Posted in NGEBLOG

AYO NGEBLOG : BLOGGING IS BALANCING


.
(saya menulis ini sambil membayangkan kaos yang keren itu …)

Saya baru mengenal apa itu yang namanya blog, sejak akhir tahun 2007.  Waktu itu sedang hangat-hangatnya dibahas tentang undang-undang yang mengatur mengenai informasi dan transaksi elektronik.  Pak Menteri, dalam beberapa wawancara di media  massa, sempat beberapa kali menyebut-nyebut kata Blog, sebagai salah satu hal yang perlu diatur dalam undang-undang tersebut.

Apa ini ? sedemikian pentingkah Blog sehingga perlu diatur ?.

Lalu mulailah saya mencari-cari informasi mengenai apa itu Blog.  Saya baru tau, rupanya siapa saja bisa membuat blog.  Bisa gratis pula.  Ada banyak platform yang tersedia.  Saya sempat mencoba sana-sini.  Baru kemudian, sejak Januari 2008 saya mulai rutin menulis.  Menulis blog berbasis platform gratisan dari WordPress.

Saat mulai kenal, Blog adalah ”mainan” baru yang mengasyikkan.  Menulis postingan … simpan … lalu publish.  Ketik alamat blogging kita … TUING … muncul tulisan kita.  Aahhh keren banget.  Seperti punya website sendiri.  Awal ngeblog saya menulis postingan secara membabi buta.  Masih norak-noraknya.  Sehari saya bisa memposting 2 sampai 3 tulisan.  Tetap dengan tingkah yang sama … Tulis – save – publish – buka alamat blog – TUING – senang ada tulisan kita layar komputer.

Dengan berjalannya waktu, saya mulai berfikir.  Ah mosok cuma gini-gini doang sih ?  Tulis – simpan – publish.  Ketik alamat blog … TUING … then cengar-cengir girang haha hihi narcis membaca kembali tulisan kita sendiri.  Selep Serpis.  Lama-lama kurang seru juga rasanya.  Akhirnya saya pun mulai kenal dengan yang namanya blog walking.  Mulai kenal dengan yang namanya meninggalkan komentar di postingan seseorang.  Dan klimaksnya adalah … ada satu dua komentar kunjungan balasan dari teman-teman baru.  Jujur … komentar dari orang lain ini saya baca berkali-kali.  Rasanya tidak percaya … blog kita dikunjungi orang … tulisan kita dibaca orang.

Aaahhh ternyata Blog itu bisa menjadi sangat mengasyikkan, karena tulisan kita dikomentari … tulisan kita diapresiasi.  Makin semangat menulis !!!.  Again … kenorakkan terus berlanjut … Mungkin dalam bahasa “tingginya” ini disebut masih dalam masa “euphoria”  (macam judul lagu dangdut saja bukan ?).

Lama kelamaan, dengan berjalannya waktu, dengan semakin dewasanya usia ngeblog saya … kenorakkan saya itu berganti menjadi suatu perasaan yang lain.  (halah kek pacaran aja ?).  Perasaan yang ringan, “lega” dan energizing.  (orgasm ? … :)  )  Kurang lebih serupa juga dengan perasaan,  ketika kita baru saja selesai menulis halaman baru di diary kita.  Apalagi jika ada komentar yang berdatangan … jujur saja ini semakin membuat hari-hari rutin saya menjadi bergairah kembali.

Ketika beban pekerjaan menumpuk … ketika deadline project semakin cepat mendekat … ketika kelelahan mendera fisik … Ketika hati kesal tiada terkira … Ketika perasaan marah sudah hampir meledak di ubun-ubun.  Blog mampu memompa semangat saya.  Blog mampu menyenangkan saya.  Ini bagaikan rekreasi ke Dunia Fantasi.  Bagaikan camping di Sukabumi.  Bagaikan tidur siang 2 jam sehari.  Menggairahkan sekaligus menyegarkan.

Blog berfungsi untuk penyeimbang emosi saya …

Ibarat kendaraan … roda kendaraan itu sekali sekala perlu di balancing … agar laju kendaraan jalannya tetap lurus … tidak pincang ke kiri … tidak timpang kekanan …

Demikian juga Blog …
Blog menyeimbangkan hidup saya …
agar tidak limbung … berkeliaran kesana-kemari …
agar tidak ”miring” … entah ke kanan atau ke kiri …

So …

Blogging is Balancing !!!

.

.

(blogging juga bagaikan spooring, tune up, ganti oli, polishing dan … turun mesin …)
(jiah itu mah bengkel om …)

.

(*) Syarat dan ketentuan yang diberlakukan :

Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

(… sambil tetap terus membayangkan kaos yang keren itu …)

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

56 thoughts on “AYO NGEBLOG : BLOGGING IS BALANCING

  1. om..aku setujuu sekali dengan postingan ini..
    blog bisa menyimbangkan emosi.
    dan jujur..pernah jg sih aku posting di blogku.
    ‘bermain’ blog itu bisa memperpanjang hidupku.

