Posted in TRAINER ABG, TRAINER KECIL

PENGURUS


 .
Lebih tepatnya adalah pengurus kelas dan/atau pengurus organisasi.

Pengurus kelas terdiri dari beberapa jabatan.  Ketua Kelas, Wakil Ketua Kelas, Sekretaris, Bendahara plus seksi ini … seksi itu.  Keamanan, Kebersihan, Pendidikan, Olah Raga, Kesenian dan sebagainya.  Bervariasi dari sekolah yang satu ke sekolah yang lain.  Dari tingkatan yang satu ke tingkatan yang lain.

Pertanyaan selanjutnya adalah … apakah si Trainer ini pernah jadi pengurus kelas ?

Jawabannya … ? tentu saja pernah.  Seingat saya … saya pernah satu dua kali menjadi ketua kelas dan wakil ketua kelas.  Ini waktu di SD.  Waktu di SMP saya hanya sekali menjadi ketua kelas.  Yaitu saat kelas satu saja.  Setelah itu saya tidak pernah lagi menjadi ketua/wakil ketua kelas/komti/wakil komti.  Bahkan sampai saya lulus kuliah.

Sekretaris ? Bendahara ?
Saya tidak pernah menjabat.  Entah suatu kebetulan atau bagaimana, jabatan ini biasanya diemban oleh teman-teman saya yang wanita.  Sekretaris selalu dijabat oleh siswi/mahasiswi yang tulisannya bagus dan rajin.  Catatannya komplit.  Duduk di depan.  (dan saya jauh dari sifat-sifat tersebut … hehehe).   Khusus untuk bendahara … biasanya dipilih mereka yang strict … tegas, disiplin dan amanah.  Syukur-syukur dia anak orang berada … hehehe … sehingga kalau kelas akan mengadakan kegiatan … Ada “donatur tetap”nya …

.
Bagaimana halnya dengan seksi-seksi ?

Mmmm … di kelas kami dulu jarang ada seksi-seksi. 

.

Kalau di OSIS ? atau Senat Mahasiswa ?
Mmmmm saya tidak begitu aktif di organisasi-organisasi (maha)siswa tersebut.  Saya baru sedikit aktif jika ada kegiatan saja.  Yaaa … semacam kepanitiaan-kepanitiaan gitu deh.  Yang biasa saya emban hanya ada tiga macam … jadi Seksi Acara … Seksi Kesenian atau Seksi Dokumentasi.

Dan … (again) … saya tidak pernah menjadi ketua jika ada kepanitiaan-kepanitiaan. 

Mengapa ???

Jika saya boleh berkaca … Terus terang saya kurang begitu memiliki kompetensi ”Directing Others” yang tinggi.
Saya sepertinya kurang begitu mampu untuk memimpin orang.  Bukannya tidak bisa … tetapi ini masalah kenyamanan saja.  Saya nggak biasa ”nyuruh-nyuruh” orang.  Hahaha  … Jadi nggak bakat jadi ketua.

.
Bagaimana dengan anda ?
Pernah jadi pengurus kelas ?
Pernah aktif di OSIS ?
Pernah aktif di kepanitiaan-kepanitiaan ?

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

42 thoughts on “PENGURUS

  1. Saya pernah Om. Jadi ketua kelas iya, jadi ketua Osis juga iya. Sekarang malah ditunjuk jadi Ketua Panita Pembangunan Pura di desa *walah*.

    saya sebenernya nggak senang jadi pemimpin, ribet. tapi ditunjuk terus, ya apa boleh dikata…🙂

  2. tentu saja pernah, tapi itu tadi, selalunya jadi pasukan saja, tidak pernah jadi Ketua😀 paling tinggi pernah jadi pembisik ketua salah satu komunitas hahaha

    kalau di sekolah paling banter jadi sekretaris atau bendahara.
    di kepanitiaan masih bervariasi, seksi konsumsi pernah. sekretariat tentu saja.

    om Trainer mah hebring euy … ada aja yang jadi topik *jempol deh ah*

  3. Saya malah belum pernah jadi pengurus kelas apapun Om…
    Tapi kalau jadi pengurus RT malah terus2an…
    Jadi ketua MGMP Matematika (Organisasi Guru Matematika se Kabupaten) juga terus2an…

  4. Pernah Om..
    Aku termasuk anak pendiam di lingkungan rumah
    Tapi di sekolah Maceuhh..haha

    WAktu SD,menjabat ketua regu Pramuka terus menerus..pengurus absen dan bendahara/sekertaris kelas.
    SMP,jadi rakyat saja tapi sempet di keceng dan di tembak oleh Ketua Osis *aku tolak,abis ga nyetrum sih*

    SMA aktif di Osis,menjabat sekertaris,dan seksi Koperasi
    Kuliah ga aktif di senat,cuma Ketua senat keukeuh minta di terima cintanya huhuu..
    *aku tolak Om,karena aku masih cinta dengan My First Love*hihii..

