BLOG TAG LINE


(Lagi … ini tulisan tentang serial ngeblog Konservatif Tradisionalis … cara si Trainer …)

.

Ini tentang … Tag line … atau ada juga yang menyebutnya Slogan …

Dalam ilmu Brand Management, Tag line atau Slogan adalah semacam penjelasan pelengkap … cerita lebih lanjut mengenai positioning produk yang bersangkutan … bisa menggambarkan mengenai Visi-Misi, atribut, gaya, style, personifikasi, janji, sifat, benefit, values, norma, tujuan dan sebagainya … yang berkaitan dengan produk itu sendiri.

Tag line atau Slogan biasanya berupa … Satu kalimat yang ditulis setelah Nama Brandnya… Satu Kalimat yang menggambarkan isi dari Produk itu … Biasanya kalimat slogan ini dibuat … ”Striking”, ”Kreatif”, “Clear”, ”Simple” but yet ”Powerful” …

 –

Demikian juga dengan BLOG …

Blog Tag Line ataupun Blog Slogan … sedikit banyak merupakan upaya nara Blog untuk menjabarkan lebih lanjut mengenai isi dari Blognya … cerminan dari sosok narablog itu sendiri … apa saja nilai-nilai yang dia anut dalam menulis, style postingannya, identitas … bahkan bisa juga menggambarkan tujuan dia ngeBlog. 

(Ada yang memakai bahasa inlander … ada yang memakai bahasa kumpeni …)

Coba perhatikan kalimat-kalimat Tag Line dibawah ini … (ring a bell ???)

”Sebuah Cermin bagi diri dalam perjalanan fana”
”Orang biasa yang mencoba berbagi pengalaman biasa biasa saja”
“just another way to know”

“tembang di ladang jiwa …”
“Cakrawala hati seorang Bintang”
“a journey from dawn to dusk”

“berbagi cinta dan sayang …”
”2 Perbedaan 1 Hati # Selalu Ada Cinta Dibalik Sebuah Cerita # dst …
Just another dust in the wind …”

“kuhadapi dunia dengan … senyum”
“Mata … telinga … hati …”
“catatan perjalanan kuliner alias makan-makan sehari-hari”

“satu blog … seribu hikmah …”
“Sweety, milky, creamy, crispy, bitter also”
“Kenangan, pengalaman, dan perjalanan hidup seorang ibu.”

“it’s not how long you live that matters; it’s how you live”.
“Beranda untuk berbincang tentang segala hal di sekitar kita …”
“Bloging is Passion”

“Menulis dengan Hati …”
“kedamaian hati ada dalam rasa syukur”
“Express Your Dreams and Feelings”

”Tiada hari tanpa sebuah karya positif”
”it’s just a story of me and my world”
kumpulan berbagai macam artikel, renungan dan kata-kata bijak”

Dan yang sangat saya suka …

”Ngeblog sing enak … tapi Gak SakEnake”

SO …
Sejatinya … (sekali lagi) … Blog Tagline atau Blog Slogan … harus mencerminkan isi postingan – postingan kita.  Sebaiknya “seirama” dengan isi postingan kita. (vise versa).

 Jika ternyata para nara blog sekalian merasa Tidak / Belum sesuai dengan Slogannya …
Ada dua hal yang bisa kita tempuh …

1. Ganti Tag Linenya …. atau
2. Perbaharui Isi Postingannya…

(hahahaha) 

Nah Sodara-sodara sekalian …
Apakah Isi postingan kita sudah sejalan dengan Tag Line atau Slogan kita …

Bagaimana menurut pendapat anda ???

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

92 tanggapan untuk “BLOG TAG LINE”

  1. Waduhh…cocok nggak ya…soalnya menulisnya suka-suka..kadang punya ide, kadang macet…
    Dan bukankah yang menilai orang lain?
    Dan karena om trainer biasa memberikan training, serta menilai/mengevaluasi, kira-kira isi blogku yang kayak gado-gado itu cocok apa nggak ya?
    Dan…tulisanku “Kenangan, pengalaman dan perjalanan hidup seorang ibu”…apa yang dimaksudkan sebagai tag line itu sudah cocok dengan isinya(gatek sihh…)

