Posted in NGEBLOG

THE NINE FROM “ENLIGHTENING SAPPHIRE”


.logo9

Ini adalah beberapa postingan berkesan yang ditulis oleh teman-teman saya.
Setiap tahun saya memang berusaha memilih sembilan postingan berkesan yang sempat saya baca di tahun kemarin.  Kriteria postingan berkesan menurut selera subyektif saya adalah postingan yang informatif, inspirasional, menyentuh, simple, apa adanya dan kadang … lucu menghibur.

Karena teman saya semakin banyak, maka saya sajikan postingan-postingan berkesan tersebut secara serial … dibagi menjadi beberapa kelompok.  Ini sudah kelompok yang ke tujuh.

Sebut saja kelompok kali ini adalah  … THE NINE FROM “ENLIGHTENING SAPPHIRE”

1. Pak Neck
Necky Effendy tinggal di Tangerang Selatan.  Tempat tinggal Pak Neck ini relatif dekat dengan rumah saya.  Bahkan anak kita pun sedang (dan pernah) bersekolah di tempat yang sama.  Tulisan Pak Neck ini banyak membahas mengenai hal-hal yang terjadi di sekitar kita.  Ada suatu masa dimana pak Neck aktif di milis rombongan pengguna kereta.  Namun demikian kali ini saya akan memilih salah satu postingan Pak Neck yang berjudul “NOW AND THEN”.  Postingan tersebut diikut sertakan dalam lomba Bunda Yati. Saya terseyum melihat foto yang ada disana.  Dan saya rasa, anda pun akan demikian adanya.  Kalau tidak percaya lihat saja postingan tersebut.

2. Om Arman
Arman Tjandrawidjaja, Blogger Indonesia yang bermukim di Los Angeles, USAPemain keyboard dan sekaligus pencipta lagu yang handal.  Banyak menulis mengenai keluarganya.  Ada satu postingan yang (jujur) sanggup membuat saya begitu terharu.  Saya tidak punya anak perempuan, tetapi dari tulisan Om Arman ini, Saya jadi mengerti bagaimana rasanya mempunyai anak perempuan.  Judul tulisan tersebut adalah … ON HER WEDDING DAY” Disana Om Arman menuliskan pergulatan perasaan seorang Ayah, bilamana nanti … suatu saat nanti … Putri kesayangannya disunting pria pilihannya.  Saya coba terjemahkan salah satu satu kalimat yang begitu menohok disana … “Suatu saat nanti, Kau memang akan menemukan Pangeranmu …  namun kau akan tetap selalu menjadi … “My Princess”

3. Pak Mars
Marsudiyanto dari Kendal.  Guru matematika di sebuah Sekolah Menengah Umum.  Tulisannya selalu singkat, namun smart.  Pak Mars dikaruniai talenta kecerdasan “olah bahasa” yang luar biasa.  Saya menyebutnya “language gym”.  Senam Bahasa.  Guru Matematika yang bisa mengajarkan bahasa dengan cara yang sangat fun.  Baik bahasa Indonesia maupun bahasa HTML.  Namun perkenankan kali ini Saya memilih satu postingan yang menggelitik dari pak Mars, yang berjudul “AFGAN NGEBLOG”.  Judulnya nyleneh banget kan ?.  Mengapa saya memilih yang satu ini … karena saya kurang begitu memahami cara berfikir “komunitas” yang satu itu (qiqiqi).  Komunitas yang mana ? Baca saja tulisan Pak Mars itu.

4. Uda Ded
Dedy “Rajo Bagindo” Herdian, asal Padang dan sekarang bermukim di Jakarta.  Uded banyak menulis mengenai perjalanan beliau ke manca negara.  Tulisan beliau bisa kita jadikan referensi jika ingin berkunjung ke suatu negara.  Tidak jarang Uded juga menulis pengalaman perjalanan domestiknya ke beberapa wilayah di Nusantara.  Salah satu yang menarik perhatian saya adalah yang satu ini : “SI BRO DI TITIK NOL INDONESIA”
Kisah seekor hewan, yang ada di sekitar Tugu Nol Kilometer di Sabang, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.  Ujung paling barat Indonesia.  Jujur … Saya tertawa sepanjang postingan.  Kok bisa ya ada hewan tersebut disana.  Siapakah si Bro itu ? Sila berkunjung ke Blognya Uded …

5. Pak Ies
Sebut saja Pak Ies, pemilik blog Djangkies, pedagang pasar yang bermukim di Blitar.  Jika Pak Ies membaca postingan ini, saya yakin beliau pasti tau postingan mana yang akan saya pilih sebagai postingan berkesan.  Ya betul pak, tulisan Pak Ies yang berjudul “PERILAKU UNIK JAMAAH HAJI DAN UMROH DI TANAH SUCI MEKAH”.  Saya tidak bermaksud lebay tapi jujur saja ketika kami melaksanakan ibadah Umroh, Saya mencoba untuk membekali diri dengan referensi sebanyak-banyaknya agar kami tidak salah dalam melaksanakan ibadah tersebut.  Dan percaya atau tidak tulisan Pak Ies ini sengaja saya print dan saya bawa sebagai bahan bacaan ke Tanah Suci.  Tulisan tersebut sungguh membantu saya untuk tidak berperilaku bid’ah, atau berlebihan di Tanah Suci.

