Posted in RENUNGAN

GUNJING POSITIF


Senin, 9 Agustus 2010

Terinspirasi dari pembicaraan M Rafiq dan Putri Suhendro, di acara Pagi-Pagi IRadio FM pagi ini … Di tengah macet Senin pagi tadi,  Saya cukup terhibur dan tersenyum mendengarkan bincang-bincang obrolan dua penyiar favorit saya itu.

Mereka membahas (kurang lebih) mengenai kebiasaan kita yang selalu bergunjing Negatif.  Dimana saja, kapan saja, melalui media apa saja, tak peduli apa situasinya … kita selalu saja cenderung untuk bergunjing Negatif mengenai Orang lain. 

Bahkan sampai ketika melayat orang meninggalpun yang dibicarakan justru keburukan Almarhum atau Almarhumah semasa Hidup.  Proses meninggalnya pun kadang jadi pembicaraan orang.  Sungguh tidak pada tempatnya …

Obrolan tersebut berhasil menampar dan menyentil saya dengan sukses …
Mengingatkan saya untuk tidak bergunjing negatif mengenai orang lain …

#1 Ada Mobil Bagus Lewat …
Kita lantas berfikir … dan berbicara dengan teman sebelah kita … “wah ini uangnya pasti dapat dari Korupsi nih … menggelapkan pajak … ” dan sebagainya… dan sebagainya …

#2. Ada Lelaki Tua menggandeng seorang Gadis Muda …
Lantas kita bisik-bisik kasak kusuk sok tau … Wah ini Lelaki pakai jampi-jampi pelet apa kok bisa menggaet perempuan se bening itu.  Atau Wahhh si Bening itu pasti cuma mau morotin si Laki-laki yang pantas jadi bapaknya itu deh … dan seterusnya dan seterusnya.  Wah ini pasti simpenannya tuh …(You name it … )(kita biasanya sangat kreatif untuk mengarang sesuatu yang negatif bukan …?)

#3. Ada seseorang di Kantor yang mengkritik hasil kerja kita …
Langsung kita pasang kuda-kuda … Defensif … Dan berkata dalam hati … “Elu maunya apa sih ?” …
“Elu nggak seneng ama Gua ?”
Lalu malah kasak kusuk dengan teman sejawat kita dan bergunjing di warung kopi seraya bilang “Lihat lah si Fulan itu pengen ngerebut posisi gua tuh ” … “Fulan pengen menjatuhkan saya didepan anak buah saya …?… “Fulan pengen menjilat atasan gua tuh …”
Dan sebagainya … dan seterusnya …

Nah …
Coba kita kaji kembali sodara-sodara …
Mengapa kita tidak berlaku sebaliknya … yaitu : GUNJING POSITIF

Pada Kasus pertama : Mengapa kita tidak berfikir atau berkata … “Waduh Mobilnya bagus banget tuh … Yang punya pinter bener ngerawat Bodynya sampe bisa mengkilat begitu.  Pasti Rajin banget tuh membersihkannya …” …”Mereka pasti hati-hati sekali mengendarainya …”

Pada Kasus kedua : Mengapa kita tidak mendoakan …”Wah mesra sekali pasangan ini … satu sama lain saling pengertian … tidak melihat perbedaan umur sama sekali …semoga langgeng deh” …
Atau … kalau anda tidak tau pasti siapa mereka dan apa hubungan Si Lelaki Tua dengan Si Gadis itu … yaaa … lebih baik diam saja.  Siapa tau itu adalah Seorang Ayah yang sedang menggandeng Anak Gadisnya … we never know …

Pada Kasus ketiga : Apakah tidak sebaiknya kita berterima kasih atas inputan dan feedback (yang berupa kritikan) itu … karena dengan demikian kita punya kesempatan untuk lebih memperbaiki lagi pekerjaan kita di masa yang akan datang …

Setuju … Saya sadar sepenuhnya …
Bahwa hal ini akan sulit dilakukan pada tahap-tahap awal …
Tetapi paling tidak …
Kita harus mulai dari sekarang

Untuk selalu ber GUNJING POSITIF …
Selalu berfikiran POSITIF
Selalu berprasangka POSITIF

Karena dengan demikian hati kita terbebas dari perasaan iri dan dengki …
Karena sesungguhnya perasaan tersebut adalah “Detroyer” yang paling kejam, “Racun” yang paling ganas.
Destroyer yang bisa menggerogoti hati kita dari dalam.
Racun yang bisa merusak segala amalan kita …

Kalaupun kita masih belum bisa …
Maka saya pikir … DIAM … adalah solusi terbaik.

