REUNI : KECIL vs. AKBAR


.

Masa-masa sehabis lebaran begini, akan banyak sekali undangan reuni.  Biasanya juga sekalian untuk acara halal bi halal.

Saya sering kali datang reunian.  Jika kebetulan saya tidak ada acara keluarga, saya pasti menyempatkan diri untuk datang reunian.  Ada reuni yang kecil-kecilan, hanya di datangi oleh 7 – 15 orang saja … tapi ada juga yang besar … yang didatangi oleh lebih dari seratus orang.  Kita sebut saja kedua jenis reuni tersebut … masing-masing … reuni kecil dan reuni akbar.

Pertanyaan selanjutnya …
Om lebih suka yang mana … ? Reuni Kecil atau Reuni Akbar ?

Sebelum menjawab yang mana yang lebih saya sukai, terlebih dahulu perkenankan saya untuk menelaah kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Reuni Kecil
Kelebihannya adalah … kita akan lebih intens untuk bercerita satu sama lain.  Kompak.  Satu fokus. Lebih guyub, lebih gayeng.  Saling cerita kenangan-kenangan masa lalu.  Kekurangannya adalah … garing.  Kalau yang datang sedikit dan kebetulan agak pendiam, acaranya jadi rada garing wal sepi.

Reuni Akbar
Kelebihannya … tentu saja lebih meriah.  Rame.  Kadang kala memanggil artis tertentu.  Heboh.  Kekurangannya adalah … kita jadi kurang intens untuk kangen-kangenan satu sama lain.  Tidak jarang … yang terjadi adalah … terbentuk kelompok-kelompok kecil yang ngerumpi secara terpisah-pisah.  Mojok disini … mojok disitu.  So … pembawa acara di panggung jadi dicuekin, yang pidato di depan dicuekin … sambutan-sambutan apalagi.  Penonton sibuk uplek sendiri, kangen-kangenan.  Tidak fokus.  Kadang kala … ada pula yang memanfaatkan reuni ini untuk kepentingan-kepentingan tertentu.  Entah kampanye, entah promosi entah pesan-pesan terselubung lain yang menurut saya … kadang jadi agak sedikit mengganggu nilai dari Reuni itu sendiri (ini menurut pendapat pribadi saya lho, dan saya bisa salah !)

So dapat pembaca terka … bahwa jika ditanya … mana yang saya sukai ?
Pembaca pasti akan berkata bahwa Om Trainer ini lebih suka reuni yang kecil.  Ya … memang demikianlah adanya. 

Saya lebih suka reuni kecil.  Lebih terasa gelora  “reuni”nya …

Reuni kan asal katanya (kalau tidak salah) dari … Re-United.  Dipersatukan kembali … personil-personil yang dulu pernah sekolah bersama dalam satu kelas.  Kalau ternyata reuni malah memecah fokus menjadi kelompok-kelompok kecil yang ngerumpi sendiri … yang mojok sendiri … yaaaa … jadi nggak enak dong ya.  Jadi tidak bersatu lagi artinya.  Apalagi sampe manggil artis, plus nanggap MC kenamaan.  Yang celakanya … mereka masih muda usia.  Beda generasi.  Mana tau mereka hal-hal yang dulu pernah hinggap dan menjadi kenangan kami-kami ini … !!!
(pasti ndak nyucuk babar blas frekuensinya …)(hahaha)

Bagaimana menurut pendapat anda ?
Senang reuni yang kecil atau yang akbar ?

.

.

.

.

31 thoughts on “REUNI : KECIL vs. AKBAR

  1. Kalo saya sih lebih milih yg reuni kecil aja karena ngobrolnya bisa lebih enak… jika reuni akbar itu sih biasanya memang ada terselip maksud yang terselubung terutama bagi alumni yang sedang menjadi pejabat dan sedang berupaya untuk mendongkrak karir politiknya..😀

  2. Tidak pernah bisa ikut reuni akbar, karena pasti aku belum mudik. Kemarin ada reuni akbar tarki, ingin juga sih ke sana, cuma ingin lihat bagaimana lifestyle mereka, dan tidak berharap untuk dapat cerita-cerita. Kalau mau cerita musti buat *personal touch* kayak aku kemarin, cuma bertemu 1-2 orang saja hehehe.

