Diposkan pada ARTIKEL, TRAINER KECIL

PENISILIN


 –

Ini nama obat.  Antibiotik sepertinya.

Aku bukan ahlinya.  Tapi penisilin ini adalah sebuah nama obat yang terus terekam di kepalaku sampai sekarang.  Obat ini berguna (salah satunya) adalah untuk mencegah infeksi karena luka.

 

Mengapa Penisilin ini sedemikian tertanam di kepalaku ???

Aku punya pengalaman ”jelek” dengan jenis obat ini.

Tahun 1973-an … aku masih SD.  Masih senang-senangnya bermain perang-perangan di halaman rumah orang.  Asik sekali sodara-sodara … nyusup sana … nyusup sini … ramai-ramai dengan teman-temanku.  Lari sana … lari sini …

Namanya juga anak kecil … kadang kalau sudah semangat bermain … suka lupa memakai sandal … Akhirnya suatu ketika kakiku tertusuk pecahan beling.  Bekas semprong lampu teplok yang dibuang di onggokan sampah kebun tetangga. 

Luka … berdarah … tentu segera dikasih obat merah …

 

Selesai kah ??? …

Ternyata TIDAK … kakiku malah bengkak sodara-sodara … Ibu tentu panik.   Aku dibawa berobat ke poliklinik terdekat.  Aku disuntik Penisilin … katanya supaya tidak infeksi.

Namun beberapa saat kemudian … tiba-tiba saja … kupingku berdenging … mataku panas dan berkunang-kunang … aku limbung … badan terasa melayang … tak sadarkan diri.

 

Ibu tambah panik … dokter dan paramedis pun tak kalah kagetnya …

Akhirnya segera aku disuntik lagi … dua kali bahkan …

Aku berasumsi … suntikan kedua adalah suntikan penawar penisilin itu … dan suntikan ketiga adalah … suntikan untuk menggantikan fungsi dan tugas yang semestinya di emban oleh si Penisilin tadi …

 

Alhamdulillah … kondisiku pulih kembali.

 

Dan sejak saat itu … ada doktrin yang ditanamkan erat dibenakku.  Dokter wanti-wanti padaku dan keluargaku …

NH ini alergi Penisilin  sekali lagi … alergi Penisilin … !!!

 

Dan akhirnya … setiap aku berobat ke klinik, ke rumah sakit atau ke dokter … karena sakit apapun … aku selalu bilang ke dokternya … (bahkan sebelum dokter melakukan diagnosa apa-apa) :   ”Dok …saya alergi penisilin lho …!!!”

Aku tak peduli sakit apa … pokoknya sudah di program … di default … jangan pernah lupa bilang di awal kunjungan … catat baik-baik di rekam medis …  ”Dok … saya alergi penisilin …”  

(sakit panu sekalipun … )

 

Benar-benar Trauma sangat aku … !!!

 

(Saking parnonya … ketika anak-anakku berobat ke dokter pun … aku selalu bilang … ”Dok saya alergi penisilin dok ..”).  (yaaaa siapa tau saja alergi ini menurun ke anak-anakku… )

 

(Para Pak Dokter dan Ibu Dokter … aku akan senang sekali jika ada yang sedikit bisa menerangkan mengenai hal ini …)(tentu dengan bahasa awam ya Dok …???)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

25 tanggapan untuk “PENISILIN

  1. aku itu alergi… debu dan getah buah-buahan
    tapi untung ngga pernah alergi obat.
    Ada tuh yang alergi obat bius… jadi kalo mau operasi susah. ntar dibius ngga bangun-bangun lagi kan?

    kalo alergi penicylin, musti periksa juga jangan-jangan alergi dengan semua yang cylin cylin loh. mending diperiksa aja.

    ati-ati juga kalo lagi cycling ya mas hihihi
    (jangan jatoh gitchuuu)

