Posted in MASA SD, TRAINER KECIL

DOMESTIC ANIMALS


.
Judulnya serem amat yak.  Padahal sebetulnya saya hanya ingin (kembali) bercerita mengenai Hewan Peliharaan.

Lho kan udah pernah om ?
Ya memang sudah pernah … tetapi perkenankan saya bercerita dari sudut yang lain.  Ini dipicu dari pembicaraan di jejaring sosial alam maya.  Disatu group yang isinya terdiri dari teman-teman masa SD saya thn 1970 – 1975

Dulu kami bersekolah jalan kaki.  Jarak sekolah dengan rumah dekat.  Nah … ada TIGA jenis domestic animals … alias hewan peliharaan yang harus kami waspadai setiap pagi dan siang … selama kami berjalan pergi dan pulang sekolah waktu itu.

Hewan tersebut adalah …

1. Anjing
Salah satu rumah di kompleks perumahan kami dulu … ada yang memelihara anjing.  Dan kalau kami lewat rumah pojokan tersebut … jika beruntung … kami pasti akan disambut dengan gonggongan Anjing.  Dan yang runyam adalah … kalau pintu pagar rumah itu terbuka … anjing itu kadang-kadang mengejar kami … anak-anak SD yang imut-imut itu.  Hal ini selalu menjadi topik pembicaraan kami di sekolah.  Dan anak-anak sotoy di kelas … kadang dengan bangganya menceritakan bahwa hari itu dia dikejar anjing rumah pojokan.  Dengan heroiknya dia berkata, memberi adpis bagaimana menghadapi kejaran anjing  … “Kamu kalo dikejer Anjing … caranya gampang … JONGKOK aja … !!!”  (Hahahaha … saya terus terang belum pernah mencoba kiat ini … bagaimana logikanya kok jongkok bisa menjadi solusi … )(ada yang bisa menerangkan?)

.

2. Soang
Alias angsa binti swan.  Warna bulunya sih putih menggemaskan … tapi kita juga harus hati-hati.  Ada satu rumah di kompleks kami yang memelihara angsa … suaranya memang ribut banget.  Namun yang harus diwaspadai bukan suaranya … melainkan sosorannya …. Angsa kalau merasa terganggu pasti nyosor.  Namanya juga anak-anak … kadang jika melihat angsa ada yang iseng mengganggu … pastilah angsa itu nyosor … Yang cilakak itu … anak yang nggak ikutan ngganggu … jadi kena batunya … hahahaha … kena sosor juga …

Bagaimana solusi penanggulangan sosoran angsa ini ?
Jawaban terbaik (mungkin) adalah … Sosor Balik … hahahahahah

.

3. Kerbau
Disekitar sekolah kami dulu ada tanah lapang yang lumayan luas.  Banyak alang-alang dan rumput disana … ini makanan empuk bagi kerbau.  Ada penduduk perkampungan di sekitar perumahan kompleks kami yang memelihara kerbau  (kadang anak kerbau juga).  Dan cilakaknya … si oknum yang punya kerbau ini rada males mengurusnya.  Jadi Kerbau itu dia tinggal begitu saja di tanah lapang tersebut … tanpa penggembala … membiarkan sang kerbau untuk mencari makanan rumputnya … Nanti setelah sore baru di gelandang masuk ke kandang.  Kami kadang sering liat-liatan … saling pandang-pandangan dengan kerbau itu.  Saya lupa … apa kerbau itu mengedipkan sebelah matanya kepada kami atau tidak … (sapa tau ada kerbau betina yang naksir Trainer imut).

Yang jelas … saya dengar cerita ada beberapa teman kami yang nyaris ditanduk oleh kerbau tersebut karena iseng mengganggunya.

Jadi begitulah …
Tiga domestic animal … hewan peliharaan yang harus kami waspadai waktu kami SD dulu, khususnya ketika kami berjalan kaki … berangkat dan pulang sekolah.

So back to my basic question :
Adakah pembaca yang tau … bagaimana menanggulangi … Kejaran Anjing … dan Sosoran Angsa …? … dan juga tandukan kerbau … ?