    Kerja,berusaha menjadi ketua yang baik dan bijaksana buat anak2 yang cantik dan kiyut

    Dah Emak-emak sekarang,jadi sekertaris Majlis Talim Raudhatul Jannah huehee..
    Perdamain..perdamaian..syalala..lalala..*tagonian Om*

  5. Aku dari SD sampe SMA, di kelas atau di osis kebagian jadi bendahara mulu.
    lumayan nyaman klo dikasih tugas tsb karena gak perlu banyak bicara.

    wah, klo aku jd bendahara bukan krn berada, om.
    krn boleh dibilang standar kehidupan kami disini ratarata sama saja.
    mungkin krn dinilai cukup jujur dan bertanggung jawab **berdehem sombong😛

    selamat pagi senin, Om..!

  6. Kalau jadi pengurus kelas, saya nggak pernah sama sekali. Dari SD sampai sekarang, belum pernah yang namanya jadi pengurus kelas – kecuali sekali, waktu SMP, jadi tukang bantu-bantu bikin mading kelas, dan itupun cuma sehari doang😛

    Kalau di OSIS pas SMA cukup aktif, kepanitiaan aktif juga, dan sampai sekarang masih aktif di organisasi-organisasi di kampus. Tentu saja, saya juga belum pernah yang namanya jadi ‘Ketua’, maksimum palingan Ketua Kelompok pas ospek kemarin… wkwkwk:mrgreen:

  7. Saya hanya jadi ketua kelas setelah jadi mahasiswa Om, waktu di SD sampai SMA ga pernah, artinya ga pernah jadi pengurus OSIS.
    Terus juga pernah menjadi Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM)🙂

  8. kalo saya rasanya gak pernah jadi ketua kelas. tapi pernah jadi wakil, bendahara atau sekretaris. paling gak enak jadi bendahara karena ribet mesti nagihin anak2 lain, trus ngurusin duit yang bukan duit kita. pernah pula saya udah bayar fotocopy-an tapi ternyata tukang fotocopy sekolahnya gak nyatet. saya gak ngecek pula. trus ditagih lagi. mana tanda terima nya ilang pula. sampe stress saya. soalnya uang segitu kalo suruh nalangin sendiri kan ya berasa gede buat kita anak sekolahan kan. untung akhirnya trus bukti tanda terimanya ketemu, baru itu tukang fotocopy percaya kalo saya udah bayar. rese banget. itu saya inget pas sma. sejak itu gak mau lagi saya jadi bendahara. ngapain, kalo sampe ilang duitnya kita yang rugi. sementara kitanya gak dapet imbalan juga. *matre*. hahaha.

    kalo jadi pengurus osis gak pernah ikutan. abis di sekolah saya kalo mau jadi pengurus osis harus ikut kaderisasi dulu. model diplonco2 gitu om. saya sih paling ogah deh diplonco2 gitu. padahal waktu itu terpilih. tapi ya minta orang tua dateng bilang kalo saya gak mau ikutan. hahaha.

    pengalaman kepanitiaan diluar sekolah, dulu waktu masih aktif di dunia electone, pernah jadi assistant stage manager untuk yamaha electone festival tingkat nasional th 1999. nah ini baru seru. seneng saya jadi panitia di bidang yang saya suka begini.😀

  9. kalau saya mah…ga punya potongan jadi ketua kelas dari tk hingga kuliah kita cuma sebagai penggembira di kelas….hahahahaha.
    tapi untuk urusan kegiatan ‘ekstrakurikuler’ saya lumayan aktif waktu sma, banyak banget kegiatan yang diikuti dari bola basket, bola volley, vocal group, hingga karya ilmiah remaja. Belum lagi yang kegiatan adhoc seperti aubade di acara sumpah pemuda, panitia ini, panitia itu…pokoknya senang banget ngurusin orang (padahal ngurusin diri alias nurunin berat bada aja susah banget), hal ini terbawa hingga kerja deh. Mau kerja dibagian manapun kalau ada kegiatan apapun telunjuk mampir di muka saya deh….nasibbbbbb….tapi ga kapok sama sekali lho *heran juga*

