Posted in TRAVELLING

DIBATALKAN


.
Kamis, 13 Maret 2014
Bunda pulang larut malam.  Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, karena besok dia akan izin cuti.  Malam itu Bunda pulang dengan wajah yang galau.  Saya tau persis ini bukan wajah lelah karena lembur bekerja. Saya hafal sekali, wajah keruh Bunda ini pasti bukan karena lelah.

Setelah Bunda minum seteguk dua air dingin, saya pun bertanya perlahan : “Ada apa Bun ? Ada masalah ya di kantor ?”

Lalu Bunda pun lantas curhat : “Barusan Bunda dapat SMS.  Jadwal penerbangan kami besok dibatalkan.  Sebel … dibatalin kok mendadak banget sih.  Kita kan jadi bingung, untuk mencari alternatif penggantinya … dst dst dst … … ”  (intinya Bunda ngomel-ngomel)

Ya … Bunda galau.  Bingung.  Kecewa.  Seribu satu perasaan menjadi satu.

Jadi ceritanya esok hari, Jumat 14 Maret 2014,  Bunda seharusnya akan terbang ke Padang.  Menggunakan pesawat jam 7 pagi.  Dari Padang dia masih akan meneruskan perjalanan darat, dengan menggunakan travel menuju ke kota Sungai Penuh, di Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi.  Perjalanan ini sudah direncanakan jauh-jauh hari.

.

Memang ada acara apa sih Om ?
Bunda mau reuni bersama teman-teman sekolahnya.  Reuni tersebut diadakan di kampung halamannya di Sungai Penuh.  Sebuah reuni besar.   Saya perhatikan sudah dua tiga minggu terakhir ini Bunda sangat bersemangat menyambut acara tersebut.  Mulai dari memesan tiket pesawat, dan juga saling berkoordinasi dengan teman-temannya sesama alumni sekolah yang kebetulan bertempat tinggal di Jabodetabek.  Mereka akan berangkat bersama-sama.  Pulang basamo.  Anda tentu bisa membayangkan, betapa senangnya bernostalgia bersama kawan-kawan masa kecil bukan ?  Mereka juga heboh mempersiapkan acara menyanyi untuk ditampilkan di panggung hiburan nanti.  Membuat seragam biar kompak dan sebagainya.  Pendek kata … persiapan sudah matang benar …

Namun … tak dinyana … tak di duga, justru di hari H nya penerbangan dibatalkan.  Kesal dan nelangsa sudah pasti.  Alasannya apa kok dibatalkan ? Apalagi kalau bukan karena … ASAP pembakaran hutan.  Sumatera Barat ternyata tak luput dari serangan kabut asap yang sangat mengganggu pemandangan dan kesehatan.

.

Jum’at 14 Maret 2014
Akhirnya pagi-pagi hari, tanggal 14 Maret 2014 … Bunda dan 3 orang teman-temannya sepakat untuk tetap berangkat ke bandara Soekarno Hatta Cengkareng dan janjian ketemuan disana.  Mereka ceritanya mau “Go Show”.  Untung-untungan.  Mencari tiket lain untuk hari itu.  Jam berapa saja.  Maskapai penerbangan apa saja.  (plus tentunya … harga berapa saja).  Pokoknya bisa berangkat hari itu.  Sudah kepalang basah.  Bayang-bayang reuni sudah di pelupuk mata.

Namun apa daya … seluruh penerbangan ke Padang sudah penuh hari itu.  (Maskapai-maskapai penerbangan lain tetap melayani penerbangan ke Padang, hanya maskapai yang dipakai Bunda-lah yang membatalkan penerbangan).

Karena ke Padang penuh semua.  Maka alternatif kedua adalah mencari penerbangan ke kota Jambi.  Dari Jambi nanti mereka akan meneruskan perjalanan darat ke Sungai Penuh.  Mekipun waktunya menjadi lebih lama dan sarana jalannya yang kurang begitu baik.  Tidak sebagus jalan Padang – Sungai Penuh.  Mau tidak mau mereka harus mengambil langkah alternatif kedua ini.

Note :
Jarak Jambi – Sungai Penuh itu sekitar 400 km.
Sementara dari Padang – Sungai Penuh itu hanya sekitar 230 km

.

