COOL AND SMART


.
Kakaakin adalah seorang narablog yang berprofesi sebagai Perawat,  tinggal di Samarinda, Kalimantan Timur.  Kakaakin saat ini tengah mengadakan Kontes.  Kontes menulis dalam rangka memperingati ulang tahun ke 3 blognya yang bertajuk “Try 2 be Cool’n Smart.   Thema yang diusung kali ini pun sesuai dengan tag line blognya tersebut … yaitu tentang COOL and SMART.

Kakaakin bertanya … “Apa pendapat Sahabat tentang blogger yang ‘cool and smart‘, atau bagaimana kriteria blogger yang ‘cool and smart’ menurut Sahabat ?”

Menurut saya pribadi …
Kriteria COOL and SMART adalah simpel saja … :   Tidak Nyontek – Tidak Bohong – dan Tidak Jorok !!!

Namun demikian jika boleh menambahkan, sebetulnya ada lagi beberapa kriteria lain. 

Kriteria tambahan tersebut adalah …

– 

1. SIMPLE
Blogger yang COOL and SMART adalah narablog yang menggunakan bahasa sederhana.  Tidak sok-sok-an menggunakan bahasa langit, jargon-jargon melintir, fatwa pujangga, istilah-istilah ilmiah tinggi dan lain sebagainya.  Yang kadang dicopy paste … plek ketiplek … hasil browsing dari artikel literatur luar negeri atau bahkan diambil dari selebaran demonstran).  Hanya dalam rangka supaya dikatakan pintar.  Untuk menimbulkan kesan berbobot.  Bagi saya … Ini pintar yang semu.  Ini bobot yang semu.

Saya selalu kagum dan terinspirasi pada mereka yang menggunakan bahasa yang “down to earth”.  Bahasa yang “membumi”.  Menggunakan kalimat-kalimat sederhana, mudah dicerna.  Tetapi sangat efektif  mengekspresikan pokok-pokok pikiran cemerlangnya.  Tidak sok pinter … tidak menggurui … tetapi kita semua bisa belajar banyak darinya.

.
2. ELEMENT OF SURPRISE(S)
Blogger yang COOL dan SMART … tau betul “mengendalikan” jalan pikiran pembacanya (tentu dalam konotasi yang positif ya …).  Mereka selalu mampu membuat “terhenyak” pembaca setianya.  Sudut pandang pembahasannya selalu tidak terduga.  Tetapi tetap masuk akal.  Tulisannya akan menggiring pembaca sedemikian rupa, untuk sama-sama mencapai “klimaks” pada bagian akhirnya.  Meninggalkan kepuasan yang tiada tara … (hah lebay)

Dan pada akhirnya pembaca pun akan bergumam dalam hati … “Aaahhh bener juga ini orang …” “I never think about it …” “Iya ya … kenapa saya tidak berfikir kearah sana ya ???”  … “Kok bisa begitu ya …??” … “Keren bener ini orang …!!!”
“Cerdas beneeeerrr !!!”

Kalau sudah demikian, niscaya tulisan blogger COOL dan SMART ini akan mempunyai “echo” yang panjang.  Akan selalu diingat oleh pembacanya.  Meninggalkan kesan yang “menohok” ke jantung memori pikiran pembaca.

.

Last but not least …

3. ORISINIL
Tidak meniru-niru orang lain.  Tidak berusaha menjadi orang lain.
Blogger yang COOL and SMART adalah … blogger yang menjadi dirinya sendiri.   Orisinil.  Asli.  Baik tulisan maupun foto, gambar,  ilustrasi grafis dan bahkan multimedianya.  Semua dibuat sendiri.  Karya sendiri.

Menurut saya … rasanya kok kurang sreg aja … berbangga-bangga menayangkan gambar/foto ilustrasi super duper melankolis keren … (tapi itu dapetnya dari Browsing).  Walaupun gambar itu gratis boleh diunduh bebas, tidak menyalahi hukum dan sah-sah saja untuk di tampilkan, dan setiap orang dipersilahakan untuk menggunakannya.  Tapi tetap saja … rasanya kok kurang afdol.  (ini menurut saya lho)

Dan satu lagi tentang arti orisinalitas …
Banyak yang menyalah artikan bahwa menjadi diri sendiri adalah bebas berkata apa saja yang sesuai dengan apa yang dipikirkannya.  Blog-blog gua … tulisan-tulisan gua … tak peduli apa kata orang …

Blogger yang COOL dan SMART tidak berfikiran seperti itu.  
Blogger yang COOL dan SMART tidak akan pernah berhenti belajar.  Belajar untuk memperbaiki diri sendiri. 

