Posted in PERTUNJUKAN HARI INI

SMART FACE


Ini sebuah kuis yang ditayangkan di salah satu televisi swasta.  Saya baru sekali melihat.  Kuis ini sepertinya masih relatif baru.

Menurut saya konsep kuis ini menarik.

Acara ini dilakukan di luar studio.  Host akan berkeliling di tempat keramaian, bisa di mall, tempat rekreasi, dan sebagainya.  Lalu Host “menangkap” satu orang peserta kuis, dari pengunjung yang ada di tempat keramaian tersebut.  Host akan menanyakan lima pertanyaan secara bertahap.  Hadiahnya akan meningkat terus.  Misalnya pertanyaan pertama seharga 50 ribu.  Jika betul menjawab maka beralih ke pertanyaan kedua bernilai 150 ribu dan seterusnya dan seterusnya.  Sampai akhirnya pertanyaan ke lima akan dihargai satu juta rupiah.

Yang unik adalah … yang menjawab pertanyaan justru bukan si peserta yang ditangkap host tersebut.  Si peserta justru diminta untuk memilih orang lain, yang akan bertugas untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Sehingga tantangannya adalah bagaimana memilih orang lain yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut !

Si peserta harus memilih orang lain yang sesuai dan cocok dengan tipe pertanyaannya.  Sehingga kemungkinan untuk menjawab pertanyaan dengan benar, menjadi lebih besar

Contoh yang paling mudah adalah jika pertanyaannya mengenai “Siapa yang menyanyikan lagu “Teluk Bayur” ?  Maka sebaiknya si peserta memilih orang yang sudah cukup berumur, yang kira-kira ketika jaman lagu tersebut ngetop dia masih muda usia, dan masih bisa mengingat siapa penyanyinya. 

Jangan sampai si peserta memilih ABG bau kencur anak kemarin sore, kemungkinan besar mereka tidak tau jawabannya.

Sebaliknya ketika akan menjawab pertanyaan “Siapa saja anggota Coboy Junior” ?  Maka sebaiknya jangan memilih orang-orang seumuran saya.  Itu adalah suatu hal yang bodoh tentunya.  (Walaupun saya tau jawabannya.  Tapi jangan ambil resiko deh, emang berapa banyak sih orang yang gaul dan smart seperti saya ? Jarang kan ?) (Preeettt – cuih) (Om-om minta diludahin)

Bagaimana kalau pertanyaannya berbau ilmiah ? “Siapa penemu mesin uap ?” maka sebaiknya memilih orang yang terlihat pintar.  Rada cupu, berkacamata, gerakannya canggung, rambutnya awut-awutan.  Warna pakaiannya nggak matching.  Biasanya orang yang model begini pintarnya nggak ketulungan.  (Biasanyaaaaa …)

Atau menjawab pertanyaan “Sirkuit balap mana yang tikungannya paling banyak ?”  Maka peserta kuis akan memilih anak muda tipe-tipe tertentu, dengan potongan rambut ala “Pompadour”.  Model-model bayker ay lop yu gitu deeehhh …

dan seterusnya … dan seterusnya …

Sekali lagi … letak menariknya kuis ini adalah ..

Bagaimana memilih orang yang tepat, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu !

Anda sudah pernah nonton kuisnya ?

(sumpah ini bukan postingan berbayar, bukan pula postingan kewajiban balas budi)
(sehingga kalau anda tanya, kuis ini tayang di televisi mana ? saya tidak akan menjawabnya )
(wani pirroooo …)

Salam saya

nh.

.

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

92 thoughts on “SMART FACE

  1. Keren juga acaranya, Om..

    Host : “Pertanyaan ketiga: di manakan acara Smart Face ditayangkan?
    Host : “Anda mau pilih siapa untuk menjawab?”
    Peserta : “Saya pilih Om-om ganteng berkacamata dengan handuk kecil di tangan itu, Mas”
    Host : “Ok… Jawabannya apa, Om?”😀

    1. Sepertinya ini tidak perlu mendaftar …
      hanya saja sering-sering ke Mall atau pusat perbelanjaan ..
      siapa tau kuis ini sedang berlangsung … dan kita beruntung digaet sebagai peserta

      Salam saya Niar

  2. Sebaliknya ketika akan menjawab pertanyaan “Siapa saja anggota Coboy Junior” ? Maka sebaiknya jangan memilih orang-orang seumuran saya.

