Posted in INSPIRING PERSON, THE TRAINER, TRAINING

PLENGEH


.

PLENGEH adalah satu kata dalam bahasa Jawa. 
Saya tidak tau apakah ini bahasa Jawa baku atau tidak. 
Apakah ini bahasa “kromo inggil” (bahasa tinggi) atau “ngoko” (bahasa sehari-hari) pun juga saya tidak tau.

Pelafalannya adalah PLE seperti pada kata PLEton … dan NGEH seperti pada pengucapan saNGEH …

Artinya ?
Sepertinya kurang lebih adalah … SMILING FACE. 
Lebih tepatnya lagi … Cengar Cengir Face … alias … Muka Cengengesan …

Mengapa ujuk-ujuk saya nulis tentang PLENGEH ?
Ini adalah nama julukan salah satu mantan Trainee saya … Dia masuk perusahaan kami sekitar tahun 2004-2005.   Dia ini satu angkatan dengan mantan trainee saya yang lain yaitu  AFDHAL dan ARIF UWAK.  (yang pernah saya ceritakan juga di Blog ini ).

Nama sebenarnya adalah Jimmy … berasal dari Semarang, Jawa Tengah.  Namun karena waktu itu karyawan kami di Semarang,  ada dua yang bernama Jimmy … Maka untuk membedakan satu sama lainnya … maka dipanggilah Jimmy yang satu ini dengan nama Jimmy Plengeh …

Awalnya saya tidak mengerti kenapa kok Jimmy yang satu ini dinamakan PLENGEH …

Tetapi setelah saya dijelaskan oleh teman-temannya dan juga oleh atasanya …. Baru saya mudeng … mengapa kok dia dinamakan Jimmy Plengeh …

Jimmy yang ini memang wajahnya … SMILING FACE …
Wajahnya itu … walaupun dalam kondisi serius … terlihat selalu tersenyum … atau lebih tepatnya … Selalu terlihat … CENGAR CENGIR bin CENGENGESAN …

Matanya sipit … kulitnya putih … dan baby face pula …  Jika dia tertawa … niscaya dunia akan semakin gelap … karena mata sipitnya akan semakin mengecil … hahaha

Dan memang … jika saya perhatikan … ketika saya mengajar kelas mereka … dia selalu terlihat cengar-cengir …  Padahal saya yakin dia tidak bermaksud untuk Cengengesan.  Memang begitulah adanya dia … Setelannya udah begitu … by default …

Orang yang pertama kali bertemu dengan dia (termasuk saya dulu) … niscaya akan salah sangka.  Pasti orang akan mengira bahwa anak ini tampak tidak serius dan kelihatan bermain-main dalam mengikuti pelajaran … karena … ya itu tadi … Wajahnya selalu nampak Cengengesan …

Namun setelah mengenalnya secara lebih dekat … Setelah berbicara lebih intens dengan dia …  barulah kita tau … Bahwa Jimmy Plengeh ini sebetulnya memang selalu riang … bersikap positif … optimis … terlihat tidak pernah sedih … resourcefull … pekerja keras … bekerja dengan sepenuh hati … dan menguasai sekali pekerjaannya … Dia bagaikan kamus berjalan …

Wajahnya saja yang terlihat selalu Cengar-cengir dan Cengengesan …
Namun dibalik itu … dia selalu bekerja dengan sepenuh hati …  Dan saya rasa kualitas kerjanya sama sekali jauh dari kesan kualitas cengar cengir apalagi cengengesan …

Jadi demikianlah sodara-sodara cerita tentang salah satu mantan Trainee tercinta saya … yang mempunyai wajah … PLENGEH !

BTW …
apakah anda punya teman / kerabat atau handai taulan yang punya wajah ÿang “Plengeh” seperti Jimmy ini ??

Boleh Sharing tak ???

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

38 thoughts on “PLENGEH

  1. plengeh itu identik dengan orang ramah om #menurutku
    tapi tak jarang orang beranggapan tipe seperti itu tidak bisa serius,,,,cengengesan ajah gitu

    salam kangen dariku ommmmmm :-*

  2. Om kalau foto saya yang di profil gimana.?
    Apa seperti itu yang dinamakan ‘plengeh’.
    Jangan-jagan yang ‘plengeh’ itu seperti saya….he3 kalau benar ga pa pa Om, yang penting bisa membuat orang senang….