So …
Stop Bergunjing Negatif …
Mari Bergunjing Positif …
Mari Berprasangka Positif …

(Ini saya tujukan terutama untuk diri saya pribadi …!!!)

MOHON MAAF LAHIR BATHIN SODARA-SODARA
MARI SAMBUT BULAN PENUH BERKAH INI DENGAN GEMBIRA DAN …
BERLAKU POSITIF !!!

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

122 thoughts on “GUNJING POSITIF

  1. Abu Hurairah r.a mengabarkan, Muhammad Rasulullah saw bersabda :” Tahukah engkau, apa yang dimaksud ghibah ?”
    “Allah dan Rasul-nya yang paling tahu”, jawab Abu Hurairah ra.
    Rasulullah saw menjelaskan : ” Ghibah adalah membicarakan keburukan orang lain, tanpa sepengetahuan yang bersangkutan”.
    ” Bagaimana jika yang kami bicarakan itu benar adanya ?”
    ” Apabila yang engkau bicarakan itu benar, berarti engkau menggunjing”, tandas Rasulullah saw. ” Dan jika tidak benar berarti engkau melakukan suatu kebohongan (fitnah) tentang dia. (HR.Muslim)

    Semoga kita diberi kemampuan dan kemauan untuk menghindari ghibah. Amin

    salam hangat dari Surabaya

  2. Muhammad Rasulullah saw bersabda : ” Janganlah ada diantara kalian yang menyampaikan berita (tidak menyenangkan) mengenai salah seorang sahabatku. Aku lebih suka berpisah dengan kalian dengan dada jernih ” (HR.Abu Dawud)

    Semoga menambah referensi tentang ghibah.

    ———————-
    Pada kesempatan ini saya mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan dan kekhilafan ya Oom

    salam hangat dari Surabaya

  3. Bergunjing positif juga bisa mencerahkan hati ya pak.
    Stop Bergunjing Negatif
    Mari Bergunjing Positif
    Mari Berprasangka Positif
    Mudah mudahan saya bisa melakukannya. .

  4. berpikiran positif emang pasti selalu akan lebih baik. sayangnya kita kadang emang refleks aja mikir negatif. ya namanya juga manusia ya, gak sempurna.😀 yang penting harus selalu berusaha aja untuk berpikiran positif.🙂

    mohon maaf lahir batin juga ya… selamat berpuasa…

  5. Selamat menunaikan ibadah puasa.

    (Sssst mas mas, itu blog yang urlnya : theordinarytrainer.wordpress.com itu hebat banget sih? Di Indonesia Matters dia selalu nomor 2. Pasti pake guna-guna tuh supaya bisa dikunjungi orang terus. ***guna-guna kok bisa tembus dunia maya ya? Dukunnya canggih amat***hihihihi. )
    (becanda loh mas…bukan gunjing negatif)

    EM

  6. Bergunjing positif ? Susah, susah gampang, tapi harus dicoba.
    Tapi, halah kok pake tapi, kalau udah niat yah harus dilakoni ya😀
    Mohon maaf lahir bathin, Pakde. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga amal puasa Pak Nh dan keluarga diberkahi Allah SWT, Amiin.

    1. Mmmm …
      saya tidak tau apa ada hubungannya atau tidak …
      Namun yang jelas … Membicarakan sesuatu hal yang Negatif mengenai Orang lain … saya pikir kurang pada tempatnya … (apa lagi kalau itu berita fitnah).
      Jujur saja saya masih sering melakukannya … sadar atau tidak sadar …
      ini pengingat untuk diri sendiri nih …

      Mohon Maaf Lahir Bathin Ndaru …

      Salam saya

  7. Setuju Om… Ayo kita galakkan gunjing positif.

    Sekalian mau Ramadhan nih Om..mau ngucapin selamat berpuasa, mohon maaf lahir dan bathin. Siapa tau ada tulisan saya di blog soyjoy atau komen saya di blog ordinary trainer yang nggak pada tempatnya. Saya mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya.