    Pak … #kemudianhening

    Btw, kalau yg ditanya harus milih orang lain untuk jawab, terus yg dapat hadiah yg ditanya apa yg jawab pak?

    1. Yang dapat hadiah uang itu ya si peserta …bukan yang menjawab pertanyaan.
      itu sebabnya si peserta harus pinter-pinter memilih orang untuk menjawab.
      Supaya jawaban orang yang dipilihnya itu benar. Dan si peserta dapat hadiah
      (sebab kalau jawaban salah … hadiah hangus semua)

      Salam saya Mak

      Salam saya

  3. Saya berkunjung Om hanya ingin berkomentar dan tidak meminta imbalan untuk dikunjungi balik heheheeee…..
    Jadi penasaran sama kuisnya? Kapan ya bisa ikutan kuis ini? Ato Om NH sudah pernah ikut ya??? Bagi dong duitnya tanpa wani piroooo hahaha kaboooor

    1. Mas sudah pernah melihatnya ?
      Yang jelas kalau saya merasa … tidak ada yang tipu-tipu atau rekayasa …
      (saya terlalu naif mungkin ya ?)(hehehe)

      Salam saya Mas

  4. saya belum pernah lihat om, jangankan lihat. nonton tv saja syukur, haha. di kosan gak ada fasilitas nonton tv bersama. jadi selama berada di kos jarang nonton tv, paling kalau berada di tempat-tempat tertentu (yang ada tvnya, hehe). sepertinya menarik, harus jelih milih partner. oh iyah, tadinya mau tanya juga di channel apa om, eh gak jadi deh. lagi gak ada permen untuk sogok om😀

  5. wah saya belum pernah lihat mas itu acaranya. dan sepertinya tidak akan lihat dalam waktu dekat deh. tapi itu yang dapat uangnya si peserta yang mencari orang itu ya? yang dipilih dapat apa dong mas?

    1. Yang dipilih dan menjawab pertanyaan dengan benar …
      dapat … “Terima kasih yaaaa …”🙂

      Tidak ditayangkan di TV tersebut mereka dapat apa.

      Salam saya

  6. Ohhhh caranya mirip sebuah kuis di sini, tapi kalau di sini memilih penjawabnya BUKAN yang berada di sekitar situ, tapi harus menelepon ke orang lainnya. Kesempatan 3 kali (jika yg pertama tidak bisa ditelepon, boleh yg kedua dst. Dia akan menanyakan lewat telepon saat itu juga, dan pemirsa di TV bisa mendengar jawaban suaranya. Kalau si penanya pintar, justru dia akan menelepon orang yg biasa berada depan komputer (spt Imelda) supaya bisa googling hehehe.

  7. Belom nonton Om, di stasiun mana sih ?

    Kuis model baru kayaknya bakalan tren nantinya…

    kalo nanya soal Coboy junior bubar karena apa ? Om tau gak jawabanya hihihihi

    Salam #eaaaaa🙂

  8. lsng penasaran, krn biasanya nonton kuis model ginian tp yg ditangkap hostnya lah yang jawab…😀
    klu salah pilih,, kan rugi bener apalg kalau pas pertanyaan yg kita sendiri justru tau jawabannya pasti pengen toyor orng yg kita pilih hahahahah

  9. ini cerdas, ini cerdas. membuat program acara yang baru, benar-benar baru, bukan mencontek. Kita tahu sendiri bahwa mencontek itu harusnya milik negara tetangga, maka biarlah negara menconteknya, kita sekuat tenaga membuat hal-hal baru.