So … jangan pernah bangga ketika kita menulis sesuatu yang “kasar” atau “tidak sopan” … dan kita dengan heroik reformatifnya berkata … “Gue hanya pengen jadi diri gua sendiri” … “Gue ya begini ini … gue apa adanya … !!!”.  “Terserah gua doonnggg … ”  Jiaaahhh … ngomong kasar kok dijadikan kebiasaan dan ciri khas sih … yang bener aje ente … !

Blogger yang COOL dan SMART selalu punya cara untuk mengungkapkan fikiran kritis orisinilnya dengan santun dan eiylekhan.  Blogger yang COOL dan SMART tidak pernah berpura-pura.  Dia tetap bisa menulis sesuai dengan hati nurani dan punya ciri khas uniknya sendiri.   Hati nurani dan ciri khas yang akan selalu diasah menjadi lebih baik dan lebih baik lagi … dari waktu ke waktu.   Blogger yang selalu menyimak … yang selalu belajar untuk memperbaiki diri … !!!  

Blogger yang COOL dan SMART … tidak pernah memakai topeng …
Dia tidak perlu memakai topeng
Karena wajah aslinya justru jaaaauuuuhhh lebih keren dari Topeng buatan manapun … !!!
So … buat apa pakai topeng !

And That’s COOL and SMART … Indeed … !!!

Sekali lagi … ini semua pendapat pribadi …

(dan saya bisa salah !)

Salam saya

 ——

“Artikel ini disertakan pada Cool and Smart Blogger Giveaway yang diadakan oleh KakaAkin”,

.

.

65 thoughts on “COOL AND SMART

  1. setuja, upps setuju maksudnya hehehe. Salam kenal pak Kakaakin, membaca posting pak Kakaakin kali ini membawa dik Fuad ke awal pertama kali belajar menulis (sekarang masih belajar dan terus belajar kok pak). Yang orisinil = berkualitas, kadang yang terlalu kaku akan membosankan dan begitu-begitu saja. Terima kasih sharingnya yah pak🙂 Salam

    1. maaf … nama saya NH18 (bukan Kakaakin)
      Kakaakin (seorang wanita) adalah nama seorang perawat dari Samarinda yang juga seorang Blogger.
      Kakaakin sedang mengadakan lomba menulis bertemakan Cool and Smart Blogger
      Dan saya sedang mencoba berpartisipasi … mengikuti kontes lomba menulis tersebut.

      Terima kasih telah berkenan datang ke tempat saya
      Jika sempat … datanglah juga ke tempat Kakaakin … pasti dia akan senang
      (tinggal klik link yang ada di bagian bawah tulisan)

      Salam kenal saya

  2. Tidak Nyontek – Tidak Bohong – dan Tidak Jorok

    Tiga hal itu adalah kalimat sakti yang sering saya ingat2 saat dulu pertama kali ngeblog, makasih ya Om.

    Tentang menjadi diri sendiri, saya sependapat dengan penjelasan Om di atas.

    Semoga sukses ya Om..

  3. setuju kok Om sama kriteria Om ttg blogger cool and smart… ^_^

    banyak yg tulisannya agak menganggu dibaca, tapi ya alasannya begitu.. blog saya terserah saya… ya sudahlah drpd kurang nyaman mending tak usah dikunjungi blog2 seperti itu ya..

    semoga sukses dgn kontesnya om..😀

  4. Kupikir kontes ini menyuruh kita memilih blogger yang dianggap sebagai cool and smart (bukan definisinya) dan karena di bagian awal menulis nama Kakaakin, kupikir beliaulah blogger cool and smart.
    Belum tahu kriteria kontes ini sih. Masih sibuk dengan urusan dunia nyata jadi belum ke tempat Kakaakin. Sukses untuk kontesnya bagi Kakaakin dan mas NH18.

