karsini # 15 : ASSALAMU ALAIKUM


Sudah 14 penulis tamu yang berkenan mengirimkan karyanya ke tempat saya.

Sekarang giliran penulis tamu yang ke 15.  Karsini # 15

Simak tulisan dibawah ini …

———–

ASSALAMU ALAIKUM!!! (ALA ABANG JAKARTE!!)

Assalamu Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh : “Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dari Allah dan juga barakah dari Allah untukmu.”

Bagus yah artinya. Kalimat ini bahkan sebenarnya bukan cuma sekedar salam tapi juga doa bagi sesama muslim, bahkan diperbolehkan untuk mengucapkannya di hadapan forum yang kita tidak yakin 100% kalau semua hadirinnya adalah muslim. Anyway, saya tidak akan membahas ini lebih dalam, tapi saya justru mau cerita salah satu kejadian lucu sekaligus memalukan akibat ucapan salam yang tidak sesuai keluar dari mulut saya.

Waktu itu saya masih SMU, lagi badung-badungnya, maklum ketika itu saya sudah merantau dari Makassar ke Bandung dan otomatis minim pengawasan orangtua. Untuk menuju ke sekolah yang terletak di daerah buah batu, dari tempat saya ngekost (kapan-kapan saya akan cerita soal tempat kost saya yang seluruh penghuninya perempuan Makassar) saya harus naik angkot dan lanjut sedikit jalan kaki (demi menghemat ongkos). Maklum anak kost, beasiswanya nggak cukup nanti buat jajan, hehehehe.  Kebetulan angkot yang saya tumpangi ini setiap harinya pasti melewati rel kereta yang palang pintunya bisa menutup bahkan (ini asumsi ngaco saya) ketika keretanya –mungkin- masih di luar kota bandung. Saking lamanya, saya bisa menyelesaikan satu bagian PR LKS saya sambil menunggu palang pintunya terbuka lagi. Hahahaha, yang ngerti LKS itu apa pasti langsung ketauan umurnya  berapa.

Eniwei baidewei baswey, setiap kali mau turun dari angkot, pastinya kita harus menyetop angkot dengan bilang “kiri, Bang!!” atau kalau di Bandung biasanya bilangnya “Kiri payun!!”. Baiklah, perlu saya jelaskan, kalau payun itu bukan nama supirnya, tapi maksudnya “depan” alias “Kiri depan!!”. Jangan sampai anda sok akrab dengan supirnya seperti yang dilakukan salah satu kenalan saya anak Jakarta ketika di Bandung, ketika membayar ongkos angkot, dia dengan ramahnya bilang “Makasih payun”.

Sampai mana tadi kita ?? Ooooh, oke, jadi akhirnya sampailah angkot yang saya tumpangi itu di tempat tujuan saya, yaitu daerah Turangga. Entah apa yang sedang saya pikirkan ketika itu, alih-alih bilang “Kiri Payun!!!!”, yang terucap dari mulut saya adalah…………………………

ASSALAMU ALAIKUM!!!!!!

Dengan nada yang ketika saya ingat-ingat, mirip banget dengan cara Abang Jakarte mengucapkan salam itu. Jelas, keras dan tegas. Walhasil, angkot langsung berhenti dan seluruh penumpang menoleh ke arah saya dengan pandangan aneh ke arah saya. Saya yang langsung sadar dengan kalimat yang barusan terlontar dari mulut saya, buru-buru turun dari angkot, membayar ongkos angkotnya dan berlalu tanpa menoleh lagi ke belakang. Entahlah, mungkin penumpang lain yang masih di angkot setelah saya turun langsung jumpalitan, ngakak gila menertawakan saya. Tersisa saya yang sambil jalan kaki ke sekolahan merenungi ke-dodolan  saya dan asli, sampai di kelas perasaan saya masih tengsin setengah mampus.

Tapi kalau diingat-ingat lagi, kenapa saya harus malu yah ? Kan harusnya saya bangga, karena saya sudah mendoakan keselamatan seluruh penumpang. Ya kan…. Ya kan… ??? * Yakaleeee, berdoa yang ada ga turun-turun dari angkot*

.

——————

KARYA SIAPA INI ???

.

(sepertinya akan sulit dijawab nih … )(hehehe)
(tapi yang jelas … dia teman blogger saya … yang bisa jadi … teman anda  juga  mungkin … ???)

.

STOP PRESS
Maaf teman-teman saya terlambat membuka karsini ini
Perkenalkan ini adalah karya RAHMI TEMMARUNU
Alias Nunu, saya memanggilnya Nyenye’
Teman lama blog saya
Tinggal dan Bekerja di Jakarta
Blognya bertajuk : FROZENMENYE2

42 thoughts on “karsini # 15 : ASSALAMU ALAIKUM

    1. Hahaha… Iya betul….
      SMA-nya di Bandung, kuliahnya juga di Bandung….
      Eniwey, baidewei, baswey..
      Setengah mampus..
      Ah…itu semua punya mb Nunu….

      Mb Nunu apa kabaaarrrr????
      #ketjup :*

  1. hahaha…bener2 ketawa ngakak baca pengalaman penulis…tp arsa2nya sy belum kenalan…soale orang makassar kuliah di bandung…hmm siapa yachh…

    Oot : om aku tunggu alamatnya via email yachh…hadiahnya mau segera dikirim hehehe….

  2. hahaha saya malah ngebayangin nih penulis ketika pas berhentiin angkot hahahahahahahahahaha

    yang jelas saya seperti biasa menunggu Investigasi Uda Vizon dan bunda Yustha tt …..

        1. Gk si, memang sudah cukup umur untuk dipanggil Bunda.. (aih….sadar umur😛 )
          Makasih doanya ya Omiyan, semoga segera bisa beneran dipanggil Bunda…eh Ibu ding… (saya lebih suka dipanggil “ibu” sama anak saya kelak😀 )

            1. Hihihi…iya Uda..
              Kalau dipanggilnya di Bali si gk papa, artinya kan mbak.. ^^

              Tapi seru juga ya dipanggil ‘bunda’. Hihihi….
              Khusus buat Omian, boleh panggil saya ‘bunda’😀

  3. Yg saya tau blognya Frozzy ya Om? Nama aslinya Nunu siapa gitu.. Saya menduga begitu krn om nh sering ninggalin jejak di blognya. Betul ga om,analisa saya? Eh,tp kyknya blog frozen menye-menye dah lama ngga diupdate..*mulai bimbang sama tebakan sendiri*

  4. hahaha… pengalamannya lucu banget nih. tapi tetap belum bisa nebak om… oiya, kalau di jakarta saya punya pemahaman lain soal assalamualaikum. di sini, salam itu sering dipakai oleh pengemis waktu minta uang. jadi saya suka agak parno dulu kalau ada orang menyebutkan salam itu. takutnya itu pengemis… padahal ternyata ada tetangga datang hahaha.

  5. hehehe lucu tulisannya, tapi jujur saya emang ga tau sapa penulisnya Om. Blogger dari makassar taunya Mba Ridha, Mba Mugniar. Tapi cara menulisnya ga seperti ini. Dan setelah Om buka identitasnya, saya akan mampir ke rumah Beliau🙂

  6. Maaf teman-teman saya terlambat membuka karsini ini
    Perkenalkan ini adalah karya RAHMI TEMMARUNU
    Alias Nunu, saya memanggilnya Nyenye’
    Teman lama blog saya
    Tinggal dan Bekerja di Jakarta
    Blognya bertajuk : FROZENMENYE2

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s