Posted in GUEST WRITER

MLOCOH


 

“Dasar klambi murahan, nembe dinggo sepisan ya dadi mlocoh… jan, priben sih!”
(dasar baju murah, baru dipake sekali kok dah berubah warna, gimana sih ?!)

Pernah denger kata ‘mlocoh’ ?
Penggunaannya kurang lebih demikian, untuk menggambarkan kondisi semacam warna sesuatu benda yang memudar atau bisa juga diartikan warnanya luntur saat dicuci. Saya yakin, pasti sinonim kata ‘mlocoh’ ini di Indonesia sangat beragam, mengingat kita kaya akan bahasa daerah.

Berubah warna karena proses pencucian adalah sebuah hal yang lumrah, wajar dan tidak janggal. Tapi saya pernah punya pengalaman yang nganeh-anehi, soal penyebab mlocoh ini.

Sepulang dari kolam renang, pas mau jemur baju renang (termasuk baju dalamnya) ternyata semua warnanya berubah, kecuali yang warna aslinya hitam. Warna biru jadi warna coklat keunguan. warna coklat juga jadi warna coklat muda.

Kira-kira kenapa ya, kok bisa mlocoh ?
Pernahkah teman-teman mengalami hal ini ?

 

Ini adalah Postingan dari Penulis Tamu
Kiriman dari Devi Yudhistira
Seorang Ibu dengan tiga putra-putri yang lucu-lucu
Sangat concern dengan Pendidikan Anak
Tinggal di Jakarta

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

45 thoughts on “MLOCOH

  1. mungkin emang pewarna pakaian itu tidak bagus kali yah😀
    akhirnya malah mlocoh atau luntur.
    pakaianku sering seperitu itu, kalau warna putih biasanya langsung aku rendem dikucek2 biar lunturnya gak terlalu banyak lg dan menyebar.

  2. pernahhhhhh bu devi… daleman aku mlocoh gara – gara pake kaos batik, terus keringetan, terus warna daleman saya jadi warna – warni gitu deehh…
    salaam yah bu Devi🙂

    1. Saya sendiri gatau, apakah ini hanya ada di purbalingga saja, atau sewilayah banyumas mengenal kata ini juga sy ga tau, yg jelas orang kebumen,wonosobo,apalagi semarang juga kagag ngerti kata ini, yustha…

  3. Pernah, beberapa kali malah. Terakhir saat mencuci seragam batik putri saya, warnanya yang merah kecoklatan membuat warna air rendaman cucian merah seperti darah, dan parahnya lagi seragam bawahan yang warna putih terkena dampaknya. Entah kainnya, entah pewarnanya, tapi kasus ini sering terjadi khususnya pada pakaian yang murah meriah.

  4. Mlocoh?
    Wahh saya baru dengar…
    Bahasa Jawa ternyata punya istilah-istilah, yang sangat berbeda tergantung dari lokasi kita berada di daerah mana. Kalau ditempat saya, yang ada istilan MLONYOH…yang artinya jika kulit kita terkena barang panas, terus mlentung dan berisi air.

  5. Mlocoh kalo disini apa ya sebutannya ? (Lenteng Agung)
    Keknya ga pernah diucap deh. Biasa dibilang luntur aj. Pernah juga sih ngalamin mlocoh / luntur waktu nyuci jaket baru, hingga nular warnanya kepakaian dalam yang warnanya putih jadi belang belang oranye.

  6. saya suka..saya sukaaa…
    dengar istilah baru saya sukaaa…(kok jadi kaya mey mey nya upin ipin gini)

    kalo baju biru jadi ungu kecoklatan saya pernah,,,tapi pernah juga karena biru terkena sinar matahari akhirnya jadi ungu kecoklatan juga tuh,,

    apa efek sinar matahari ya mbaaa???

  7. mlocoh? wah baru denger ini

    yg saya kenal MLONYOH atau MLOCOT

    mlonyoh… artinya spt yg sdh diterangkan ibu eni, tp bisa juga untuk barang yang berubah bentuk dan rusak, spt meleleh krn ternena panas… misalnya piring plastik terkena api
    atau untuk buah-buahan yang terlalu matang sehingga spt busuk..
    “wah katese wis mlonyoh..”

    mlocot… luka yang hampir kering, tapi kemudian terkuak lagi, biasanya dipersendian..
    dengkulmu mlocot!!

    salam,

  8. saya baru denger mbakkkk…

    kelunturan yakkk
    ada juga kan yang keblauannnn..
    bajuna jdi biru gara2 di campur blau…
    (*kalau gak salah..

    deg2an …nunggu aku ada di urutan no berapa

    1. Sik tek eling2 disit ya kang…

      aja2 nyong mesih nganggo kacamata transisi, dadi weruh klambi keton mlocoh kabeh kang.

      tapi nek iya kudune ya abu2 kabeh apa biru kabeh kang

      *hush sesama orang yg tergantung pake kacamata, dilarang saling menghina, jangan ngabur luuwww*

  9. hmmm namanya mlocoh ya, naru denger istilah itu. Saya juga sering mengalaminya bahkan kaos kesayangan saya jadi korban..oh no! penyebabnya apa ya? mungkin kaporit ya tapi biasanya kalau segera dicuci tidak akan berubah warnanya. jadi mungkin harus ngapalin laundry dekat kolam renang atau dekat pantai😛

    1. senasib kita ya dar?

