COMPACT DISK


.

(Saya menemukan satu draft postingan.  Tulisan ini tersimpan lama di Draft naskah postingan saya di MS Word … dan belum sempat saya publish.  Tulisan ini saya buat sekitar bulan-bulan akhir di Tahun 2008)

Masih tentang Almarhum Bapak …

— 

???  November 2008

Beberapa waktu yang lalu … Saya menengok orang tuaku.  Menengok perkembangan kesehatan Ibu.  Alhamdulillah Ibu sekarang sudah bisa berjalan, tanpa ditopang dengan Tongkat lagi. 

 (Note : 
Ibuku dulu, pada bulan Juni 2008 ditabrak Motor.   Yang mengakibatkan ibu patah / retak tulang pinggulnya sehingga harus di rawat di Rumah Sakit selama 2 bulan, … dan dilanjut lagi dengan menjalani fisiotherapi penyembuhan otot yang cukup lama di Rumah Adikku).

Di tengah obrolan santai kami …, ujuk-ujuk Ibu menyerahkan kepada saya sebuah CD program computer berjudul ..”Basic English, Junior 1”, Keluaran El** Me*** Com******* .  Sebuah CD pelajaran bahasa Inggris untuk SD-SMP, serial El** Kids Software.

”Iki gaweane Bapak mu …” (ini kerjaannya Bapak mu)
”Alhamdulillah lumayan … nggo nambah-nambah tuku roti (buat nambah beli roti)


Yes Sodara-sodara …
CD yang berisi pelajaran bahasa Inggris itu yang mengarang memang Bapak saya.  Sudah beredar di Toko Buku jaringan Gr****** mulai bulan Agustus 2008. 

Ah Bapak itu … sekalipun usianya sudah hampir 80 tahun, … tapi masih tetap berkarya.  Menghasilkan program pelajaran bahasa Inggris … untuk anak-anak sekolah.

Saya terharu …
Beliau memang sejak dulu selalu mengeluarkan CD-CD komputer yang berisi pelajaran bahasa Inggris … untuk berbagai tingkatan sekolah … yang di terbitkan dan diedarkan oleh penerbit kenamaan tersebut.

Memang beliau adalah Lulusan S1 Jurusan Bahasa Inggris … Tapi beliau tidak punya background sama sekali di bidang Komputer,  Information Technology dan yang sejenisnya.


 Lho ? Lalu darimana beliau belajar bikin program Bahasa Inggris di Komputer itu ? …

Yaaa Belajar sendiri … secara otodidak dari Buku … !!!

Beliau sekalipun sudah pensiun, tidak pernah menggantungkan nafkahnya pada siapapun … termasuk pada kami, anak-anaknya.  Beliau tetap berkarya dengan cara yang dia bisa.  Mencari nafkah (tambahan diluar uang pensiun) … yang tidak ngotot, tetap relax … tapi royalty mengalir pasti.

Bapak bisa nyicil beli komputer, lap top, kamera digital, scanner, video camera, printer (dari yang agak besar sampai yang portable ) … juga gadget-gadget kecil lainnya … murni dari hasil beliau mengarang CD-CD pelajaran tersebut …

Ibu selalu bilang … iki dolanane Bapakmu …).   
Hhahahahah Dolanan yang menghasilkan uang ya Bu …

And you know what ? …
Dia masih menyetir sendiri mobil Karimun kesayangannya wira wiri kemana-mana, termasuk ketika proses bolak-balik ke penerbit … untuk memproduksi CD-CD tersebut … (Dan adikku bilang … Bapak kalo nyetir bikin ngeri … ngebut soale …)

Ah … My Father … my role model … indeed

(but not on the ”Speeding” ya Beh … hehehe)
(Kalo Nyetirnya Lebih Lambat dikit keknya lebih Oke tu Beh … …)

.

.

(Note :
Dua tahun kemudian, tahun 2010 … Ibu dan juga kami anak-anaknya, mulai melarang Bapak untuk mengemudikan mobilnya sendiri, karena kondisi panca indranya yang sudah berkurang)

.

46 thoughts on “COMPACT DISK

  1. ah sekarang aku paham mengapa trainer itu hebat.. teladan luar biasa dari Bapak takkan pernah hilang.

    menginspirasi kami semua.
    makasi wat Bapak.