    Pamit sambil berusaha mempraktekkan ke tiga point di atas.
    tabik

    EM

    1. Mulanya saya juga berfikir demikian …
      namun setelah saya baca kembali … ternyata kita juga ditanya oleh Kakaakin … apa kriteria blogger yang Cool and Smart …
      maka saya mulai saja dari sana …

      Thanks EM

      salam saya

      en sssttt BTW …
      Saya rasa Twilight Express … sangat memenuhi kriteria yang saya sebutkan diatas … Tidak Nyontek-Tidak Bohong-Tidak Jorok … plus Orisinil (look at all the photos … it is all original by the miyashita). Look at the angle … (it’s genuinly Imelda … cuma Imelda yang bisa membahas Jepang dengan sedemikian lengkap) … Simpel bahasanya … simpel topiknya … dan kadang-kadang setiap membaca TE saya bergumam … Hmmm I never think about it …)

    1. Dan Om Arman punya semua syarat tersebut …
      Semua orisinil Arman …
      Fotonya … soundtracknya …

      Halaman My Play saya … is inspired by You … by Om Arman !!!

  5. Sadaf…memang begitulah yang sip oom

    Kalau wak lurah di kampung sana ya gak usah bilang2 global warming kepada rakyatnya, entar malah pada bingung. Cukup katakan ” Yuk nanam pohon turi dipinggir parit itu,bunganya enak lho dibuat pecel, duannya bisa untuk makanan ternak dan pohonnya juga bisa untuk berteduh kalau lagi memanen padi “.

    Kalau wak lurah bilang ” Dalam rangka menghadapi global warming pada era globalisasi nan penuh dengan information and technology ini mari kita secara kondusif, akuntabel dan cerdas menanam pohon turi secara masiv sehingga desa kita bisa masuk pada jajaran seven icon….” …..Bhaaa ha ha ha ha ha…wak lurah langsung ditinggal pulang oleh rakyatnya.

    Saya belum membuat artikel ini oom, sebentar lagi deh.

    Salam hangat dari Surabaya.

    1. Hahaha …
      Ya begitulah …

      Pak De selalu menyebut bahwa Pak De adalah Blogger Urakan …

      Tetapi saya (mohon maaf) tidak sependapat dengan itu …
      Pak De itu … meng”orang”kan semua orang … Pak De selalu menghilangkan batas penghalang di fikiran seseorang … sehingga mereka selalu dengan ringan mau bercanda … berkomentar … dan berdiskusi secara gayeng dengan Pak De … tanpa merasa sungkan …
      Khas Suroboyoan …
      Nge Blog sing Enak … tapi Gak Sak enake …
      INi Tag Line yang sangat menohok dan mengena pada sasaran …

  6. oke semua dengan komentarnya oom, tambahan lagi saya nggak suka dengan tulisan yang banyak singkatan, blog kan bukan SMS, berita kritik nggak karuan, pokoknya yang lebaynya gitu deh

  7. penjabarannya keren banget, dan om trainer termasuk yang pernah mengkritisi saya dan sampai saat ini selalu saya ingat agar bikin postingan jangan panjang2 wlo pun sering kebablasan juga hehehe …
    thanks ya Om Trainer

    saya blogger bertopeng sepertinya hiks …

    *mlipir mo nyuci topeng dulu*

    sukses kontesnya ya!

    1. Meskipun Nike tidak memajang foto diri …
      tetapi bagi saya Nike itu tidak memakai Topeng …
      Nike selalu menjadi dirinya sendiri …
      tidak meniru orang lain …
      Nike punya ciri khas … Nike punya cara sendiri untuk mengekspresikan tulisannya … Tulisan made in Nike … !!!
      🙂

  8. wah.. jarang-jarang nih om nh ikut kontes. sekalinya ikut pasti juara, haha..

    jujur, awal mula ngeblog, saya kepikiran begitu om, hendak copas dari blog orang. ternyata, copas itu tidak dibenarkan dalam etika bergaul di dunia maya khususnya blog😀

    salam

  9. “Blog gue…suka-suka gue…”
    Hmm…, sepertinya memang masih banyak yang memegang jargon seperti itu ya, Om…

    Terima kasih atas partisipasinya dalan “Cool and Smart Blogger Giveaway”.
    Sudah saya catat sebagai peserta.🙂

  10. saya masih mikir dengan cool nya tulisan saya. Awalnya memang berbagi ilmu namun ketika pembaca datang langsung pusing tujuh keliling. Terlalu berat, terlalu teknis, malah kabur pembacanya hihihihi

    1. Itu tantangan tersendiri Mas Sus …
      Bagaimana membuat bahasan berat … agar bisa menjadi lebih ringan … tanpa mengurangi bobot … (lha bingung to ???)