  2. ngeBlog memang mengasyikkan, Om… rekreasi jiwa buat saya🙂

    dan, kalimat “sambil tetap terus membayangkan kaos yang keren itu” menurut saya ini kalimat rayuan yang eylekhan, hahaha… siapa yang tidak luruh hati, gak tega kalo ga ngasih, hahaha…

  3. hohoho…betulll sekali omm…
    walaupun saya bukan orang yang istiqomah dalam ngeblog..
    tapi saya merasakan itu…

    ngeblog bisa menyeimbangkan hidup saya
    agar tidak menonton yang sembarangan
    agar tidak berkeliaran ketempat yang tidak – tidak
    lebih baik saya blogwalking dan menggali ilmu dari sahabat – sahabat blogger semua

  4. Saya juga menulis tentang ini..judulnya ngeblog adalah relaksasi…..hehehe..tapi masih dalam bentuk draft, biasalah ragu-ragu…..

    Tapi betul..saya sepakat dengan judul di atas, karena bagi saya ngeblog untuk keseimbangan, untuk relaksasi, setelah sibuk dengan urusan sehari-hari, baik kerjaan maupun urusan yang lain-lain.

  5. hmm …ikut mbayangin kaos yang keren itu
    dan apa yang dituliskan om trainer benar adanya
    sayapun kurang lebih merasakan sensasi yang seperti itu hmm

    menang ga niy? semoga deh hehehe

  6. kayaknya menang nechh om….keren sech tulisannya….setuju sm om…kemarin gara2 koneksi internet yg lemote….betee banget…begitu bisa koneksi lg….pas mampir ke blognya om Nh…ada postingan saya nampang disitu…wah yg tadinya bete jd bergairah lagi hihihi…itulah asyiknya ngeblog……
    (saya juga ngiler sm kaos itu…tp blm ikutan kontesnya hehehe…)

  7. Sepakat Om, menulis itu sendiri sebuah wisata jiwa bagi saya, dibaca orang kemudian diapreasiasi, adalah bonus tersendiri yg membahagiakan. mari ngeblooog *lebay*.

    Gudlak ngontesnya ya Om😉

  8. Baru beberapa bulan lalu dibuatkan lapak oleh si tengah biar emaknya kenal blogging, nekat saja meski postingan waton eh mendapat bonus persahabatan. Setuju dhimas: balancing dan ‘slimuring’ dari rutinitas. Salam

    1. SLIMURING … ?

      aaahhhh saya suka sekali kata-kata ini Yu …
      dan memang benar … Ngeblog itu sekali sekali bisa untuk “nylimur” hati yang lara … (ciye)

      Salam saya Yu Prih

  9. sy ngeblog sejak 2007 ky’nya Om.
    dan ada gembira jg sedihnya selama sy ngeblog…
    mungkin karna manajemen emosi sy yg belum stabil kala itu, sy pernah menghapus semuuua isi blog sy.

    but aniway, ngeblog itu menyenangkan…🙂

  10. Dulu…
    Setahun pertama ngeblog, saya juga nggak BW Om…
    Komentar yg masuk ke blog saya juga nggak pernah saya respon.
    Lalu ada sahabat yang memberi pencerahan, bahwa kita musti BW…
    DUlu….
    Nulis sendiri dibaca sendiri😀

  11. saya membaca sambil membayangkan jatuh kemanakah nanti kaos keren itu..hehehehe..😀
    tapi bener om, ngeblog itu benar-benar bisa menjadi salah satu cara pelepasan penat dan stress..
    kebayang deh, kalo sedang bertugas ke daerah pelosok yang jaringan internetnya naik-turun-banyak-turunnya tingkat stress jadi tambah tinggi…
    oke om, postingan ini kami catat sebagai peserta,,
    terima kasih sudah berpartisipasi..🙂

  12. yes indeed ngeblog memang mengasyikkan… (nyontek gaya om NH)
    ditambah komentar semakin memacu semangat terlebih mendapat pingback respon yang sangat positif tentang isi tulisan kita dibutuhkan, diminati bahkan “the beauty of blogging” trade mark om NH menjadi icon tersendiri.. 😀

  13. Aih Om..aku juga terbayang-bayang kaos itu..
    SAmpe ga bisa tiduurr..
    selalu hadir dalam mimpiku..

    Setuju sekali,..
    Ngeblog itu menyeimbangkan antara mengerjakan pekerjaan rumah yang ga pernah ada ujungnya,Nah ngeblog lah obatnya..obat lelah..