    Hehehe..jadi bingung sendiri…

    1. Ibu …
      Slogan Blog EDRatna itu sangat cocok sekali bu …
      Kenangan … kadang ibu cerita nostalgia toh … saat di kampung halaman, di bogor, saat anak lahir dan sebagainya …
      Pengalaman … ini juga cocok … kadang ibu juga menulis masalah management, wirausaha dan yang sejenisnya … ini sesuai dengan pengalaman Ibu … keseharian ibu … juga pekerjaan ibu …
      Perjalanan Hidup ? … ini apa lagi … ibu juga sering menceritakan perjalanan Ibu kan … baik itu perjalanan dalam arti yang sebenarnya (travelling) … maupun perjalanan batiniah Ibu sebagai ibu …

      So … Cocok Banget Bu !!!
      Salam saya Bu …

  2. blog-slogan, bagi saya seperti rambu2 yg secara dengan sengaja saya buat utk memberikan ke mana arah tulisan2 yg saya sajikan.
    saya selalu berusaha agar tulisan saya memberikan hikmah, sekecil apa pun itu meskpn saya sampaikan dng cara guyonan.

    1. Yup Mas Gus …
      Saya pribadi selalu mendapatkan Hikmah dari tulisan-tulisan Mas Gus …
      Ada banyak hal yang saya pelajari disana …
      baik hikmah yang tersurat … maupun hikmah yang tersirat

  3. dan tagline mas sendiri:
    “just wanna share to the world of what I know … no matter how small …”
    ngga dipajang? hihihi
    Kalo mas pasti udah cocok dong dengan tag linenya 😉

    Blog saya ya emang menceritakan perjalanan saya dari dini hari ke senja hari, lalu ke dini hari lagi sih, seperti kereta Twilight Express…. dan semoga bisa sesuai terus…

    EM

    1. Syukurlah kalau cocok …
      Ya EM … memang kadang … hal-hal kecil … remeh temeh aku suka ceritain juga …

      Dan Slogan Blog EM … TE itu cocok bener …
      Dini Hari … senja … sampai ke Dini lagi …
      🙂 🙂

  4. tagline celoteh tt: lihat, dengar, rasakan…
    tapi di theme yg sekarang ndak muncul tu blog tagline nya..

    sementara ini masih cocok2 saja, soalnya isi blog sy memang lebih banyak tentang cerita sehari2 juga tentang fiksi2 yang bisa dirasakan kedalamannya… Tsah..bahasanya!

  5. kalo saya sih sudah pasti gak sejalan ..
    wong Tag Linenya ditulis supaya daripada kosong … hihihi

    nanti tak ganti ah… (lagi mikir enaknya ganti apa ya?)

  6. tagline saya sebenernya sangat umum, seengga mengingatkan saya bahwa saya pernah menjalani sesuatu di masa lalu yang saya abadikan dengan tulisan, seandainya suatu saat nanti saya lupa… :mrgreen:

    btw, si Opa tua ga tagline blog saya apa? 😆

    1. Hahahaha… ya tau lah …
      kurang lebih … kita baru sadar akan arti sesuatu … ketika sesuatu itu hilang dari kita …

      But jujur ChiC …
      kalau saya kok lebih suka your Blog Name … ini sangat menggambarkan personifikasi dari Chichi dan Blognya … “Simple,Chique and Delicious”

      salam saya

    1. Bukan kecepatan langkah … melainkan ketepatan arah …
      Saya terngiang-ngiang tag lain Bro Mike Kono …

      saya mencoba konsisten … dan mudah-mudahan arahnya pun tepat …
      🙂

      Thanks Bro …
      Kabar saya baik-baik saja

  7. itu dia om trainer….sampai saat ini aku belum nemu tag line yang paling oke. Mungkin kurang mikir akunya yaaaa? awalnya sih, dari pada kelamaan nunggu ketemu tag line..udah aja aktif dulu. sapa tau suatu saat nanti ketemu tag line yang aku suka…

  8. Selamat siang menjelang sore,
    Selamat hari Selasa menjelang Rabu,
    Semoga tetap semangat dalam berkarya dan sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia.com

  9. kalo punya inge… sesuai nggak yah Om…
    *mikir… sambil mam bakso*

    erm…. dianggep sesuai bisa nggak Om…
    *eh… Om mau bakso??? [nyodorin pentol]*

    oia Om, 14/2 jadiiii 😀

    1. lha ?
      ditempatmu kan ndak ada slogannya Nge ..
      (wait … atau jangan – jangan aku salah lihat ya …)

      Sambil nyaplok pentol bakso …

      14/2 … uuuhhhhuuuiiiii … !!!

