OPLOSAN


 

19 Januari 2009

Berita Kilas Global, di Global TV, jam 10 malam …

Ada reportase berita dari Semarang …

Empat belas pemuda meninggal dunia

karena minuman oplosan.

 

Ya empat belas nyawa sodara-sodara …

Meninggal sia-sia … akibat ulah Bartender Jalanan …

Dan ini bukan satu-satunya kejadian

Banyak sudah kejadian serupa …

 

Aku tidak tau apa saja yang di oplos.

Yang menjadikan minuman ini sedemikian dahsyat efek merusaknya …

Sampai nyawapun ikut direnggutnya …

Telur campur Alkohol campur minuman kesehatan …

Entah apa lagi yang di ramu …

Lotion pengusir nyamuk kah ???

Spirtuskah … ?

Hah … entah seperti apa rasanya …

 

Aku pun tidak tau …

Mau menyalahkan sang Bartender Jalanan itu … ?

Mau menyalahkan para pemuda itu … ?

Mau menyalahkan Pemerintah … ?

Keadaan ?

Atau apa … ?

 

Mengapa …

Segelas Teh Panas Manis yang sesungguhnya nikmat sangat itu …

Tak cukup menenangkan mereka …

 

Sudah sedemikian galaukah hidup mereka ?

.

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

25 tanggapan untuk “OPLOSAN”

  1. cerminan masyarakat kita yg sedang sakit beh, stres krn mikirin sembako yang naik terus, BBM dan elpiji yg semakin susah dicari, sekolah biayanya setinggi langit, lapangan kerja ga ada. sehingga muncul pikiran-pikiran yg terlalu kreatif sehingga menimbulkan penyakit..akhirnya jalan sesat yg didapat

  2. bahan2 yang mungkin baik kalo diminum sendiri2 dijadikan satu menjadi berlebihan dan hasilnya bukannya baik kuadrat ato lebih tapi malah nggak ada hasil, lebih2 memakan nyawa…

    duuuh… aer putih aja dech… udah menyehatkan koq…

    ya kan Om… hehe

  3. Mereka kemungkinan sih nggak ingin menghabisi nyawanya sendiri, tapi ingin merasakan sensasi minumannya.
    Keinginan yang tak dilandasi pengetahuan cukup, menyebabkan kehilangan nyawa sia-sia

  4. Caya mending milih cucu om, enak di peyut kata emak menyehatkan…benel kan om?
    Nak NH…Maaf anak saya agak nakal…hik hik…sukanya minuman. [Kiding.com]

  5. Ah..
    Kebayang betapa ‘nggak habis pikirnya’ seorang NH18…
    Wong aku sendiri juga cuman geleng-geleng kepala aja, Om… ini terlalu konyol. Terlalu bodoh… *aduh, maaf… kalau udah urusan ini, kayaknya susah banget mo bilang, “Jangan judgmental, ah.. Kita kan nggak tahu gimana rasanya menjadi mereka…”

    *masih gumun dengan orang-orang itu… aduh, duh, duh!*

  6. sering saya temui komunitas remaja yang tidak jelas seperti itu pak….masalahnya sangat kompleks…sangat menyedihkan.
    Karena pendidikan dirumah,pengaruh pergaulan dan kekecewaan serta tidak pernah punya Model Contoh…untuk sebuah cita cita…PR kita bersama ya pak…

  7. di Barat wine diminum karena udara dingin. di kta ampe mabuk2 ga’ karuan, ga’ jelas, kadang skaing pengnya mabuk ya yg oplosan, mungkin juga dicampur minyak tanah, who knows….ga’ jelas..kasian ya..mereka ga’ ada kerjaan kali’…..siapa yang tanggungjawab ya…

  8. Udah om gak usah di pikirin…

    yang penting …sekarang gimana caranya kita mendidik..jagoan jagoan kita..yang ada 4 orang itu…

    ada 3 orang di rumah mu om…

    sama Tangguh di rumahku…

    Harus jauh jauh …dari yang begituan ya Om…

    Salam saya
    *ngikutin gaya om trainer,com*

  9. kalo dari pengalaman saya sih Om dari sudut pemuda itu kali ya..mmm..entah itu yang saya sendiri yang coba-coba pernah minum itu atau dari teman saya yang pernah minum atau bahkan demen banget minum tuh miniuman…menurut saya sih mereka minum itu karena pelarian aja om..jadi mungkin dulu seperti saya..saya dulu minum kayak begituan karena saya stress berat. banyak masalah yang dihadapi ma saya..pas itu di ajak temen, yaudah..sekalian aja puas-puasin..sampai kalo bahasa kerennya.. sampai dapet “JACKPOT” alias teler..
    tu emang realita hidup kali ya om..jadi emang nggak bisa dihindari…
    lam kenal ia Om..sukses buat blognya…^^

any comments sodara-sodara ?