ASAL MUASAL PERTAMA KALI


 .

“oi.. lagi ngapain? bengong kok di tangga.”

“hah?! ga ngapa-ngapain. ini cuma lagi ngeliatin anak-anak pada main bola gebok. lo juga bukannya ikut main? kok malah ada di sini?”

hehehehe.. istirahat bentar, capek lari mulu. lagian belum ada yg liat kok.”

 “hooo.. nih cokelat valentine-nya, tadi pagi belum dapet kan?!”

“eh thanks, iya tadi pagi kan gue telat. lo rajin ya bawa-bawa ginian trus dibagi-bagiin ke anak-anak.”

“woiiii.. malah pacaran lo berdua. Ri, gue juga mau donk cokelatnya. eh Ky, jangan kabur lo!”

“iiiih sapa juga yg pacaran? lagian lo juga udah dapet kan cokelatnya tadi pagi.”

“ntar ngobrol lagi yah, gue cabut dulu. thanks cokelatnya. daaaaa..”

“iya, jangan sampe kena ya..”

#######

Kalian tau permainan bola gebok?
Di sekolah saya dulu *waktu jaman smp*, permainan ini dimainkan setiap saat oleh teman-teman saya, terutama para lelakinya.  kapanpun.  pagi-pagi sebelum masuk sekolah, pas istirahat pertama & kedua, pas pulang sekolah. hal itu didukung dengan gedung smp saya yg berlantai empat dan berbentuk letter U. luasnya cukup tuk berlari-lari menghindar dari timpukan bola gebok.

Bolanya sendiri bukan bola sungguhan, tapi kertas koran yg diuwel-uwel *errr ini bahasa indonesianya apa ya?* jadi satu trus diiket karet gelang sebanyak-banyaknya. semakin besar dan padat bola semakin sakit bila kena badan *yg mana sepertinya itu tujuan utama teman-teman saya main bola gebok*.

kenapa nama permainannya bola gebok? entah. mungkin karena bolanya ‘digebokin’ alias ditimpuk ke lawan. hehehe..  setau saya, teman-teman smp saya ini tidak punya peraturan khusus dalam memainkan permainan ini. mereka tidak punya ketentuan jumlah pemain *semakin banyak semakin seru*. mereka juga tidak punya batasan waktu *kecuali jam istirahat udah selesai, mau nerusin main juga boleh, tapi jangan lupa siapin kuping buat dijewer Pak Jon*.

Peraturannya cuma dua yaitu yg kena yg jaga dan jangan nimpuk area kepala atau muka. jadi, mereka hanya berlari-lari mencari sasaran tembak dan menimpukkan bolanya dengan segenap hati dan jiwa ke lawannya. ckckck.. bener-bener ga sesuai pakem aslinya.

#######

“masih disini? belum pulang?”

“iya. lagi enak banget udaranya. dingin abis ujan. bikin males pulang. siapa yg lagi kena giliran jaga?”

“tuh si dennis. tadi kena pas dia beli minum di kantin lantai 3. emang nih enak banget udaranya. apalagi ada mie rebus sama es teh. wah tambah enak tuh.”

“dasar. otak isinya cuma makan mulu.”

“wajar masa pertumbuhan. ohya, ntar pulang sama siapa?”

 “sendiri. Rahma udah balik duluan.”

“pulang ma gue aja, tapi ke kantin dulu temenin makan.”

 “loh emang lo udah kelar main?”

 “ah biarin aja. lagian ada yg mau gue omongin juga ke elo. yuk..”

