Posted in HEADLINE NEWS, PERTUNJUKAN HARI INI

THE BRIGHT SIDE OF INDONESIA


.

Menyimak tayangan mass media akhir-akhir ini … Sungguh membuat hati kita geram … kecewa … nyaris frustasi.  Energi negatif begitu keras menerpa kita semua.

Saya tidak menyalahkan media-media yang seolah berlomba menayangkan berita buruk itu … (terlepas dari porsi berimbang atau tidak).  Saya juga tidak menafikan bahwa ada banyak hal penyimpangan yang perlu untuk diluruskan … ada banyak ketidak patutan yang harus diusut secara hukum … ada banyak kekurangan yang harus diperbaiki …

Namun saya harus akui … saya butuh sesuatu yang bisa tetap membuat saya bersemangat … yang bisa membuat saya tetap bangga menjadi Bangsa Indonesia.  Dan Alhamdulillah saya punya channel-channel favorit yang bisa membuat saya selalu optimis … bahwa Bangsa kita ini bisa maju.

Perkenankan saya menyebut secara Eksplisit … acara atau rubrik di mass media yang bisa membuat saya selalu optimis tersebut.  Mereka adalah :

1. “Kick Andy” di Metro TV  (media televisi)
Saya ambil contoh beberapa edisi yang pernah ditayangkan …  Seorang Kuli bangunan dan tukang ojek dari Jawa Tenagh bisa menjadi juragan cuci mobil dengan teknologi robotik.  Seorang kacung pemungut bola tennis bisa menjadi Gubenur Kep. Riau.  Seorang kuli pasar di Palembang Sumatera Selatan bisa menjadi Presiden Direktur, seorang Waiter bisa menjadi pemilik resort dengan Villa yang banyak di Lombok.  Seorang mantan TKW dari Serang Banten, yang bisa menjadi Dosen, kandidat bergelar Doktor.   Orang Indonesia yang Hebat bukan !

Kick Andy menyajikan cerita mereka dengan segar … tidak di eksploitir sedemikian rupa … jauh dari kesan menye-menye yang lebay … Walaupun sekali dua … saya kadang menangis mendengarkan penuturan kisah derita mereka di masa lalu.  Sungguh sangat inspiratif.

2. Rubrik “Sosok” di Koran Kompas (media cetak)
Di dalam rubrik Sosok ini … selalu disajikan tokoh-tokoh luarbiasa … jauh dari publikasi media …  Namun sebetulnya karya dan ketekunan mereka sangat layak untuk disimak …  Mereka adalah sosok luar biasa di bidangnya masing-masing.  Entah itu dibidang sosial kemasyarakatan, kebudayaan dan seni, lingkungan hidup, sastra, pembangunan ekonomi, pelestarian sejarah dan sebagainya.  Banyak diantara mereka yang hidup sederhana … namun karya dan upaya mereka sangat tidak bisa dikatakan remeh.

Sosok-sosok orang Indonesia yang patut dijadikan suri tauladan …

3. “Kabar Baik dari Indonesia” di I Radio FM  (media radio)
Saya lupa apa persisnya nama acara ini.  Sebetulnya bukan acara khusus sih … Ini hanya penggalan-penggalan Filler berisi berita singkat mengenai prestasi insan-insan Indonesia di kancah dunia.  Prestasi-prestasi anak negeri yang tidak bisa dikatakan kecil.  Beritanya singkat-singkat memang.  Namun beberapa berita tersebut sanggup membuat saya berdecak kagum … Sekaligus memompa kebanggaan di dada.  Bangsa kita ini ternyata tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain.  Benar kata mereka yang selalu didengungkan di akhir berita … bahwa … Bangsa Kita ini terlalu besar untuk bisa diremehkan …

Sekali lagi …
Saya menyadari … memang masih ada banyak penyimpangan di negeri ini …
memang masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki
memang masih banyak ketidak patutan yang harus diusut secara tuntas


Namun saya rasa …
Masih ada banyak juga berita baik dari Indonesia
Masih banyak insan-insan luar biasa Indonesia yang layak kita simak ceritanya untuk kita jadikan inspirasi POSITIF kita.

Dan saya berterima kasih kepada ketiga Media Massa tesebut …
Karena telah mempublikasikannya untuk kita semua … !!!

THE BRIGHT SIDE OF INDONESIA !!!

Majulah Indonesiaku
Tetap OPTIMIS !!!
Tetap POSITIF !!!

Salam saya

.

.

(mengusap merah putih di dada)

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

26 thoughts on “THE BRIGHT SIDE OF INDONESIA

  1. Benar sekali, Om..
    Pemberitaan di televisi sudah “berlebihan” menurut saya. Kita memang sangat butuh informasi yg membangun optimisnme, bukan wajah buram berkepanjangan..

    Ada beberapa acara yg saya juga suka di tv; seperti Belajar Indonesia di Transtv, yaitu seorang bule yg datang ke daerah2 di Indonesia dan mempelajari budaya serta tradisi kita..