Alhamdulillah mereka mendapatkan tiket ke Jambi untuk pagi itu.  (ya tentu dengan harga yang lebih tinggi).  Bunda dan teman-temannya bisa sedikit bernafas lega.  Tadi siang, Bunda mengabari saya bahwa mereka sudah mendarat di Jambi.  Dan saat tulisan ini dibuat, sepertinya Bunda dkk masih dalam perjalanan dari Jambi ke Sungai Penuh.  Perjalanan dari Jambi ke Sungai Penuh itu bisa ditempuh rata-rata sekitar 8 – 9 jam.

So …

Take Care ya Bun …
Have Fun with your old friends …

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

(om nh jomblo dua hari nih …)
(godain kita dwonngg)
(qiqiqi)

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

134 thoughts on “DIBATALKAN

  1. Puji syukur, akhirnya bisa berangkat juga, Bunda yah Om. meski harus merubah rute dan menempuh perjalanan darat yang cukup jauh. wah, semua demi reuni yang ditunggu-tunggu. mudah-mudahan nantinya berjalan dengan lancar dan sukses acaranya. Amin Ya Rob:)

    1. Aminn …
      Terima kasih ya Rich … kebetulan ini adalah reuni besar mereka yang pertama kalinya … diadakan di kampung halaman pula … Saya bisa mengerti mengapa mereka berusaha untuk datang

      Salam saya Rich

  2. Alhamdulillaah….walaupun harus merubah route penerbangan…
    dan, makin jauh jaraknya ke Sungai Penuh …
    Akhirnya Bunda berhasil juga berangkat kesana …🙂

    Semoga segala sesuatunya lancar2 saja disana ya Mas ….

    ( ngebayangin hepi nya Bunda di reunian ini…) 🙂

    salam

  3. 400+230 km di tanah sumatera rasanya lain kalau menurut saya, jalan kelok2 bikin pening….
    kalau saya dah mabok darat om.
    kenapa om Her gak ikut?
    jangan2 kayak saya takut mabok darat hehe

    Salam Hangat Om Her🙂

    1. Bener banget Dib …
      Berkelok-kelok … kiri jurang … kanan tebing …
      satu dua jalan ada juga yang tidak rata …

      Saya nggak ikut … takut mengganggu … hahaha …
      ini “me time” nya Bunda … Dia pasti ingin bersenang-senang bersama kawan-kawannya.

      Salam saya Mas Adib

  4. Pastinyaa Tante Bunda seneng bangeud tuh Om..
    Demii reuni bertemu teman2 nya, jarak yang jauh, ASAP tak menjadi penghalang, cemunguud Buun :v

    *Hadooh Si Om Jomblo niy, (kalo pakde di tinggal Bude kan suka bilang menJomblo) :p
    ttdj ya Tante Bunda, moga selamat sampe tujuan dan balik lagi berkumpul dengan keluarga..
    *jangan lama2 reuninya Om kasian nanti bisa Galow :v

    1. Hahaha …
      Iya nChie … ini reuni besar mereka yang pertama …
      jadi saya bisa sangat mengerti mengapa mereka begitu bersemangat untuk bertemu teman-temannya

      salam saya nChie

  5. moga2 bunda bisa sampai dengan selamat dan having fun disana!🙂

    jadi inget pas asep gunung kelud, kakak saya juga harusnya ke surabaya untuk reuni sekolah. eh flight nya hari jumat sore di cancel, udah gitu gak ada kejelasan. ada yang bilang begini atau begitu. akhirnya hari sabtu kakak saya nongkrong di cengkareng dari pagi, berharap juanda udah buka jadi ada flight yang bisa terbang ke surabaya. ada yang bilang jam 10 buka, trus katanya jam 12, trus katanya jam 2. ditungguin sampe jam 2 ternyata gak buka2 juga. jadi batal pergi dah…😛

    reuni nya tetep jalan, tapi jadi sepi. akhirnya weekend berikutnya mereka ketemuan lagi. reuni tapi gak besar2an kayak weekend sebelumnya… cuma sekedar ketemuan dan makan2 aja.

    1. Wah ternyata kejadiannya sama ya Om Arman …
      Berarti ada dua reuni yang berdekatan ya …
      Yang kedua untuk mereka yang nggak bisa datang pada reuni pertama🙂

      Salam saya Om Arman

  6. alhamdulillah…acara yg direncanakan jauh2 hari bisa terlaksana meski harus lebih berliki jalannya… semoga reuninya sukses, Bunda dan lancar perjalanan pulangnya nanti (si Om sdh kangen tuuh.. hehe..)

