Posted in RENUNGAN

QS 20 ; 25-28


.
Setiap melakukan pekerjaan, kita dianjurkan untuk selalu berdoa terlebih dahulu.

Bagi umat muslim membaca ”Basmallah” adalah salah satu doa universal yang paling sederhana, yang biasa diucapkan untuk memulai suatu pekerjaan. Selalu memohon keridhoan dan pertolongan ALLAH … karena kita melakukan pekerjaan tersebut dengan nama ALLAH yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dan seperti diketahui bersama … biasanya ada pula doa-doa khusus untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Antara lain : mulai makan, mau tidur, bepergian, hendak masuk ke kamar mandi dan banyak lagi kegiatan lainnya.

Lalu pertanyaannya …?
Bagaimana halnya dengan memulai suatu Kelas Training ?
Ketika memulai suatu pemberian materi pembelajaran … atau menjadi fasilitator didalam kelas-kelas Training … Adakah doa selain Basmalah yang biasa saya ucapkan dalam hati ?

Jawabannya … Ada sodara-sodara …

Ini adalah doa Nabi Musa ketika akan menghadapi Raja Fir’aun yang terkenal kejam.
Doa ini tercantum dalam Surat Taahaa, Al Qur’an, surat ke 20. Ayat 25 – 28

Terjemahan lengkapnya kurang lebih adalah sebagai berikut …

”Dia (Musa) berkata : ”Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku” (25)
”dan mudahkanlah untukku, urusanku” (26)
”dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku” (27)
”agar mereka mengerti perkataanku” (28)

(maha benar ALLAH dengan segala firmanNYA)

Ini memang sama sekali bukan rapal ataupun jampi-jampi.
Ini adalah Doa penenang pribadi …
Yang memberikan energi bagi diri saya pribadi untuk menyampaikan atau memfasilitasi materi training dengan lebih baik, lebih bersemangat dan lebih berenergi …

Saya yakin, seyakin-yakinnya … ini bukan hal yang baru bagi para pembaca sekalian. Pasti para pembaca sudah mengetahuinya. Namun saya pikir tidak ada salahnya hal ini saya tuliskan kembali … sebagai pengingat untuk diri sendiri …

Have a nice day …

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

73 thoughts on “QS 20 ; 25-28

  1. sama Kek… Oyen juga mbaca ituh kalo ma ngisi training… biar dilancarkan lisannya, dan dimudahkan yang mendengarkan untuk memahami apa yang kita sampaikan…

    TOSS PLAK PLAK PLAK (mangap Kek, kena mukanya :mrgreen:)

  2. Sependapat Oom
    Ketika akan memulai suatu usaha,pekerjaan dan kegiatan yang positif ( ini bahasa GBHN dulu ya Oom) sebaiknya diniatkan untuk ibadah agar mendapatkan petunjuk dan bimbingan serta ridho dari Allah Swt sehingga hasilnya barokah.

    Lalu kita membaca Basmallah dan doa-doa lain sesuai syariat dan sunnah Rasulullah saw selaras dengan kegiatan kita. Dalam Islam sejak bangun tidur sampai mau tidur lagi memang tak sepi dari doa-doa, termasuk ketika akan berhubungan badan dengan pasangan syah, hanya kita kadang yang kurang open.

    Doa diatas kadang-kadang diucapkan secara lisan oleh beberapa penceramah padahal lebih sip jika disebut dalam hati. Mosok di lisankan didepan audience, padahal itu kan senjata andalan penceramah.

    Terima kasih atas pencerahannya.

    Salam hangat dari Surabaya

    1. happy birthday to you…happy birthday to you…
      happy birthday..happy birthday ya inyiak…🙂
      wish u luck and all the best…
      panjang umur,panjang rezeki, dan diberikan kesehatan selalu…
      tetap jadi the best trainer buat kita semua..(^_^)
      di tunggu traktirannya ya.. (^_^)

    2. slah online tadi pake namanya si bungsu..
      baiklah saya akan mengulanginya..

      happy birthday to you…happy birthday to you…
      happy birthday..happy birthday ya inyiak…🙂
      wish u luck and all the best…
      panjang umur,panjang rezeki, dan diberikan kesehatan selalu…
      tetap jadi the best trainer buat kita semua..(^_^)
      di tunggu traktirannya ya.. (^_^)

  3. segala sesuatu memang sebaiknya diawali dengan doa..

    doa di awal setiap aktivitas kita, sebenernya pekerjaan yaang ringan.
    namun bisa mendapatkan pahala yang berlimpah jika dilakukan secara kontinyu.

    karena Allah juga suka dengan ibadah2 ringan, tapi dilakukan secara berkelanjutan.

