Diposkan pada ARTIKEL

ROTASI


.

Minggu lalu (9-12 Desember) trainer seminggu penuh Meeting Nasional di Bogor.  (Hah aku pasti dimarahin sama Bloggor nih … ke Bogor tapi tidak kasih kabar mereka …).

 

Peserta meeting adalah seluruh Area Marketing Manager, Para Regional Analis dan Support dari 64 kota di seluruh Indonesia.  Meeting ini membahas beberapa topik yang berkaitan dengan rencana kerja tahun Depan.  Ini sedikit banyak akan berimbas pada rencana Program Training and Development yang akan aku kelola tahun depan, mangkanya aku diminta hadir juga disana.  Sebagai Observer.

 

Salah satu agenda penting dalam Meeting ini adalah pengumuman ROTASI dari para personil area.  Ini merupakan topik yang paling mendebarkan bagi para peserta Meeting.  Sebab tidak ada satupun dari peserta yang mengetahui … apa yang akan terjadi pada nasib mereka … apa mereka dirotasi, tetap atau mungkin dipromosikan …

 

Bursa spekulasi sudah beredar … kasak kusuk dan isue pun seru … Ini biasanya ditiupkan oleh mereka yang iseng … ingin menggoda sesama temannya … sekedar untuk menakut-nakuti sesama mereka … (Hah sempet-sempetnya ngerjain temen …).

 

Biasanya ditahun-tahun yang dulu, mereka yang akan di rotasi, dipanggil one on one bicara dari hati ke hati.  Namun sekarang berbeda … list nama dan posisinya ditutup rapat-rapat oleh Petinggi mereka … Tidak ada yang bisa berspekulasi …  Dan memang sebagai karyawan yang bertugas di dept Field Marketing … mereka mempunyai requirement untuk selalu siap dipindahkan kemana saja ke seluruh Indonesia. (Seperti ABRI ya …)

 

Pengumuman tidak dilakukan di ruang meeting … tapi di restoran yang ada di hotel tempat kami semua menginap … ada hiburan orgen tunggalnya segala.  Acaranya rileks.  Makan malam, gembira, nyanyi spontanitas … baru kemudian PENGUMUMAN …

Eng-ing-eng … Aku lihat wajah mereka mendadak tegang.  Tak lagi cewawaan seperti tadi.

 

Dan YA … ketika nama-nama itu diumumkan … Ada banyak ragam reaksi … Ada teriakan gembira, tepuk tangan, tertegun, kasak-kusuk, sedih, kaget … utak utik HP mengabari keluarga dirumah … dan sebagainya …

 

(BTW Ada beberapa mantan traineeku yang di promosikan dan menempati posisi yang baru )(Ya … ini adalah the momment of truth ku sebagai seorang Trainer …)(Momentum yang selalu membuat aku merasa ”ada”… merasa ”berarti” … )(Ahhh ex trainee-trainee ku itu … semoga kalian sukses selalu … aku terus mendoakan mereka … )

 

Kalau aku perhatikan … yang tersenyum gembira biasanya adalah … mereka yang di rotasi ke kota kampung halamannya, ke kota besar atau … ke Kantor pusat.

Yang bersedih dan tertegun adalah … mereka yang dirotasikan bukan ke area preferensi mereka, di rotasi jauh dari kampung halamannya, ke kota yang relatif ”berat” dan juga ke … Kantor pusat … (Lho kok bisa ??)

 

Ya sodara-sodara … Ternyata tidak semua orang happy di rotasi ke Kantor Pusat … !!! 

Padahal jabatan barunya di HO pun strategis dan tak kalah penting …

 

(BTW … Ini bukan seperti di Instansi tertentu dimana oknum yang ”bermasalah” biasanya dipindahkan or ”disisihkan” ke HO dengan memangku jabatan yang ”kurang strategis”)

(Perusahaan kami … sama sekali TIDAK  memberlakukan sistem seperti itu …)

 

Mungkin ada pembaca yang tau … mengapa kok beberapa dari mereka justru sedih kalau dirotasikan ke Kantor Pusat … ???!!!

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

25 tanggapan untuk “ROTASI

  1. mmmmmh…mungkin karena menentukan decision yang terbilang susah om, belum lagi direct mereka yang belum jadi HO ditingkat daerah…yang kerjanya terlalu nyantai..sementara yang underpresure HO pusat…bener nggak ya..?(tetep Pakde OON)

    Terus saat rotasi kemaren om..sempet ngabarin keluarga juga kan? yaminimal ada kabar bagus buat mereka…( ada pakde ada)

  2. Kalau di pusat meskipun jabatannya strategis, tapi di atas mereka masih banyak bos lain.
    Kalau di area, mereka orang tertinggi yang menentukan hidup matinya area.
    Jadi kepala ayam tentu lebih enak daripada ekor kambing. Kalau paha sapi, mungkin pikir2 juga sih…
    He he…

  3. Biarpun raja kecil, tapi di daerah kan seperti Raja. Tangannya sakit (karena ga kuat bawa tas, lha tasnya dibawain sopir atau bawahan), mobil tak berpintu (lha tak pernah buka pintu mobil, karena udah dibukakan sopir), juga semua ruangan kantor tak berpintu….ini gurauan teman2 cowok lho….tapi benar kan???

