Posted in NGEBLOG

BUKAN BLOGGER SEMUSIM


 

Bukan blogger semusim.  Sebuah Tantangan terbaru dari Pak De tercinta.  Menulis artikel dengan tiga kata kunci tersebut.

Secara bebas, Saya mengartikan bahwa ini artinya adalah hendaknya kita semua sebagai blogger rajin menulis di blog … kalaupun tidak menulis tiap hari … tetapi paling tidak tetap konsisten menulis, secara terus menerusJadi Bukan Blogger Semusim …

Blogger semusim itu adalah tipe blogger yang di suatu masa dia bisa posting tiga-empat kali sehari … tetapi di masa yang lain … tiga empat bulan kemudian … vakum tidak menulis.  Tertatih-tatih … moodnya hilang … excitementnya raib entah kemana … Bahkan tidak jarang banyak pula yang blognya ditinggal begitu saja.  Lumutan penuh sarang laba-laba.

Saya menyebut ini sebagai fenomena “euphoria blogging”.  (Sangat) Gencar ha ha hi hi di awal … tapi melempem setelah tiga empat bulan kemudian … !

.

Bagaimana menghindari syndroma “Blogger Semusim” ini ?

Menurut saya ada tiga hal …

1. Kalem :
Maksudnya … pada tahap awal, dimana sedang banyak-banyaknya ide untuk dituangkan … tuliskan draft anda di satu file khusus.  Dan jangan buru-buru diposting.  Simpan dulu.  Kalau orang main domino atau kartu … ini disebut “dipirit” … dikeluarin dikit-dikit … postingannya dieman-eman hehehe.  Ini gunanya supaya nanti kalau sudah kehabisan ide … stock tulisan ini bisa dikeluarkan.  Remember … kalem … be cool … jangan kalap memposting tulisan sporadis pada tahap awal … !!! 
Dengan demikian, mudah-mudahan anda … Bukan Blogger Semusim

.
2. Menyimak :
Yang saya maksudkan menyimak adalah … rajin untuk menyimak postingan para sahabat … rajin menyimak komentar dari para sahabat … rajin mencermati diskusi yang terjadi di kolom komentar para sahabat.  Saya pribadi banyak mendapatkan inspirasi dari hal-hal tersebut … tak sengaja menemukan postingan tentang satu hal … saya jadi terinspirasi untuk menuliskannya … tak sengaja melihat komentar sahabat tentang obyek tertentu … kita pun tertarik untuk menuliskannya … dan seterusnya … dan seterusnya.   Menurut saya menuliskan suatu topik yang sama … tapi dibahas dari sudut pandang kita pribadi … bukan merupakan suatu larangan … ini bukan menyontek … so lakukan saja …

.
3. Kontes :
Banyak kontes diadakan oleh paranarablog … topiknya pun macam-macam.  Pergunakan topik-topik itu, untuk inspirasi postingan anda.  Sedapat mungkin ikuti kontes tersebut.  Bukan untuk ikut kontes semata … bukan untuk mencari kemenangan … bukan untuk mengharap hadiah … tetapi … untuk diambil topik bahasannya.

Kita harus berterima kasih pada sohibul kontes tersebut … Sebab dengan demikian kita akan senantiasa mempunyai topik untuk kita perbincangkan di Blog bukan ? … so … pergunakan kesempatan ini untuk latihan menulis postingan kita.

Demikian beberapa hal yang bisa saya pikirkan …

Untuk menjadikan kita semua  … Bukan Blogger Semusim !!!

Salam saya

.

.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Tiga Kata Bukan Blogger Semusim di BlogCamp

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

47 thoughts on “BUKAN BLOGGER SEMUSIM

  1. hiks….:(
    aku persis kayak gini, Mas…..
    asli blogger semusim…..😛
    draft sampai ratusan juga ,teuteup aja males publish ….( dah akuuuut bgt nih malesnya)😀😀

    semoga sukses di acara ini ya Mas………
    salam

  2. Tantangan Pakde ini mantap sangat ya Om..
    Kita jadi bisa menulis dengan segera dan update tulisan, hehe..

    Benar kata Om, bahwa kontes yang digelar oleh sahabat narablog ternyata bisa membangkitkan ide tulisan kita. Termasuk apa yang dilakukan Pakde ini. Dengan begini, kita bisa katakan bahwa kita BUKAN BLOGGER SEMUSIM..

