SANGIT


.

Tau sangit ?
Setau saya ini bahasa Jawa …
Sangit adalah bau gosong.  Bau yang ditimbulkan dari makanan atau masakan yang dimasak terlalu lama.

Ada apa dengan sangit ?
Hari ini 6 September 2011
Di Kantor saya ada sedikit keributan kecil …
Tercium bau sangit … beberapa karyawan berpandangan satu sama lain sambil mencari sumber bau tersebut.
Satu dua orang yang sedang meeting di ruang meeting pun keluar ruangan, menanyakan kepada Satpam.  Ada apa ?.  Mereka mungkin mengira ada kebakaran atau yang sejenisnya.

Memang bau sangit itu sangat keras sekali sodara-sodara.
Kebetulan ruangan kerja kami (saya bersama 2 orang teman) berada di pojok.  Mungkin mekanisme sirkulasi udara diruangan kerja kami,  membuat Bau di ruangan kami itu menjadi seakan semakin keras dan tidak hilang-hilang.  Menyesakkan.  “Mbulek” ndak keruan.

Darimana asal bau itu ?
Dari Microwave sodara-sodara !!!
Rupanya ada seseorang yang ingin menghangatkan cookies (entah cookies apa kok sedemikian pentingnya sampai perlu dipanaskan segala).   Menurut keterangan, kudapan tersebut sebetulnya cukup dipanaskan 10 detik saja … namun oleh seseorang tersebut Microwave disetel satu menit.  Jadilah kudapan tersebut mengeluarkan asap … dan menimbulkan bau sangit yang tiada terkira …

Saya tidak bermaksud lebay …
Memang sudah sering bau sangit keluar dari microwave di pantry kantor kami.   (yang jaraknya hanya beberapa langkah dari meja saya).  Karena memang kita, para karyawan bisa menghangatkan makanan yang kita mau disana.  Self service.  Saya sudah terbiasa mencium bau-bauan dari masakan jika ada yang memakai microwave tersebut.  (entah masak mie instant atau memanaskan makanan lainnya)

Namun bau sangit kali ini … sungguh luar biasa. 
Luar biasa mengganggu … !!!
Mbulek tenan … !!!

Mudah-mudahan alarm pemadam kebakaran tidak bunyi …
Yang saya butuhkan sebetulnya adalah … Alarm Penawar Bau Sangit …  hahaha …

Cookies oh cookies … sebegitu pentingnya kah dirimuh … sehingga perlu dipanaskan kembali !!!

Salam saya

.

.

(sampai saya menulis postingan ini … bau sangit itu belum hilang !!!)
(dan sepertinya selera makan siang saya menjadi raib entah kemana)
(doooo segitunya …)

.

26 thoughts on “SANGIT

  1. waduh, kalau cookies biasanya malah tidak enak kalau dipanaskan. Kok iseng ya?

    Kalau aku pernah kejadian di rumah. Microwave ku kan bahasa Jepang, lalu ada mhs yang jagain Riku waktu bayi, mau memanaskan daging untuk makan siang, dia salah pencet. Maunya 20 detik dia tekan 20 menit…. dan dia tidak tahu bagaimana menghentikannya. Untung tidak kebakaran aja hihihi. Tentu saja daging itu tidak bisa dimakan. Dia minta maaf, tapi aku sih lebih khawatir dia makan apa, daripada soal microwave atau dagingnyanya😀

    EM

  2. Sungguh, bau sangit yang eyleikhan ya Om? Hahaha…😀

    Barangkali cookies itu pemberian seseorang yg istimewa di moment yg istimewa juga Om, sehingga dibelai-belain deh dipanaskan lagi pake microwave🙂

  3. wahh enak yach di kantor om ada microwave…jadi bisa sering2 bawa makanan dr rumah trs dipanasin lg di kantor…..

    tapi yang make microwave itu siapa om? ketahuan ngga orangnya hehehe…….

    tapi emang enak om makan kue yang baru mateng…masih panas2 gitu…rasanya kayaknya lebih nikmat..apalagi makan kue bolu yang baru di angkat dari microwave…kalo aku pribadi lebih emnikmati kue yang masih panas…..

    cuma teman om yang tadi krna kelamaan manasinnya jd gosong deh kuenya…rasanya juga jd ngga enak……dan bikin yg lain jd ngga selera makan heheh…

  4. Haaa haaa haa haa
    Drama dah drama
    *di jitakk inyiak*
    Aku juga di kantor selalu manasi makanan sama microwave,,
    Makan siang biasanya,, kan mama selalu bawain bekal,,

    Manasinya cuma 5 menit gak tahu dah itu bener apa salah,,

    1. biasanya kalau untuk panasin makanan yang bukan dari freezer max 2 menit inon! Malah kadang 1 menit cukup (tergantung microwave brp watt). 5 menit itu jagung mentah bisa mateng😀

  5. selain baunya apakah makanannya juga suka kebagian om?:)
    saya pernah om,maksud hati memanaskan donat untuk sarapan tapi lupa setting timer di mircowave alhasil donatnya keras tidak bisa digigit, yo wis dibuang🙂

  6. hihi, memang ya pak, bau gosong itu sama parahnya dengan bau sangit~:mrgreen:
    semoga baunya lekas hilang deh~😀 lekas hilang deh~😀

  7. Bukan walang sangit, toh?😀

    Itu sungguh berbahaya, ya Om. Untung saja saat jam kantor, jadi ramai, dan banyak yang sadar. Kalau lagi sendirian, lembur misalnya, dan terjadi seperti itu ketika si biang kerok ke WC, bisa2 kebakaran.😦

  8. He3x saya ingat waktu sekolah di Ausatrali Om, tinggal di Apartement semua peralatan lengkap seperti microwave, mesin cuci piring, kompor gas 4 tungku, mesin cuci, pengering pakaian dll.
    Pertama kali menggunakan microwave untuk masak nasi, airnya sudah kering tapi nasinya masih mentah, terus pernah juga memanaskan nasi, nasinya keras seperti batu. Bakar kentang, karena waktunya kelamaan kentangnya jadi kisut dan kering….

  9. kalo saya pernah punya pengalaman “mengesankan” dg walang sangit

    Waktu itu sdg jalan jauh…pingin buang air kecil, sdh ngampet berpuluh kilometer, namun belum juga menemukan SPBU sbg tempat pelepasan. Nah begitu ketemu langsung lari cari kamar kecil…

    masuk kamar kecil, tutup pintu, dan buka retsleiting… eh ternyata di situ bersemanyam segerombolan walang sangit. uah…bau sangat. Dan krn sdh menahan kencing sekian lama… akhirnya proses pembuangannya pun cukup lama… dengan ditemani aroma walang sangit dalam kamar kecil yang sungguh kecil, dan minim ventilasi

    baunya “theng-thengan” sangat… keluar kamar kecil sampai pusing…

    salam,

  10. Bau sangit memang nggak menyenangkan… bikin selera makan hilang.. Saya pernah masak nasi dulu waktu masih SMP, dan sangit! hehehehe.. rupanya api kompornya terlalu besar, jadi nasi cepat berkerak dan sangit untung masih bisa diselamatkan hehehe…

    Selama Idul Fitri Om… maaf lahir batin ya Om…

    salam..

  11. Bagu sangit biasanya dari nasi atau godokan telo oom
    Cokies apa tuh sampai dipanasin segala
    atau jangan2 njemur kaos kaki diatas MW, kaos kaki kan sangit juga sangit kalau 7 hari gak dicuci.

    Salam hangat dari Surabaya

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s