    Dan di daerah kan jarang ketemu bos, hanya sesekali ditelepon..kalaupun bos berkunjung ke daerah pasti diberitahu lebih dulu, upacara sambutan dapat dipersiapkan, kalau bos banyak tanya bisa belajar dulu.

    Di Kantor Pusat? Bos marah, kita dipanggil…kena marah. Kalau dipanggil mendadak, tak ada alasan berkelit…dulu di kantor alasannya lift lama ( biar bisa sambil baca2 dulu), akhirnya BoD tahu, kalau penting, bawahan dijemput oleh Satpam, naik lift khusus Direksi…..hahaha…..

  4. mereka yang takut di pindah ke kantor pusat:
    1. pikirannya masih bercabang tidak memusat
    2. kemampuannya cuma bisa cibang cibung di kantor cabang
    3. mentalnya masih kaya kecebong di kolam cabang
    4. keberaniannya masih kuncup kaya bunga kecubung
    5. wawasannya masih keiket kaya bacang isi daging
    6. pengalamannya paling cuma sampe cibeng
    7. mukanya pasti bukan muka pusat, …??? itu sih pucat
    8. treiningnya belum pernah sama om nh18

  5. kali HO gak bisa sebebas kantor cabang kali om.
    tapi kalo di project neng kemaren pengumumannya bukan lagi rotasi, tapi de-mobilisasi, hehehe.
    reaksinya sama semua, terdiam!
    ah, tapi kita memang udah menyadarinya dari jauh2 hari.
    kali ini kayanya cuma bisa menikmatin aja apa yang ada.
    katanya, kalo sabar kan rejekinya makin ditambah, bener kan ya om?

  6. Rotasi selalu jadi momok sebagian orang
    sudah mapan dan nyaman di tempat lama
    takut memulai ditempat baru
    Apalagi jika tempat yang baru itu punya persaingan yang lebih ketat, tempat yang baru itu tidak sesuai dengan harapan, ataupun tempat yang baru itu tidak sesuai dg remunerasi yang ditawarkan….

  7. Mmmm mungkin ada sebagaian takut kehilangan suasana nyaman di tempat sekarang yaa walaupun ke kantor pusat ato mungkin mereka udah pada memiliki ikatan batin ma kota bogor,om

    Uhhh kota angkot. mmm besok senin aku juga pulang ke Bogor nich 🙂

    Apa kabar,om??
    Sehat khan??

  8. Rotasi merupakan hal yg wajar dalam suatu perusahaan atau organisasi.

    Yg terkena rotasi musti berpikiran positif aja. Karena Rotasi yg saya tahu selain merupakan promosi juga untuk penyegaran, agar tdk jenuh dalam bekerja..

    Hehehehehehe

    Semoga sukses

  9. Wah Pak Trainer.., kondisi ditempat aku bekerja kurang lebih mengalami hal yang sama tuh. Bakal ada rotasi, mutasi dan promosi 31 Desember nanti.Banyak yang deg-deg plez menjelang hari H-nya.

  10. Dear All …
    Terima kasih atas komentar-komentarnya …
    Kalau boleh aku sedikit menganalisa … sebagian besar komentar yang diberikan memang merefleksikan mengapa kok sebagian dari mereka agak “enggan” di rotasi ke HO
    1. masalah otoritas … artinya mereka beranggapan lebih baik jadi Sopir di Area … dari pada jadi Kenek di HO

    2. masalah “kenyamanan” mungkin mereka sudah menyekolahkan anak-anaknya di kota asal … (walaupun ada paket relokasi tetapi tetap saja merepotkan …)

    3. bisa saja ada beberapa fasilitas fungsional di area tidak lagi mereka dapatkan ketika mereka di pindah ke HO

    Itu saja
    Sekali lagi terima kasih atas komentarnya yaaa …

  11. Mungkin karena Kantor Pusat letaknya jauh dr rumah, jadi mau sepagi apa berangkat dr rumah?? hehehe..
    soalnya sy juga sedih kalo sampe dipindah ke kantor pusat, mendingan di unit yang deket rumah. Se-kesiangan2-nya ga telat2 banget lah. Gitu kali om…

  12. Pengalaman bekerja dulu…
    Memang lebih enjoy bekerja pada unit terkecil..
    Bebannya lebih ringan… hanya ngurusin daerah yang berhubungan dengan daerah kita saja..
    Tpai kalo pusat… semua daerah kita yang urusi

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s