  3. Setuju om…menurut pendapatku soal reuni kecil vs reuni akbar juga begitu, aku pilih yg reuni soale bs lebih maksimal kangen2an dan ngrumpinya hihihii tetep ya ngrumpi namanye emak2 mah😀 aku pernah ikut reuni akbar sma yg dr angkatan tua sampe angkatan yg paling muda eleuh..eleuh..yg eksis malah yg angkatan tua hihihii pd sibuk nyanyi2, lagunya? ya lagu tembang kenangan lah yg mana buat yg muda2 gk banget dah pokoknya hahahaa jd lah yg muda mojok sana sini bikin grup masing2

  4. kampus sy bbrp hari lagi mau ngadain reuni akbar om, tp sy & temen2 pengen ngumpulin temen seangkatan dulu siapa aja yg mau dtg.. Yah ujung2nya biar reuni besar, tp janjiannya sm temen2 seangkatan juga pd mau dtg atau enggak.. Jd emang sih reuni kecil itu lebih asik😀

  5. Saya pernah sekali datang di reuni akbar SMA, yg hadir membentuk grup-grup angkatan dan asyik ngobrol sendiri-sendiri. Kurang bisa membaur…Kalau saya seringnya reuni kecil-kecilan [bukan reuni kecil lagi], karena pas di kota mana getu ya kontak teman yg ada disitu trs ketemuan deh…termasuk reuni super kecil #hedew..sud kecil dikasih super lagi ya

  6. Saya sependapat dengan panjenengan, suka reuni kecil daripada yang akbar.
    Kopdar blogger kalau terlalu besar ya malah kurang josss…enakan yang kayak di Cikini F-1 atau lebih sedikit.
    Sudah naluri manusia untuk selalu mencari kelompoknya yang senada-seirama sih.
    Kalau reuni akbar ya cari yang seangkatan..se fakultas, se gank, dan sebangsanya.
    Kopdar Blogger juga nglumpuk yang se kota, se platform blog, atau se grup.

    Salam hangat dari Surabaya

  7. Paling pas adalah reuni kecil tapi yang orang2nya nyaman Om…
    Dan yg paling nggak enak adalah reuni kecil tapi suasananya nggak nyaman…
    Jadi intinya, banyak atau sedikit nggak masalah, yang penting siapa saja orang2nya…

  8. kalo aku lebih suka reuni yg akbar om, lebih banyak yg bs disapa, disalamin, dan dikangenin, hehehe… tp seneng jg sih reuni yg kecil, apalagi kl peserta reuni sama2 bawa anak kecil, bs nyantai deh ngobrolnya, hehehe… karna si anak akan main sm anak dr teman yg lain🙂

  9. pastinya milih reuni kecil dong om
    seperti om bilang itu lebih intens
    personal touch-nya lebih dapet. bubarannya pun masih bisa terkenang2.
    kalau yg akbar gitu wew … udah kayak datang ke satu acara aja.
    berasa tamu hehehe

  10. setuju banget sama om…soale sy punya pengalaman yg kurang enak waktu reuni akbar SMA…ternyata teman satu kelas saya yang cewek2 ngga kelihatan batang hidungnya….sementara yg cowok lagi asyik ngobrol sama cowok2 juga…mau ikut ngerimbung ngga enak….akhirnya yg ada waktu itu saya bener2 sendirian di keramaian…..untunglah ngga lama kemudian datang temen sekelas saya, dia datang sm suami dan anak2nya…duuh sejak saat itu saya kapok mau ikutan reuni akbar lagi….

  11. Om Trainer, apak kabar?
    Mohon maaf lahir dan batin ya, kan masih dalam suasana lebaran🙂

    Rumah saya pernah ketempatan untuk reuni Om, ukurannya sedang-sedang saja, nggak besar, nggak juga terlalu kecil. Mungkin karena tempatnya di rumah, suasananya justru heboh banget. kelompok-kelompok kecil itu bisa bertukar partner, dan sekalinya ada kelompok besar yang ngumpul, waaah..ramenya minta ampun deh!

    Kalo saya diminta buat memilih, saya juga lebih senang reuni kecil yang tiap orang bisa berinteraksi dengan intens, bisa mengenang masa lalu dengan gembira dan bisa saling celetuk yang bikin kita ketawa-ketawa😀

  12. Saya lebih memilih reuni kecil. Ngobrol juga enak, nggak formal dan yang lebih asyik semua bisa terlibat dalam satu obrolan. jadi lebih seru.
    Tempat juga bisa lebih fleksibel, cukup di rumah aja sambil ngeliwet, masak bareng, irit…

  13. Setuju om.. makanya tahun ini aku males ikutan reuni sma temen satu angkatan.. lah aku udah ngadain reuni kecil dg temen temen dekat kok.. lebih terasa aja sukanya😀

  14. Saya lebih suka reuni kecil Om, misalnya satu kelas atau paling tidak seangkatan, tapi kalau reuni akbar terus terang saya belum pernah mengikutinya….
    Kebayang sih apa yang dikatakan Om bahwa ada kemungkinan para tamu akan membuat kelompok2 kecil, sampai MC bahkan penyanyi yang diundang dicuekin🙂

  15. Sama Om, saya juga suka yang kecil ngak suka yang besar. Maksudnya reuni kecil..secara bisa lebih akrab dan ngak ribut banget.
    Reuni kecil ada manfaatnya juga Om, makannanya jadi kelihatan banyak hehheheh.

    Sehat selalu ya Om

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s