Diposkan pada MY FAMILY, Si Bungsu

KEBIASAAN SI BUNGSU


(Tulisan ke Tiga dari Tiga tulisan …)

 

Sifat si Sulung sudah aku posting … Khasnya si Tengah juga sudah aku ceritakan.

Sekarang giliran si Bungsu … Si Bungsu masih duduk di kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah.

Apa kebiasaan dari Si Bungsuku itu ?

 

Kebiasaan #1 : Rapi …

Sekalipun dia paling kecil, tapi kamarnya (relatif) paling Rapi … Ya memang sebagian karena dirapikan oleh Mbaknya … tetapi dia juga turut merapikannya sendiri.  Dia pintar merapikan tempat tidurnya juga pajangan mainan-mainannya.  Dia akan ”nyolot” kalau mas-masnya (atau Ayahnya) mengacak-acak kamarnya.  Tulisannya pun relatif paling rapi.

 

Jika dia bermain Kartu Yu Gi Oh, Pokemon atau … bermain figurine boneka plastik super hero kecil-kecil,  sambil nyerocos ”nggremeng” mengarang cerita sendiri … Mainan atau Kartu itu … biasanya dijejer-jejer berjajar di tempat tidurnya … Dan sumpah … jika anda tarik garis lurus … maka jejeran kartu atau mainan itu akan membentuk satu pola / garis lurus yang Rapiiiii sekali … Lurus pren … Hahahaha …

 

Kebiasaan #2 : Disiplin …

Ada satu penyebab yang bisa membuat dia menangis.  Yaitu ketika kita sampai disekolah jam 07.05 … Terlambat Lima menit …  Hah dia pasti menangis … airmatanya mengalir … kesal … Menyalahkan kita-kita yang lelet tidak cepat-cepat siap berangkat pagi hari.  

 

Dan ya … orang pertama yang selalu mandi paling pagi adalah … Si Bungsu …

Dia sudah berseragam rapih … sementara mas-masnya masih kucek-kucek mata baru bangun.  Menggerutu itu pasti … tapi mau marah or ngamuk gak bisa … hawong dia paling kecil … Akibatnya ya itu tadi … hanya bisa menggerutu … ngomel … cemberut … dan akhirnya menangis …  Dan beban mentalnya semakin berat karena … Dia Ketua Kelas …!

”So … Ayah – Bunda – Mas-Mas … Jangan Telat, … malu nih ama temen-temen !!!”

 

Kebiasaan #3 : Kompetitif …

Dia mempunyai sifat yang … Tidak mau kalah … !!!

Bungsu akan penasaran sekali .. jika ada temannya yang memenangkan lomba ini – itu.  Dia selalu bertanya … ”Yah … kenapa sih si Diva bisa juara Gambar, kok aku enggak  ??”

 

Dan dia akan cemberut gusar jika melihat nilai salah satu temannya ada yang 100 sementara dia 95 … hehehe … penasaran dia … (terus terang ini terjadi ketika dia di kelas satu dan dua).  Di Kelas 3 ini dia sudah mulai bisa ”legowo” menerima kenyataan bahwa … bisa saja ada orang lain yang lebih baik dari dia.  (Ini setelah melalui upaya penjelasan hati-hati yang panjang lebar dan lama prosesnya). 

Kami juga tidak ingin naluri bersaingnya ini padam begitu saja.   Naluri bersaing … semangat berkompetisi… tetap harus ditumbuhkan… hanya penerapannya saja yang harus proporsional … tepat pada tempatnya.  Once again  … Hasrat bersaingnya … jauh melebihi kakak-kakaknya … yang cenderung pasrah.   Si Bungsu ? pasrah ? … no way … !!!

 

That’s my Bungsu …  Oh iya satu lagi … Si Bungsu suaranya relatif paling merdu. (sedikit mewarisi bakat Ayah dan Bundanya mungkin) J

 

Dengarlah ring tone HPku … bunyinya adalah …:

”Bersyukuuur kepada ALLAH … Bersyukur sepanjang waktu … Setiaaaap nafasku … seluruuuh hidupku …dst dst”

Lagu itu dinyanyikan (sambil merem melek penuh perasaan) oleh biduan kesayangan kami … Si Bungsu …(Dia merekam sendiri suaranya di HP nya … lalu mengirimkannya kepada kami …)

 

Ya ALLAH berikan kami petunjuk dan kekuatan untuk menjaga amanah MU ini …

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

31 tanggapan untuk “KEBIASAAN SI BUNGSU

  1. Melihat trend post seperti ini, sepertinya….
    Sebentar lagi ada post dengan judul :
    Karakter Si Trainer…
    😀

    nh18 to oji …
    Weiss … bener banget … bener banget ini …
    Kamu tau aja …
    Aku sudah siapin … tulisannya … berjudul …
    “A Closer Look …”
    Tunggu aja ya … sumpah gua gak boong …
    (ini kalo berkenan lho ya …)
    hehehe

  2. sifat2 si bungsu
    rapi,disiplin & kompetitif
    bagus dan positif semua tuh
    *agaknya cuma kebiasaan
    mudah menangis itu
    perlu dicari solusinya
    agar bisa dihilangkan
    thanks bro

    nh18 to Bro Agus …
    Iya bener banget Bang ..
    Sama satu lagi … dia agak Manja …
    Maklum anak bungsu …
    hehehe