6. Pak Indra
Indra Kusuma Sejati. Sang Ejawantah Wisata dari JakartaIsi blognya hanya satu macam.  Yaitu tentang wisata.  Pak Indra sangat konsisten menulis tentang hal yang satu ini.  Ada satu tulisan berkesan dari Pak Eja, yaitu tentang : “MENELUSURI JEJAK SEJARAH MENARA BANDARA”.  Menurut saya tulisan ini sangat surprising.  Ini sebuah sejarah yang mungkin kita telah melupakannya.  Cerita tentang sebuah bandara yang mempunyai peranan penting dalam perjalanan sejarah penerbangan komersial di Indonesia.  Bandar Udara Kemayoran.  Sekarang tempat ini telah berubah menjadi kawasan expo/pameran besar.  Dan juga perkampungan penduduk.  Pak Indra menyajikan bekas Menara Bandara yang sekarang sudah terbengkalai. Lengkap dengan foto orisinalnya.

7. Uztadh Azzet
Akhmad Muhaimin Azzet asal Jombang, tinggal di Yogya.  Seorang penulis yang sekaligus juga penggiat pendidikan, khususnya TPA.  Uztadh punya beberapa blog.  Saya ambil postingan berkesan dari salah satu blognya, yang berjudul “BELAJAR MEMAKAI SARUNG”.  Saya masih ingat betul postingan berfoto tersebut.  Foto itu diikut sertakan dalam event of the year “Potret Lelaki dan dunia Anak-anak” (by Dey, Nchie dan Bli Budi).  Foto ini sangat simpel.  Mengajak anak-anak untuk belajar memakai sarung.  Sesungguhnya Uztadh Akhmad memberi teladan pada kita, bahwa kecintaan pada anak-anak itu bisa dipraktekkan dalam bentuk yang sederhana saja … tidak perlu yang muluk-muluk … salah satunya adalah dengan mengajari mereka memakai sarung !.

8. Uda Vizon
Hardi Vizon, lelaki Minang yang santun.  Sekarang bermukim di Yogyakarta.  Uda sahabat lama saya.  Kami sudah beberapa kali bertemu.  Bahasa Uda Vizon ini selalu mencerahkan.  Ringan saja.  Tapi kita bisa mengerti apa yang beliau maksud.  Beliau selalu mengkampanyekan pemberdayaan peran Ayah di dalam pendidikan keluarga.  Hal ini berawal dari keprihatinan beliau akan banyaknya Ayah yang melepas begitu saja urusan pendidikan anak-anaknya kepada para Ibu.  Tulisan beliau juga selalu menentramkan hati … salah satunya adalah yang ini “DAMAI ITU, DI RUMAH”.
Dengan membaca postingan tersebut, saya yakin para pembaca akan bisa merasakan kecintaan yang kental seorang Ayah kepada keluarganya.  … Aku merasakan istirahat yang sesungguhnya bila sudah berada bersama istri dan anak-anakku tercinta …”.

9. Pak De Cholik
Abdul Cholik, asal Jombang sekarang bermukim di Surabaya.  Tidak usah saya tulis lebih jauh siapa beliau.  Karena saya percaya semua blogger di lingkaran pertemanan saya mengenal dengan baik siapa Pak De Cholik ini.  Konsistensi menulisnya sudah tidak diragukan lagi.  Beliau mengelola banyak blog.  Beliau menulis banyak hal.  Namun ada satu hal yang selalu saja berhasil mencuri perhatian saya.  Saya selalu terkesan jika beliau bercerita tentang Emak.  Kecintaan dan rasa hormat pak De Cholik terhadap “Panglima Besarnya” itu melebih segalanya.  Salah satunya dapat anda lihat di postingan yang satu ini “PELUKAN PERTAMA SEORANG PERWIRA REMAJA” Postingan ini sanggup membuat saya terharu. Wujud bakti seorang anak kepada Emak kesayangannya.

