Posted in PERTUNJUKAN HARI INI

STARTING THE CHAT


a.k.a : Memulai pembicaraan.

Kita sering kali dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita untuk diam, duduk manis menunggu.  Entah menunggu antrian di Bank, antrian di Dokter, menunggu Boarding Pesawat, Menunggu Kereta, dan menunggu-menunggu yang lainnya. 

Dan menunggu itu membosankan. 
Ada banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk membunuh kebosanan tersebut.  Mengisi waktu.  Yang paling populer jaman sekarang tentu saja … Uplek – Usreg … “sibuk koyo yak-yak o” … dengan Talipong Bimbit Pipih Lebar yang kadang berkondom warna-warni itu.  Ada pula yang menghabiskan waktu dengan Membaca … dan last but not least … Ngobrol dengan sesama korban senasib sepenungguan.

Mari kita fokuskan pada upaya membunuh kebosanan dengan cara … NGOBROL atau BERBINCANG-BINCANG dengan orang di sebelah kita

Pertanyaan saya kali ini adalah …

Aktif :
Apakah topik pertama atau kalimat pertama yang anda lontarkan untuk memulai suatu Pembicaraan dengan Orang yang belum kita kenal … ?

Pasif :
Apakah topik pertama atau kalimat pertama yang sering anda dengar dilontarkan oleh orang yang duduk di sebelah anda, untuk memulai perbincangan dengan anda ?

Terserah mau jawab yang mana … Mau yang Aktif atau mau yang Pasif !
It’s your call …
Be my guest

salam saya

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

36 thoughts on “STARTING THE CHAT

  1. Kalau sedang dlm perjalanan, naik kereta misalnya, saya biasanya tanya: “Turun di mana Mbak/Mas/Pak/Bu?” Nanti kalau beliau mau bercakap-cakap lebih jauh, ya saya ladeni, kalau tidak ya tidak apa2. Tapi kadang saya kalau malas, ya diam saja, tidak mengawali tanya apa pun. Hahaha…

  2. Saya yg ‘pemalu’ ini biasanya aktif…hahaha

    Wah bu/pak/dek/mas/mbak tumben ya hari ini antriannya rame.🙂
    …(padahal tiap hari juga rame om)…

    tebumbak/ ompakmas kemana tujuannya?
    …(bandara or stasiun mode on)…

    Hai….pita kamu warnanya biru..sama dong sama kerudung aku…kita sama-sama suka warna biru ya? nama kamu siapa anak cantik?
    …(nanya anak kecil mode-on)…

    Dek, nanti turun di stasiun mana ya?
    …(nunggu KRL dateng di sta Bogor mode-on, sambil nyari siapa yang turunnya di UI, biar ga perlu berebut tempat duduk, cukup santai masuk KRL tengak-tengok nyari adek tadi, berdiri deh di depannya)…

    Dari kantor mana mbak?
    …(ngantri registrasi diklat mode-on)…

    Kalo lg malas….ada aja yg nanya (ini kalo saya lagi ga jutek)

    mbak…mau kemana? atau nomor kursinya berapa? bla…bla…bla….
    kuliah di mana? sudah berkeluarga?

    ***

    akhir2 ini…setelah internet murah dan pulsa juga murah,
    hoby saya motret2, BW, upload, manfaatin gratisan 100 sms

  3. Pinjem pulpen / korek dong? jam berapa sekarang?
    *Tanggal 10 ini tanggal berapa ya? Rabu hari ini hari apa ya ?* <- bonus memancing senyum dan pembicaraan

  4. hmmm…. saya pasif om… seringnya ditanya:

    masih sekolah mas? dimana? >>>yes! gue keliatan muda!😀

    umumnya berbicara mengenai keadaan saat itu, panas, dingin, hujan, kejemuan, kelambatan, intinya sedikit keluhan… *kenapa ya om, jarang yang yang mengandung pujian atau kebahagiaan, seperti: wah, ceruah ya hari ini!! daripada “hujan mulu nih!” kesannya kok apa2 jadi berat dipikir…😀 IMHO

  5. Kalau kepentingannya sejenis (misalnya ngantre bayar pajak, ngantre di dokter dll), biasanya kalau nggak tanya tentang waktu ya tanya alamat, misalnya: “Sudah lama Mas…” atau “Dari mana Mas…”

  6. standart sih oom kalau nunggu di stasiun, bandara, atau terminal biasanya;
    “mau kemana pak? / oom?”

    tapi biasanya saya di sapa duluan😀
    hehehehehe.
    biasanya ditanya;
    “sendirian mbak?”

  7. “Lagi sendirian, Mbak?”
    “sama siapa, Mas?”
    “Sudah lama ya, Bu? Nganterin siapa?”

    Yang di atas adalah kalimat-kalimat yang sering Hani lontarkan Om kalau lagi sama-sama bosan, nggak bawah buku, nggak ada mainan (HP maksudnya). Dan biasanya berlanjut kenalan, jika yang diajak ngobrol asyik obrolan pun jadi seru dan bisa berakhir tukar-tukaran nomer Hp (kalau yang sama Mas-mas ni, hehehhe).