    Saya juga optimis untuk kejayaan Indonesia, Om..🙂

  2. Bisa dimulai kita yang punya blog Om. Mewartakan hal hal positif yang ada di negeri ini dan memunculkan sosok inspiratif meskipun itu hanya kawan kita sendiri.

    Salam hangat ya Om..

  3. setiap menonton berita yang ada malah jadi parno, jadi terpaksalah tidak ntn tivi.
    untung sekarang suka nge-blog jd ada pengalihan yg positif😀

    seperti Om juga, acara KA memang inspiratif sekali, juga rubrik sosok itu, sayang ya yang bagus2 itu cuma sedikit😦

    Berusaha untuk berpikir positif agar tetap optimis!

  4. Banget,,
    Indonesia gak jelek-jelek banget kok
    Ada banyak hal yg bisa di banggain indonesia

    Coba liat prestasi anak-anak indonesia yang menang olimpiade
    Mereka yang berbuat banyak untuk sekitar

  5. Kick Andy selalu jadi favorit saya, sekarang ini saya udah jarang nonton TV om, acaranya gak ada yang enak diikuti, nonton sinetron menyebalkan, nonton berita menyakitkan, infotaiment memuakkan, paling sekali-kali nonton acar musik atau nemenin anak nonton film kartun…

  6. yatta … kalau bukan kita yang ber-positive thinking siapa lagi ya om🙂 emang kadang berita tuh lebih menonjolkan saling tusuk menusuk politik dan kerusuhan😦 padahal banyak ya yang bisa dikupas dari segi cerahnya biar pandangan kita kan gg melulu suram dan pesimis kalau ngeliat yang tawuran melulu

  7. Selalu saya ingatkan ” Jika tidak mau ikut membangun negeri ini jangan merusak “. Lebih baik diam. Begitu ya oom.

    Kadang kangen dengan siaran TVRI Untuk membangkitkan semangat disegala bidang mereka menayangkan ” Dari gelanggang ke gelanggang “, ada Pelangi Nusantara, dll yang membangkitkan semangat cinta tanah air. Mereka tak terlalu peduli soal rating segala.

    Salam hangat dari Surabaya

    1. Kalo saya kangennya sama acara KELOMPENCAPIR Pak De..🙂
      Tapi jaman sekarang yang selalu berurusan dengan rating mana mau stasiun tipi menayangkan acara yang ‘idealis’ seperti itu?😦

  8. Diantara pelajara untuk menjadi kaya adalah belajar mencari penghasilan tambahan dan mengelola keuangan pribadi..Banyak orang menganggap bahwa orang kaya adalah orang yang dianugerahi berbagai hal. Dari karakter yang mendukung mereka untuk sukses lingkungan keluarga yang bonafit sampai keberuntungan besar..Ini adalah anggapan yang salah. Ada banyak contoh orang kaya yang dulunya berprofesi petani pekerja kasar guru pedagang eceran serta orang-orang dari berbagai profesi umum lainnya.

  9. saya juga suka sama kick andy…tokoh2 yang dimunculkan benar2 bisa menginspirasi kita untuk maju…….

    paling sebal kalo lihat berita di TV…tapi ini yang sering di tonton di rumah hehe….

  10. Tanpa ketiganya saya masih yakin bahwa Indonesia masih punya sesuatu yang bisa dibanggakan.. negeri ini sedang belajar, belajar untuk menjadi lebih baik.. wajar jika masih kurang pas dan salah disana sini.. tapi saya yakin, suatu saat nanti, Indonesia akan bisa begitu menginspirasi.. karena Indonesia tidak kekurangan manusia-manusia tulus dan setia pada kebaikan..🙂

  11. Setuju, masih ada yang dapat dibanggakan dari sosok-sosok yang tetap mempertahankan idealismenya untuk memberikan karya terbaiknya bagi bangsa Indonesia. Bagaimana dengan para pejabat publik kita Om?

    1. Aahhhaaa …
      Selamat Datang Ayah Yudhi …
      Akhirnya ngeblog juga nih …
      Tidak mau kalah dengan anak-anak dan ibunya nih …

      (eh betulkan ya …?)(ini Ayahnya Rahma, Syafa dan Rafif kan ?)
      (tentang Matematika APIQ dan sebagainya …)

      Salam saya

  12. Indonesia Tanah Air Beta…..
    Ketika membuat presentasi ttg Indonesia, sungguh Indonesia itu indah dan luar biasa.
    Ketika ingin belajar tarian tradisional Indonesia via youtube, sungguh Indonesia itu kaya.
    Ketika membaca kisah Habibie, kisah pelajar2 pemenang olimpiade matematika dan sains tingkat internasional, sungguh Indonesia itu cerdas dan pintar.
    Tapi media terlampau sering memberitakan ‘keburukan’ dari negaranya sendiri.
    Bersyukur masih ada Kick Andi, Sosol, dan Berita Baik dari Indonesia, yang meskipun kecil namun memberi kesejukan bagi kita. Juga iklan2 Kuku Bima* yang menampilkan keindahan alam Indonesia.
    Semoga media lebih berimbang dalam memberitakan tentang negaranya sendiri.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s