(postingan nggak elit yo bah-bah no tah …)

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

35 thoughts on “DOMESTIC ANIMALS

  1. aku hapal banget sama logika anjing itu
    katanya kalau kita jongkok,
    anjing berpikir bahwa kita sejenis sama dia..
    dia cuma ngejar orang orang yang lebih tinggi dari dia..😀
    #gak masuk diakal

  2. kalau anjing dan soang sama Om,saya pernah menghindarinya sewaktu SD tapi kalau kerbau belum pernah hehehe gak ada kerbau disekitar rumah atau sekolah

  3. Mantap GAN. . .😆
    Hai Om Trainer. . .😉
    kalau idah pernah sekali dikejar anjing, gak sempat kepikiran jongkok tapi langsung lari sprint. . .🙂

    solusinya, jika memang kita sudah tau disekitar kompleks rumah banyak yang memelihara hewan tersebut diatas, maka kalau mau keluar rumah, siapin “GEBUK”.😆

  4. Yang aku tau sih anjing itu gak ada tedensi menyerang kl gak merasa terancam, apalagi hewan peliharaan karena dia gak mengerti bahasa manusia, jadi lewat bahasa tubuh dan energi manusia.

    Misalkan kita lewat di depan rumahnya dan dia mengonggong, tidak selalu berarti dia marah. Dia mengonggong untuk ngasih tau batasan ,\”Ini wilayah gue!\”

    Jadi mitos lari kalo liat anjing, trus jongkok dan anjingnya bakal takut, itu gak bener. Kalo kita lari, dia pasti ngejar, entah karena dia anggap kita mengajak dia bermain (ini yang banyak orang gak tau, karena udah takut duluan) atau memang karena dia merasa wilayahnya dia terancam (berdasarkan energi yang dia tangkap, makanya kalo anjing penjaga bisa tau orang jahat/engga, itu dari ennerginya).

    Kalo liat anjing, biasa aja, rileks. Anjing pasti jaga jarak dulu koq. Kalo power/sugesti kita lebih kuat, dia gak akan ganggu dan memilih mundur atau gak peduli.

    Kalo ketemu anjingku, si Mercy, trus lari malah dikejar sama dia karena disangka ngajak main. Jongkok? malah ditubruk sama dia hehehe..

    Itu aja sih share dari aku, om.. semoga bermanfaat. Yang penting hilangkan ketakutan, karena anjing bisa merasakan ketakutan itu dan hal itu yang menentukan perilaku dia selanjutnya. Tentunya ini gak berlaku untuk anjing gila. Kalau itu sih silakan hubungi pihak berwenang, aku juga gak berani hihihi.. Termasuk sama soang, gak berani juga sosor balik

    1. Ini yang paling saya suka dari aktifitas blogging …
      Pasti ada saja informasi dan pengetahuan yang bisa kita dapat dari sini

      Terima kasih ya mbak
      Info ini baru bagi saya … Dan saya rasa banyak juga pembaca yang mungkin belum mengetahuinya

      Salam saya mbak.

  5. Panggil polisi ato tembak di t4 hehe

    Dear temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh – PUTRA LANGIT ONLINE – dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> ht tp://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => ht tp://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG “LEGENDA PUTRA LANGIT” yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

  6. Di kampung dulu saya pernah di sosor soang, Om. Mengerikan. Ilmu penangkal yg saya punya cuma nangis, dan menunggu orang dewasa menghalau soang2 kurang ajar itu…

  7. setuju banget dengan mbak sary..
    pengalaman sedari kecil selalu ada peliharaan anjing di rumah.
    jadi aku gak kuatir jika sekarang bertemu anjing di jalan.
    syaratnya hanya bersikap tenang..

    menghadapi soang dan kerbau,
    xixi gak tau om.. dipeluk mungkin ya..?

    yang aku takutkan ada dua hewan..
    dan untuk menuliskannya pun aku gak berani.

  8. Ah… anjing di deket rumah saya itu om… Jinak banget. di kagetin dikit aja sama kita..pasti langsung kabur. hahahahah… anjing di deket rumah saya emang aneh Om… di kagetin malah kabur. hehehehe..