    EM

  2. penisilin…? hmmm.. gini pak, penisilin itu adalah…. jyaaah, gak mungkinlah aku yg nerangin, secara bukan dokter, hehehe…. ayo bapak/ibu dokter, tolonglah jelaskan kepada bapak ini, agar penisilin tidak menghantui beliau lagi sepanjang masa… (sstt.. aku juga pengen tau lho, hehehe…)

    alhamdulillah, aku tidak punya alergi obat apa2, sehingga gak pernah mengawali pembicaraan dg dokter soal alergi obat, yg ada malah dokternya yg menanyakan setiap kali mau menuliskan resep…

  3. penicilin tuh.. setahuku anti biotik yang ditemukan alexander fleming .. that’s all

    berarti waktu ngobatin bisul tdk pake penicilin dong on NH

  4. Penisilin yaa..?
    Begini… Itu coba, jangan ribut dan duduk yang manis dulu semua..!!

    Hm.. udah duduk semua dan hening…

    Bentar ya, jangan kemana-mana, saya panggilkan Bu Dokter dulu… karena saya cuma suaminya Dokter..

    Huuuu… *Kabuuurrrr.. sebelum disuntik penisilin..!!*

  5. Penisilin adalah antibiotik golongan beta laktam om.. klo om alergi penisilin, bisa juga alergi dengan antibiotik lain yang juga turunannya beta laktam ini kayak amoxycillin dan juga atibitiok golongan cephalosporin yang mempunyai struktur mirip seperti penisilin

    1. Nah tuh.. penjelasan si Uni baru bener…

      Tapi aku kok baru denger ada orang Ambon bernama Laktam. Mana sekarang udan banyak lagi turunannya yaa.. Apa Beta yang mungkin kuper yah..? Beta belum pernah sampai ke Ambon sana sih jalan2nya.. Jiakakak.. :mrgreen:

      *Om Trainer, Beta jangan diPRITAkan yah.. ini kan Beta cuma buat komen, bukan penghinaan dan pencemaran nama baek… 😀

      1. Hahahahah …
        Akan tetap aku perkarakan …
        Sebab … Mas Nug telah melakukan kebohongan publik … dan perbuatan yang tidak mengenakkan …

        huahahha

    1. bener mbak…daku juga langsung pikir begitu kok. Trus sempat bingung, Raja Singa itu disebabkan bakteri atau virus. Dan setelah cari memang Sipilis itu krn bakteri sednagkan yang virus itu herpes. Karena penisilin => antibiotika => melawan bakteri…
      (Sambil nunggu bu dokter yang lebih ahli…)

      EM

  6. Saya selalu mencatat, obat apa aja yang membuat alergi.
    Dulu saya tahan segala macam obat, namun bertambah umur rupanya semakin sensitif…dan sejak usia kerja, saya tak tahan penisilin (mata jadi bengkak).

    Alergi terhadap obat ini berbahaya, dan dokter hanya tahu kalau kita memberitahunya.

  7. saya juga punya pengalaman yang sama tentang penicilin sewaktu masih kecil ibuku selalu mengoleskan penicilin bila terluka dan memang cepat kering dan sembuh.

    kunjungi blog aku ya

    salam

  8. Ya olooooh ooom. tok tok tok ooooom.
    Alergi juga tooooh. Tar aku cari dokternya dulu… biar bisa jelasin sama si Omkuh. Sumpah Om, aku koq baru tahu ada yang alergi terhadap penis ilin. (jiakaka) koq baru cerita sekarang si Om. (ditimpuk)

  9. Balik lagi.

    Tapi masih beruntung om ya…. jaman itu belum jamannya curhat lewat e-mail. jadi ya… nggak ada yang mengadukan kasusnya. jiakakak.

    Masih ngebayangin kalau bertemu dengan siapapun, si Om selalau bilang begini: ” Hi saya NH18 senang bertemu anda. Saya alergi Pinisilin loh pak/buk.” catet ini defaultnya. Pizzz om Pizzzz

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s