Jadi demikianlah sembilan postingan yang saya anggap berkesan dari beberapa sahabat saya.   THE NINE FROM “ENLIGHTENING SAPPHIRE”

Semoga di masa-masa yang akan datang, kita semua bisa saling mencerahkan satu sama lain, dengan tulisan-tulisan yang kita terbitkan.

Mari cerahkan hidup kita … !

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

63 thoughts on “THE NINE FROM “ENLIGHTENING SAPPHIRE”

  1. Dari ke sembilan sahabat2 Om ini, pernah beberapa yang saya sambangi sbg silent reader, namun beberapa juga sering meninggalkan jejak…

    Bapak2 di atas memang tulisanya selalu mencerahkan…bukan saja buat para Bapak tapi juga bagi para ibu🙂

    Salam saya Om..

  2. Terima kasih Om telah memasukkan tulisan saya sebagai salah satu yang memberikan kesan dan kemanfaatan selama Njenengan di Tanah Suci. Ini benar-benar memberikan suntikan positif bagi saya dalam menulis walopun masih banyak yang sederhana

    1. sama-sama Pak Ies …
      Dan saya yakin ada orang yang lain juga yang mengambil manfaat dari tulisan-tulisan Pak Ies
      Justru di kesederhanaan Pak Ies itulah letak kekuatan tulisan Pak Ies…

  3. Memang para terpilih itu postingannya unik banget. Pak Mars memang khas dengan gayanya yang pendek tapi jitu. haha, saya tertawa sehabis membaca aafgan ngeblog. Salut Om atas ketelitiannya menelisik postingan sobat narablog🙂

  4. Om.. Terima kasih banyak atas apresiasinya ini..
    Sungguh, ini tidak sederhana sama sekali. Ini luar biasa rasanya..
    Dan Om tau tidak, bahwa bagi saya, postingan “the nine” ini adalah salah satu tema terbaik dalam blog The Ordinary Trainer. Hanya Om yang bisa begini, membangun silaturrahmi dan terus menjaganya dengan berbagai cara.. Sekali lagi, terima kasih Om.. Saya sangat tersanjung..🙂

  5. Saya merasa punya hutang yang tak sanggup saya bayar kepada Om NH, karena setiap tahun saya selalu merasa sangat tersanjung degan ulasan-ulasan Om.
    Jujur, ketika Om mulai memposting ulasan-ulasan tahunan, hampir setiap hari juga saya selalu ngintip blog ini.
    Apakah nama atau postingan saya tertulis ?

    Diantaranya yang saya catat adalah :
    – 12 Desember 2010, ulasan tahunan Om NH tentang “NINE FROM THE GENTLEMEN #2”, salah satunya terhadap postingan saya berjudul “TANGERANG”.
    – 14 Januari 2011, ketika Om memuat postingan saya di blog ini tentang “Bebek yang Kesepian”.
    – 19 November 2012, ulasan tahunan Om tentang “THREE COMMENTS OF JANUARY 2012”, salah satunya adalah komentar saya.
    – 15 Januari 2013, ulasan tahunan Om tentang “THE NINE FROM THE BLACK LIONS”, salah satunya adalah postingan saya berjudul “FORMULIR DUKUNGAN ORANG TUA”.
    – Dan 14 Januari 2014, ulasan tahunan Om tentang “THE NINE FROM ENLIGHTENING SAPPHIRE”, salah satunya adalah postingan saya berjudul “SI BRO DI TITIK NOL INDONESIA”
    Terima kasih atas apresiasi Om yang tidak ternilai bagi saya.

  6. wah…om enha emang top markotop….seorang trainer sejati yang mencoba selalu melakukan observasi terhadap lingkungan sekitar serta kawan2nya. saya selalu merasa tersanjung apabila termasuk the Nine yang beliau sematkan kepada para penulis blog. Sebuah cara unik dalam mengapresiasi terhadap orang lain yang tidak bisa dinilai dengan uang. Cara terbaik menjalin silahturahmi dengan indah. Terima kasih om enha, semoga selalu muncul ide2 yang luar biasa dan bisa memberikan inspirasi kepada orang lain. Satu lagi om….minggu depan saya mencoba menjadi trainer untuk pertama kalinya (walaupun utk internal…semoga bisa mengikuti jejak om enha)

  7. Beliau-beliau blogger dengan karya menyentuh yang mencerahkan, menjadi bagian dari panutan saya belajar ngeblog. Sowan ke rumah beliau ah, Terima kasih Dhimas NH tuk apresiasi persahabatan kerennya.

  8. wauw.. nama-nama yg sudah top di dunia blogger…😀

    ohya idenya Om NH boleh juga nih, posting Pak Ies yg itu memang lengkap sekali… mungkin suatu hari Allah kasih kesempatan saya utk kesana juga Om… nanti saya print juga aah, insya Allah😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s