Posted in ARTIKEL, TRAVELLING

TURKIYE


.

Republik Turki.  Negara ini diproklamirkan pada tanggal 29 Oktober 1923.  Presiden pertamanya adalah Mustafa Kemal Ataturk.  Total Penduduk sebanyak kurang lebih 73 juta jiwa.  Luas wilayahnya sekitar 783 km2.  Beribu kota di Ankara.  Istambul adalah salah satu kota terkenalnya.  (sumber : Wikipedia)

.

Ada apa dengan Turkiye Om ???

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut.  Saya rasa saya perlu menyampaikan latar belakang tulisan ini.  Saya perlu menyampaikan bahwa saya sangat tertarik dengan Perhelatan “Give Away 2” dari Una.  Sebuah gagasan yang menarik.  Sederhana saja … Una bertanya kepada kita semua … “INGIN KEMANA”

Saya ingin menjawab pertanyaan tersebut dan sekaligus berpartisipasi meramaikan perhelatan si Una itu.

Back to Question nya Una … ? Ingin kemana ?
Selain tujuan wajib ke Tanah Suci … Maka saya akan menjawab …

Kalau ada kesempatan saya ingin sekali pergi ke negara Turki !!!

.

Pertanyaan selanjutnya tentu … Kenapa OM ?
Menurut saya … Turki itu negara yang Unik.  Letaknya memang di perbatasan antara Benua Eropa dan Benua Asia.  Di beberapa literatur yang saya baca, dan juga beberapa kali melihat tayangan di Televisi atau media massa lainnya, Turki mempunyai kebudayaan yang khas.  Sejarah panjang sebuah kebudayaan.  Campuran kental antara pengaruh kebudayaan dari Barat, dan pengaruh budaya Timur.  Pengaruh yang sama besarnya.  Yang secara bersamaan membentuk budaya yang baru.  Ini (sepertinya ) sangat indah untuk di cermati.

Bangunan kunonya, tempat-tempat bersejarahnya, musiknya, tariannya, alat musiknya, ciri khas masyarakatnya  sepertinya kok merupakan hal-hal yang sayang untuk dilewatkan.  (paling tidak ini menurut pendapat saya).

Belum lagi penduduknya … saya membayangkan percampuran antara ras bangsa-bangsa ini membuat penduduknya, sebagian besar berwajah Ganteng-ganteng dan Cantik-cantik.  Berambut hitam tetapi bermata biru … ( begitu yang selalu muncul di bayangan saya).

Rasa-rasanya … tak perlu lah saya belanja – belanji disana … tak perlu lah saya berwisata kuliner sampe muntah disana … makan makanan ini,  makan sajian itu yang tidak ada di Indonesia.  Cukup dengan berjalan-jalan mengelilingi kota … jalan-jalan melihat bentuk bangunan yang ada … Menyusuri gang-gang perumahan disana … Merasakan aroma khas percampuran budaya itu … menghirup udara asimilasi itu … rasanya Saya sudah puas.

Ini bukan masalah Lidah yang sekejap bisa hilang dipeturasan itu …
Ini bukan masalah foto dokumentasi untuk dipasang di status jejaring sosial itu …
Ini bukan sekedar masalah oleh-oleh souvenir untuk dipajang di lemari kaca …
Ini bukan tentang menulis reportase perjalanan untuk diposting di blog …

Ini masalah HATI sodara-sodara … !!!

TURKIYE … WHEN EAST MEET WEST !!!

Saya ingin sekali kesana !!!

salam saya

.

 
Photobucket

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

54 thoughts on “TURKIYE

  1. wah pak saya juga kepincut banget sama turki. waktu S1 dulu beberapa paper saya didominasi sama isu2 turki sampai tesis saya pun tentang turki😀

    Turki memang menarik pak dan gak habisnya untuk dibahas😄

  2. Wah, Turkey salah satu negara yg ingin saya kunjungi juga Om.. menurut 2 orang teman saya yang pernah dan sedang di sana (summer dan S2 di turki),, meskipun turkey termasuk negara dgn mayoritas islam dan bekas Kekhalifahan,, tapi sekarang di sana nuansanya modern dan eropa bgt, hehe.. Katanya mau daftar jadi negara unieropa juga ya Om NH?
    Baru-baru ini Pak Erdogan (PM Turki) sedang menjadi pusat perhatian dunia dgn kebijakannya,, keren..keren..
    Untuk pendidikan juga pemerintahan Turki menawarkan scholarship utk mahasiswa Indonesia,, dan cukup mudah utk proses pendaftarannya (masih kata temen jg) dibanding belgia dan thailand.
    Semoga saya punya kesempatan juga untuk ke Turkey..

  3. Saya kirain Om mau bikin perhelatan lagi, setelah KARSINI, trus sekarang TURKIYE…🙂

    Bisa diatur Om… sambil ke tujuan wajib di tanah suci, sekalian mampir ke Turki Om.. Happy weekend..