  10. Pengurus di kelas tdk pernah, tapi di kegiatan luar klas sering juga..meskipun blm pernah jadi ka /wk. Saat2 ini seringnya jadi sekretaris / bendahara..baik di kegiatan kantor / masyarakat🙂

  11. Pernah jadi pengurus kelas ?
    Pernah aktif di OSIS ?
    Pernah aktif di kepanitiaan-kepanitiaan ?

    jawabannya pernah semua Oom..
    dan selalu jadi ketua, wakil atau koordinator, hahhahha… (jadi ketua enak lho… sok gagah, hehe)

    ingat kan kata mami saya? Ketua is a must!…

    salam sayang Oom…🙂

  12. Terakhir, saya menjabat sebagai koordinator di kelas kuliah saya… dan sepertinya kita agak2 mirip om, kegagalan saya mejadi ketua adalah.. Saya tidak mudah mempercayakan sesuatu pada orang lain, jadinya kebanyakan saya kerjakan sendiri.. Salah banget, bukan?

    Eh, saya kok jadi ngebayangin om Enha jadi sekretaris ya.. Duduk di depan deket meja guru.. Rajin nyatet, tulisan bagus.. Dan sesekali tersipu malu.. Dan, ah sudahlah…:mrgreen:

    salam hangat,

  13. SD : pendiam sampai tidak keliatan “Imelda” ada di mana. Tapi di pramuka selalu jadi ketua regu
    SMP: langganan wakil ketua kelas, wakil ketua OSIS
    SMA: selalu jadi ketua/wakil seksi rohani OSIS
    Kuliah : jadi ketua Himpunan Mahasiswa Japanologi
    s/d 4 th lalu sekretaris Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia di Jepang.
    Kepanitiaan? Kalau tidak mau terpilih SENGAJA datang terlambat atau tidak datang! hahaha

  14. wah..hebat juga om pengalaman kepengurusannya..hehehe…
    kalo saya justru dari SD sampe SMA gak pernah jadi pengurus kelas, apalagi sampe pengurus OSIS, paling cuma jadi pengurus Remaja Masjid di deket rumah..
    nah, pas kuliah baru deh coba berorganisasi, dulu pernah jadi Bendahara HMI Komisariat kampus, sampe jadi kepala bidang usaha himpunan mahasiswa jurusan om…hehehehe…
    kayaknya semuanya gak sukses deh…🙂

  15. saya pernah jadi bendahara kelas om, narik2in uang kalo ada buku, uang test, dsb..dan entah mengapa kok sampe sekarang saya jadi penarik uang aqua di ruangan kantor,hehe…

    kalo jadi ketua divisi organisasi rohis fak pernah, tp ga bakat … pernah jadi ketua div kremas (kreasi mahasiswa) tapi ya banyakan saya sendiri yg jalanin,,hehe…

    kalo kepanitiaan pernah om….

  16. 1. Pengurus Kelas SD : tidak pernah
    2. di SMP : Danton Kojarsena (korps Pelajar SerbaGuna , pakaiannya seragam pramuka juga)
    3. STM: gak pernah
    4. Magelang : KASU III Divisi Korps Taruna- bagian personilnya lah kira2. (Komandan Divisinya Syafrie Syamsuddin (sekarang Wamenhan)
    5. Suslapa: Ketua Senat.
    6. Sekretaris PJSI Sumsel.
    7. Ketua Panitia Mantu 2x
    8. Seksi Pengamanan paling sering.

    9. Menteri Pertahanan Blogger Bersatu : ditunjuk oleh LJ.
    10. Menko Kesra Blogger Bersatu : ditunjuk oleh Mas wandi.

    Makanya saya lebih banyak ngurusi kuis/kontes karena menjalankan amanah mas Wandi ha ha ha ha

    Salam hangat dari Surabaya

  17. saya pernah jadi koordinator yang bagian cari-cari dana, itu pertama kalinya dan terakhir kalinya. saya pernah jadi bendahara organisasi, untuk pertama kalinya dan terakhir kalinya.tahun ini saya jadi staff organisasi. kedepan, sepertinya juga akan jadi yang pertama sekaligus terakhir. 😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s