  3. sepertinya ini yang paling hebat deh…!
    tapi… setiap pribadi itu unik…!
    dan saya percaya ini…

    [senyum] 🙂

    nh18 to baiq …
    Ah semua sama kok mas …
    dan ya … memang setiap pribadi itu unik …

  4. wooo.. si bungsu ini lebih berani menunjukkan keinginan.
    *bahasanya bo’*
    disiplin dan rapih dari kecil kebiasaan baguuss. goood. 🙂

    yang pasti si Oom termasuk ayah yang deket bgt sama putra2nya, mengenal baik karakter masing2 dari mereka..
    uhuyyy…

    *toss dulu oom..* 😀

  5. pakdhe Trainer ambil ancang2 mau ikutan narsis ya ? biar nggak ketahuan, mostingnya si sulung, si tengah, si bungsu…..halah-halah….
    jurus ngeles yang hebat….
    *gedeg2 😀 *

  6. Ini lebih hebat lagi, masih kecil tapi bisa rapikan kamar. Kayaknya untuk mengarang cerita itu,om ada bakat dech jadi penulis. 🙂

    Saya jadi inget dulu jaman sekolah, begitu sampe sekolah kalo gerbang di tutup, saya ngambek & ga mau sekolah dan itu saya nyalahin adik saya yang tengah, karena mandinya lama banget. (beruntung ya saya jadi sulung 🙂 bisa marahin adik).

    Sekarang serius nich,om.
    Bahagia sekali om & bunda memiliki Putra yang cakep2 & hebat. Semoga doa Om & Bunda di dengar oleh NYA. Dan saya berdoa untuk Om & Bunda supaya bisa terus mendampingi Putranya sampe mereka bertiga sukses. Amien…. 🙂
    Jangan sampai mereka seperti saya & adik2 saya. Kehilangan Ibu di saat umur saya 16 th & si tengah masih 15 th & si bungsu masih 13 th. 😦

  7. Waduh, kebayang lucunya si Yoga nyanyiin lagu itu, Om… Pasti kalo ada telpon, Om males angkat cepet-cepet, pengen dengerin suara masterpiece adikku yang manis itu…

    Ciumin Yoga buat aku ya, Om… Cubitin pipinya sekalian… Hehehe…

    Sukses sama catatan si boy-nya besok!

  8. Quote: bermain figurine boneka plastik super hero kecil-kecil, sambil nyerocos ”nggremeng” mengarang cerita sendiri

    wahhh yang ini mirip Riku tapi yang pasti Riku tidak rapi. (atau belum)

    disiplinnya mirip mama Riku, dulu waktu SD selalu nunggu jemputan 10 menit sebelum waktu yang ditetapkan.

  9. Yakin si bungsu bakalan sukses, kalau masalah nangis, sepertinya sudah menjadi sifat bawaan semua anak bungsu didunia deh.. 😛 thanks dan sukses selalu untuk Mas Trainer dan keluarga.

  10. wuuiihhh
    lengkap kap kap….
    di rumah serasa sorga…
    inilah mungkin yang disebut sebagai anak-anak yang menyejukkan hati orang tuanya.
    postingan selanjutnya bendanya, mungkin?

  11. Tuhan Maha Baik ya Om, sudah ngasih anak2 yang tumbuh sehat dan cerdas dengan tingkah polahnya masing-masing.

    *Aku jadi membayangkan punya anak 3 juga….. **ngelamun.com

  12. Bersyukur banget ya Om punya anak2 yang menakjubkan dan membanggakan ortunya.

    Btw, gaya bercerita Om asyik punya…
    2 jempol deh! apa mau 4 sekalian ama jempol kaki? hehehe…

  13. Comment untuk ketiga posting: Terimakasih sudah mengingatkan lewat kehidupan yang penuh inspirasi.Kita seharusnya mengatur strategi pendidikan kita disetiap kalimat yang kita ucapkan. Saya yakin Om tidak kelitu dalam mendidik. Disetiap dialektika dan dialog yang kita lakukan dengan anak-anak kita, bisa terlihat disini om. Saya melihat ada ketentuan dari konsep bahwa yang kita utamakan adalah misalnya anak kita harus kuat, atau anak kita harus baik, ataukah anak kita harus pintar. Mana mudhorot, mana manfaat dari ketiga-tiganya itu? Pada masing-masing atau keseluruhan. Saya belajar banyak disini Om. Termasuk dalam menjaga amanah Allah. Satu contoh keluarga yang Ideal.

  14. Setiap anak punya pesona sendiri-sendiri ya, Pak. Bersyukurlah kita, punya anak-anak yang membanggakan dan mengagumkan.
    Saya jama’ aja komennya disini Pak :mrgreen:
    Khusus untuk si Sulung. Saya tadi hampir-hampir menitikkan air mata setelah baca biosemigrafinya (hih, apa seeh?).
    Salam untuk Bunda (yang slalu behind de scene)yang pasti punya andil besar membuat ketiga anak ini berkilau.

  15. wah… baru baca nih ketiga tulisan pak nh tentang sifat dan kekhasan putra2nya… hebat nian ketiga anak ini, angkat topi saya buat ayah bundanya. kalaulah bukan karena kehebatan ayahbundanya, tidaklah mungkin mereka akan memiliki keistimewaan begitu… jadi pengen belajar nih… 🙂

  16. Cerita tentang anak emang ga da abisnya…
    every single person is unique…
    Ditunggu postingan lainnya di category My Family… 🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s