2 HC Andersen hampir semua dibaca waktu masih kecil, krn dulu memang hanya itu pilihannya.
    sesudah SMP dan SMa mulailah membaca sabai Nan ALuih, Sengsara membawa Nikmat, juga Tenggelamnya Kapal Van Derwicknya HAMKA.
    salam

  21. bbrp tahun lalu, saya kembali mengulang membaca buku2 HC Andersen sebagai bahan mendongeng untuk anak2 saya. ketika mereka sdh bisa baca, buku2 HC Andersen menjadi bacaan mereka.

  22. Salam,
    Hallo Sir, long time no see…kuangen hehe..
    Ga inget ya bacaan di SD apaan, tp seingatku aku baca apa aja yang ada dibawah meja tamu kalau berkunjung ke rumah siapapun..*payah sangat ya aku ini* 😀

  23. HC Andersen mahal banget dulu di makassar pak, covernya terlalu cantik jadi kemahalan dan gak sanggup beli :(….

    yang dibela-belain baca hanya petualangan 5 sekawan (enid blyton) dari nabung uang jajan plus hasil jual botol cream soda sampe coca cola buat beli buku ini waktu SD dulu di toko buku BPK Gunung Mulia (depan rumah)…kok jadi curhat yah pak 😛

    1. S.H.B …
      Naaahhh …
      Bagaimana kalau kamu tulis kisah menarik ini di Blog kamu …
      OK ?
      OK ?
      Ini pasti menarik nih …
      Dan saya akan menjadi pengunjung pertama yang membacanya…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s