    Nanggulangi supaya ga di kejar apa ya….?
    kaya nya…. latihan lari aja deh. atau..seperti kata raditya dika di buku nya… “berlari lah lebih cepat dari teman mu.. dan kamu akan selamat..” _Raditya dika_
    Mungkin Quote ini bisa membantu..hahahaha

    (jadi paling engga yang di gigit bukan kita..hahahaha) :))

  9. Saya pernah dikejar soang, Pak her…deg-degannya sampe sekarang masih kebayang…hehe, dan tentang anjing, dulu saya punya 4 ekor anjing peliharaan yang lucu-lucu, tapi sekarang saya kalo berpapasan sama anjing di jalan, kenapa jadi deg-degan juga ya…akut dikejar mungkin, tapi saya berusaha buat menerapkan tips yang ditulis mbak Sary diatas, tetap tenang agar bisa menunjukkan energi yang lebih kuat🙂

  10. Logika jongkok saat dikejar anjing..dengan jongkok si anjing tak akan mengejar lagi, karena dia akan MENERKAM! hehe…

  11. Hahahahah kalau dikejar anjing harus jongkok, itu kayak mainan anak-anak, tapi saya waktu kecil lewati rumah tetangga yang anjingnya galak selalu bawa batu…kalau gonggong lempar dan lari heee…tapi bukan batunya di kantongin untuk menahan sakit perut😆

    Ada juga om..katanya kalau di gonggong anjing, kita pencet kuku ibu jari dengan jari telunjuk (sy ngak melakukannya)

    Nah kalau angsa…belum pernah…karena tetangga ngak ada yang punya😆

  12. Kalau yang saya tau, jongkok manakala ketemu anjing itu sekedar menggertak anjing saja Om…
    Saya sependapat dengan yang komen bahwa kalau kita jongkok itu dikira ambil batu dan kayaknya 90% anjing bakal takut.
    Kalau anjingnya nggak takut, berarti dia goblog atau nggak sekolah😀

  13. kl sama anjing mah bisa pura2 ambil batu,
    tp kalau soang nggak pake deh cara akting spt itu, langsung nyosor
    lebih takut sama angsa daripada sama anjing

  14. kalo di sekitaran rumah saya hanya ada anjing yang berkeliaran, bukan anjing rumahan juga, anjing liar tapi ada pemiliknya gitu, kalo saya lebih memilih alternatif jalan yang lebih jauh daripada jalan dekat terus ketemu anjing, memang gak ngejar-ngejar juga anjingnya lumayan baik (kata warga sana) tapi daripada sport jantung saya lebih memilih menghindar dan memilih jalan yang lebih jauh karena ada 2 alternetif jalan kalo mau berangkat / pulang sekolah.

  15. Alhamdulillah, Om, saya ga pernah dikejar anjing, disosor soang apalagi ditanduk kerbau. Kalo ketemu anjing suka deg-degan sih, bukan takut dikejar, tapi takut dijilat, hehehe… Soalnya mensucikannya itu yang ribet. Tapi emang bener, saat saya bersikap tenang, rileks, dan menjaga jarak aman, anjing juga cuek2 beibeh kalo papasan ^_^

  16. soang, saya pernah disosor nih,,,2 kali. Anjing, pernah gak mau pulang dari ladang orang tua karena takut sama anjing di suatu lapangan yang suka ngejar. Kerbau, alhamdulillah gak pernah diseruduk,,,

    cara menanggulangi sosoran soang kalo ketemu kta jual mahal, jngan sekali2 liat matanya, karena menurut saya soang itu sifatnya agak overconfidence gitu deh,,,lama dikit aja kita ngeliatin dia langsung ambil ancang2 buat nyosor…hal serupa berlaku sama buat anjing sama kerbau. Intinya jangan perhatikan mereka dan jual mahal aja,,,cuek bebek, jalan lurus…tapi, hati-hati nabrak…

  17. om saya suka cerita yang ke dua om,.,.,. itu si soang, kalau di sosor, kita sosor balik yah om, gimana caranya yah kita nyosornya,.,. hehehehehe

  18. iihhh sama om.. aku juga sering denger tuh klo dikejar anjing jongkok aja.. lah bukannya itu makin gampang anjingnya buat gigit ~_~

    kalau angsa kakak aku yg ada berbekas ceritanya om.. jadi dy pernah dipetok angsa gt deh.. sampe skrg dy jadi takut padahal skrg bapak ada miara bebek.. hehehehebe…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s