MEMORIZING


.
Tanpa bermaksud untuk larut ke dalam euphoria romantisme berlebihan tentang moment berhentinya saya dari perusahaan tempat saya 22 tahun bekerja kemarin, namun perkenankan saya untuk kembali sedikit bercerita tentang kesan yang tertinggal dari teman-teman seluruh Indonesia.

Banyak teman-teman/rekan kerja saya dari seluruh Indonesia menuliskan kesan-kesan mereka terhadap saya.  Salah satu yang berkesan dari saya di mata mereka adalah … kemampuan saya untuk menghafal nama-nama mereka … satu persatu.

Ya … supervisor marketing kami itu memang jumlahnya 300-an lebih.  Dan Alhamdulillah, sebagian besar nama mereka … jika saya sudah bertemu mereka sebelumnya … saya hafal.

.
Mengapa saya berusaha menghafal ?
Sederhana saja.  Salah satu kunci untuk memenangkan hati para trainee yang mengikuti kelas yang saya fasilitasi adalah dengan cara memanggil mereka dengan namanya.  Hal ini sekaligus memberikan sinyalemen penting, bahwa mereka merasa diperhatikan.  Dihormati oleh trainernya.  Mereka akan merasa sangat dihargai jika kita mampu menyebutkan nama mereka dengan benar.  Akan lebih baik jika kita menyempatkan diri untuk menggali lebih dalam beberapa informasi latar belakang yang bersangkutan.  Asal dari mana, kerja di area mana. Dan seterusnya-dan seterusnya.

.
Lalu bagaimana cara saya menghafal nama mereka yang segitu banyak itu ?
Ya ini juga pertanyaan klasik yang selalu diajukan oleh para supervisor di area tersebut.

“Gimana sih caranya Pak Nanang menghafal nama kita satu persatu ???”

Dan saya biasanya selalu menjawab : Kuncinya ada TIGA !!!

1. Atensi
Ini hal yang paling penting.  Berikan perhatian kita sepenuhnya pada lawan bicara kita.  Jangan sampai kita sibuk dengan pikiran kita sendiri.  Sibuk dengan perasaan kita sendiri.  Hanya fokus pada tujuan kita sendiri.  Apa lagi sibuk dengan gadget kita sendiri.  Berikan perhatian sepenuhnya kepada mereka.  Sebagai Trainer, saya selalu menganggap mereka adalah client-client saya.  Dan yang namanya client … itu harus diperhatikan.  Sekali lagi ini adalah kunci utama.

.
2. Unik
Untuk menghafal nama.  Perhatikan hal-hal unik dari mereka.  Apapun itu.  Entah ejaan namanya yang unik mungkin ?  Performa fisik yang Unik ? (paling gemuk, paling kurus, paling item, paling putih, paling tinggi, paling pendek, paling ganteng dan paling cantik itu pasti mudah menghafalnya bukan ?).  Nah jika performa fisik dan wajahnya rata-rata saja bagaimana ???  Lihat kembali hal-hal yang lain.  Cara jalannya.  Tindikan anting di kuping kirinya.  Jenggot kepangnya.  Logat bicaranya.  Warna kulitnya.  Cara jalannya.  Profesi sebelum bekerja ditempat kita.  Latar belakang keluarganya.  Dan sebagainya … dan sebagainya.  Dan sempatkan setelah berkenalan dengan mereka ucapkan beberapa kali dua atau tiga kali … cukup di dalam hati … mengenai keunikan orang tersebut.  Contoh : Dwi Imawan – jenggot kepang.  Anna Juli – lelaki namanya seperti perempuan.  Alan – culun.  Eric – logat bule. Wira – anak karyawan radio. Ronny – Perbakin. dll dll (ini contoh sebenarnya …)  🙂

.
3. Mommentum
Yang ini hampir mirip dengan yang kedua.  Yang saya maksudkan disini adalah cobalah untuk mengingat moment atau saat dimana anda berkenalan dengan yang bersangkutan.  Dimana, kapan, pada acara apa, situasinya bagaimana, apa yang terjadi saat itu, apa yang anda bicarakan.  Dan kembali, setelah anda berkenalan dengan yang bersangkutan … camkan dan patri ingatan anda dengan menyebut beberapa kali hal tersebut dalam hati.  Contoh : Wahyu – Interview di Bapindo Plaza.  Banu – menyangka saya supervisor dari Tangerang.  Gilang – kenalan di depan barbecue Bali.  Christian – Satu pesawat ketika pulang dari Bali.  (again … ini adalah contoh sebenarnya).