      Tapi justru disinilah letak asiknya ngeblog mas

      salam saya Mas Sus

  11. nggak tahu mau bilang apa lagi, singkat, padat, tepat sasaran, yang cool and smart dah lengkap disini, peserta lain bakal bingung mau nulis apa, hiks
    insyaAllah menang nih OmNH😀
    amin

  12. Om… Cool n Smart itu, istilah lainnya Eileykhan kan Om.. Iya kan..? Hehehe..

    Satu lagi menurut saya, blogger yang cool n smart aka eileykhan itu adalah yang dapat menjaga silaturrahminya dengan sahabat narablog, bagi online maupun offline..🙂

  13. “Buka dulu topengmu” *nyanyi lagu Peterpan diiringi rebana dengan nada dasar 3/4*🙂

    Huaaaaa, subuh2 mampir ke rumah Om jadi pengen nyanyi deh ekye🙂

    Tapi setujuuuuu banget sama Om mengenai orisinalitas. Saya juga berusaha menjadi diri sendiri dan jangan sampe deh ngejiplak karya orang laen. Cuma kendala saya adalah,……eng-ing-eng……si cara penulisan yang menggunakan bahasa emak2 kacrut. Hiks, mungkin guru bahasa Indoensia saya bisa nnagis Om kalo ngebaca tulisan di blog keluargazulfadhli, karena tidak sesuai EYD

    Sun sayang Om dari Zahia & Zafira. Kalo saya mah mana berani, wong sun yang suam2 kuku ajah udah pasti kena pentung Om Zul hahaha

  14. Assalamu’alaikum,,, Om
    Salam kenal…

    Kirain Om NH tuh adiknya Om Andi Malarangeng,,,,🙂
    Bersyukur saya bisa berkenalan dengan Om dan Pakdhe yang super cool ‘n smart, banyak ‘ilmu yang bermanfaat yg saya dapat..

    Bagiaan “Orisinil”nya,setuju bang’get… apalagi dengan kata kunci “tidak nyontek, tidak bohong, tidak jorok”…

    Thank’s, Om.

  15. nah Lho…berarti artikel Om yang ini masuk kriteria itu…Point ke dua Om…saya sedang menggalinya, bukan untuk blog sih…. tapi pekerjaanm, hingga sekarang, honor udah diterima tapi artikel gak jadi-jadi, ha ha ha ha

  16. Yak setuju Om… Paling males kalau ke blog orang isinya copy paste. Atau ngomongnya ketinggian. Enakan kalau pakai bahasa yg biasa2 saja. Mengulas hal yang penting boleh, tapi pakai bahasa yg sederhana🙂

  17. setuju semua yg termasuk kriteria om NH..

    tapi om soal menampilkan gambar aku masih sering pake gambar orang😦 habis kirang seru seh klo postingan polos *menurut aku ~_~

  18. wahh artikelnya bener2 singkat, lengkap, padat, tepat sasaran…saya yakin artikel ini pasti menang di kontesnya kakaakin…..

    setuju sama semua yg om NH tulis…dan menurut saya Om NH termasuk golongan blogger yang cool and smart……

  19. wah..suka banget dengan tulisan om NH…
    kriteria untuk seorang blogger cool and smart yang lengkap om…
    harapannya, semoga saya sebagai seorang blogger juga bisa menjadi apa yang om NH harapkan…..

    kayaknya, kali ini bakalan dapet komik nih om…hehehehehe..😀

  20. Salam kenal pakde Trainer, tulisan ttg tips blogger ini keren banget, sederhana tp mengena🙂

    saya blogger baru, jadi lagi sering hilirmudiksibuksibuk blog walking

    blog pakde ini bookmark laahhh yaaa😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s