#######

hari valentine, cokelat, bola gebok, hujan, mie rebus, dan ‘jadian’ tuk pertama kalinya. *ehem*

 ~~~~~~~

salam pethakilan

Tulisan ini milik Penulis Tamu
Sebut saja dia … Pethakilan
Saya memanggilnya dengan “Kilan”
(Biar kelihatannya imut)
Tinggal di Yogyakarta

112 thoughts on “ASAL MUASAL PERTAMA KALI

  1. hehehe.. lucu juga namanya bola gebok, baru pernah denger..
    cie..cie.. masa remaja baru kenal cinta-cintaan nih kayaknya hehe..

    ok salam jumpalitan😆

  2. wahh aku juga dulu pernah ngrasain main bola gebok, tapi kayaknya anak2 sekarang ngga kenal bola gebok kali yachh…..permainan jaman dulu yang masih eksis sampe sekarang cuma main yeye (lompat karet)

  3. Ni Ari kan?
    *ketemu pas kopdar tapi belom sempet maen ke blognya*
    Valentine + cokelat + bola gebok + hujan + mie rebus + ‘jadian’ tuk pertama kalinya = asoy geboy
    hahaha…

    1. Kilan? Bukan Kilo-an? Hihi …
      Nama aja kok diumpetin loh. Memang sih anak ini pemalu (ngakunya), padahal sebenarnya dia manis, imut, dan bikin gemes (pasti deh langsung ngaku siapa nama sebenarnya, iya kan Ri?😀 )

          1. hahahahahha.. si om sama mbak mey malah nambahin satu eh dua nama baru..
            bubur beras merah-putihnya udah siap tuh mbak mey, ditukang yg biasa jualan..

            *nyamperin mb mey dgn muka datar lalu njitak, trus lariiiiiiii*

  4. huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.. beneran dipasang sama si om..

    yay!! pas banget, pas akhirnya bisa online, pas abis kesel misuh2 ma birokrasi kampus, pas dapet tlp ga enak. aaaah.. bisa senyum juga hari ini..

    makasih ya om.. *cengar-cengir lagi*

  5. salam kenal Kilan🙂
    dulu bunda waktu masih SD juga suka main bola gebok ini,
    ya dijakarta memang namanya bola gebok, gak tau deh kalau ditempat lain ya🙂
    jadian nih , pas dihari valentine …..uhuyy……..😛
    salam

    1. salam kenal bunda *sering liat bunda tapi ga berani negor hihihihi*

      ini mainan aku dari jaman sd-smp-sma, kuliah ga main karena pada ga ngerti ato mungkin jg krn faktor umur hehhehehe

      iya jadian pas valentine, aji mumpung pemanfaatan moment bunda..

            1. hiiiiyaaaaaa….ngeri sy Om sama dipan.. Hiiiiiyyyyy…..bayangin aja begidik ni Om…
              Itu kan binatang yg kakinya banyak itu kan Om?

              (tepok tangan jidat. Doh Tt, itu lipan….. *lemes*)

      1. hahaha….kalo dari Pethakilan itu memang paling bagus diambil Kilan Om.. Kalo diambil Thakil, nanti dikira buta Thakil…

        *owemjiiiii…itu Cakil, Titiiiikkk!!!*

            1. kesimpulan dari cabang yg ini:
              Jayus Tambunan adalah penjual dawet yg ditangkap polisi karna merampok pas ngapel di malam minggu dan hasil rampokannya dibawa naik gunung menggunakan ransel.

  6. hihihi salam kenal kilan😀 saya juga jago dulu klo masalah gebok menggebok😀 apa lagi klo jaman sd itu masih sering sekali maen yang namanya kasti😀

  7. haaaaaaaah.. ?!?!?

    si ‘kilan’ ini perrrnaaaah juga yah mengalami hal seperti ini?
    Valentineee?

    *huahahahahahahahahaha
    ngakak dengan sukses kalau inget betapa tidak valentine nya dia tanggal 14 kemareeeeen😀

  8. Hai..Kilan..(ngikutin panggilan si Om)
    Salam kenal yah..

    Wah Bola Gebok,aku baru denger tuh..