    1. Hahahha …
      ini kan cuma buat contoh …
      dan nggak ada linknya pula …
      aduuh gitu aja kok ngambek …
      Sesuai atau tidak … mmm gimana ya …
      kayaknya sesuai deh

  10. Tagline saya sudah pas belum ya? yah semoga saja… 😀
    tapi, soal judul blog “surau” itu lho Om, kayaknya kurang pas deh sama isinya, what do you see?

    1. Justru itu sangat sesuai Uda …
      Amat sangat sesuai …

      Di halaman surau ada pohon dan taman … tempat dimana anak-anak bermain … to know each other, belajar sosialisasi
      Di halaman belakang ada tanaman umbi-umbian dan tanaman obat-obatan tempat para penduduk mengambil obat … to know the khasiat … misteri yang tersembunyi di makhluk hidup ciptaan NYA
      Di lantai atas … ada perpustakaan … tempat orang membaca … menambah ilmu … to know science and knowledge …
      Beberapa meter di samping kiri ada warung jajanan tempat orang-orang istirahat barang satu dua teguk teh hangat … to know each other again … dalam hangat kekeluargaan khas warung kopi …)
      Beberapa meter di samping kanan ada sebuah kendi besar berisi air sejuk untuk para musafir melepas dahaga … (to know … betapa beruntungnya kita yang bisa care …)
      Di beranda … ada pelataran luas … tempat bersilaturahmi dan berinteraksi … (no further explanation …)
      Dan …
      Di dalam … ada tempat dan mimbar nan bersih dan suci untuk beribadah … dan syiar Agama … (to know “THE ALL MIGHTY”)

      Semua lengkap … ada di Surau Inyiak …

      1. wah, terima kasih yang tak terhingga atas analisa ini Om…
        Saya jadi terus bersemangat menggunakan judul dan tagline itu.
        Terus terang, selama ini saya sedikit khawatir dengan penggunaan judul dan tagline tersebut. Dengan pandangan Om yang seperti ini, saya jadi semakin yakin..
        Kita memang perlu sesekali mendapatkan pandangan orang lain atas apa yang kita buat; entah itu baik ataupun buruk…

        sekali lagi, thanks Om 😀

        oya, tagline Om juga sangat pas… banyak yang kita pelajari dari tuturan Om di sini. sungguh… 😀

  11. aduh saya jadi mikir bener ga ya sekarang Tag Line blog saya …

    tapi tetep buat saya mah 2 Perbedaan 1 Hati adalah jualan blog saya hahahahha

    salam

    1. Betul Om …
      sejauh ini …
      ya baru Omiyan lah yang mengclaim …
      dan ini letak keunikan Blog Omiyan …

      (kalau sepeda atau yang semacamnya mungkin udah banyak ya Om …)

  12. udah nyambung blm ya, Om? perasaan sih udah nyambung, tp emang beberapa postingan agak “kluar jalur” he..he..
    *jewer telinga sendiri, fiksi tuh bukan pengalaman Bro…*

    kalo menurut Om gimana Om tagline saya, sdh sesuai dg “roh” blog-nya blm??

  13. “Sebuah Cermin bagi diri dalam perjalanan fana”
    hehe, itu dah berapa kali ganti Om 😀 .
    Ring a Bell ? ditunggu Inputnya Om…kali aja masukannya lebih mengena… 😀

    1. Input saya …
      Menurut pembaca awam seperti saya …
      Mungkin lebih “striking” … “Sebuah Cermin Diri”
      Ini menurut saya lho …

      (striking = menohok)

    1. Kalau mamah aline …
      sudah comfortable ya jangan di robah-robah bu …

      atau mungkin dirubah …
      “cerita dari priangan timur ?” hehehe

  14. kalo saya tagnya sih ‘hidup adalah belajar tanpa akhir’ sesuai banget sama saya yg merasa selalu kurang pengetahuan dalam hidup ini.