  7. MOga bunda selamat sampai tujuan ya om.
    gegara asap jadi runyam semuanya. saya dapat kabar dari teman2 relawan di Riau juga sudah mulai kewalahan karena sudah berlangsung lama. Cari pasokan masker jumlah besar yang memadai juga susah karena cargo kan ga bisa masuk bandara. sementara kota2 terdekat juga rata2 kena dampak.

    #saveRiaufromsmoke #melawanasap #saveRiau

    1. Betul mas …
      Semoga masalah ini cepat clear … langit menjadi clear
      dan tidak terulang lagi di masa-masa yang akan datang

      Salam saya Mas Eru

  8. Semoga Bunda tiba dengan sehat dan selamat di lokasi acara dan dapat menikmatinya.
    Saya pernah ke Kerinci tahun 1996 Om via Padang. Asyik juga tuh lika-liku jalan Kapahiyang..
    Reuni selalu menyenangkan karena bisa jumpa dengan sahabat2 lama dengan aneka ceritanya.
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Amiinnn …
      Saya sudah mendapat kabar bahwa Bunda sudah sampai di Sungai Penuh … Jalan darat dari Jambi … sampai di tujuan jam 2 pagi.

      Salam saya Pak De

  9. wah kok sial banget booking pesawat yang tidak berani pergi karena asap ya?
    Tapi pikir positifnya saja, pasti sudah diatur jalan lain, yang mungkin kelihatannya penuh penderitaan, tapi tidak mengurangi tujuan dari kepergian ya.

  10. Semoga Tante bisa ikut reuni ya Om, jadi ingat jaman saya msh di Papua, demi ikut reuni di Blitar sy bela-belain naik pesawat pagi2 dr Papua berdua sama anak sy yang masih kecil.
    Mudah2an Tante diberi kemudahan dan kelancaran hingga dpt bertemu sahabat2nya dan reunipun berjalan lancar…amien
    Semoga Om NH tak merasa jadi jomblowan dadakan ada suara jangkrik, kodok, hembusan angin yang menemani wkwkwkwkkkk

    1. Amiinnn … terima kasih mbak …

      Dari Papua ?
      Reunian ke Blitar ? waaaaaa … ini sungguh perjalanan yang luar biasa ya Mbak …

      Mengenai jomblowan dadakan ? #akurapopo … hahaha

      Salam saya Mbak

  11. Kebayang bahagianya bunda mau reuni smp dibelai bersusah payah gitu.. Moga2 acara nya lancar, bunda sehat n selamat smp rumah lg..
    Have fun bunda:)
    Buat om… Keciaaannn deh yg mendadak jomblo😛

  12. Bisa dbayangkan gimana keseruan reuni ituh..dan perjuangan mendapatkan tiket+menempuh jarah yg lbh lama akan dbayar dgn keseruan nostalgia reuni…hati2 tante bunda…..

    Om NH jomblo???sini aku towel pipinya..hahahaha

    Salam saya om

  13. om enha…saya jadi ingat waktu kena abu di Jogya beberapa waktu yg lalu. Ada beberapa maskapai yg langsung memberikan statement dgn jelas akan mengganti tiket atau bisa refund. Namun ada beberapa airlines yg memberikan syarat2 aneh dalam memberikan kompensasi. Well…saya curiga airlines yg dipakai bundanya om enha …airlines yg suka kasih promo khusus di waktu tertentu itu deh. Tapi suka batalin penerbangan dengan sesuka hati…sejak beberapa kali kena ….saya jadi sangsi dengan maskapai tersebut….so becareful dengan promo2 ya rekansss

    1. Maskapai yang membatalkan penerbangan itu … mempersilahkan penumpang untuk me-refund biaya tiket … seratus persen …
      syaratnya hanya fotocopy KTP dan menunjukkan aslinya.
      Pagi itu … istri saya dan teman-temannya langsung nger-refund. (lumayan buat bekal beli oleh-oleh nanti …)(hahaha)

      salam saya Pak Neck

  14. Semoga Bunda dilancarkan perjalanannya ya Om…

    Bicara soal ASAP yang terjadi sekarang ini sungguh membuat emosi saya berkecamuk, Om.. Betapa tidak? Keluarga besar saya ada di kedua daerah yang terkena dampaknya; Riau dan Sumbar. Kemarin saya minta ortu buat ngungsi ke Jogja, mereka tidak mau, sebab dalam minggu ini ada saudara yg bakal menggelar hajatan dan beliau berperan cukup penting dalam kegiatan tersebut.