    Bulkan puasa nanti pasti banyak banget ide tulisan dari Om Trainer. Caio..

  8. Om…maafin ya kalo ada kata-kata yang tidak berkenan, komen2 yg nyebelin atau sering bikin om kesel…

    Devi, Rahma, Rafif, Syafa, Yudhi mengucapkan selamat menjalankan puasa, semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan hati untuk menahan segala godaan…

    Happy Puasa…

    Salam,
    Kel. Yudhistira

    1. Sampe lupa komen tulisannya….

      Om, saya sedang belajar untuk berpikir positif …
      Hari ini saya kembali diingatkan…
      Betapa susahnya ya om….
      Tapi Allah pasti menolong jika saya bersungguh-sungguh…

      Doakan saya om…
      Sisi lain yg sering kudapat dari blogwalking….
      Pagi ini dapet 2 pencerahan, dari om sama dari Bunda Lily…

  9. Hmm.. beberapa hari terakhir ini saya malah mendapatkan fitnah Om😦
    Tapi biarin aja deh.. saya gak rugi sedikitpun, dijadiin bahan introspeksi aja..
    Semoga ALLAH membuka mata dan hati orang itu.. amiin..

    Om, maafin saya yah kalo ada kata-kata atau sikap saya yg mungkin gak berkenan di hati Om.. mohon maaf lahir dan bathin.. semoga Ramadhan kali mampu kita isi jauh lebih baik daripada Ramadhan2 yang telah lalu.. amiin ya ALLAH..

  10. ..
    Kadang kepengaruh temen ngobrol juga’ sih..
    He..he..
    Kalo kayak gitu gimana ya Om solusinya..?
    ..
    Pada kesempatan ini..
    Saya mohon maaf lahir batin, saya nyadar selama ini suka nyelak si Om..
    Maapin ya Om..
    ..

  11. nhaaa, saya dulu sering tuh dilirik aneh sama orang2 tiap lagi jalan berpelukan atau gandengan sama ayah saya. Bete banget rasanya….

    tapi jangan2 saya pun ga jauh lebih baik dari mereka? ah introspeksi diri lagi aja.
    Mohon maaf atas segala salah, selamat beribadah di bulan Ramadhan om!!

  12. kalau cowok mungkin jauh dari acara gosip…
    tpi kita yang cewek..cewek..
    ampun dah..
    ada aja kesempatannya..
    kadang udah dihindari..tapi godaannya….
    hidup DIAM!!!!

    met puasa inyiak….
    maaf lahir bathin…

  13. pas puasa, melihat trainer lewat dengan gayanya yg ‘biasa’ itu

    #gunjing negatif : ighh itu opa2, ganjen amat.. kagak inget umur..!
    #gunjing positif : keren banget gak siyh opa satu ini, cool, walau udah tua tetap eksis, maen musiknya juga keren abizzz.

    Om pasti ud tau aku pilih kalimat yg mana.😀

  14. Mungkin karena Indonesia daerah gempa, bumi suka gunjang-gunjing yaa..?? Hahaha.. Gak nyambung.com:mrgreen:

    Selamat berpuasa sahabatku, mohon maaf lahir batin ya🙂

  15. terutama berprasangka positif sama ketetapan Allah kek, karena Allah mengikuti setiap prasangka hambaNya. Dan membicarakan kesalahan orang lain dengan tujuan untuk mencegah kemungkaran yang lebih besar atau mencarikan solusinya, diperbolehkan dalam Islam, asal tidak berlebihan.

    Oyen dan seluruh warga Kampong Jengkol mohon mangap lair batin untuk Kakek sekeluwarga…dan selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari tahun kemarin dan diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan berikutnya. AMin

  16. betul bgt om…
    kdang2 suka ga sadar bergunjing,,wahh..hrs dirubah niy lbh baik bergunjing yg positif..
    dhebu ucapin med puasa
    maaf lahir bathin ya om🙂

  17. setuju om…
    gunjing positif…
    suka dengan istilahnya.
    ditambah lagi mau ramadhan, kenapa kita ga mencoba merubah pola pikir, tuk terus berfikir positif….