  2. Ternyata Bapak bukan hanya role model bagi Mas Enha saja,
    bagi kami2 pun Beliau layak sangat jadi panutan, bagaimana dgn umur yg sudah demikian senja masih terus berkarya dan membagi2kan ilmu Beliau.
    subhanallah………ilmu yang bermanfaat ini ,semoga menjadi sangunya Bapak di rumah akhirat ya Mas ,aamiin
    ( jadi iri sekaligus malu dgn diri sendiri)😦
    salam

  3. 3 hal yang tidak terputus pahalanya, meski seseorang itu sudah meninggal dunia adalah: sedekah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yg selalu mendoakannya..

    Menurutku, Bapak telah memiliki ketiganya Om.. Melalui CD yang beliau produksi, pastilah banyak orang yang sudah tercerdaskan olehnya.. Subhanallah.. Luar biasa sekali Om..

    Terima kasih sudah menceritakan ini Om.. Saya sangat terinspirasi..

    1. setuju Da, murid2 yang belajar dari CD ini dan berhasil pasti merupakan amal jariah bagi bapak

      ini jadi contoh biarpun sudah sepuh masih giat belajar teknologi baru

  4. buah tidak akan jauh dari pohonnya, dan itu terbukti lagi disini om En..🙂

    dhe turut berduka om atas meninggalnya bapak om En, semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah, serta dilapangkan kuburnya.. maaf baru bisa mampir ke sini.. salam selalu dari Palembang om..

  5. wah, ceritanya sangat inspiratif om. saya juga kadang mikir, besok kalau saya tua bisa nggak ya saya tetap berkarya? dan cerita ttg bapaknya om Nh ini sangat menginspirasi saya. bersyukur ya om, punya bapak yg hebat🙂

  6. wah subhanallah usia udah hampir 80 tahun masih bisa berkarya gitu ya, hebat pisan. gak mengandalkan anak-anaknya juga. salut pak.

    kalau udah tua nanti (insyaAllah), apakah saya masih bisa berkarya seperti itu gak ya, suka kepiikiran juga🙂

  7. subhanallah, masyaallah banget yah pak, beliau masih bisa berkarya meski diusia senja, dan karyanya untuk membuat pinter bahasa inggris generasi mudah..salut pak
    semoga jasa jasa almarhumah jadi jalan menuju pintu surga🙂

  8. wahhh bapak bener2 hebat yachhh….tidak mau bergantung kepada anak2nya dan tetap berkarya di usianya yang sudah senja….benar2 jadi contoh yang teladan utk kita2 yg masih hidup….smoga bisa meninggalkan sesuatu yang berguna jika kelak kita menghadap sang khalik….

  9. Sungguh sangat beruntung sekali Om mendapatkan orang tua seperti itu. Dan alhamdulillah tulisan ini dapat memberikan inspirasi kepada kami pencinta blog ini.
    Terima kasih Om sudah menuliskan.

  10. Adakah kegiatan bapak yang menurun kepada putra-putrinya Oom ? Misalnya mencari tambahan dengan menciptakan karya yang berguna bagi orang banyak ?

    Jika oom bisa mengarang lagu anaka-anak dengan tema lingkungan hidup,kecintaan kepada tanah air, bakti kepada orangtua, penghargaan kepada guru, tertib lalu lintas,dll wah tentu akan sangat bagus.
    Bukan nilai nomianl uangnya tetapi nilai intrinsiknya tentu lebih besar.

    Salam hangat dari Surabaya

  11. Bapaknya Om NH hebat ya… tetap mandiri meskipun sudah pensiun dan tetep semangat meski sudah sepuh…. Saya yakin, semangat beliau untuk terus belajar dan memperkaya kemampuan diri pasti menurun pada Om NH…

    You must be very proud of him, Om… and he must be very proud of you as well…

    salam hangat selalu…

  12. Subhanallah ya Om… Bapak orang yang sangat tinggi semangatnya…
    menjadi contoh juga buat kita semua…
    semoga ilmu yang beliau sebarkan menjadi amal yg tak terputus sampai di akhirat insya Allah.. amin..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s