    Yang membuat saya heran adalah, bencana asap ini sudah terjadi setiap tahun, tapi mengapa tidak ada penanganan dari pemerintah? Malah semakin tahun semakin parah saja kejadiannya.. Geram sekali rasanya melihat hasil kerjaan para pembakar hutan tersebut, tapi kita tidak bisa berbuat apa-apa selain berdoa agar hujan segera turun di daerah-daerah tersebut..

    Maaf Om, jadi curcol, hehehe….

    1. Iyo yo Da …
      Kerabat sanak Uda … ada di kedua propinsi tersebut Riau dan Sumbar …
      Saya juga heran … ini terjadi hampir setiap tahun … seharusnya bisa dicegah …
      Semoga untuk masa yang akan datang … tidak terjadi lagi

      salam saya Uda

  15. gangguin Om NhHer deeh hehehehe..btw, alhamdulillah bunda bisa tetap ikut reuni ya Om..mudah-mudahan selamat dan lancar di perjalanan..tapi memang isu asap ini sudah beyooond memprihatinkan…solusinya harus segera, karena dampaknya luar biasa sekali…

  16. uwoooo… luar biasa semangat Bunda untuk reuni ya Om. Iya tuh, dari Jambi ke Sungai Penuh emang lamaaaaa bener. Dulu aku pernah menempuhnya menggunakan bis kecil yg uyel2an bareng para pedagang yg bawa dagangan plus ayam segala hihihii… Dari Jambi ke Sungai Penuh jalanan memang kurang bersahabat.
    Habis itu aku masih lanjut ke Kersik Tuo, Om, desa di kaki Gunung Kerinci. Iiiiihh…postingan Om Nh membuatku teringat pada G. Kerinci yg dulu kudaki bersama lima orang sahabat perempuanku th 1995😀

    1. Ya … saya ingat tulisan Mbak Uniek tentang naik gunung … saya lihat Mbak Uniek juga pernah mendaki Kerinci. Dan menikmati alam sakti kerinci …
      Baik dari Jambi … maupun dari Padang … jalannya sama berlikunya … Namun pemandangan sama indahnya …
      Bedanya … Padang – Sungai penuh itu jalannya relatif lebih bagus … dan jaraknya lebih pendek dibanding Jambi – Sungai Penuh

      Salam saya Mbak

  17. Jika ada niat, doa dan kuasa Allah, pasti…ada saja jalannya. Waaaw Reuni…kangen eeeiy pingin Reuni ama keluarga loo?

    Sejak aku jadi support marketing team Sumatera, aku familiar om dengan nama-nama daerah Sungai Penuh, Tebo, Bangkinang etc…yang ada di Sumatera, meskipun belum pernah menjejakkan kaki ke sana

  18. Wah.. Memang om kalau sudah direncanakan dari jauh jauh hari lalu terjadi gangguan… Itu nyesek bangettt… Untung dapet ya omm….🙂 semoga sukses reuniaann nyaaa🙂
    Salam hangat…

  19. Perubahan schedule yang tiba-tiba memang tidak mengenakkan om, tidak menyenangkan sama sekai. Apalagi pembatalan yang tiba-tiba, pengen dimakan saja tuh pesawat.
    Tapi melihat kegigihan bunda, yang pokoknya(TM) harus berangkat sungguh luar biasa. Berpikir logir mencari alternatif lain sebagai jalan keluar yang penting bisa sampai tempat apapun bayarannya

    1. Iya Mas Sus …
      Sudah kepalang tanggung …
      rencana sudah lama … cuti dan izin pun sudah didapat …
      ikhtiar harus selalu dilakukan

      Salam saya Mas Sus

  20. Oom, itu perjalanan kesana jadi merepotkan begitu ya?
    Reuni ya Bunda disananya? Saya belum ada acara reunian dgn teman-teman lagi nih Oom. Kangen juga bertemu lagi…

    Hornat dari saya Oom.