  14. Buatku ngeblog itu nyandhu. Dan sejak pertama kenal hingga hari ini,tampaknya aku msh dlm suasana euforia alias seneng2 norak itu,hehe.. *sambil nunggu foto njenengan pake kaos keren itu..dan tentu dg gaya sedhakep nan eylekhan..*

  15. Bener-bener like this banget deh.. soalnya pengalamannya Om pas baru ngenal blog tuh sama banget kaya’ saya. Nulis, publish, liat ada di internet, wuih senengnyaa…:mrgreen: Kemudian mulai blogwalking, seneng banget dikunjungin orang, kemudian saya berkunjung balik, kemudian dikunjungi balik lagi, dst. Bener-bener seneng…:mrgreen:

    Semoga sukses dalam kontesnya ya Om..😀

  16. bagi saya ngeblog itu… bikin candu, Om.. hehehe…

    kalau nggak direm… bisa bablas begadang deh.. ujung2nya sakit.. eheheh..
    semoga selalu dlm keadaan sehat, Om NH..

    sukses dgn kontesnya ya..😀

  17. suka..suka..suka sama penggambaran oom dari awal ngeblog. kok kek baca cerita sendiri, apalagi pas bagian nyengir ngeliat tulisan sendiri di layar komputer:

    Tulis – save – publish – buka alamat blog – TUING – senang ada tulisan kita layar komputer.

    itu kek dalam hati: ‘ihh aku juga!!!’

    sukses ya oom buat kontesnya🙂

  18. Jujur ni Om…dulu saya juga termasuk orang yang suka “Menggalau” (tapi Om jangan bilang-bilang ya! :D) Tapi semenjak kenal Om NH eh maksudnya ngeblog jadi beda karena jadi lebih bisa menetralisir perasaan, bisa memotivasi diri apalagi dengan membaca blog-blog teman lain itu menambah wacana saya…

    Btw, sukses kontesnya Om😉

  19. Kalau Om Nh pertama kenal blog tahun 2007, saya sudah dua tahun lebih dulu, Om. Tapi pertama kali ngeblog di multiply ( dan sekarang akun pertama saya sudah saya tutup ). Dan tapi yang kedua, meski saya lebih dulu kenal blog, ternyata Om Nh lebih paham dan lebih jago soal ngeblog.

    Moga sukses di kontes, Om. Insya Allah.

    Salam hangat untuk keluarga tercinta.

  20. Benar, ngeblog banyak manfaatnya oom. saya sudah merasakannya dan menjadi maniak ngeblog.
    Anak2 saya sudah saya anjurkan ngeblog tetapi masih belum tergerak hatinya. Mereka tampaknya lebih suka aiuoe di FB.
    Semoga berjaya bersama saya oom

    Salam hangat dari Surabaya

  21. Setuju Oom.. dengan ngeblog, kita seperti memiliki energy baru. datang pagi-pagi cek komentar dan kembali menulis, ini menyenangkan sekali..

    apalagi kalau sudah mulai kopdar-kopdar dan tentu saja mengikuti kontes seperti Oom ini…
    *ikut membayangkan kaos yang keren ituh,, hehhe..

    dan blog Oom, salah satu favorit saya, penyemangat saya..
    trims Oom…

    salam sayang

  22. Bikin blog, gampang…
    Nulis di blog, gampang…
    Konsisten nulis di blog, itu yang susah…..buat saya.

    Salut banget buat Om Nh yang selalu konsisten nulis sejak ber-wordpress ria, dengan intensistas menulis per minggu yang cukup tinggi pula. Padahal kita mulai ngeblog dalam waktu hampir bersamaan lho Om…tapi jumlah tulisan saya mungkin hanya seperempat tulisannya Om.. Bravo…

    Btw, emang kaosnya kayak gmn sih Om?

  23. Bener banget
    Ngeblog itu menyenangkan,, balancing
    Mengeluarkan semua isi pikiran

    Seperti yang inyiak pernah bilang
    Semua orang bisa fb-an,, twitteran atau jejaring sosial lainnya
    Tapi gak semua orang bisa ngeblog,,terlebih memaintain blog mereka

    *aku juga naksir sama kaosnya*

  24. Cerita pengalaman & perjalanan ngeblog yang sangat menarik dicerna. Saya senang sekali membacanya, karena saya belum lama mulai ngeblog dan bagian depan dari cerita itu sangat mirip dengan apa yang saya lakukan dan alami he he.

    Baru beberapa minggu terakhir ini saja saya mulai punya teman-teman. Thanks ya Pak Trainer, atas trainingnya hari ini. Salam kenal.

  25. Ingett banget om pertama kali tahu blog om NH ini di indonesianmatter.. ini om2 mana yg ngalahin blognya dianarikasari di nomor 1? hehehehe..

    Awalnya malu2 mau komen.. eh ternyata orgnya baek😀

  26. Wah , saya merasakan hal yg sama .
    Tulis > publish > tuing😀 > trus senyum2 sendiri baca tulisannya sendiri . Ntah bagus ntah jelek pokoknya seneng aja😀

    salam kenal🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s