    1. selamat ulang tahun ya Om…
      biarpun jauh, gak bisa ngirim sup ke sana.. 🙂
      doa saya kirimkan khusus Om dan keluarga. Semoga di hari Ulang tahun ini Allah semakin sayang, memberikan perlindungan, barokah untuk selamanya… amin allahumma amin

      1. Amin mbak Anna …
        Doa yang sama juga saya panjatkan kehadirat ALLAH …
        semoga mbak Anna dan keluarga selalu diberikan perlindungan oleh NYA …

        Salam saya mbak Anna

  4. Ooommmm…… bacanya ntar dulu yaaaaa….

    Mo ngucapin selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin yaaa……
    Telat gak papa kan? Maklum, masih jadi ibu rumah tangga sejati hahahaha……

    Salam hangat

  5. Om… doa itu selalu saya baca di depan audiense setiap kali berceramah, dan disambung dengan doa berikut ini:
    رَبَّنَا زِدْنَا عِلْمًا نَافِعًا وَارْزُقْنَا فَهْمًا وَاسِعَا
    Ya Allah, tambahkanlah ilmu yang bermanfaat dan berikanlah pemahaman yang luas untuk kami

  6. karena aku punya penyakit demam panggung yang sangat kronis, maka doa itu juga aku baca sebelum mulai tampil, di depan anak SD sekalipun.. aku sll punya kekhawatiran mereka tidak mengerti perkataanku saking kakunya.😀

  7. Aku ingin tahu doa waktu ulang tahun mas. Carikan ya?😀

    Selamat ulang tahun ya mas NH. Semoga makin sukses, makin dewasa (uhuy), makin elekhan (loh kok), makin populer (ranking satu IM dan pemuja tambah banyak), makin semua yang baik-baik aja…. Tuhan memberkati.

    (Aku mau kasih hadiah black forrest + teh manis tapi jemput ke Tokyo ya? hihihi)

    18 September 2010
    EM

    1. Om… kami sekeluarga juga mengucapkan Selamat Ulangtahun…
      Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu…

      Nechan, kalau Om Nh gak mau blacforest-nya, buat aku aja, tapi anterin ke Kweni ya, hahaha…😀

  8. Dengan melihat fakta akan manfaat do’a, kenapa kita masih enggan melakukannya? Mungkin manfaat langsung tidak kita dapatkan, tetapi mungkin kita akan mengambil manfaatnya dikemudian hari, atau bahkan mungkin yang mendapatkan manfaat adalah saudara atau sahabat dekat kita.

    Ayo kita berbagi rasa bahagia dalam do’a.

  9. Do’a adalah senjatanya seorang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu Ya’la). Dengan senantiasa berdo’a akan menghadirkan energi baru, menambah stamina dan menenangkan batin dan jiwa.

  10. Oom, Kula ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa ingkang kaping 47.
    Kanti pandonga mugi Gusti Ing Maha Asih maringi panjenengan panyang yuswo.
    Linambaran kasugengan, kamulyan, karaharjan dalah kabegjan.
    Mugi oom sakulowargo cinelaken rejeki ingkang cekap, halal lan barokah,
    kosok wangsulipun tinebihaken saking bilai dalah sarusiku. Amin

    salam kulo saking Suroboyo

    1. Pak De …
      Terima kasih atas ucapannya …
      Saya juga berdoa semoga Pak De Sekeluarga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh ALLAH yang maha penyayang

      Salam saya Pak De

  11. Om, sejak tadi subuh saya sudah buka blog Om, nunggu posting ultah …. yeiiy, kok nggak ada. Yo wis, ngucapinnya di sini aja ya …

    “Selamat Ulang Tahun, semoga kebahagiaan, kesuksesan, dan rahmat Allah selalu menyertai Om Nh.”

    Nunggu-nunggu nih, setelah tambah usia, Om Nh masih suka pecicilan nggak ya … opps! maap Om … maksud saya, masih suka ngelucu nggak, gitu … *tepok jidat*

      1. Ammmiiinnn …
        Ammmiinnn..
        Saya masih tetep pecicilan … hehehe
        hawong itu kan Acting yang diperlukan
        hehehe

        Semoga Bu Tuti juga selalu diberikan ALLAH kesehatan dan kebahagiaan …

        Terima kasih ya Bu Tuti …

  12. Do’a ini juga cocok saat kita akan bertemu dalam suatu urusan yang sangat penting yang mengharuskan kita mengambil satu keputusan penting.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  13. Assalamu’alaikum,
    Tepat sekali doanya Om. Doa itu dibacakan Nabi Musa ketika ia ditugaskan Allah untuk menghadap Firaun. Sebelumnya Firaun ini melakukan pembunuhan terhadap anak-anak Yahudi karena menurutnya akan mengancam kekuasaannya. Sedangkan Musa as adalah seorang Yahudi. Untuk itu Allah menyuruh Nabi Musa membacakan doa tersebut. Dan denga tegar Musa as menghadap sang diktator itu. Sekarang doa ini sering dibacakan orang sebelum dakwah atau ceramah.

    Selamat Ulang Tahun Om, semoga tetap dalam ridha-Nya.

    Oh ya, link Om sejak kunjungan Om yang pertama ke tempat saya, sudah ditautkan di http://abdaz.wordpress.com/links/. Maaf tanpa sepengatahuan Om.

    Terima kasih.
    Salam.

  14. jadi teringat ingat pesan mamah.. (sambil berdendang) sebelum melakukan sesuatu harus berdoa dan sebelum berangkat kerja dan mulai kerja juga harus berdoa..
    terima kasih berbagi postingan ini Om, jadi saya diingatkan juga hehe..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s