KALEIDOSBLOG NH18 2010


Apa yang telah saya capai di tahun 2010 ?
Apa yang belum saya lakukan ? Mengapa belum saya lakukan ? Apa kendalanya ?
Apa yang akan saya lakukan di tahun depan ?

Saya punya banyak peran.  Sebagai ayah, sebagai karyawan, sebagai Trainer, sebagai individu, sebagai pemusik amatir, sebagai anak, dan juga tentunya sebagai Nara blog. 

Peran sebagai apakah yang akan saya evaluasi ?
Tentu saja supaya sesuai dengan konteksnya, saya akan menganalisa peran saya sebagai NARA BLOG saja. 

Tahun 2010 ini adalah tahun ke tiga saya menulis di Blog The Ordinarytrainer.  Ada Tiga Parameter aktifitas yang akan saya analisa Yaitu : Blog Performance, Online Blog interaction dan Offline Blogger interaction

– 

1.  Blog Performance (Keragaan Blog)
Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya selalu menganalisa performa blog saya melalui beberapa angka parameter.  Salah satunya adalah angka jumlah kunjungan.  Sampai tulisan ini dibuat, tahun 2010 ini saya telah dikunjungi sebanyak 129.434 klik.  Alhamdulillah ini mengalami peningkatan sebesar 68 % dibanding tahun lalu. 

Rata-rata kunjungan per bulan ke blog saya juga mengalami peningkatan yang relatif cukup significant, yaitu sebesar 92 %

Grafik Total Visit dan Rata-rata kunjungan per hari

Jika menilai diri sendiri apa yang harus saya lakukan lebih baik lagi ditahun depan ?  Maka tentu saja, saya harus lebih lagi memperbanyak sajian tulisan yang lebih mempunyai makna bagi orang banyak.  Tidak hanya bercerita tentang diri sendiri, tidak hanya curhat menye-menye dan memajang foto pribadi nan cemen belaka.  Saya pikir, saya harus bisa lebih banyak menuliskan hal-hal yang bersifat praktis dan umum yang lebih bermakna.  Sehingga rekan-rekan nara blog sekalian bisa mendapatkan manfaat (walaupun sedikit) dari isi postingan saya.  Tidak hanya sekedar ha ha hi hi caca marica hey-hey yang bermakna dangkal, lalu hilang begitu saja … tanpa kesan.  Diharapkan dengan demikian, jumlah kunjungan ke blog saya di tahun 2011 akan bisa lebih meningkat.

2. Online Blog interaction  (Interaksi Maya)
Pada hakikatnya, aktifitas blogging ini bisa diibaratkan sebagai hidup bermasyarakat.  Hidup bersosialisasi walaupun hanya di Alam maya.  Seyogyanya kita bisa saling berinteraksi satu sama lain.  Bagaimana kita bisa mengukur interaksi tersebut ?

Tentu saja, salah satunya adalah dengan melihat jumlah komentar yang masuk di blog kita.  Di tahun 2010 ini, Alhamdulillah komentar yang masuk total sudah mencapai 14.495.  Yang berarti mengalami peningkatan sebesar 78% dibanding tahun sebelumnya (ya ini juga termasuk komentar reply dari saya sendiri).

Namun demikian jika boleh mengevaluasi diri, saya harus lebih banyak mengenal para komentator yang telah sudi meringankan langkahnya mengisi kolom komentar saya.  Layaknya orang bersosialisasi, saya juga harus mengenal komentator tersebut satu persatu : siapa mereka ? apa pekerjaannya ? asalnya darimana ? apa latar belakangnya ? keluarganya ? dan sebagainya.  Kelemahan saya adalah, saya merasa belum mengenal semua komentator di blog saya dengan baik.  Bisa karena mereka tidak memasang link, tidak menuliskan latar belakang pribadi di halaman ”about me” nya … dan juga banyaknya blog komentator, yang karena kesibukan saya, luput tidak saya kunjungi balik.  Untuk itu saya mohon maaf kepada rekan-rekan sekalian. 

So tekad saya untuk tahun depan adalah, mencoba lebih mengenali lagi satu persatu teman-teman nara blog saya, dengan cara lebih disiplin mengunjungi balik blog yang bersangkutan jika mereka memasang link.  Rajin Blog Walking, dan lebih rajin lagi berkomentar di Blog sahabat.

Grafik Jumlah Komentar dan Link Back-Ping

.

Parameter Online Interaction juga bisa diindikasikan dari banyaknya Link Back / Ping Balik yang merujuk kepada salah satu postingan saya.  Di tahun 2010 ini Ping Back yang bertaut kepada postingan saya meningkat sebesar 90% dibanding 2009 yang lalu.  (Terima kasih banyak teman-teman).