Apakah saya akan selalu hafal dengan cara demikian ?
Mmmm tentu saja tidak selalu.  Jujur saja … sering kali saya juga mesti berkerut untuk mengingat kembali nama-nama mereka.  Apalagi jika nama mereka hampir sama, seperti Aditya Gunawan dan Adityo Gunawan misalnya.  Atau nama-nama lain seperti Ahmad, Muhammad, Budi dan sebagainya … Kadang perlu waktu juga untuk mengenalinya.

Trainer manusia biasa … punya keterbatasan memory juga.

.

But I tell you a secret !!!
Jika suatu ketika ada program training nasional yang melibatkan banyak peserta … dan saya lihat ada satu dua tiga orang yang saya lupa namanya … saya biasanya selalu mendekat ke peserta-peserta lain yang sudah saya kenal terlebih dahulu … sambil berbisik …
“Mmmm  Zul,  itu yang berdiri di pojok dekat dispenser air minum itu siapa saja ya ?”
“Ohh itu Iwan, Andreas dan Budi pak !!!”  (ahhaaa gotcha …)

Lalu saya pun mendekati pojok dispenser air minum tempat mereka berdiri sambil dengan PD nya menyapa …

“Halooo Iwan … Andreas … Budii … apa kabar nih ?”  (Dan tentu saja … Iwan, Andreas dan Budi pun akan takjub … Pak Trainer hafal nama mereka …) (hehehe keren kan ????).

Jadi demikianlah …
Kunci untuk menghafal nama adalah … ATENSI … lalu perhatikan hal yang unik dan ingat moment saat anda berkenalan … then … camkan dan patri nama tersebut dalam memori anda …

Bagaimana dengan anda …
Apa anda sering kesulitan menghafal nama ???

Salam saya

om trainer

.

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

53 tanggapan untuk “MEMORIZING”

    1. ini bukan curang …
      ini cara “memorizing” yang eiylekhan …
      sebab … after this … saya pasti akan selalu ingat nama Iwan … Andreas … Budi …
      (camkan dan patri dalam hati … tiga nama itu saya ingat kembali ketika mereka berdiri di dekat dispenser air minum …)

      Cerdas bukan ??
      qiqiqqi

    1. Mmm …
      saya rasa bisa kok …
      jangan mau kalah dengan usia ….
      jangan mau kalah dengan status emak-emak atau om-om gaek …
      pokoknya harus ingat !!!

  1. Hehehe..Nanti praktekin ah tiga tips diatas..Secara saya gampang banget lupa nama orang Om..Terus gaya dektif dibawah juga mau saya praktekan. Gak keberatan kan Om?

  2. nah, ini bermanfaat sekali buatku om
    meskipun masih muda gini, kalau dijalan tiba2 ada yang menghapiri trus ngajak salaman dan sambil menyapa “bu chelaa apa kabar?”

    seringnya tuh lupa nama murid om…saking banyaknya 😀

    salam saya om *peluk*

    1. Iya Chel …
      Ini juga tantangan buat kamu …
      sekelas itu isinya kan paling tidak lebih dari 25 orang …
      nah nanti kalau kamu sudah mengajar berbagai angkatan … pasti memerlukan waktu bagi kamu untuk mengingat …. but … you have full one year untuk menghafal masing-masing nama mereka kan

      salam saya Bu Guru Kecil

  3. Cocok bgt ni, Om buat saya. Paling sulit mengingat nama. Kdg2 Saya hrs sms temen trus minta tolong nginget nama kalo saya kenalan sama orang.

    😀

    1. Ya…
      kadang kita perlu hints/clue/info dari teman …
      but setelah itu … kita ingat saja sms temen tersebut …
      contoh … Dewi – baru inget setelah gua sms si Mawar misalnya …
      setelah saat itu saya yakin kamu tidak akan lupa nama Dewi lagi

      salam saya

  4. Asli mantab Cara-caranya Om….
    Apaligi yang pakai acara “Dan sempatkan setelah berkenalan dengan mereka ucapkan beberapa kali dua atau tiga kali … cukup di dalam hati ” saya suka banget bacanya Om….