    Tapi, akan menjadi garing saat yg di sapa dengan senyum saja dianya malah mlengos, biasanya refleks Hani akan julurin lidah “weks” ha ha ha ha……
    (Wah pengakuan dosa nie..)

  8. bs aktif, bs pasif jg. liat sikon sih om
    tp kl lg pengen nunggu sambil baca malah suka nepi, biar sama2 aman om
    kan g’enak kl ada yg ajak ngobrol tp kita sibuk baca
    scara kl dah fokus baca, ya lupa kiri kanan om
    terlalu bgt yah

  9. wah, saya tergantung mood tapi lebih sering pasif dan mendengar, “dari mana mas?”, ato “mau kemana mas?” ato “mau apa mas?” kalo lagi aktif juga mungkin itu yg saya tanyakan ^_^

  10. Selamat pagi sahabatku
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp karena artikel anda termasuk salah satu Juara dalam Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun (K.U.M.A.T).
    Silahkan cek di : http://abdulcholik.com/2010/12/30/k-u-m-a-t-juara-iv-sd-juara-xv/
    Silahkan segera mengirimkan nama dan alamat lengkap untuk pengiriman tali asih.
    Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp di Surabaya

  11. di ruang tunggu dokter :

    Aktif : berobat pak ?
    Pasif : berobat pak ?

    atau
    aktif: sakit apa Jeng ?
    pasif : sakit apa pak ?

    Bukankah kita selalu bertanya yang jawabannya ” iya ”
    Sudah tahu hari Jum’at, pakai sarung, baju koko, kopiah dan membawa sajadah..eh masih juga ditanya ” Jumatan pak ?”

    salam hangat dari Surabaya

  12. Ada satu kebiasaan yg sering saya lakukan ketika mengantri di Bank.
    Biasanya saya mengambil nomor antrian 2 buah atau lebih.
    Saat nomor antrian saya sebentar lagi dipanggil, saya segera mencari orang2 yang baru datang, yang kelihatannya sangat tergesa-gesa alias buru-buru. Kemudian kartu antrian yg tidak saya pakai itu saya serahkan kepadanya, sambil menyapa. Lumayan buat nambah-nambah pahala😀

  13. Ehm… saya memulainya dengan…

    Senyum, trus kalo dibalas senyumnya, saya tawarin jajanan yang saya bawa (kemanapun pergi, saya selalu bawa jajanan, entah kripik, bikuit atau kue2, hehehe) trus kalo disambut baek, baru ngobrol, “udah lama nunggunya?” atau “turun dimana bu?” atau “udah dapat nomor antrian belum? nomor berapa?” dll lama2 akrab,,, hehehe…

    saya gampang (sok) akrab Oom, hehe…
    salam sayang

  14. saya ini orang yang paling malas untuk memulai pembicaraan…tapi kalau udah di sapa duluan biasanya yg paling banyak nanya….hehehehe.
    Pernah…dengan pede…negor seseorang yang saya yakin dia itu temen SMA:
    ” Albert yah…?” tanya saya dengan pede tinggi banget.
    “..oh bukan….” jawabnya
    “!@#@$ $%@%$^….o maaf ya pak..saya pikir temen saya” sambil ngacir nahan malu.
    Tapi yang paling sering, pembicaraan awal di kala menonton teve di ruang tunggu komentar ini itu…akhirnya nyambung….terakhir tukeran kartu nama…nambah deh satu teman…………dan bisa membunuh waktu menunggu dengan sukses karena Pekerjaan yang saya paling TIDAK SUKA adalah menunggu……

  15. aku kadang tergantung mood….
    kalau moodnya lgi bagus dan bener,,bener gak punya alat untuk berautis..autis ria..
    mau gak mau harus cari pelampiasan kan..
    misalnya lagi di kereta “Ini kereta ke bekasi kan y mas?? (*pura-pura gak tahu, pdahal mah jagoan kereta pasti tahu😀 sambil pasang muka polos😛

    kalau yang diajak orang ngomong, sama juga ceritanya..
    di kereta psti ada yang ngobrol “stasiun X itu brapa jauh lagi ya mbak

    he…he..e.

  16. adaaaa aja ide buat tulisan Om..

    kalo saya seringnya ditanya, kuliah di mana.. *eng ing eng* masih cocok jadi mahasiswi dong sayah…😀

    paling sering sih ditanya itu Om.. ato nanyain jam berapa…

    maklum kalo di jalan saya cenderung diem.

  17. Sayangnya, saya hanya memulai pembicaraan pada orang yang memang memiliki informasi yang saya butuhkan, seperti letak jalan, atau cara mencapai lokasi tertentu.
    Biasanya duduk manis, sambil uplek baca buku…..

  18. Kalu aq pertama bilang
    hmmm….apakabar? nama saya….
    Bagi yang mo tukeran link sama blog ane boleh kok caranya masuk ke getfv.co.cc
    lalu komen di shoutboxnya
    Thanks ya

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s