DISKON


 

Discounted Price.  Potongan Harga.  Sale. Harga Miring … atau apapun itu namanya.   Adalah sebuah upaya promosi jangka pendek untuk merangsang peningkatan penjualan suatu produk atau jasa.

 

Pertanyaan selanjutnya adalah … kapan biasanya produsen melakukan upaya DISKON ini ?

 

Ada dua situasi … dan anehnya … dua-duanya saling bertolak belakang …

 

#1.  Saat Permintaan Sepi

Diskon, Potongan Harga atau Pemberlakukan harga khusus yang lebih murah … diberikan di saat-saat permintaan sedang sepi.  Atau konsumen sedang tidak membutuhkannya.  Sedang tidak berniat membelinya.  Saat yang tidak favourable untuk membeli.

Contohnya tentu saja … Nomat … Nonton Hemat … yang diberlakukan setiap hari Senin. (eh masih ada nggak ya ???).   Senin itu adalah hari sibuk … bukan hari untuk bersenang-senang.  Sehingga Bioskop memberlakukan harga murah untuk menarik penonton.

Industri perhotelan dan penerbangan pun juga kadang kala memberlakukan tarif special di saat ”low” season.  Saat yang tidak favourable untuk pelesir.

Banyak dept store memotong harga … untuk produk-produk yang relatif sudah out of date.  Sudah ”lama”, model ”lama” … sebuah upaya untuk menghabiskan stock lama.  Dimana permintaan sudah tidak tinggi lagi …

(Tentu pembaca masih Ingat bagaimana sebuah merek produk sandal klompen plastik warna warni, yang gerainya di Mall mewah itu,  heboh di ”serbu” konsumen yang sampai antri panjang untuk mendapatkan diskon tersebut …???)(kelas atas pun gila diskon juga weiceh …)

 

 

#2.  Saat Permintaan Ramai

Diskon justru diberikan saat konsumen sedang membutuhkan produk atau jasa itu.   Pasar sedang ramai-ramainya.  Permintaan sedang tinggi-tingginya

Saat liburan … banyak tempat rekreasi memberikan diskon.  Saat tahun ajaran baru … banyak toko buku memberikan potongan harga.  Saat lebaran banyak dept store yang melakukan ”sale”.   Obral …  Disaat orang ramai membutuhkannya … justru mereka memberlakukan potongan harga …

 

Agak berlawanan dengan teori ekonomi … yang mengatakan bahwa … semakin tinggi permintaan seharusnya akan semakin tinggi pula harganya …  (Ini justru permintaan banyak … malah harganya dipotong …).

 

So jadi demikian lah … ternyata … muara dari segala upaya pemasaran adalah … Perilaku Konsumen

 

Dan celakanya … perilaku membeli konsumen (di Indonesia ?) itu … (pada umumnya) akan segera saja seketika tersentil … makcemengkring … silau … ketika membaca spanduk dan signage tergantung ramai di toko yang berbunyi …

 

”Discount” … ”Special Offer” … dan … ”SALE”

 

Depele …. depele …

Mampir Ooommm … lagi diskon llloooohhh …

 

Anda tertarik dengan diskon ?

(ini seharusnya berjudul … “DISKON POREPER”)

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

32 tanggapan untuk “DISKON”

  1. yeahhh!!!

    saat sepi diskon, saat rame diskon jadinya diskon terus dong om???
    Om kalo diskon tuh biasanya: jual rugi, pas modal, ato untung tipis sih??

    kalo aku biasanya tertarik discount utk barang-barang “luxurious”, kalo pakaian/spatu/consumer goods mah kalo perlu beli ya beli aja, gak lihat ada diskon atau tidak

  2. tapi kadang diskon itu suka aneh2 untuk beberapa tempat
    misal: harga aseli 1000, pas diskon di tulis 2000. dengan embel2 diskon 50%. jatuhnya sama juga….
    *geleng2*

  3. Diskon? Sudah pasti menarik Om, terutama untuk barang-barang yang memang kita butuhkan. Saya suka beli barang diskonan, nggak masalah itu stok lama, lha wong sekalipun beli barang stok baru, setelah disimpan di rumah, akan jadi stok lama juga kan? Ini kan cuma beda nyimpennya aja : di rumah dan di toko …

  4. hm,
    saya lebih tertarik kalo toko roti atau donat ituhh lagi program beli satu dapet banyakkk hehehe..
    untuk diskon toko-toko apparel, kurang tertarik 🙂

  5. Aku lagi nunggu diskon alat-alat olahraga Om, raket bulutangkis dan sepatunya sdh ga up date Om..habis nonton Film “KING” sih Om, jadi pengen beli sepatu bultang 🙂

  6. Arti “Makcemengkring” ???

    Mmmm … Bayangkan …
    Anda bisulan … gede …
    Lalu bisul itu kesentuh tangan …
    That’s makcemengkring … !!!

    hahaha

    Kalau pake bahasa kartun …
    ini yang biasanya ada gambar bola lampu pijar yang menyala … lalu berteriak … “aaahhhhaaaa …!!!”

    (dibahas sungguh …)

  7. tertarik sih iya Om, tapi cuma bisa nyengir dowang …
    dirayu bagaimanapun nggak bakalan mempan Om,
    fulusnya dah disetor buat sekolah Zia .. hehehe

  8. Kayanya hampir setiap bulan ada diskon besar.

    Juni-Juli: meyambut liburan dan masuk sekolah
    Agustus: diskon kemerdekaan
    September:menyambut Puasa dan lebaran
    November-desember: diskon akhir tahun.
    Januari: dikon awal tahun
    Februari: menyambut Imlek dan valentine
    dll

  9. bw…
    kalo yang saya amati sih, diskon cuci gudang adalah benar2 diskon.
    kalo pas permintaan ramai, dengan ilmu peramalan tingkat kedatangan sekian banyak konsumen, diskon sekian persen bisa lebih untung jika tidak didiskon. itu dari sisi peluang konsumen untuk membeli.
    salam…

  10. hmmmm apa saya yang aneh ya? atau saya musuhnya orang marketing?

    ngga pernah tertarik pada kata diskon tuh
    soalnya yang di diskon biasanya yang ngga diinginkan sih.

    Yang diskon gitu kan barang konsumtif semua. branded. padahal saya anti pake barang bermerek hihihi.
    Kalo diskonnya kayak barang kebutuhan sehari-hari paling beli banyak utk stock hehehe. Itu juga kalo kebetulan belanja.

    EM

  11. Sy pernah liat diskon bo’ongan di citos. Liat sprei diskon 50% + 20% yg menggiurkan. Sprei yg sama sy beli di cinere mal dng harga 75rb harga pas ga pake nawar.

    Eh itu sprei sama persis abis didiskon katanya jd 200rb. Lah sy tanya emangnya harga awalnya berapa? 500rb. Gubrak ga masuk akal yaaa..untung ga tergiur diskon.

  12. jadi inget pas lebaran beli lemari pakain om, diskonnya gedhe banget. orang2 pada beli makanan & baju buat lebaran, saya dan ayahnya azka malah beli lemari, heuheuheu

    *kepincut sama diskon gede*

any comments sodara-sodara ?