    1. Nah ini oke nih Non …
      Berarti Noni memang suka berteman dekat. Walaupun hanya kepada beberapa orang tetapi itu relatif intens

      salam saya

  5. kalau menghafal nama…. saya sih kadang sama orang yang baru ketemu agak susah menghafal nya… kadang sampai beberapa hari baru hafal… heheehe…
    tapi emang bener sih om, kalau kita bisa tahu nama orang dan memanggil mereka dengan nama mereka.. mereka pasti merasa lebih di hargai..

    yang pasti kita bisa lebih deket… bener kan om? 😀

    salam hangat…

    1. Betul Riz …
      saya sih, saya balikin ke diri sendiri saja …
      jika nama saya dikenal … atau satu dua info tentang saya itu diingat … pasti senang juga
      merasa dihargai

      salam saya Riz

  6. Sering Om.. Aku lebih gampang hafal wajah daripada hafal nama. Kalau ketemu orang baru, suka diem2 nyatet nama2 mereka setelahnya.. Tapi abis itu lupa lagi.. >__<

    1. Saya juga kadang begitu …
      nah kalau sudah begitu … recallnya saya akan bilang …
      “mmm kamu ini yang dulu ketemu di pertemuan regional Jawa Timur kan ?”
      atau …”mmm kalo nggak salah kita pernah ketemu di PI Mall deh ”
      dan seterusnya … ini paling tidak, bisa sedikit membantu

      salam saya Be

  7. sy simpen tipsnya om.. krn sy pelupa termasuk nama org.. Bahkan pernah sy ikut workshop penulisan ada seseorang yang ngajak sy kenalan duluan dan menyebutkan namanya lalu saya dengan polosnya bilang “rasanya sy pernah kenal nama mbak tapi dimana ya?”. Org itu hanya nyengir. Dan setelah sampe rumah saya baru nyadar kalo yg ngajak sy kenalan duluan itu kan salah satu penulis buku!! Ya ampuuuunn.. Kalo aja saya ini bukan org yg pelupa mungkin sy akan langsung tanya2 gimana caranya menulis yg baik.. Apalagi beliau yg ngajak kenalan duluan.. Kesempatan emas hilang deh om.. 😀

  8. Om, menurut saya Om NH hebat deh bisa mengingat nama sekian banyak orang. Saya suka lupa. Tapi wajah orang, saya biasanya ingat. Lebih mudah mengingat wajah daripada nama.

    Tapi saat kita dipanggil sesuai dengan nama kita itu rasanya menyenangkan. Apalagi oleh pihak yang lebih senior. Pihak yunior akan merasa sangat tersanjung 🙂

    1. dan kebalikannya …
      jika yang Yunior mengenang nama seniornya … saya rasa sama juga … sang senior juga pasti merasa tersanjung

      salam saya Kris

  9. Ahahaha aku juga suka lupa nama org walopun wajahnya berasa kenal banget, perlu bbrp menit buat mengingat2 lg 😀 thanks ya om, jurusnya bisa dipraktekin tuh hihihi

    1. Hah … kamu itu …
      yo gampang toh … tinggi putih …
      tapi wajahnya “ganteng jadul” … hahahaha

      dan satu lagi cara ngafalin nama kamu yang paling gampang …
      “Purwoko from Purwokerto … !!!” 🙂 🙂 🙂

      All the best for you ya Set !!!

  10. kita senasib,,
    aku juga sering ketemu banyak orang apalagi kalau project ku udah masuk kategori training,, pasti client yang akan ku temui semakin banyak,,
    kalau aku biasanya selalu melakukan hal ini ,,
    a) setiap mau mulai training atau mulai bekerja membiasakan diri mengabsen satu persatu,, jadi lebih gampang buat menghapal orangnya,,
    b) memberi panggilan khusus buat para peserta,, aku selalu manggil mereka yang lebih tua dengan sebutan “Om”,, atau panggilan khusus
    misalnya ada yang mukanya mirip artis sammy kerispatih,, aku manggilnya om sammy,, walaupun mirip karena,,,,#nyengir
    biasanya memanggil dengan panggila om,, atau memberi panggilan khusus efektif untuk membuat mereka merasa di hargai,, dan jadi lebih mau bkerja sama, menjadikan mereka sebagai teman,,