Mengapa angka ini penting …? karena ini menunjukkan bentuk penghargaan mereka kepada saya.  Nah untuk yang satu ini, tekad saya di tahun 2011 kedepan adalah saya harus lebih banyak berbuat serupa.  Saya harus lebih banyak lagi menuliskan postingan dengan merujuk kepada tulisan-tulisan dari Nara Blog sekalian.  Menyematkan ”link back” atau Ping ke beberapa postingan teman-teman yang sangat inspiratif.  Karena dari mereka jugalah saya belajar banyak hal.  Bahkan tidak jarang tulisan saya itu justru seringkali dipicu dari tulisan para sahabat di blog masing-masing.

3. Off Line Interaction (Interaksi Nyata)
Ya … ini bahasa awamnya adalah KOPDAR, alias Kopi Darat.  Merubah pola interaksi di alam maya menjadi pola interaksi di Alam Nyata.

Untuk yang satu ini saya boleh berbangga, bahwa tahun ini jumlah Nara blog yang berhasil saya temui langsung secara fisik juga mengalami peningkatan.  Pertemuan Cikini yang mempertemukan saya dengan 11 orang blogger turut serta mendongkrak angka jumlah nara blog yang pernah saya temui secara significant. 
(Catatan : Saya tidak menghitung teman-teman Blogger yang bekerja satu perusahaan dengan saya i.e Bro Neo, Adal, Budiuy, Kukuh, Decent Criminal, Djoe, Dimas Novriandi, Sri HB dan lain sebagainya).

Mengapa parameter sederhana ini penting bagi saya ?
Sebab saya pikir dengan bertemu dan bersilaturahmi secara langsung … kualitas interaksi antara para nara blog bisa menjadi lebih ”bermakna” lagi.

Jika boleh berkaca, sebetulnya ada satu perhelatan Kopdar besar yang belum berhasil saya ikuti … yaitu … PESTA BLOGGER.  Selama tiga tahun ini, saya belum pernah sekalipun mengikuti pesta perhelatan tahunan para Narablog Indonesia ini.  So target tahun depan adalah … Mengikuti PESTA BLOGGER 2011.  Saya yakin ada banyak manfaat yang bisa saya ambil dengan menghadiri acara akbar ini … because … This is the (ultimate) beauty of Blogging … Indeed … !!!


So demikianlah … KALEIDOSBLOG atau MUHASABAH BLOG saya untuk tahun 2010 ini.  Sebuah Evaluasi diri tentang peran saya sebagai Nara Blog di ranah maya …

Yang jelas … saya selalu bangga menjadi salah satu NARA BLOG INDONESIA.

Maju terus para NARA BLOG INDONESIA … !!!
Maju terus The Ordinarytrainer !!!
Keep on sharing to the world of what You know …
no matter how small …
no matter how simple …

Salam saya

.

.

—-

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp

.

64 thoughts on “KALEIDOSBLOG NH18 2010

  1. hmmmmmmmmmmmmmmmm
    inyiak,,,,hebat… (^_^)

    tahu gak nyiak,,
    pertama kali aku bikin blog,,
    blog yang pertama kali aku buka adalah blog inyiak,,
    tadi nya sempat gak pede mau comment,,
    ya udah comment aja,,

    eh gak tahu nya inyiak kunjungan balik,,
    dan bales comment,,
    sumpah aku seneng banget,,,
    jdi semakin semangat nulis,,

    sempat sedih karena namaku gak pernah ada di linknya inyiak,,
    tapi itu semua gak penting,,
    karena inyiak selalu BW dan kasih koment,,

      1. he….he….e..he..
        ngak ngeh… (^_^)
        aku baru ngeh nya..
        pas kita udah selesai kopdar cikini..
        ada link tulisannya “putmoon”
        thank you inyiak buat semuanya
        buat nasihatnya
        buat ilmunya
        buat paham narsismenya..
        he…he..he.
        klo menang ipodnya pinjem yak…

    1. YA …
      setiap akhir tahun biasanya saya buat sedikit evaluasi
      tahun ini sedikit lebih awal …
      karena kebetulan … ada perhelatan di Blognya Pak De
      so sekalian saja

      salam saya Mbak Lidya

  2. benar-benar signifikan, pak.
    ini bisa dibilang bukti bahwa blog ini memang memberikan banyak faedah bagi setiap yang mampir. selamat, dan akan semoga akan senantiasa seperti itu.

    dan, ternyata saya keduluan deh., hhihihii…

    semoga berhasil!😀

    1. Ya …
      ini gara-gara postingan surat cinta untuk kakak senior …
      Itu entah mengapa … kunjungannya Ribuan … sangat significant sekali …
      jadi mendongkrak rata-rata kunjungan tahun ini deh

