Diposkan pada MUSIK

NGAJAR NYANYI


 

(episode “Tiada Hari Tanpa Bernyanyi”)

 

Sebelum bekerja di perusahaan yang sekarang ini, trainer pernah bekerja di suatu yayasan pendidikan vokal.  Yang dipimpin oleh seorang tokoh pendidikan musik vokal terkenal yang sekarang sudah Almarhum.  Bapak H Pranadjaja.  Aku bekerja disana selama 3 tahun. 

 

Lho ngapain kok sarjana pertanian … kerja disana ???

Ya mengapa tidak … Hobby ku lah yang membawa aku bekerja disana …

Pekerjaanku serabutan … mulai dari ngetik naskah lagu, membuat katalog lagu, merapikan repertoir dan pekerjaan-pekerjaan administratif lainnya.  Sampai kemudian pimpinan yayasan mempercayakan aku untuk menjadi pianis, bahkan melatih paduan suara cabutan.  Menjadi pelatih pengganti jika pelatih utamanya berhalangan.

 

Murid yang aku latih sangat beragam … dari mulai anak-anak usia play group 3 tahunan … sampai dengan oma-oma berumur 80 tahunan … Hhehe Seru sangat …

 

And you know what ???  Ada kesamaan diantara mereka …

Mereka suka nangis kalau dikelas … !!!  Lho belajar nyanyi kok nangis ???

Ya Menangis … !!! … tetapi oleh karena sebab yang sangat berbeda …

 

Jika anak-anak usia play group … atau kami menyebutnya Kelas Persemaian Mini … Mereka menangis karena ditinggal mamahnya atau mbaknya … atau mungkin berantem satu sama lain … hah lucu sangat anak-anak ini … (tidak terbayang sebelumnya aku bisa mengajar nyanyi anak-anak kecil ini … )(ini gara-gara pelatih utamanya sakit waktu itu).

 

Nah kalau Oma – Oma menangis dikelas karena apa ??

HHmm ini yang menyentuh hati … ada satu kelas yang isinya adalah satu group yang menamakan diri mereka TST …  Tua Sama Tua … anggotanya sekitar 20-25 orang … dan yaaa … mereka sudah sangat senior … berusia 60 tahun keatas … bahkan ada yang 80 tahun …  Beberapa dari mereka selalu menangis jika kita menyanyikan lagu …”Bunga Anggrek” atau kalau bahasa Belandanya .. ”Als de orchideien blooien” … (spell check please …).  Mereka menyanyikan lagu itu dengan penuh perasaan … walaupun suaranya sudah tidak konstan karena dimakan usia dan nafas yang sudah agak tersengal (plus sesenggukan pula).  Mulanya aku kaget … lho kok pada nangis ini … ada apa … ??? (Aku tidak berani menanyakan langsung pada mereka ..)

 

Baru setelah itu aku bertanya kepada pimpinan Yayasan … Pak …kelas TST tadi pada nangis pak, waktu kita nyanyi lagu ”Bunga Anggrek” kenapa ya pak ?”

Lalu Pak Prana pun bercerita … bahwa memang mereka selalu begitu … lagu itu adalah lagu kenangan ketika mereka muda dulu … masa berpacaran … dan mereka terkenang kembali masa-masa indah itu … sebagian dari mereka sudah Janda, ditinggal mati suaminya … Mereka kesepian.  Kita harus menghibur mereka, begitu kata Pak Prana.

Aaaahhh … rupanya mereka ikut les vokal disini untuk pengobat rasa rindu pada almarhum suami mereka … sekaligus untuk penghibur hati ditengah kesendirian diusia yang sudah senja.  (sementara anak-anak mereka pasti sudah sibuk sendiri-sendiri).

 

Aaaaahhh … aku jadi trenyuh … !!! … Tapi aku bahagia bisa memberikan sedikit kebahagiaan di sisa usia senja mereka.  Maka ketika hari Kamis pagi tiba … hari jadwal kelas TST latihan … aku selalu menyempatkan diri untuk menyapa mereka … bercanda dengan Oma-oma itu … dengan harapan bisa memberikan sedikit senyum di wajah mereka … yang kesepian itu.

 

Halo Oma … apa kabar hari ini ? … sehat ya Oma ??.  Oma makin seger nih … !!!