    1. Iya Bu …
      masalahnya ini baru pertama kali …
      diadakan di kampung halaman pula
      sasyas bisa mengerti mengapa mereka berrusaha untuk datang

      terima kasih Bu Sri

  21. Semangat Diajeng Bunda dan teman-teman luar biasa….Semoga dilancarkanNya perjalanan dan berlimpah sukacita reunian.
    Woow kwartet jagoan berjaya handle rumah selama Bunda reunian nih.
    Salam

  22. terkadang saya kurang sepakat om dengan sistem penjualan tiket pesawat. Duduknya sama, fasilitas sama tapi bayar beda. KAdang 2 hingga tiga kali lipat selisihnya hanya karena masalah waktu. Ini sangat mempermainkan emosi pembeli om. Mau membeli jauh hari, iya kalau acaranya tepat, kalau molor atau maju? Bahkan seperti kejadian bunda? Mau membeli mepet acara, di otak sudah kepikiran, ini harganya mumpung murah, kalau deket-deket MAHAL. Beuh……

    1. Iya Bu …
      Alm. Ibu Mertua saya berasal dari Pariaman … Alm Bapak Mertua saya asalnya dari Payakumbuh (Pikumbuah)
      Istri saya sendiri kelahiran Sungai Penuh, Jambi. (perbatasan dengan Sumatera Barat)

      Salam saya Bu Fitri

  23. wkwkwkwk kata2 penutupnya itu modus bener ya pah :p

    kabut asap ini penuh dengan kontroversi, kemarin aku habis ikutan bloggerbicara lingkungan dan menemukan beberapa hal penting yang perlu digarisbawahi (ambil penggaris) karena ternyata bukan cuma pembuatan kertas dan shampoo saja yang terlibat tapi juga peternakan kerbau ckckckck

    1. Ya … begitulah …
      dari teman yang bekerja di bidang perkebunan juga saya dapat info bahwa yang membakar itu beberapa adalah warga juga

      salam saya Kajol

    1. Iya Uztadh … kelihatan sekali betapa kecewanya dia ketika dapat berita penerbangan dibatalkan.
      Untung segera dapat penggantinya

      salam saya Uztadh

  24. Semoga perjalanan bunda lancar, dan senang ketemu dengan teman-teman lama.
    O ya, cutinya berapa hari Bu ?

    Atau hari ini sudah melakukan kegiatan seperti biasa🙂

    1. Amiinnn …
      Belum Uda … hari ini (18-3-2014) Bunda masih di Sumatera.
      Sekalian mengunjungi kerabat-kerabat juga … mumpung disana

      salam saya Uda

  25. Allhamdulillah dapat tiket ya bunda, walaupun harus ke Jambi dulu. smeoga perjalanan lancar. Aduh saya belum pernah melihat wajah bunda pasti cantiiiiiik

  26. Yakin Om, pasti kesal sih kalau sudah pesan tiket tahu-tahu dibatalkan. Kemarin rekan kerja saya juga ada yang delayed 6 jam dari Padang, karena asap. Untung hanya 6 jam ya, kalau sampai sehari, pusing juga…

    1. Iya Zee …
      mengenai delay juga ada terjadi di beberapa penerbangan maskapai yang lain
      baik itu yang dari jakarta … maupun yang dari Padang

      Salam saya Zee

  27. reunian dengan teman2 semasa sekolah yang belum tentu bisa dilaksanakan setiap tahun, memang perlu diperjuangkan agar bisa menghadirinya,,,,,,demi menjaga silaturahmi dan silaturahim tentunya….,
    faktor asap, bukanlah menjadi halangan…..yang penting bisa selamat tiba ditujuan…semoga reuniannya sukses dan bisa ktemu teman2 lama ya bunda….
    keep happy blogging always…salam dari Makassar🙂

    1. Iya Na …
      Sungai Penuh itu jauh kemana-mana … (letaknya kira-kira di perbatasan Sumbar – Jambi)
      dari Padang jauh …
      dari Jambi apalagi …

  28. Kangennya Om yang deg-deg an, udah terbayar dengan cerita seru Bunda dong🙂
    Padang-Sungai Penuh, Bunda melewati pantai yang cantik-cantik tuh Om # menurut saya sih😀

  29. Pasti bunda senang banget akhirnya berangkat juga ke Sungai Penuh meski harus merogoh kocok lebih besar. Rasanya reuni itu priceless banget yaaa🙂

    Btw skrg udah gak jomblo kan om?😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s