      1. Hahaha …
        betul betul betul …
        kali ini yang punya blog pengen nulis juga

        kalo karsini pasti judulnya ada karsini # … nya

        (BTW … masih ada sepuluh lebih postingan Karsini yang belum ditayangkan …🙂

        salam saya

    1. Karsini masih ada sepuluh lebih yang belum saya tayangkan Ri …
      masih berlanjut …

      tapi sekali-sekali saya pengen nulis juga nih …
      hehehe

      salam saya Ari

  4. Selamat mempersiapkan realisasi Turkiye masalah hati
    Selamat berpartisipasi dalam GAnya non Una
    Selamat menikmati hari minggu bersama keluarga
    Salam

  5. Udah baca buku 99 cahaya islam di eropa belum inyiak,, di buku itu juga di ceritakan tentang turki,,,
    Turki itu indah,, istana nya dan tahu gak inyiak ternyata bunga tulip itu kebudayaan asli turki,, tapi sayang,, orang orang malah tahunya,, bunga tulip itu aslinya dari belanda,,,
    Aku jugaaa mau ikutannnn give awaynyaaa

    1. Kemarin sore saat ke toko buku langganan saya, sempat pegang buku 99 Cahaya Islam di Eropa, tapi saya taruh lagi, terlanjur terpikat dengan Eliana, Burlian dan Kau, Aku dan Sepucuk Angpao Merah -nya Tere Liye.

      Kok jadi komen buku ya? hehehe…turut mengaminkan harapan dan keinginan Om Nh, semoga Allah mengabulkan,memudahkan perkara dan melancarkan urusan untuk bisa singgah ke Turkiye, dan insya Allah saya nda nolak bila Om Nh butuh saya temenin. Hehehe.

  6. Berani nyobain Turkish hammam, bos? Sejarah sekularisme yang dicanangkan oleh Kamal Attaturk memang sangat menarik untuk diselami jejak2nya. Kalau ada rezeki dan kesempatan saya pasti akan ke sana, bos. Just for info, tanggal 10-18 Maret saya bersama istri dan mertua akan pergi umroh. Mohon doanya, bos…..

  7. ikuuut….. ku juga ingin banget kesana, kebetulan adikku menikah dengan salah satu wanita tetangga Turkiyee, dan menetap disana… sayang belum sempat soan dan jalan2 disana…

    sukses GAnya yaaaa….

  8. Wah….habis maraton baca karsini awal sampe akhir…plus turkiye ini… sadap betuul🙂
    Pak, kalo jadi ke Turki nitip foto selat bosporus ya…*sempat baca novel yg latar belakangnya turki & jadi pengen tahu secantik apa selat itu… *
    Salam hangat dari saya

  9. Dan Turki termasuk negara OECD, kelompok negara yg pendidikannya dianggap maju. Singapura & Malaysia saja kayaknya belum masuk anggota.
    Kalau bangunannya sich kalah jauh ama kita Om…
    Apalagi kursi anggota Dewannya…
    Yg pasti disana nggak ada KARSINI…

  10. ah orang turkiye dengan ciri ibu2 gemuk dengan jilbab segi tiga berbunga2. Bapak2 turkiye dengan baju hem kotak2 warna muda. pastel menjadi salah satu ciri mereka, warna pastel maksudnya…sukaaa…semoga terwujud ya om…

  11. Turki…? Itu juga termasuk salah satu tempat yang sangat saya ingin kunjungi Om.. Dahulu sekali, ketika belajar tentang sekularisasi yang digerakkan oleh Kemal Attaturk, saya sudah terniat untuk berkunjung ke negara tersebut suatu saat kelak. Sepertinya menarik untuk ditelusuri…🙂

    Tapi, kalau nanti jadi ke Turki, jangan bernarsis pakai payung pink lagi gak Om..? Hahaha…😀

  12. Saya tidak punya nyali untuk nulis di Karsini Om, karena saya pikir saya ga punya cerita yang layak untuk diangkat. Btw Om NH, kalau ke Turki, buat saya benar-benar sebuah tempat yang mengagumkan untuk dikunjungi…🙂

  13. Huaaa… saya juga mau ke Turkey Om…
    terutama… saya pengen nyobain makanan nya🙂 makanan timur tengah itu selalu menggugah selera… *jadi laper…*

    kalau saya sih… pengen Ke GERMAN!!!
    saya pengen banget ke saanaaa…. saya pengen kuliah disana nanti.. *aminnn…
    kaya nya asik kalau bisa belajar di Jerman🙂
    That’s my dream Om Nh…🙂

    salam hangat Om…😀

  14. Kalau dlm negeri aku ingin ke Manado, tp luar negeri ingin ke Turki..😀
    Saya tertarik bgt sama arsitektur sana.. Kereeen.. Tapi masalah makanan nggak tau deh.. Mungkin saya akan bawa rantang dari Indonesia kalo jd kesana.. Hehehee…

  15. Jika tahun ini oom jadi ke Turki jangan lupa hubungi saya. Atase Pertahanan RI di Ankara adalah mantan staf saya waktu di Palembang dan pernah bersama saya menjadi anggota Konga dalam misi UNTAG di Namibia.
    Perwira satu corps saya ini anaknya baik dan kami masih berhubungan hingga sekarang.
    Saya juga penikmat Kebab Turki. Dengan harga hanya 7 ribu saya seolah sedang berada di Turki.

    Salam hangat dari Surabaya

  16. Aku dah komen kok ngilang ya..
    Om,napa ya..sering loh,pas mau klik kirim komentar ..komputer mati,pas Karsini..
    Apa kompiku,udah di instal ulang,tapi tetep lama banget,dan error tiap mau ngirim komen..

    Ahh..semoga cita-citanya tercapai ke Turkiye..
    *nitip oleh-oleh ya*

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s