VOCAL GROUP


Cerita SMA lagi … thn 1981

Aku kelas 2 SMA.  Di sebuah SMA negeri di Selatan Jakarta. (yang dekat gedung kejaksaan agung RI itu).  Zaman itu … setiap akan libur bagi raport … selalu diadakan class meeting.  Pertandingan Olah raga dan Seni antar kelas.  Untuk Olah raga ??? aku ini cadangan abadi.

Tapi kalau Seni … nah ini … Alhamdulillah aku selalu masuk Tim kelas.  Lomba seni yang selalu diadakan zaman itu adalah Vokal Group.

 

Aku duduk di kelas II IPA 14.  Tim Vokal Group kita hanya diiringi oleh 3 orang pemain Gitar dan satu Pianis (and … Yes This is Me).  Kebetulan salah satu teman kami ada yang adik kandung anggota group vokal terkenal waktu itu …(Chaseiro ) … (generasi 80-an pasti tau siapa mereka). 

 

Jadilah kita dilatih oleh Omen, anggota group Chaseiro itu …  Babak penyisihan Lagu wajibnya ”Sabda Alam” karangan Ismail MZ, plus lagu pilihan, lagu daerah NTT(?) ”Borero”.  Kami murni mengandalkan pecahan suara saja … tidak mengandalkan aransemen musik yang aneh-aneh … Omen waktu itu mengajarkan pada kita bahwa … ini lomba Vokal Group … bukan lomba Musik Group … So “darah” kita ada di tekhnik dan aransemen pecahan vokalnya … (Kostum ??? … standart pren … Putih-Item pake Syal satin merah)

Weeeiiiiisss hasilnya mantap pren … Di babak penyisihan itu … kita ranking 2.

 

(Dan memang betul kata Omen … group saingan kami yang genjrang-genjreng heboh memakai Full Band kumplit … malah banyak yang nggak lolos masuk final …)(Padahal Aku dan teman-teman sempet ”panas” pingin menyaingi mereka untuk unjuk gigi mengeluarkan kemampuan kami main Band …).

 

Babak Final … diikuti oleh 10 group terbaik … Lagu wajibnya tetap Sabda Alam … namun Lagu pilihannya harus diganti … Omen memilihkan lagu The Beatles … Judulnya ”With a little help from my Friend” … (Hah … mampus gua …)(Lagu apaan tuh …)(Setengah mati aku mempelajarinya …)

 

Latihan kita lebih keras lagi … jarak waktu antara Penyisihan dan Final hanya seminggu … so … kita mati-matian berlatih. Setiap hari … Pulang jam 2 malam merupakan hal yang biasa …  Gila bener … Jarak Tempat Latihan dan rumah ku … jauuuhhh … sehingga kadang aku harus jalan kaki dulu ke Terminal Bis Blok M … (ini jaraknya 4 kiloan) … Baru dari Blok M naik Bis kerumahku … (Herannya … gua kok kagak takut ya waktu itu …)(Gila merinding pren kalo aku inget-inget waktu itu …jam 2 malem jeh).  (Terminal Blok M pula … yang premannya terkenal ”gahar” itu …)

 

Di Final Jurinya serem … Ada Chandra Darusman – Rizali Indrakesuma dan satu lagi aku lupa.  Tempat Lombanya juga tidak main-main … di Studio V RRI, jalan Merdeka Barat … ini gedung yang akustiknya terbaik di Jakarta waktu itu … setelah Gedung Kesenian Pasar Baru … (akustik terbaik means … kalo fales sedikit … akan mudah sekali terdengar …)

 

Hasilnya … kita juara harapan 1 saja … (mungkin teman-teman terlalu lelah berlatih waktu itu, dan konsentrasi pun rada buyar karena kita tampil di nomer undian pertama … )(masih demam panggung mungkin ).  BTW : Juara Harapan 1 artinya … punya harapan untuk menjadi juara 1 bukan ???. J … (sebuah upaya penghiburan … yang sia-sia … hehehe)

 

Tapi kami puas … susah senang kita tanggung bersama …… semua telah berusaha keras dan menjalankan tugas sebaik-baiknya … kekompakan kelas jelas terlihat… plus pengalaman bathin yang mungkin tidak akan terulang lagi …

Trainer ABG belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim secara kompak … !!!