    banyak belajar ,banyak lupa
    sedikit belajar ,sedikit lupa
    tidak belajar,tidak lupa

    tapi semakin belajar semakin saya tahu bahwa ternyata yg saya tidak tahu itu masih sangat banyak banget ya?! Maha besar Allah dengan segala ilmuNYA

  15. Yang saya kenal dari deretan di atas, Padang Ilalangnya Bundo dan Menulis dengan Hati-nya Pak Amril.

    Kalo jawaban pertanyaan, ya pasti saya nggak sesuai. tagline saya: murni curhatan isnuansa. Isinya soal Blogging. Nggak bisa ngerubah tagline, karena menyatu dengan desain blog. Headernya nggak bisa diganti. Saya pesan khusus 2007, dan blog gado-gado saya lenyap semua isinya gara-gara kerusakan server. Jadi malu, melenceng jauh…

    1. Curhat tentang Blog kan boleh-boleh saja toh …
      hehehe
      jadi kalau orang lain curhat mengenai suasana hati menye melembe …
      Mbak Is … curhat tentang Blog …
      lho ya asik kan …

  16. “just wanna share to the world of what I know … no matter how small …” maknanya hampir mirip dengan “tembang di ladang jiwa..”

    bedanya cuman dikit ajah, yang pertama itu pemiliknya jago nyanyi sedang yang satu lagi gagap.

    1. Apakah LJ [Ladang Jiwa] sudah sesuai dengan tagline? sudah jelas engga sesuai, karena nembangnya cenderung fals. Untungnya ada preman jago nge-jazz yang suka mampir. Membantu LJ terdengar agak merdu..

    1. Take your time …
      rileks … santai …

      nanti pasti ketemu bentuknya …
      ngalir aja Bro … (ciaaahhh kayak anak sekarang ya …)

      salam saya Bro … (ciah lagi …)

  17. Waktu saya pilih tag-line itu nggak terlalu banyak mikir kecocokannya dengan isi blog … Mudah-mudahan cocok ya? soalnya yg namanya debu bisa tidak berarti apa-apa tspi bisa juga “something” (no matter how small) ya nggak? … hehehe 🙂

  18. Saya ganti-ganti pak. Bapak tahu sendiri paling awal tagline saya dulu apa bunyinya. Tapi karena merasa gak sesuai, saya gonta-ganti terus. Sampai yang sekarang akhirnya taglinenya “Dengan menggunakan “Y” bukan “I” ! ”

    Maksudnya nama saya “Agyl” itu ditulis dengan Y, bukan I. Gara-gara fakta bahwa teman saya masih ada yang nulis nama saya dengan “I” ketika kerja kelompok. Selain itu kalo chat juga masih banyak yang pake “I”.

    Maknanya… ya itu blog pribadi saya. Blog seorang yang masih mencari sebagian dari jati dirinya yang masih belum ketemu. Mungkin juga sebagai tanda bahwa “silakan mengenal saya lebih dalam dengan membaca tulisan yang ada”. Kurang lebih seperti itu lah 😀

  19. Om,
    Cari tagline emang ga gampang kan ya.
    Klo di sucok, saya udah jelas krn apapun isinya, hanya berupa postingan dari malam sampai pagi, dan bukan dari pagi hingga petng.
    Sementara klo di TS, kemarin itu tagline ganti krn saya pikir, apapun isi di blog saya, bukanlah cuma sekedar sebuah blog, tp lebih daripada itu, itu kan menurut saya toh hahaha… makanya tag line jadi, “Karena Teh saja tidak Cukup”. 😀
    Tp kayaknya saya mo ganti tagline lagi Om hahaha..

    1. Karena Teh saja tidak cukup …
      mangkanya harus pakai susu …

      Itu Tag yang striking lho Zee …

      Inline dengan namanya
      Inline pula dengan saudara sepupunya … su-cok

  20. MATA TELINGA & HATI…
    gimana om…giman om..!!
    cocok kan…cocok kan…plisssssss analisanyaaaa
    Core Benefit proposition’nya sudah sesuai kan antara isi dan tagline !!!