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

21 tanggapan untuk “NGAJAR NYANYI

  1. Pertamax….Amankan posisi dulu…

    nh18 to abang …
    hihihih you got it …
    sambil ngelirik si Lala …
    yang sedang gegerungan dilantai …

  2. Wah, hebat benar Bos bisa menjadi asisten Pak Pranadjaja.
    Ngga main2 nih…
    Kirain si Bos amatiran, tak tahunya seorang profesional di bidangnya.
    Hanya saja, garis kehidupan membawa ke perusahaan sekarang ya Bos…
    Wah jadi kepingin mendengarkan secara LIVE nih hentakan piano si Bos…
    Aku lupa minta no hp dan alamat rumah bos.
    Japri aja, seperti biasa…

    nh 18 to Abang …
    Ah abang bisa aja …
    Amatiran kok bang … cuma modal nekat doang
    sama kesungguhan hati …(dddooo dalem)
    Ya garis kehidupan membawa ku ke perusahaanku yang sekarang
    (ini juga seru ceritanya Bang …)
    (entar deh aku ceritain …)
    hhehehee

  3. waduh… keduluan si Abang… dasar koneksi Axis lelet nih, jadinya duluan dia… uuurrrggghhhh…

    puas ngomel-ngomel, sekarang komentarnya: ^^
    ah, seru sekali ceritanya Om. Masa sih pernah jadi pelatih beneran? Ah, yang bener.. boong kali yaa.. *hehe, Om Kesayanganku ini pasti ngamuk-ngamuk deh..*

    Ngadepin anak kecil umur 3…. bisa tho… *pantes anaknya banyak… hihihi*
    Ngadepin Oma Oma yang nangis… bisa juga ternyata… *udah gitu, pake acara diganjenin pula.. hua, Omku ini udah akut ganjennya.. hihi*

    Above all.. you’re really something Om!

    nh18 to Lala …
    Thank you la …
    Emang bukan pelatih beneran La ..
    Tepatnya pelatih / pianis cabutan …
    kalo pelatih / pianis utamanya pada berhalangan hadir …
    Masa nyapa Oma disangka ganjen sih …
    Ah kamu itu …

  4. Als de orchideen bloeien

    Als de orchideen bloeien,
    kom dan toch terug bij mij.
    Nogmaals wil ik met je wezen,
    zoveel leed is dan voorbij.

    ******(cut) ******

    bait akhirnya:
    Als de orchideen bloeien,
    dan denk ik terug aan jou.
    Denk toen aan die zoete tijden,
    toen je zei: Ik hou van jou.

    Bila bunga anggrek mekar
    teringat kembali aku padamu
    teringat pada masa indah
    waktu kau katakan: Aku cinta padamu…..

    Kalau ngga salah Bram Titaley pernah juga nyanyikan lagu ini.
    (hmmm kayaknya ada nih di HD aku)

    ***ajarin nyanyi dong mas……

    nh18 to Emiko ..
    Ya .. iya betul lagu itu Em …
    Thanks ya … udah dibenerin spellingnya
    Ya .. memang lagu itulah yang mengharu biru
    para Oma itu …
    Swer … aku juga kadang kebawa sedih ketika
    mendengar mereka menyanyikan lagu itu dengan
    penuh perasaan …
    Kamu diajarin nyanyi ?? … ogah ah … !
    Badung sih soalnya … (hehehe)

  5. waduh..
    emichan nggak usah diajarin nyanyi.. cualanya bagus benel… 🙂

    ps. Om, Om.. kamu kebawa perasaan? wong artinya aja ngak ngerti.. hehehe… (eh, versi Indonesianya ada yah.. )

    nh18 to Lala …
    Ada .. versi indonesianya ada …
    hehehe

  6. wah saya tahunya cuma yang ada “geef mij maar nasi goreng … ” itupun cuma sepotong-sepotong.

    nh18 to pak oemar ..
    Huahahhaa
    Lagu itu .. lagu itu …
    aku terus terang ketawa waktu denger lagu itu
    duluuu sekali

  7. Memang segudang pengalamannya. Nggak terbayang kalau saya yang mengajar opa dan oma ini.

    nh18 to pak rafki
    Iya pak …
    saya juga mulanya gak kebayang berhadapan
    dengan mereka pis tu pis …
    tapi modal nekat aja …

  8. Pak NHHHHHHHHHHH18,

    Selamat pagiiiii, hehehehehe… haduh maaf baru main kesini lagi. Saya sedang dikejar2 dateline buat buku saya, jadi jarang banget blogwalking. Padahal saya kehilangan bak NH18 lohhh… Ehhh, kalo gak salah ingat, 18 ini menandakan ulang tahun bapak yach… wah, mo ngubek2 posting lagi, rada2 gak sempat… nanti deh, kalo ada waktu saya ubek2 lagi posting2 jadul pak NH… (kalo gak keberatan sih kasih tahu sekarang aja… maklum, faktor SMS nih… alias Short Memori Sindrome, hehehe)