 

Masih terngiang di telinga … syair lagu dari The Beatles itu …

What would think if I sang out of tune,

Would you stand up and walk out on me.

Lend me your ears and I’ll sing you a song,

And I’ll try not to sing out of key.

Oh I get by with a little help from my friends,

I get high with a little help from my friends,

Oh I’m gonna try with a little help from my friends.

 

(Ah lagu itu indah sekali … seindah kenangan persahabatan di masa SMA)

.

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

17 tanggapan untuk “VOCAL GROUP”

  1. Wah, pengalaman yang tidak mungkin didapatkan oleh anak SMA di daerah…
    Lombanya aja di Studio RRI?
    Top banget deh pengalamannya…

  2. Btw, di SCTV ada rekaman gambar bullying anak SMA 70 di tahun 2000.
    Malahan, ada adegan buka celana segala…
    Ih…ngerih, Bos…

  3. Hai Om,

    Memaksimalkan sedikit yang kita punya daripada memaksa agar semuanya tampil maksimal, biaanya lebih berhasil Om…
    Tau diri dengan potensi.
    Tau sekali dengan apa yang ingin dicapai.

    Lomba Vokal Grup… yang dinilai ya vokal grupnya, bukan musik pengiringnya.

    Lomba Band… ya kemampuan dan kekompakan musiknya, dengan nilai tambah vokalis yang suaranya nggak kacau-kacau amat 🙂

    Soal persahabatan…
    Jadi kepingin nulis tentang GangGila lagi nih…
    Boleh culik sedikit liriknya Om? ^_^

    Hai, Om!
    Apa kabar hari ini? Sehat kan….

  4. Hmmm Vocal group yah… huibat banget sampe latihan jam 2 malam….(eh tapi udha SMA sih ya)

    aku sih ngga sampe segitu banget, tapi waktu SMP tuh,
    sempet maksain beli gitar…ceritanya mau belajar
    huh udah mau tanding baru belajar… gara-gara dipaksa sama ponakannya Ully Sigar disuruh nemenin dia.

    Sampe Mbak Ully dan Paramitha nya dateng ke rumahku yang dipake tempat latihan loh… ceritanya minta bantuan latih… tapi tetap aja kayaknya ngga dapat nomor tuh (lupa.com) (karena lupa jadi pasti bener ngga dapet nomor hahahah)… Well masa-masa indah banget tuh.

    Tabik
    EM

  5. Sampai sebegitu seriusnya “hanya” untuk acara classmeeting….

    Kalau saya mah di kampung ga sampe segitunya… Apakah di SMA si Om sekarang, murid2nya masih seantusias pas zaman saya belum lahir itu?

  6. hehe.. asik juga cerita-cerita masa sma oom trainer yaa. jadi ngebayangin masa2 sma jaman dulu itu kaya apa.. 😀 ternyata memang The Beatles berjaya.

    secara oom trainer kelas dua SMA saya baru lahir.. hehe..

  7. nostalgia saat SMU memang sngat menyenangkan
    dan bnyk pengalaman indah dan lucu
    btw, soal nyanyi sy dulu paling anti
    tp skrng sudah berani nyanyi di kondangan

  8. Om, kalo temen2 om semua di kumpulin lagi bisa nggak om? yah minimal ada act untuk bikin album khusus cover version ala Om gicuuuuu…bisa ya…?
    …here come de sun sweet darling ..du du du…atau yang its been a hard days night……atau michellleeeee juga boleh. cover versionnya beatles lah pokoke. saya tunggu di dapur rekaman hik hik

any comments sodara-sodara ?