Posted in TRAINER KECIL

MEMORABLE MOMENT


.
Rinrin Indrianie, seorang narablog sahabat saya mengadakan suatu perhelatan yang menarik.  Perhelatan tersebut bertajuk THE SWEETEST MEMORIES.

Pada intinya Orin, mengajak kita semua untuk memposting foto yang mempunyai kenangan tersendiri dihati kita.  Ditambah keterangan mengenai foto tersebut.  Saya sangat tertarik untuk mengikutinya.

So Orin … ini entry dari saya …

Foto ini diambil tahun 1969.  Saya masih duduk di TK Besar.
Ini adalah dokumentasi foto Panggung Pertama si Trainer Kecil …

Nyanyi berempat.  Lagu yang dinyanyikan adalah Lagu wajib anak Lelaki jaman dulu ”Aku seorang Kapiten”.  Saya masih ingat dengan jelas ketiga nama teman-teman saya yang ada di foto itu.  Ada Edison, Uwan dan Iwan Subhi.

Lokasi pemotretan di Kompleks UIN Ciputat.  (dulu namanya IAIN Ciputat).  Namun terus terang Saya lupa, ini manggung dalam rangka apa …???

Karnaval dalam rangka Hari Kartini kah ? atau mungkin Acara Tujuhbelas Agustus ?  entahlah.

Mengapa foto ini saya anggap sebagai Memorable Moment ?
Ini bukan saja Kenangan Indah,  tetapi juga Kenangan yang sangat berarti.  Kalau boleh jujur saya katakan, Panggung pertama ini demikian melekat di benak saya. Saya samar-samar masih bisa merasakan betapa membanggakannya waktu itu,  bisa menyanyi didepan publik.   Walaupun itu hanya di lingkungan kompleks, dan bisa ditebak yang nonton juga paling hanya para orang tua murid dan guru saja.

Panggung pertama ini mempunyai peran dalam memupuk rasa percaya diri si Trainer Kecil.  Sebuah stepping stone yang saya pikir relatif significant pengaruhnya dalam pembentukan pribadi saya.

Tanpa bermaksud untuk sok tau dan “keminter”,  rasanya bolehlah saya menghimbau para Orang Tua yang mungkin mempunyai anak-anak di usia TK atau SD.  Jika mereka ada kesempatan untuk manggung … entah menyanyi, menari, baca puisi atau bermain sandiwara.  Dukunglah mereka dengan sepenuh hati.  Berikan applaus … pujian … dan juga masukan-masukan untuk tampil lebih baik lagi. 

Saya rasa hal ini juga berlaku untuk anak-anak yang berkiprah di “panggung” lapangan olahraga.  Entah futsal, sepak bola, atletik, basket, renang, batminton, senam dan sebagainya.

Ini bukan berarti kita mendorong mereka untuk menjadikan penyanyi, penari, pembaca puisi atau pemain drama terkenal.  Tidak selalu pula berarti kita akan mencetak anak kita menjadi Olahragawan yang profesional.  Namun percayalah hal kecil ini bisa jadi mempunyai pengaruh yang positif untuk memupuk Kepercayaan Diri anak-anak kita … Apapun profesi yang akan dipilihnya nanti.

Sebab pilihan itu, sepenuhnya ada di tangan mereka … kita, sebagai orang tua, hanya bisa mengarahkan dan memberi pandangan saja. 

Foto dan tulisan ini diikut sertakan dalam perhelatan Orin yang ada disini : http://rindrianie.wordpress.com/2011/09/06/1st-giveaway-the-sweetest-memories/

Sengaja saya perluas pembahasan … bahwa pengertian panggung itu tidak selalu panggung kesenian … bisa juga “panggung”  yang berbentuk lapangan olahraga.  Karena saya tau … Orin itu dulu adalah pemain Tim inti Basket  di Sekolahnya.  Dan saya rasa Orin pun merasakan hal yang sama dengan apa yang saya rasakan.  Kepercayaan diri menjadi terpupuk … berkat aktif  “manggung”” mendribble bola di Lapangan Basket.  (seraya mendengar nikmatnya cericit khas sepatu basket yang beradu dengan licinnya lantai lapangan).  (Saya masih ingat tulisan Orin tentang mimpi sepatu basketnya)

.