    Kalo Tag Line Om sudah sesuai banget kok ::
    just wanna share to the world of what I know … no matter how small …
    apa yang dishare itu banyakkk bangett, yang kayak gini2 nih udah bisa dibuatin CAS dan masuk WO bulan Februari 🙂

    1. Mata – Telinga – Hati …
      itu paling safe …
      paling aman …

      🙂 🙂 🙂

      (Tangan dan Kaki mungkin lebih komplit …??)
      (serius ini !)(tapi cekikikan dibelakang)

  21. Wah jadi kepikiran untuk ganti Tag Line neh Pak,…. habis tagline nya saya ga nyambung,…. “imajinasi yang jelas, menghasilkan kenyataan” isi blognya celoteh2 ga karuan,…. hmmm…. bagusnya diganti apa ya Pak….

  22. Taglinenya blog ini enak tuh pak hehe… Saya setuju kalau Tagline sebuah blog itu mestinya mencerminkan isi blog itu sendiri. Thanks for sharing 🙂

  23. huahahaha….jadi merasa tersindir..eh tepatnya seperti diingatkan 🙂
    Iya nih om, tadinya sih sesuai tema…belakangan kok jadi campur baur sama cerita2 yg pengen disimpen juga…gimana dong 🙂
    Namun, tetep berusaha sesuai dengan tema….karena ada obsesi pribadi buat ngumpulin jadi sebuah buku, kali2 aja ada yg rela menerbitkan tulisan yg amburadul itu tentang “Belajar dari anak-anak”

    1. Tidak Ibu …
      Kalau saya perhatikan …
      Benang merah Blog Bu Devi sangat konsisten …
      It’s all about Child …

      Satu dua selingan sih … ok-ok aja kaleee …

      So tetaplah dengan tagline yang sekarang …

  24. saya mohon pendapat dari om tentang rumah saya itu. nama : Pabriktempe dengan tag “Kondisi produksi sehari-hari” namun isinya malah ngurusi elektronik dan komponen serta curhat setiap hari. Kira-kira bagaimana om?

  25. wah..tagline blog sil kayaknya ada dalam contoh yang om buat diatas deh..
    “tiada hari tanpa sebuah karya positif”
    kira – kira menurut om gmana nih???

    dah cocok belum ya,sama isi blog sil???

  26. Sahabatku Om trainer,
    Hm.. inspiratif. Sebenernya aku gak pernah mikirin Tag Line blogku karena saat dibuat dulu gak terpikir terlalu jauh. Tapi ini benar sekali. Walau masih sesuai dengan isinya, perlu penyegaran yang lebih menarik sepertinya.. 🙂

  27. The story of Ria : Mind, Thinking, Happiness, Thankfull, Passion, Wish, Friends, Familly, Works, and My Life

    nah itu kira2 cocok gak dengan isi blog ku om? hehehehehe…ayo jawab yg jujur 😀

  28. wah jujur kalo soal tagline dengan konten blog saya belum matching, bahkan bisa berbeda bagai bumi dan langit. saya pikir untuk sementara nggak apalah yang penting ngeblognya jalan dulu

  29. huahahaha.. tadinya saya beli ‘ourlovenotes… the journey of our life’ karena isinya memang untuk curhat2an antara saya dan dia… hahahah… sekarang isinya lain.. ga begitu..!! mm.. tapi saya ga berniat menggantinya.. hopping someday, isinya akan disesuaikan lagi dengan nama domainnya… hehehe…

  30. karena mulanya dimaksudkan sebagai catatan harian (marshmallow’s diary), maka tagline saya mengenai bagaimana menjalani hidup itu lebih penting daripada berapa lama hidup kita. it’s not how long you live that matters, it’s how you live. hehe.

    tapi isinya memang campur sari, om. dan kata seorang sahabat, oke aja sebuah diary seperti itu, karena dia mencatat setiap apa yang dipikirkan oleh penulisnya.

    menurut om cocok gak ya tagline blog saya dengan isinya? karena sampai sekarang saya masih bertanya juga.

  31. Pegungkap rasa di dunia maya
    Seni adalah ungkapan isi hati

    isinya macem2,….Sesuai kata hati,…
    olah raga, bisnis, puisi,…gak nyambung sama take line nya,…..hahahahahaha,…………

any comments sodara-sodara ?