  18. Memang susah Om, untuk selalu berpikir dan bertutur positif… aku masih harus terus belajar untuk selalu berpikir positif.
    Selamat berpuasa ya Om… semoga lancar sampai akhir Ramadhan nanti… Amin…

  19. tepat …. hihi ketika awal membaca ini Om, saya langsung berpikiran, selalu ada ide bagi Om ini untuk bahan menulis …. kali ini radio yang jadi media ide …
    bukan salut tapi ngiri … (ngiri negatif nih he he)

  20. Om, menurut saya, gak ada tuh yang namanya gunjing positif.
    Barangkali pasnya, yang Om maksud di atas adalah berprasangka baik, hehe…🙂 (sama aja kaleee….)

    Om, kami sekeluarga mengucapkan selamat berpuasa ya. Maafkan jika ada silap dan khilaf; perkataan, tulisan maupun perbuatan. Semoga puasa kita senantiasa diberkahi oleh Allah SWT.

    Salam untuk Bunda dan the three boys dari kami di Kweni

  21. Mohon maaf lahir bathin ya Om…
    Makash atas bimbingannya selama ini…Om sdh saya anggap sebagai guru saya dalam hal ngeblog..

  22. Kalo saya melihat seperti pada kasus kedua, saya mungkin akan berpikir “oalah, paling itu cucunya”😆 Normalnya, tidak mungkin mereka berpacaran, kan?😉

  23. memang harus mulai dibiasakan untuk berpikir positif pak… tapi kadang-kadang kita ini selalu menjudge penampilan dlu…makanya lahir pikiran2 negatif…

    selamat berpuasa pak…mohon maaf lahir bathin😀

  24. Weh.. Sudah melaju sangat cepat di Word Press ya Pak…
    Kenapa ya masyarakat Indo seneng sekali bergunjing…
    Perlu diselidiki asal muasalnya nih…

  25. jujur terkadang pikiran itu sempat terlintas..
    tapi kembali beristiqfar,bahwa tak baik bersuuzon

    maka biarkan sajs selama mereka tidak mengganggu.

    btw,

    met menunaikan ibadah puasa yah om,
    mohon maaf untuk kekhilafan diri

  26. Selamat menunaikan ibadah puasa yah pak🙂
    Mohon maaf lahir batin
    Semoga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menempuh ibadah puasa…amin🙂

  27. Om.
    Saya juga suka dengar I-Radio setiap pagi. Duluuuu saya selalu dengar Cosmopolitan, tapi sudah 2thn terakhir setia sama I-Radio. Kayaknya da pernah ya saya blg juga hahahaa…

    Om.
    Benar, kalau melihat apek2 dengan gadis muda bermuka asli jawa pasti deh saya mikirnya negatif, mgkn krn sudah terlatih begitu ya. Tapi yang pertama sih tidak. Saya selalu percaya bahwa rejeki orang beda2…

    Makasih om udah sharing. JD mengingatkan kita juga untuk berusaha gunjing positif🙂.

    1. Ya ..
      Manusia memang gudangnya khilaf
      tetapi … manusia juga dikaruniai akal dan hati untuk bisa berubah
      Maaf Lahir Bathin ya …
      salam saya Pic …

  28. mau minta pendapat nih pak…
    kalau misalnya ada yang bercerita kepada kita, trnyata dia mmbicarakan kjelekan org lain…
    apa kita harus diam saja?? tidak memperhatikan omongannya??? krna niat kita tidak ingin bergunjing…
    tp perbuatan itu ka\n malah tmbah di nilah perbuatan yg tidak menghargai org lain yg sedang berbicara…
    trs cara terbaiknya untuk menghindar gmna dong pak???

    1. Menurut pendapat saya …
      sampaikan keberatan anda kepada yang bersangkutan …
      baik secara halus … maupun secara langsung
      “sorry banget nih … bukan saya sok suci atau bagaimana … tapi kita alihkan ke pembicaraan yang lain aja yuuukkk ?”
      “saya ngerti kamu mungkin benci sama dia … tapi please selesaikan masalah kalian berdua … diantara kalian saja … saya rasa saya tidak patut mendengarkan masalah peribadi ini …”

      atau … langsung to the point …
      “Saya kurang suka jika kamu membicarakan kejelekan orang ke saya …, saya sahabatmu … saya wajib mengingatkan bahwa ini tidak baik …”

      begitu mungkin
      kalau dia teman sejati pasti dia tidak akan tersinggung … malah berterima kasih pada anda

      salam saya

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s