      Salam saya Mbak Is

  3. Wah, ntar kalo ultah Blog saya, mau bikin Kaleidosblog model gini juga ah…
    Bisa mengukur seberapa ‘cinta’nya kita pada dunia blog kan ya Om?😀

    Jumlah kunjungannya selisih jauh banget sama blog saya.. Selisih 100ribu kunjungan…😀

    Salam hangat,

  4. pertamakali ke blog ini, aku langsung jatuh cinta, dgn tulisan2 ringan yang sangat ceria🙂
    walaupun ringan, namun aku banyak sekali mendapatkan wawasan baru disini ,Mas.
    sejak itu, jadilah blog ini salah satu kunjungan wajibku ketika BW🙂
    apalagi setelah ketemu langsung dikopdar cikini dengan pemilik blog yg sangat friendly dan ramah ini, makin rajinlah aku bertandang kemari😛

    semoga makin eksis dan sukses blognya di tahun2 kedepan ya Mas Enha…….
    salam

  5. wah 3 parameternya bagus juga tuh pak. sebelumnya, saya tak pernah mengevaluasi aktivitas ngeblog saya… semoga setelah membaca artikel ini bs memotivasi saya untuk rutin melakukn evaluasi.

  6. Saya terdiam membacanya. Kemudian membacanya sekali lagi pelan-pelan. Banyak sekali pelajaran buat saya sebagai bologger baru. Om bukan hanya sekedar lovely blogger, tapi juga a good teacher… 3 tahun bukan waktu yang sebentar…
    salam dari saya om, [bowing]🙂

  7. aku paling suka artikel trainer yg khusus bahas tentang ngeblog.. ngeblog konservatif ala trainer.. itu luar biasa Om, gak ada yg kayak begitu di blog lain. Gaya bahasa yang tidak kaku dan selalu menggelitik…

    sukses ya Om..
    makasi udah jadi guru dan sahabatku.

  8. Evaluasi khas ala Om Nh…
    Analisisnya mantap banget Om..
    Ketelitian Om sangat terlihat di sini.
    Untuk 2010 ini, grafik saya sangat menurun. Semoga di 2011 nanti, bisa lebih meningkat…🙂

  9. Mantap deh!
    Kalau aku 14.300 komentar udah untuk 3 tahun (eh 2 setengah deh, krn ultahnya baru 1 april). Dan aku juga tahu apa penyebab turunnya komentar di tempatku, yaitu tidak membalas/menjawab komentar dan tidak blogwalking, dan lebih konsen menulis.

    Semoga tahun depan Kai masuk TK aku lebih bisa konsen di blog seperti tahun tahun lalu, atau malah mau tutup blognya a.k.a gulung tikar, mau alih profesi🙂

    Terima kasih untuk semua informasi yang diberikan ya mas. Top deh! Keep blogging, and kopdar-ing😉

    EM

  10. Tahun ini rasanya prestasi menulis di blog, membalas komentar, maupun blogwalking mesti berkejaran sama waktu yang ada.
    Aneh juga, cuma kerja dua hari dalam seminggu, namun karena berkaitan dengan pikiran, bahkan hari libur week end masih di depan kompie….kan hanya fisiknya saja di kantor, koordinasi selama ketemu anak buah dan berbagai pihak yang terkait selama dua hari itu.

    Namun hasil di dunia nyata, menurut saya lebih bagus, karena lebih banyak sharing nyata, mendapatkan berbagai hal menarik dari hasil kunjungan, serta sosialisasi manajemen risiko ke beberapa Perguruan Tinggi Negeri.
    Mudah2an tahun mendatang bisa lebih aktif lagi menulis di blog…
    Maaf juga om kadang jadi terpaksa jarang kesini….3 minggu ini agak kacau balau…

  11. Om…mantap..saya sendiri ngak kebayang, kayaknya disini lebih singkat dan padat isinya, saya sendiri melihat kerendahan Om ikut jadi termotivasi untuk terus ngeblog terima kasih, salam hangat dari Jembrana Bali

  12. Wow…. kapan ya aku dapat komentar dan kunjungan sebanyak itu?🙂
    Semoga tahun 2011 aku bisa ketemu Om NH.. kopdar beneran… yang dulu kan aku belum “kenal” blognya Om.. dan aku masih malu-malu Om… *malu-maluin maksudnya..

  13. Wah berarti tahun depan di Pesta Blogger kita bisa ketemu pak hehehe.. Saya 2 tahun berturut-turut ikut pesta blogger. Dijamin Puas pak! Hehehe..

    Salam kenal dan semoga tahun depan kesampaian targetnya.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s