    ciyee..cinta2 an..nih,selalu seruu kalo ngebahas tentang cinta,apalagi semasa kita sekolah..

    *mikir* petakhilan cewe apa cowo yah ,maap..*polosnya* hahah..
    ke TKP dulu ah cari info ..

  9. Kalau saya sudah agak lupa, bagaimana dulu saya pernah mainin ini sama teman-teman, tapi yang saya lihat sekarang ini anak saya (laki-laki kelas 6 SD) hampir tiap hari main bola gebok ini, pagi, siang, sore, malam (kalau hari libur), di rumah, di sekolah (waktu istirahat)
    katanya :”abis seru pa mainnya….”🙂

  10. Ohhh,,
    Petakilan itu ari toch
    Yang kopdar bareng ais dan nandini diatap kan
    Yang ikut kopdar bareng kajol juga kan
    Yang hobi foto bukan

    Kalau di tempat ku di tambahin
    Namanya jadi “Tak Bola Gebok”
    Seru ya mainnya,, apalagi kalau itu bola udah masuk got
    Haa haa haa haa jorok-jorok dah,,
    Main lempar2an ama bola basah dan kumel gitu,,
    Pulang main pasti kena marah mama

    1. hah?? ari?? ari siapa ya?? kopdar brg ais, nand, kakJul yg mana ya? hobi apaan ya?? *lagi2 pasang muka dengan amat datar*

      huaaaa.. masuk got, kolam ikan, kena tanah, abis itu nempel di baju seragam putih.. pulang lsg diem2 masukin baju ke mesin cuci sebelum kena damprat.. hahahhahahah

  11. Tulisan + komen yang panjaaa……………ng tapi ajaib, saya nda melewatkan satupun komen ‘berbalas pantun’ di sini, sampai lupa dan bingung mau komentar apa lagi, yang ada sedikit membayangkan masa-masa SMP dulu. Sayang, saya nda punya kenangan indah di SMA layaknya lagu Nostalgia SMA nya mbak yu Paramitha Rusady ( sok kenal sok dekat, panggil2 mbak yu ). Ya, saya sama sekali nda punya nostalgia SMA karena saya sekolah di SMEA. Heheheh…

  12. Wahhh permainan bola gebok ya? jadi ingat dulu suka main itu sama teman2 waktu smp. Kalau lagi gak pengen main di lapangan, di ruang kelas yang pun jadi dengan banyak halangan kursi dan meja, tapi malah jadi makin seru karena kursi dan mejanya bisa buat tempat berlindung, dan ada kesan tersendiri gitu lari2 sambil menghindari kursi2..jadi kaya lomba lari rintangan..hahaha.. Tapi tentu saja kalau main di kelas, jumlah pemainnya harus dibatasin. Kalo ga yang jaga enak banget, gampang ngebidik targetnya ^^.

  13. Kalo waktu SD saya suka main bola debhok, bolanya juga dari koran bekas yg di uwel2 lalu dirajut pake tali dari batang pisang yang sudah kering (debhok)
    Setelah beberapa hari di sadhuki, akhirnya bolanya morat-marit.Lalu membuat yang baru.

    Salam hangat dari Surabaya

  14. Salam kenal Ri..
    sebenere aku dah tau namanya, dari temen2 kopdar Jogja kemaren, tapi manggilnya sama kayak Oom NH aja deh, biar imuuuuuuutttttttt..😛
    salam kenal Kilan,, hihihi…

    bola gebok? yey,, aku juga suka nih maen ini, gak pernah jaga, karena yang pada maen takut sama aku, hahaha,,, *guedi jhe,,*

    jadi,,,jadi,,, jadi,, ini mau cerita jadian ya?? heleh, kok pake alesan maen bola gebok segala, mbok langsung ngomong aja,, hehehe,,, cieeeeeeeeeeeeee

    1. salam kenal jg mbak iyha..
      bener bgt tuh mbak, aslinya aku emang imut, org2 aja tuh yg mengingkari *panen batu jumroh*

      ayo main ma aku mbak *eh org hamil kok malah diajak lari2*

      intinya sih mau crt soal bola geboknya, tapi tiap inget bola gebok, pasti inget kejadian ditembak itu.. hehhehehhehe

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s