.

Back to Photo …
Ada yang bisa menebak ?
Yang manakah si Trainer kecil itu ?
Bisa dong ya … ???

Cute isn’t it …??? 🙂🙂🙂

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

49 thoughts on “MEMORABLE MOMENT

  1. Om, kok pake celana pendek?😀
    Kebiasaan ‘manggung’ memang penting banget bagi anak2 ya, Om… Percaya diri yang semakin terpupuk mendorong anak untuk hidup secara lebih positif.🙂

  2. Om yang pakai celana pendek ya…? Eleykhan soalnya…😀

    Benar sekali Om… anak-anak memang harus didorong dan distimulus untuk bisa mengekspresikan dirinya. Dengan memberi apresiasi atas penampilannya, itu akan membangun rasa percaya diri yang sangat tinggi. Insya Allah saya akan terus berusaha memberi ruang yang seluas-luasnya bagi anak-anak untuk bisa mengekspresikan diri mereka masing-masing sesuai dengan bakat dan minatnya🙂

    Soal foto lama, saya harus menunduk sedih. Karena, gara-gara keteledoran saya, nyaris semua foto lama saya rusak. Saya lupa mengeluarkannya dari kardus ketika pindah ke Jogja dulu itu, sehingga tersimpan cukup lama tersimpan di dalamnya. Ada beberapa yang terselamatkan, dan saya sudah pindai semuanya. Sepertinya foto-foto digital harus di-backup yang banyak deh, biar gak hilang begitu saja…

  3. betul banget tuh om…
    dengan bisa menunjukkan bakat, percaya diri bisa langsung meningkat…
    makin banyak yang nonton, semakin kepedean kita ditempa…
    kalo gitu, saya suruh adik kecil saya nyanyi aja deh..hehehe…
    salam

  4. kayaknya om yang pake celana pendek…soale aura celeb nya beda sama 3 temannya yang lain hihihihi……..

    iya nech om saya pengen banget ina bisa manggung, soale dia senang nyanyi sm menari…..tp di sekolah yg sekarang ini ngga ada kegiatan sperti itu…makanya rencana aku lg cari sekolah lain biar kemampuannya bisa lebih dikembangkan lagi……

  5. Kayak lihat foto kemerdekaan, hehehe …

    gimana caranya ya supaya anak2 PD tampil di depan umum, anak saya malah nangis tuh saat kemarin menari untuk acara kenaikan kelas. Padahal kami mendukung penuh tanpa memaksa dia untuk tampil.

    Salam kenal Om …

  6. Oooom…lucu sekali fotonya, dan jadi teringat foto ‘manggung’ saat menari dulu, juga saat bermain basket dg sepatu berdecit ituh hehehe…

    Terima kasih banyak sudah ikut meramaikan ya Om ^^

  7. Hihihihi.. Oom Trainer kecil nan kiyut, pasti yang pake celana pendek itu ya?? luthunaaaaaaaaaa…

    bener banget Oom,, aktif manggung bikin kita PD. malah waktu kecil dulu, ada semacam panggung kecil yang dibikin mami saya dikamar, khusus buat manggung anak2nya, entah itu sajak, nyanyi ato ngapalin doa-doa harian,, yang nonton ya cuma mami dan adik ato kakak saja, hehe.. tapi bangga pooolllllllll…🙂

    salam sayang Oom..