  10. Belon pernah nonton Om, kagak punya tipi ^^. Etapi, muka atau penampilan orang sekarang sudah tidak spesifik lagi lho Om. Orang pinter sekarang jauh dari muka bloon🙂 Btw, kuis ini menarik karena melibatkan insting dan sedikit observasi. Jadi penasaran pengen nonton. Pasti seru

  11. Wah saya belum perah nonton je
    variasi yang bagus nich
    Tentu tak akan menarik jika yang dipilih nggak bisa menjawab blas..apalagi hanya cekikikan saja
    Terima kasih infonya Om
    Salam hangat dari Surabaya

  12. saya sudah pernah pak nonton “smart face” ini.. menarik memang acaranya..

    waktu saya tonton, pertanyaannya: ada berapa jumlah kartu remi? peserta milih mas2 di pinggir jalan yang sedang nongkrong.. eh ternyata jawabannya salah.. waktu peserta ditanya juga, eh jawabannya salah juga.. haha.. bikin ngakak…

  13. Sumpah Oom saya gak tahu ini kuis di tv mana? Masalahnya saya jarang nonton tv. Ngaku saja kalau dikontrakan saya gak ada tv…hehehe
    Inti pelajarannya bagus ya Oom. Memilih orang yg tepat untuk menjawab satu pertanyaan. Mirip juga dengan memilih orang yg tepat untuk masuk ke unit kerja kita ketika unit kerja kita kekurangan orang. Ah, Oom lebih faham tentang hal ini pastinya…
    Hormat dari saya di Bekasi, Oom

  14. Dr kemaren mau ngasih komentar gatot aja hhmmm…😦

    Disini ada juga om, tp ada satu perintah buat nyari orang yg sepertinya ngga bisa jawab pertanyaannya… Dan anehnyaaa selalu memilih perempuan berambut Blond hihi ..emang yaa yg blondi itu ko identik kan sama OON …kasiaaaan.

  15. hmm… ada 2 hal yg bikin saya penasaran… (bukan soal kuisnya sih… )
    1. oom nh18 nonton TVnya kisaran jam berapa & stasiun apa.. soalnya kok kebanyakan yg komentar di sini lom pernah lihat kuisnya😉
    2. mantan penonton TV kayaknya banyak beralih ke socmed nih..
    xixixi…

    1. Saya lupa tepatnya …
      Kalau tidak salah sore hari … memang jam tanggung sih … berkisar antara jam 17 – 18.
      Pokoknya sebelum hari gelap

      Salam saya

  16. Kayaknya gak mungkin ditayangkan di metrotivi, soalnya tiviku aku setting permanen ke metrotivi, males nonton stasiun tivi lain, kecuali indonesian idol haha..

  17. Pernah melihat meski tidak tuntas, Dhimas.
    Kalau ada pertanyaan siapa produser acara “Karsini” yang fenomenal, bisa pilih sahabat konsumer handuk nih.
    Salam

  18. Wkwkwk…saya belum pernah lihat, Om😀
    Tapii kadang penampilan menipu lho, Om…meski saya terlihat tuwa tapi kalo ditanya personil coboy junior yaa..gak bisa jawab! Gubrak…piye to iki?😆

  19. Saya udah lihat iklan-nya acara ini di tipi, Om. (tentunya tipi tempat ini acara, yang sayangnya saya juga lupa tipinya apa, hahahaha)

    Tapi belom pernah lihat acaranya. (aduh, mbulet bahasaku)

  20. baru tahu ada kuis macam ini wah bagus juga diterapkan kalau ada acara di rumah atau di sekolah pasti seru yang salah jawabannya baik yg menunjuk orang maupun orang yang jawab dapat hukuman…hihihi, kalau benar dapat hadiah

  21. He3 senyum2 sendiri membacanya, “emang berapa banyak sih orang yang gaul dan smar seperti saya”.
    Salah satu daya tarik blog ini yang menjadi ciri khas om nh🙂

  22. Aduuuh udah lama nggak nyentuk TV oom, paling-paling kalo nonton berita selepas subuh doang sisanya TV cuma pajangan hehe.
    Tapi kayaknya seru ada kuis kayak gitu ya, oom😀

    Salam dari orang Bandung yang lagi di Pandaan, oomNH😀

  23. saya salah satu yang menggemari acara tersebut, overall keren seh soalnya unik dan kuis seperti itu belum ada sebelumnya. Tapi kayaknya nontonnya agak sedikit puyeng ya soalnya kameranya goyang-goyang. Dan saya suka kasih kalau pesertanya orang tua atau ibu-ibu, suka kecapean dibawa lari-lari🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s