      Laundry deket pantai n kolam?

      boleh juga tuh jd peluang usaha bertajuk ‘laundry anti mlocoh’

      Tp bakal saya coba soal langsung laundry…(tapi laundry mahal apa laundry kiloan ya dar?)

    1. Prim…iya juga ya prim, jangan2 bener dugaan kamu,kita hrs menyelidikinya (ala trio detektif…lebih lebay lagiii)

      Soalnya prim, kutu rambut aja pada musnah lo

      Haiyaaaa…kudu pake topi renang karet n lotion pelindung kulit tebel2 nih kalo mmg terbukti nantinya.

  10. Mlocoh… baru denger saya…

    wah, selama ini belum pernah kejadian sampe berubah extreme begitu, jangan2 kolam renangnya mengandung zat berbahaya??? *lebay

    kalo kusam sih udah sering…

  11. pas baca lagi…kok jd kyk baca tulisan ompakmas nh18 soal istilah2 basa jawa yaaaa🙂
    rupanya sangat terkesan sama tulisan ‘pengistilahan’
    (enaknya ngumpet di mana nih,kayaknya ompakmas mau ngelempar nada2…hehehe)
    Makasih ya om, dikasi kesempatan numpang tenar, tdnya mau ganti topik ‘parenting’ biar sesuai sama ‘pencitraan’ versinya om nh18…
    Tyt dah keburu nampang foto saya…(baru aja ganti avatar dah mejeng pulak)

  12. Ouwh, mlocoh itu kelunturan ya..
    biasanya pemakaian detergen yang keras, sehingga warnanya mudah luntur
    trus proses penemuran juga mempengaruhi
    terlalu lama di jemur di panas terik matahari bisa membuat warna baju ‘mbulak’ alias luntur..
    heheheheh

  13. Saya mengalami waktu di STM, saat itu baru rame2nya sabun bubuk. Karena saya ingin baju putih menjadi semakin putih maka saya brendam dengan sabun bubuk dan airnya saya kasih agak anget. Tak rendam bersama celana panjang warna hijau.
    Ternyata pagin harinya, baju putih warnanya jadi kayak bubur sumsun yg dikasih pewarna daun pandan…..

    Mantaf kan….
    Di Jatim kayaknya gak ada istilah mlocoh, kalau mloncot ada, yaitu kaki kena knalpot panas…

    Salam mlocoh dari Surabaya

  14. baru tau ini ada kata ‘mlocoh’😀
    lucu juga, tapi artinya kok ga lucu ya😀
    soale bikin rusak warna baju yang lain.
    tapi saya kok tidak setuju dengan analogi ‘dasar baju murah makanya luntur?”
    soale pernah beli baju yang harganya tidak murah tapi meninggalkan jejak warna juga di pakaian dalam saya. Atau jangan-jangan saya membeli barang murahan dengan harga yang tidak murah? Hehehehe … salam kenal ya Dev

  15. Mlocoh? hehe.. Saya baru dengar doalnya di tempat saya nggak mengenal kata ini Mbak. Yg ada ya luntur.
    Hmm.. saya punya tips beli baju anti mlocoh. Mari kita membeli baju bekas, kan sudah luntur, jadi potensi untuk mlocoh lagi minim Mbak. Trus, ramah lingkungan, hihi..
    Salam hangat dari kota kecil jember;

  16. aku baru denger kata mlocoh,Devi🙂
    ternyata kelunturan gituh ya ………..
    pernah dulu mengalami kemlocohan ini, sewaktu pakai baju kaos olah raga di sekolah ,
    begitu kehujanan, sampai rumah, semua pakaian dalam berubah warna jadi biru semua….hahahaha😀😀
    salam

  17. taunya ya cuma luntur aja mbak,
    ini rasanya malapetaka banget buat ibu2, apalagi kalau kena seragam sekolah putih,
    mau gantinya gimana, anaknya udah nagis2 he..he… (pengalaman prinbadi

  18. taunya ya cuma luntur aja mbak,
    ini rasanya malapetaka banget buat ibu2, apalagi kalau kena seragam sekolah putih,
    mau gantinya gimana, anaknya udah nagis2 he..he… (pengalaman pribadi

  19. baru denger nih istilah mlocoh..
    mungkin maksudnya kelunturan kali ya??
    salam bu devi…

    wah, beberapa hari nggak kesini aja.. ternyata penulis tamunya udah banyak…
    hm, ide masih dalam penggodogan nih Om.. ditunggu ya..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s