  11. Bisa inget sebagian besar dari 300 nama ? wow … saya mungkin belum mampu pak melakukannya.

    Jurus yg tanya sama yg lain itu boleh juga pak 🙂

  12. kl udah lupa namanya, biasanya saya ajak ngobrol sana sini …, nanti bisa tiba2 ingat sendiri oom, emang udah rada2 telmi dikit sih he..he…

  13. Saya termasuk yanf agak susah hapal kalau baru2 kenal. Tapi saran Om ini benar adanya, kalau kita ketemu orang biasanya kita bisa cepat ingat bila ada kejadian atau something unique related ke ybs…

  14. Met pagi, Om….

    Hani akui Om…artikel Om pagi ini benar-benar bermanfaat buat Hani yang pelupa plus seorang marketer yang masih belajar……

    Saya sering dihinggapi penyesalan di saat ada client datang dengan senyum ramah dan akrab tetapi saya bahkan lupa bagaimana menyapa mereka, meski akhirnya saya alihkan dengan ” nice to see you again” penyakit sih ya Hani rasa ini……

    Tapi, ada bebarapa orang yang memang punya sesuatu keunikan sehingga Hani tetep saja ingat meski cuma sekali ketemu, e.g. Mr. Patrick yang mirip Yoko Ono dan dandanannya nyentrik atau Wendy yang suka pakai baju nerawang, hehehe

  15. sy banget ituh om, dulu temen selalu marah2 krn sy sering lupa nama orang. tp sekarang sy berusaha keras untuk mengingat, terutama nama anak2 mereka. krn orangtua pasti seneng kalo ada yg hafal nama anak mereka khan. makasih tips’nya om. bener2 trainer yg inspiratif.
    psst… tau gak sih om, sy mempraktekkan saran om tentang “tkg koran, penjual minuman, sm tkg parkir (klo gak salah)” ALhamdulillah rasanya damai. maturnuwun

  16. Jadi ingat waktu masih ngajar dulu Om, berusaha mengingal nama murid2 jg, dan yg memang paling mudah diingat adalah yg ‘paling’ ya Om, paling bandel, paling ribut, paling males ngerjain PR, termasuk paling ‘lucu’ coz naksir aku #eh? hihihihi

  17. Alhamdulillah aku selalu ingat nama2 temenku..
    Bekerja berhubungan dengan orang banyak mau ga mau harus hafal, kaya usagi gitu aku slalu manggil dengan panggilan *akrab*
    Otomatis mereka pun jadi mengenal kita..

    tapi sekarang udah mulai agak membuyar ingetannya Om..
    Faktor U kale ya 😛

  18. om NH emang bisa ajah deh, baca di inbox imel tulisan om NH bikin ngakak pagi2 :p

    sambil senyum2 kayak niar neh sering lupa nama, eeh kamu yang temennya si anu kan, itu yang dulu seneng makan mie lenyor kan, atau kamu yang umbelen itu yoo waktu kecil,hahahah :p

    kalau niar paling gag jauh2 dari gingsul, cerewet sama rame 😀

  19. sayang mengacungkan tangan setinggi2nya…karena saya bermasalah dengan yang namanya menghafal….qeqeqeqeqe…tapi trik2nya ok banget om….thx for sharingnya… jadi punya tambahan ngelmu….

  20. WOW…
    trik yang keren abis inih Om…
    Aku sebenernya sedikit bermasalah dengan menghafal nama…
    terutama dengan nama nama tertentu yang banyak kemiripan gitu deh…

    etapi kebayang itu peserta training kan pasti banyak banget yah…
    Heibat sekali kalo bisa apal Om 🙂

    Salut 🙂

  21. cara pernah saya baca dan dengar… tapi ga bakalan saya bisa praktekin suka lupa. dan memang tidak suka menghafal nama orang.. 🙂

    Tapi caranya Om di training itu ok juga buat dipakai ya.. thanks tipsnya

any comments sodara-sodara ?