  3. Ini menurut pemahaman saya Om
    1. Kalau “plengah-plengeh” itu cenderung cengengesan
    2. Lha kalau cuman “plengeh” saja itu ibarat madu adalah intisarinya. Plengeh adalah senyuman sesaat tapi efeknya seperti bom atom.
    “Plengeh” ini genuine, nggak dibuat2 dan punya kekuatan meruntuhkan, apalagi kalau yang “memplengehkan” adalah seseorang yg nylempit dihati kita.
    Bisa saja semua orang melakukan “plengeh”, tapi ada “plengeh” yang biasa dan ada “plengeh” yang antibiasa.
    Nah “plengeh” yang kedua inilah “plengeh” yang KW 1.
    Yang lain bukan KW2 tapi mungkin KW 23.
    Hanya segelintir orang yang punya “plengeh” KW1
    Dan hanya kita yang tau.
    (Kita disini adalah saya dan Om NH)
    Masih menurut saya, akan sangat menjijikkan kalau “plengeh” ini ada pada laki2.
    Yang pantes punya “plengeh” ini hanyalah perempuan.
    Siapa Dia?
    Dialah Perempuan Anti Biasa
    (Dan lagi2 cuman kita yang tau)

    1. yak..yak…
      plengeh itu kalo tadinya diam trus ujug2 senyum…itu namanya mak-plengeh…
      misalnya lagi mbaca sms trus ujug2 senyum, nah itu disebut plengeh, Om..

  4. NB lagi, lagi2 NB:
    “Plengeh” nggak bisa difoto, hanya bisa dilihat, itupun cuman beberapa detik.
    “Plengeh” cuman sekali. Kalau beberapa kali, itulah “plengah-plengeh” aka “cengengesan”

  5. Hoo baru tahu kata ini PLENGEH …
    ..
    Ada kawan sekelas di Bogor yang begitu wajahnya tak pernah tidak senyum, sekarang di kampungnya punya supermarket dan hotel ….

  6. hahaha…om, plengeh biasanya kalau di tempat saya digunakan untuk bayi. karena manis kalau senyum. hehe..
    bos saya dulu juga berwajah bayi “baby face”

  7. saya punya om……..temean SMA, saya dulu pikir ini anak seperti tidak pernah serius…ga tahunya sekarang ini dia cukup berhasil secara materi….
    Kalau kata orang …saya tipe orang non plengeh alias terlalu serius om….

  8. Kalau orang marah kepada seseorang juga bisa menggunakan kata Plengeh ya oom.
    Contoh : ” Kamu ditanya soal yang begitu mudah saja tidak bisa menjawab, hanya plengah-plengeh , sana cuci muka dulu ”
    (bukan pengalaman pribadi)

    Satu lagi contoh.
    ” Kamu datang pagi-pagi sambil plengah-plengeh pasti ada maunya. Mau utang duwit tho ??”
    (juga bukan pengalaman pribadi)

    Plengah-plengeh ini masih saudara dekat dengan cengar-cengir dan pringas-pringis kan oom

    Salam hangat dari Surabaya

  9. Inyiakkkkkkkkk
    Jawab dengan jujur,, apakah aku termasuk orang yang suka “cengesesan”???
    Hee hee hee
    Aku suka diomelin karena kebanyakan ketawaa,,
    Kadang juga suka di remehin dan dianggap gak mampu.. Karena aq cengar cengir terus
    Tapi pas udah kerja,, dan mereka liat hasilnya,,
    Baru dah mereka ngomong
    “Ohhh bisa toh”

  10. Gak tau om kata ini… kalo orang plengeh… hehehehe, ada sih ya, cuma aku gak terlalu merhatiin, biasanya orang kaya gt, terlihat lebih muda dan wajahnya selalu bikin seneng…😀

  11. karena baru kenal katanya, ga berani bilang temen saya plengeh… belum paham bener arti sebenarnya pak.. salah salah saya dikasih tendangan maut🙂

    semoga sehat selalu pak trainer {{*_*}}

  12. orang plengeh ini justru memberi aura positive dalam tim ya Oom..
    selalu menumbuhkan semangat dan terlihat jarang mengeluh, jadi enak kerjanya..🙂
    kalo aku apakah tukang plengeh Oom?? hehehehe…

    salam sayang Oom..

  13. Kalau saya Om, baru tahu istilah plengeh ini.
    Kayaknya ada dulu teman saya waktu kuliah yang kayak gini. Cengengesaaaaannn mulu, tapi sebenarnya dia serius menangkap pembicaraan.

  14. Begitu membaca artikel ini saya jadi tertarik membacanya lebih jauh karena … ada nama saya disana…Jimmy walaupun saya mungkin tidak plengeh🙂 Namun bagi saya pribadi melihat orang yang wajahnya senantiasa dipenuhi dengan senyuman membuat perasaan kita menjadi lebih baik dibandingkan melihat orang yang angker wajahnya. Biasanya orang yang wajahnya sering plengeh ini akan awet muda karena segala sesuatunya dibuat menjadi ringan…

  15. Bagus sih Oom kalo muka plengeh gitu sebenernyaa.. bisa bikin lingkungannya jadi sumringah juga kalo ada dia, aura positifnya nular gituuu…
    tapi agak bikin gondok juga kali yaaak kalo kita lagi curhat nangis2 sesegukan, trus muka dia tetep plengeh! hehehehe:mrgreen:

  16. ada lho kawan saya yang plengah plengeh, selalu tersenyum dan sepertinya lugu. tapi dibalik semua itu, ternyata dia seorang ahli it dan di usia muda udah jadi pengusaha warnet

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s