  8. setuju banget pak enha perihal mendorong hobi anak. saya kerasa dulu pengen ikutan main bola di sekolah sepak bola (SSB), dan orang tua ok ok aja meski pun keuangannya pas pasan. tapi maksain juga supaya saya sebagai anak bisa nyalurin hobi nya. betul positif banget efek nya.

    btw foto nya keren ya meski jadul tapi artistik banget. kayak lagi suasana perang malah. terutama pas liat anak keci yang paling ujung pake topi nya khas pula. mantap😀

  9. yang depan mik bukan..

    bener banget,,orang tua berperan penting dalam perkembangan anaknya…

    mendukung saat ada pentas seni,,atau apapun itu kegiatannya akan memupuk percaya diri,,
    termasuk dengan gak pernah marah kalau anaknya nanya macem-macem,,itu juga bantu memupuk percaya diri,,😀😀😀

  10. wuah, ini sih benar-benar sweetest memories pak~😀
    tapi, agak sulit untuk mengenal wajah pak trainer waktu kecil~😕
    *gak ada yang keliatan lagi ‘sedakep’*ni sih benar-benar sweetest memories pak~😀
    tapi, agak sulit untuk mengenal wajah pak trainer waktu kecil~😕
    *gak ada yang keliatan lagi ‘sedakep’*

  11. Hai.
    Ingin tampil cantik dan juga mempunyai penghasilan bulanan unlimited ? ikuti cara saya dengan mengunjungi web : kecantikanalami.weebly.com atau hubungi saya di nomor : 0857-XXXX-xxxx. tks🙂

  12. Ooommm, saya lom bacaa, mo sungkeman duluuuu….
    Maaf lahir batin ya, Om, biarpun telat tapi ini tulus dari lubuk hati yang paling dalam lhooo… cieee….. salam hangat buat Tante dan tiga keponakan😀

  13. Wah, fotonya unik banget, pak Her!

    Sebelum diteruskan, ijinkan saya mengucapkan Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin bila selama ini ada kekhilafan atau ketidaknyamanan dalam bertukar komen🙂

    Momen yang indah pastinya, sayang sekali dari dulu *sampai sekarang* saya tidak pernah naik ke atas panggung buat nyanyi…hehe, soalnya takut penontonnya pada kabur😀

  14. wah wah,,, ga heran deh klo om NH sekarang begini. dari kecilnya udah begitu (lho, maksudmu dhil? :mrgreen). ya dari kecilnya udah keren begitu, jadi sekarang makin keren. ah, kapan sih aku bisa kopdar sama om NH yg keren ini? *bertanya2* #beneran

  15. ya ampuuuun… beneran oom yang pake celana pendek itu *scrool liat lagi*
    hmm..apanya yang gak berubah yah?
    matanya keknya. hehehehhe…

    ini akan aku catet di hati oom; bekel buat besok kalau punya anak🙂

    oh iya masih dalam suasana Lebaran aku mau mengucapkan… maaf lahir bathin yah oom,

  16. udah ketauan kok.. yang pake celana pendek kan?
    hm… gak berubah juga ya.. hehe…

    setuju Om.. kepercayaan diri anak harus dipupuk sejak dini..
    dan saat ‘manggung’ itulah momen yang tepat untuk berlatih meningkatkan PD anak…

  17. Kalau lihat wajahnya, yg nomor dua dari kanan itu dirumu ya Om?🙂
    Saya setuju lho Om, anak-anak memang harus didukung sepenuhnya oleh orang tua. Sama halnya waktu Vaya nampil di acara sekolahnya, saya kasih pujian meskipun dia tidak menang… dan dia senaaanngg sekali.🙂

  18. Om.. Kalau ada anak pemalu… Yg terkadang justru tampil di panggung bisa membuat dia trauma, gmana ya Om..?

    Krn jaman SMP sy yg udah pemalu, hrs tampil dipanggung utk perpisahan sekolah.. Ada kesalahan teknis sehingga penampilan kami jd bahan tertawaan semua yg hadir… Sy yg udah demam panggung, malah tambah demam panggung…

    Untung profesiku gak memnuntut aku hrs berada di “panggung”😀

    Wallahu’alam..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s