    Anyway, bapak sungguh berbakat jadi penggantinya pak Pranajaya, suer… hehehehe. Gak salah deh namanya the ordinary trainer 🙂

    Masih terima murid buat kursus gak pak, tapi udah tuwir kek saya ini?, hehehehe… Suara saya gak kalah kok ama krisdayanti… Nihhh dengerin yachhhh…

    Mencintaimuuuuuuuuuu…. *pake fibra*
    seumur hidupkuuuuuuuuuuuuu… *pake fibra lagi*
    Selamanyaaaaaaaaaaaaaaa *pake fibra yg kenceng banget*
    Kau tetap milikkuuuuuuuuu *fibra terkenceng seabad ini*

    Lohhhh… kok pingsan… olahhhh, tadi fibranya karena nginjek kabel toh, kesetrum… 😛

    Bagaimana pak, berminat jadi guru saya?… gak bakalan nyesal loh, hahahaha

    Becanda pak NH, selamat memulai hari, semoga hari anda menyenangkan yah.

    nh18 to silly ..
    Please … please …
    Jangan nyanyi disini … tolong …
    Hah kamu itu …
    hehehe
    Aku udah pangsiun ngajar nyanyi …
    Have a nice day for you too …
    Cheers

  9. btw, lupa mo ngasih tahu…

    untuk ukuran makluk noktunal alias jarang tidur kek saya… LAY OUT yg ini paling menyenangkan mata… huruf2nya gak terlalu besar, gak terlalu kecil juga… gak terlalu kurus gak terlalu gemuk… pokoknya sedang2 saja… (kayak vetty vera ajah, hehehehe)

    sukses ya pak, untuk segala hal… 🙂

    nh18 to silly …
    Terlalu besar … salah
    Terlalu kecil … salah
    Yang sedang-sedang sajaaaa ..
    (hah kenapa gua jadi nyanyi inih …)
    (gaya vettyvera.*mode-on*)

  10. Hibur saya mas … dengan lagu apa saja akan saya dengar.

    *ambil kursi dan duduk manis, menunggu ada nyanyian senja*

    nh18 to rindu …
    Jadi malu tersipu …
    hehehe …

  11. dulu pernah ikutan BV waktu SD, tapi bukan karena suara bagus, karena iri hati sama kakak yang latihan disana :))

    nh18 to in-jul ..
    ups …
    jangan-jangan aku kenal nih … ?

  12. Wah.
    Kalau Nony, dengan suara cempreng begene, ikutan latian vokal di tempat latian begitu, apa yang bakal terjadi?
    Siapa yang nyerah duluan:
    Nony?
    Apa pelatihnya?
    🙂

    Salam, Pak
    Nony

    nh18 to nony …
    yang nyerah duluan siapa ?
    mmm … mikrofonnya keknya …
    hehehe

  13. ih maaf baru bisa berkunjung lagih kesinih…

    long time no see, pak nh18…

    maaf OOT niy…

    😛

    nh18 to prameshwarie …
    iya nih kemana aja Bu ..
    Sibuk tahun ajaran baru ya ?

  14. Sebuah Hobby..yg kemudian membuat orang disekeliling kita merasa nyaman dan bahagia…..
    sungguh Sangat langka ..!! 😀

    btw, salam kenal Pak 😉

    nh18 to manik …
    Salam kenal juga …
    Sekarang saya sudah tidak disana lagi nih

  15. wah … kelak aku bs merasakan hal kaya gitu gak ya ???

    nh18 to mas myumet
    bisa .. bisa …
    asal jangan mumet terus ya …
    hehehe
    Hai mas apa kabar …?

  16. 80 tahun?
    Hebat…
    Serba bisa…
    Mengajar anak kecil bisa, mengajar anak besar bisa….
    Yang sedang-sedang saja (loh…kok ikut2an vetty vera)

    nh18 to ibu nin …
    hehehe
    Ah ibu Nin bisa aja nih …

  17. nh18 ngajar nyanyi?? hmm….
    aku pasti kebayang, waktu nembak Bu nh18,
    pasti dilengkapi dengan permainan gitar dan sentuhan lagu cinta kan? hehe.
    dengan suara merdunya, Ouch……
    Ajarin maen piano dong Pak 🙂

    nh18 to nepho …
    noup … salah …
    ndak pake gitu-gitu an …
    hehehe

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s