    Mantap kali Om..🙂

  3. setujuuuuuu
    yang penting konsisten,,
    pesan ini juga kan yang inyiak tulis di comentar waktu aku posting tentang postingan 1000 kata perhari,,
    ketika ide itu berjibun jangan lantas membabi buta bikin tulisan..
    sabar,,dan perlahan…
    aku emang gak sempet posting,,tapi dengan saran inyiak,, sampai hari ini udah masuk episode 16,, masih jauh menuju angka 180

  4. Yang kedua itu, tentang menyimak, tepat sekali. Seringkali saat berkunjung ke blog teman, membaca postingan dan komentarnya, jadi mendapatkan ilham untuk menulis sesuatu. Dan harus saya akui, Om NH adalah salah satu influnce yang tepat untuk mendapatkan bahan tulisan….🙂

  5. 3 tahun ngeblog alhamdulillah gak kenal musim, tapi mungkin kalo saya angin-anginan karena sering masuk angin he he.
    Tipsnya menarik Om .. terima kasih🙂
    Salam hangat selalu🙂

  6. wah hebat euuy om NH jadi peserta pertama…sebenarnya tadi pagi udah kesini tp lupa belum ngasih komen hehehe….kayaknya Om jadi salah satu pemenangnya nechh…keren sech tulisannya….

  7. terimakasih tipsnya Om,,
    soalnya saya merasa sedang diambang proses blogger semusim nih # karena males.😦
    # sepakat dengan ikut meramaikan GA.

  8. dulu pas pertama kali ngeblog ada blogger yg bilang kalau udah lewat 6 bulan ngeblog dan.masih konsisten baru deg lulus ujian bukan blogger semusim.. hehehehe..

    dan yak.. memposting sehari.bbrp.artikel.mamg pengaruh byk utk konsisten kedepannya ya om🙂

  9. Terima kasih atas tips2 yang di berikan Om. Kalau diblog, saya hanya menceritakan kejadian yang dialami sehari-hari, meskipun tidak diposting setiap hari tapi mudah2an selalu ada yang diceritakan…
    Tertarik nih Om untuk coba menulis juga di bloknya Pak De…..🙂

  10. Selama malam Om… Aku seneng disebut bukan blogger musiman nih… #ketawalebar

    Jujur ya Om, dulu saat sedang benar2 kecanduan blog, aku mengedepankan blog di atas segalanya. Sering pas jam kantor aku curi2 waktu utk blogging. Di rumah, begitu urusan rumah tangga selesai, langsung duduk manis di depan kompie dan langsung blogging.
    Tapi… kurang lebih setahun ini aku sedikit berubah. Di kantor aku usahakan lebih fokus dan tanggung jawab pada pekerjaanku. Di rumah, aku juga lebih fokus dlm mendampingi anakku mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian nasional. Jadi deh, bloggingnya menurun drastis.

    Selama hampir 1 tahun ini aku ngerem keinginan utk buka2 blog di kantor hehehe….
    Tapi, tadi aku tergoda. Gara2 aku intip FB dan menemukan tantangan dg 3 kata dari Pakde Cholik yg serasa menyindirku… maka aku pun memutuskan utk ngeblog di kantor hahaha. Tapi, itu aku lakukan 1/2 jam terakhir di kantor kok, saat pekerjaanku sudah selesai aku kerjakan lho Om… #membeladiri

    Maaf ya Om… komennya kepanjangan… #kaburrrrrrrrrr

  11. Wah, Om NH sempat ikutan kontesnya PakDhe ya
    Saya malah nggak bisa ikut Om, kebetulan disaat yg sama ada pekerjaan yang dikejar waktu.
    Akhirnya saya cuma bisa nonton aja.
    Semoga sukses Om, dan jadi salah satu pemenang
    Salam!

  12. hahaha…. trims banget tipsnya om… saya kayaknya masuk dalam mantan korban penyakit blogger semusin nih… barusan dari blognya uda vizon, dengan triknya ATM(amati, tiru, modifikasi,) maka dari ini trik om secara pribadi saya sebut sebagai K2M!! (maksa)

  13. Alon..alon sing penting kelakon ya Om.. ketimbang di awal melaju cepat, tapi akhire ngadat.

    kalau saya gak bisa om posting sehari 1 post, selain lemot nulis, saya juga gak bisa menikmati posting tiap hari

  14. Akhir-akhir ini, saya jarang ngeblog Om… semenjak pindahan dan heboh dengan urusan beberes rumah, napsu untuk ngeblog rada melempem… disambung dengan mudik 2x…makin sempurnalah melempem ngeblog saya hehehe… saya lebh suka nulis dan ngeblog dari laptop sendiri. Kalau saya lagi mudik gitu suka males bawa2 laptop, karena saya mudik ya waktunya buat keluarga. Sementara untuk ngetik dan ngeblog via komputer di rumah rasanya kurang afdol…*halah…
    Semoga saya tetep semangat nulis terus ya Om…

    salam hangat selalu…

  15. ide yang selalu datang dari tempat baru dan postingan yang manfaat sekali ya…
    boleh donk datang ke website kami di http*://unsri.ac.id/ untuk dapat berbagi informasii……

  16. hehehe….iyah nih om….saya bisa dibilang jadi veteran blog ini….mulai vacum nih, bukan krn nggak ada ide, nggak ada mood, tapi kehabisan waktu….duh jadi curhat deh…hahaha…

    btw…nulis, melukis, dancing, creativity adalah duniaku…suatu hari kupasti kembali….

    salam kangen tuk para blogger semua🙂

    Best regard,

    bintang

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s